Technology

Pengertian Server: Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

pengertian server
Written by Wida Kurniasih

Pengertian Server – Server adalah suatu sistem komputer yang mempunyai layanan khusus sebagai penyimpanan data. Peran server sangat penting dalam mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia.

Penyimpanan data digunakan untuk situs internet, ilmu pengetahuan ataupun sekedar menyimpan dokumen maupun informasi. Selanjutnya, data tersebut digunakan untuk melakukan berbagai layanan. Seperti, menerima atau mengirim email, menampilkan website dan lainnya.

Dengan adanya server, maka sumber daya yang harus dikontrol berjumlah banyak. Maka, peladen komputer harus mempunyai spesifikasi yang tinggi agar server dapat bekerja dengan maksimal dan optimal.

Peladen tersebut menjalankan perangkat lunak administratif, sehingga mengontrol akses terhadap sumber daya dan jaringan yang ada didalamnya.

Jenis Server

Ada beberapa jenis server yang bisa kita pelajari, sebagai berikut :

1. Web Server

Web ServerWeb Server merupakan sebuah jaringan komputer yang melayani permintaan HTTP dan HTTPS. Laman web yang dikirim oleh web server berupa dokumen HTML dan CSS akan diproses oleh browser yang nantinya mudah dibaca oleh pengguna. Fungsi utama web server yaitu mengirim atau mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Pengguna dapat mengakses berupa gambar, teks dan video melalui browser tersebut.

Selain untuk publikasi situs web, manfaat web server juga banyak digunakan dalam perangkat lain seperti router, printer, dan kamera web yang melayani akses http dalam jaringan local. Hal itu ditujukan untuk mempermudah peninjauan dan perangkat manajemen.

Kualitas web server yang digunakan akan mempengaruhi performa website. Ada beberapa jenis web server yang digunakan, namun web server terbaik yang mampu memaksimalkan kinerja werbsite adalah LiteSpeed. LiteSpeed sendiri memiliki  kinerja 3 kali lebih baik di banding web server lainnya.

a. Cara Kerja Web Server

  1. Pengguna / client mengirim request ke web server
  2. Server akan menerima request tersebut, kemudian server mengecek permintaan dari pengguna/ client tersedia atau tidak
  3. Jika tersedia, web server akan mengirimkan data yang dimaksud kepada browser. Apabila permintaan client tidak ditemukan atau error maka web server akan mengirimkan pemberitahuan/ notifikasi kepada browser.

b. Jenis – Jenis Software untuk Web Server antara lain :

  1. Apache Web Server
  2. Apache Tomcat
  3. Xitami Web Server
  4. Zerus Web Server
  5. Dll

2. Mail Server.

Mail Server melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail server mampu menampung dan meneruskan email dari pengirim ke penerima email.

Ada dua kategori mail server yaitu server surat masuk dan server surat keluar.Server surat masuk berupa POP3 dan IMAP. Post Office Protocol 3rd version/ POP3 merupakan pengiriman pesan yang diterima oleh PC Local Hard Drive. Sedangkan Internet Message Acces Protocol / IMAP salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam mail server.

Mail Server

Mail server kebanyakan digunakan oleh para pebisnis, karena dapat mengirim email marketing lebih banyak sekaligus ke penerima. Selain itu, mail server juga mempunyai sistem keamanan khusus yang dapat menghalangi spamnya email masuk maupun spamnya email keluar.

Secara garis beda, fungsi mail server sebagai bertukar pesan ke sesma pengguna yang berupa gambar, teks dan video melalui browser tersebut.

3. Database Server

Database server adalah jaringan komputer yang menyediakan layanan berupa pengelolaan basis data dan menerima permintaan client untuk mengakses data pada server. Ada empat jenis databse server yaitu, flat file database, object database, relatinonal object database dan relation database.

Fungsi database server memberikan pengguna berupa layanan big data yang teratur sehingga akan mudah melakukan pencarian. Selain itu, database server juga melayani akses suatu data yang bersamaan. Untuk mengakses server database pengguna perlu menggunakan bahasa query, salah satu bahasa quey adalah SQL (Structured Query Language).

Database ServerBeberapa informasi tentang database server dan aplikasinya sebagai berikut :

a. Jenis database server :

  • Flat file database
  • Database relasional
  • Database objek
  • Database relasional

b. Manfaat menggunakan database server :

  • Data akan menjadi teratur
  • Dapat mengakses database dengan waktu yang sama
  • Keamanan terjamin

4. File Server.

File Server adalah jaringan komputer sebagai pusat penyimpanan file. Penyimpanan file tersebut seperti video, gambar, musik, dokumen, database maupun lainnya. Semua data dapat diakses oleh perangkat yang terhubung dengan jaringan.

File Server

File server mempunyai fungsi utama yaitu sebagai jantung sebuah jaringan komputer yang cepat dan tepat dengan kapasitas hardisk serta Ram tinggi. Sehingga mudah untuk mengontrol informasi dan komunikasi antar komponen jaringan. File server biasanya digunakan pada jaringan lokal seperti jaringan komputer di sekolah, perkantoran, warnet, rumah maupun ditempat lain.

5. Administration & Management Server

Merupakan kegiatan yang dilakukan agar server bekerja seefisien mungkin tanpa adanya masalah yang memungkinkan terjadinya sebuah server gagal berfungsi/ down. Manajemen server yang perlu diketahui antara lain :

  1. Perangkat jaringan apa yang digunakan
  2. Arsitektur jaringan komputer yang dipilih
  3. Layanan apa saja yang digunakan oleh server

6. DHCP Server

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server adalah jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client secara otomatis.

DHCP ServerFungsi utama DHCP Server yaitu memberikan pelayanan alamat IP secara otomatis kepada client/komputer/host pada jaringan TCP/IP yang meminta. Sehingga peran administrator tidak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual.

Ada beberapa langkah cara kerja DHCP sebagai berikut :

  1. DHCPDISCOVER : DHCP client akan melayani request untuk mencari DHCP Server yang sedang aktif
  2. DHCPOFFER : setelah mendapatkan broadcast, DHCP Server menwarkan alamt kepada DHCP client
  3. DHPCPREQUEST : Client meminta DHCP server menawarkan alamat IP yang bersangkutan
  4. DHCPACK : DHCP server merespon permintaan client, kemudian menetapkan sebuah alamat dan memperbarui basi data databse miliknya.

7. Printer Server

Printer Server merupakan jenis server yang dapat mengubungkan printer dengan semua perangkat komputer dalam satu jaringan. Sehingga, para pengguna tidak perlu memindahkan data dari satu tempat ke tempat lain untuk mencetak satu dokumen. Selain itu, dapat meminimaslisir pengeluaran/ biaya jika menggunakan printer secara bersama.

Printer Server

8. Wide Area Information Servers / WAIS

WAIS adalah sistem komputer yang digunakan untuk mencari data terindeks pada remote server. Dari pencarian tersebut WAIS mendapatkan daftar halaman atau file berurutan yang telah diambil dari server.

Wide Area Information ServersSelain itu, Wide Area Information Servers juga sistem yang membolehkan melacak dokumen yang memuat informasi yang sedang dilakukan. Maka, WAIS disebut sebgai mesin pencari dalam sebuah situs web individual.

9. Proxy Server

Proxy Server adalah jaringan komputer yang mempunyai peran positif sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Fungsi utama proxy server yaitu mengamankan IP alamat pengguna saat menjelajahi internet.

Proxy Server

Layanan proxy digunakan untuk mengamankan identitas user dari mengakses hingga pemblokiran askses ke situs dan media sossial. Sehingga, kita juga bisa menggunakan proxy server untuk mengontrol website.

10. FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) server adalah sebuah protokol internet yang memberikan akses data server pada suatu jaringan. FTP akan terhubung langsung dengan file server serta menyediakan layanan pemindahan, upload file, download dengan menggunakan internet.

FTP Server

Fungsi utama server ini yaitu memberikan pelayanan kepada client dan pengunjung untuk melakukan askses transfer data tersimpan yang ada pada server.

11. Game Server

Game server ini khusus untuk gamer. Digunakan untuk menghubungkan para pemain dengan pemain lainnya. Server ini membuat sensasi bermain bagi para pengguna karena selain server sendiri bisa didirikan dari computer ckient yang bermain game tersebut. Ada dua kategori yaitu, game server eksternal dan game server internal. Game server eksternal adalah penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh pengembang game itu sendiri. Sedangkan server internal penyimpanan sendiri melalui komputer pengguna. Game server yang banyak dilakukan oleh pengguna adalah Steam.

Game Server

12. Streaming Server

Streaming Server adalah server yang menyediakan layanan untuk dapat memutar video secara langsung. Seperti, netflix, viu, youtobe dan lainnya. Dengan adanya server ini, dapat mengakses, menikmati suara maupun video yang berukuran besar tanpa mengunduhnya terlebih dahulu.

Streaming Server13. Aplication Server

Aplication Server adalah sebuah perangkat yang memberikan layanan terhadap setiap permintaan akses dari client yang terhadap dengan jaringan. Komunikasi tersebut menggunakan protocol HTTP.

Aplication Server

Perbedaan application server dengan web server adalah web server digunakan membuat website statis, dimana informasi didalamnya tidak berubah, sedangkan application server digunakan membuat aplikasi yang dinamis seperti aplikasi transaksi, layanan pesan, object pooling dan lainnya. Contoh application server antara lain WebSphere, GlassFush, WildFly dan WebLogic.

14. Virtual Server

Virtual Server sering disebut virtualization technology dimana suatu server fisik dirubah menjadi non fisik atau mesin virtual yang bisa menjalankan suatu sistem operasi berbeda. Para pengguna tidak perlu khawatir terkait pembagian sumber daya dan biaya server apabila menggunakan virtual server ini.

Virtual Server

15. Server Platform

Server Platform adalah suatu sistem yang bekerja sebagai mesin penggerak server.

Server Platform

BACA JUGA: Online Platform untuk Membantumu Selama #BelajardiRumah

16. Chat Server

Chat Server adalah aplikasi yang menangani chatting dimana client dengan user, dimana tidak hanya dua user saja namun beberapa user lebih dari dua bisa dilakukan. Mereka melakukan permintaan untuk terkoneksi dan memanfaatkan fasilitas – fasilitas yang ada.

Chat Server17. List Server

List Server sebagai diskusi terbuka untuk orang orang yang akan memberikan pengumuman, buletin ataupun iklan. List server juga bisa melalui email, dimana pengirim dapat mengirim satu email dan akan mencapai beberapa orang.

List Server18. Home Server

Home server adalah server yang digunakan oleh pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment. Layanan servis yang didapatkan seperti web servis, printing servis ataupun file servis, sehingga komputer ini memiliki berbagai fungsi.

Cara Kerja Server

Cara kerja server sederhana yaitu, bekerja sesuai dengan permintaan client. Sebagai contoh, komputer yang kita jalankan sedang bekerja mencari informasi yang kita butuhkan. Maka, server akan memperoleh  informasi – informasi apa saja yang sesuai kebutuhan kita. Sehingga, kita dapat mengakses isi website tersebut.

Secara garis besar, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi masing masing. Mulai dari penyimpanan data sampai melayani perlindungan pada computer klien. Hanya saja, jenis server yang dilakukan berbeda, pelayanan juga berbeda.

Komputer yang dijadikan server lain dari pada yang lain, biasanya dirancang lebih berbeda dari komputer – komputer klien. Dari spesifikasi perangkat juga sudah berbeda, spesifikasi yang digunakan untuk server jauh lebih tinggi karena memproses data yang cukup besar, sedangkan sistem operasinya menggunakan sistem operasi khusus server yaitu Linux Ubuntu Server atau Windows Server.

Fungsi Server

Ada beberapa fungsi server antara lain sebagai berikut :

1. Melayani Permintaan Komputer

Server akan melayani segala permintaan client, baik permintaan aplikasi maupun data untuk dijalankan. Sistem operasi cepat, mudah dan aman sehingga client dapat bekerja dengan aman dan lebih efektif.

2. Menyimpan Data atau Informasi

Sebagai tempat penyimpanan data yang dikirimkan oleh client, berupa jenis dokumen maupun informasi. Server harus memliki kapasitas yang besar agar dapat menampung data yang banyak. Sehingga, antara client satu denagn yng lain dapat megakses dalam waktu bersama.

3. Menyediakan Database untuk dijalankan

Perusahaan besar banyak yang memanfaatkan fungsi ini untuk menerapkan big data, semua data yang tersimpan dapat diolah dan diakses oelh pengguna.

4. Mengatur Transfer Data maupun File

Perangkat server ini memiliki kapasitas seperti RAM dan hardisk yang tinggi, guna mengatur komunikasi dan transfer informasi pada client.

5. Mengamankan serangan kejahatan

Serangan yang dimaksd adalah serangan hacker, sehingga server berfungsi untuk melindungi computer atau website dari serangan tersebut.

Manfaat Server

Manfaat yang kita dapatkan mengelola jaringan komupter menggunakan server adalah :

1. Keamanan data terjamin

Adanya server maka kita dapat menyimpan dan menjaga seluruh data dengan lebih aman serta terkontrol/ monitoring setiap saat. Selain itu, data yang telah disimpan okeh client juga dapat diakses dengan mudah dan cepat sesuai kebutuhan.

2. Menghemat biaya

Dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli kebutuhan sebuah perangkat penyimpanan data. Server juga dapat menyimpan kapasitas yang lebih besar daripada komputer pada umumnya. Untuk itu, client tidak perlu lagi membeli sebuah perangkat computer yang banyak karena penyimpanan kapasitas server jauh lebih besar.

3. Manajemen data menjadi mudah

Proses pengelolaan dokumen dan informasi yang dibutuhkan secara tepat akan lebih mudah. Tidak hanya itu, namun proses penanganan juga cepat. Selain itu, dalam waktu panjang server juga menjamin penyimpanan data yang disimpan oleh client. Untuk saat ini penyimpanan server ada 2 yaitu bersasis cloud atau awan. Dimana data yang tersimpan dengan alokasi penyimpanan jauh lebih besar lagi.

4. Memaksimalkan kinerja antar tim

Mampu mengoptimalkan kerja sama maupun kolaborasi setiap tim maupun departemen. Dimana, dalam sebuah bisnis di bidang informasi dan teknologi mewajibkan setiap tim bekerja tidak hanya secara offline namun dituntut secara online. Jadi, server sangat memiliki peran penting guna mngoptimalkan dan meningkatkan produktivias setiap karyawan di perusuhaan maupun instansi terkait.

From Data Science To Ai : Technology Augmented Human Capabil

From Data Science To Ai : Technology Augmented Human Capabil

Beli Buku di Gramedia

Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan Php

Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan Php

Beli Buku di Gramedia

Pemrograman Web +Cd Edisi 3

Pemrograman Web +Cd Edisi 3

Beli Buku di GramediaNah, itulah penjelasan tentang pengertian Server, Jenis, Cara Kerja dan Manfaat server dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Server sampai manfaatnya maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://gramedia.com

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien