Technology

Apa itu Daring? Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan

apa itu daring
Written by Ahmad

Apa itu Daring – Istilah daring sering sekali digunakan pada beberapa waktu belakangan ini. Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara daring. Namun apa itu daring?

Grameds, mungkin secara tidak sadar kamu sudah melakukan sesuatu secara daring. Namun tidak mengetahui arti dari kata daring. Artikel ini akan membahas hal-hal tentang daring mulai dari pengertian hingga manfaatnya.

Apa itu Daring? Pengertian Daring

Apa itu Daring? Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan 1Daring adalah kata berupa akronim dari frasa dalam jaringan. Makna dari daring adalah terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Kata jaring yang ada pada frasa dalam jaringan mengarah kepada internet. Secara sederhana, daring dapat dikatakan sebagai padanan dari kata online.  Kegiatan yang dilakukan secara daring sudah pasti membutuhkan jaringan internet dan alat-alat yang mendukung seperti ponsel, komputer, laptop, dan sebagainya.

Jenis-jenis Komunikasi Secara Daring

Apa itu Daring? Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan 2Jenis komunikasi secara daring berdasarkan medianya dapat dibagi menjadi Komunikasi Sinkron Chat, Komunikasi Asinkron Chat, Komunikasi Sinkron Call, Komunikasi Sinkron Video Call, dan Komunikasi Asinkron Video. Berikut adalah penjelasannnya:

1. Komunikasi Sinkron Chat

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi semacam whatsapp, line, sms, telegram, dan semacamnya. Itu artinya kamu sudah melakukan komunikasi sinkron chat. Komunikasi sinkron chat adalah komunikasi yang dilakukan melalui internet tetapi hanya berupa pesan teks atau obrolan lain yang hanya berupa pesan teks saja.

2. Komunikasi Asinkron Chat

Komunikasi asinkron chat dengan komunikasi sinkron chat memiliki fungsi yang sama, yaitu mengirimkan pesan teks kepada seseorang yang ingin diajak komunikasi.

Akan tetapi, perbedaan dari keduanya adalah, komunikasi asinkron chat adalah komunikasi daring yang tertunda. Chat atau teks pesan yang dikirim tidak langsung dibalas orang sang penerima.

Contoh komunikasi asinkron chat adalah seperti sesi bertanya ketika sedang dilakukan webinar atau diskusi. Pertanyaan akan ditampung dan dijawab pada sesi atau waktu yang seharusnya.

3. Komunikasi Sinkron Call

Jenis komunikasi daring ini adalah komunikasi dimana seseorang bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon yang harus menggunakan internet. Komunikasi ini tidak terbatas waktu dan jarak. Aplikasi yang digunakan beragam, tentu harus ada fitur telepon.

4. Komunikasi Sinkron Video Call

Komunikasi daring jenis ini tidak jauh berbeda dari komunikasi sinkron call, karena dapat berkomunikasi dengan seseorang melalui suara.

Namun yang membedakan dari komunikasi sinkron video call ini adalah terdapat fitur video yang bisa memperlihatkan wajah orang yang sedang berkomunikasi dengan kamu. Aplikasi penunjang untuk komunikasi sinkron video ini pun sudah beragam.

5. Komunikasi Asinkron Video

Komunikasi asinkron video adalah komunikasi daring yang sama dengan komunikasi sinkron video. Namun perbedaan dari komunikasi asinkron video adalah, seseorang hanya mengirimkan bentuk komunikasi berupa video.

Tidak terjadi komunikasi dua arah di dalam komunikasi asinkron video. Sehingga orang yang mengirimkan videonya tidak dapat mengetahui bagaimana respon dari penerima video tersebut.

Komunikasi asinkron video ini biasanya digunakan untuk guru-guru yang membuat materi pembelajaran dalam bentuk video. Guru tersebut akan mengirimkan video tersebut kepada murid-muridnya.

banner-promo-gramedia
Kamus Bahasa Indonesia

Kamus Bahasa Indonesia

tombol beli buku

Selain itu, terdapat komunikasi daring berdasarkan cara berkomunikasinya, yaitu komunikasi daring formal, komunikasi informal, komunikasi daring non formal, komunikasi kelompok, dan komunikasi untuk pekerjaan. Berikut penjelasannya:

6. Komunikasi Daring Formal

Komunikasi daring formal adalah komunikasi yang dilakukan dalam keadaan formal. Biasanya komunikasi ini dilakukan ketika ada suatu kepentingan atau sebuah keharusan untuk melakukan komunikasi daring formal. Contoh komunikasi daring formal seperti melakukan webinar, pembelajaran, atau rapat.

7. Komunikasi Daring Informal

Komunikasi daring informal adalah kebalikan dari komunikasi dari formal. Komunikasi ini dilakukan untuk melakukan interaksi yang tidak selalu ada maksud atau tujuannya. Biasanya juga komunikasi ini tidak memiliki topik yang pasti atau tidak terencana. Contohnya seperti seorang ibu yang menghubungi anaknya karena ingin menanyakan kabar atau keadaan anaknya.

8. Komunikasi Daring Non Formal

Komunikasi daring non formal adalah komunikasi yang dilakukan di luar acara yang formal atau resmi. Jika komunikasi non formal dilakukan dalam situasi yang resmi, biasanya orang yang diajak berkomunikasi adalah kerabat atau yang memiliki hubungan dekat.

9. Komunikasi Daring Kelompok

Jenis komunikasi daring selanjutnya adalah komunikasi daring kelompok. Sesuai dengan Namanya, komunikasi ini dilakukan secara berkelompok. Komunikasi ini biasanya dilakukan di dalam sebuah kelompok yang terdiri dari grup di sebuah aplikasi atau platform.

10. Komunikasi Daring untuk Pekerjaan

Komunikasi daring untuk pekerjaan adalah komunikasi yang bersifat pribadi dan penting. Komunikasi ini dilakukan untuk keperluan pekerjaan. Komunikasi ini bisa menggunakan aplikasi atau platform pribadi, atau bisa juga menggunakan platform pribadi yang disediakan oleh perusahaan. Seperti sebuah aplikasi, website, atau email atas nama perusahaan.

Komponen untuk Mendukung Komunikasi Daring

Apa itu Daring? Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan 3

Sebelum komunikasi daring dapat berjalan, dibutuhkan komponen-komponen untuk menunjangnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Komponen perangkat lunak (software)

Komponen ini berguna untuk menjalankan sistem untuk keperluan komunikasi daring. Komponen ini berfungsi untuk menjembatani komponen-komponen lain. Program yang digunakan untuk komponen perangkat lunak ini seperti google, sky, webconferencia, dan sebagainya.

Smk/Mak Kl.Xi Pemodelan Perangkat Lunak

Smk/Mak Kl.Xi Pemodelan Perangkat Lunak

tombol beli buku

2. Komponen perangkat keras (hardware)

Komponen perangkat keras adalah komponen yang terlihat dan bisa digunakan secara langsung oleh manusia. Contoh komponen perangkat keras untuk komunikasi daring adalah laptop atau computer, ponsel, mikrofon, headset, serta perangkat pendukung lainnya.

3. Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)

Komponen perangkat nalar atau akal adalah seorang manusia. Manusia adalah yang menjalankan komponen lainnya, sehingga kehadiran komponen ini sangat dibutuhkan untuk jalannya komunikasi daring.

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

Apa itu Daring? Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan 4

1. Kelebihan Komunikasi Daring

Terdapat beberapa kelebihan komunikasi daring yang bisa ditemukan, diantaranya adalah:

a. Menghemat waktu

Komunikasi daring tentu membutuhkan internet agar dapat berjalan. Kelebihan komunikasi daring yaitu menghemat waktu, tidak perlu berlama-lama untuk mengirimkan pesan atau video kepada seseorang ketika menggunakan komunikasi daring. Selain itu, komunikasi daring tidak mengenal waktu, kamu bisa menggunakan kapan saja.

b. Bisa dilakukan dimana saja

Komunikasi daring adalah komunikasi yang bisa dilakukan dimana saja, selama internet terhubung. Ini adalah salah satu kelebihan dari komunikasi daring. Sehingga tidak perlu bertemu untuk melakukan komunikasi.

c. Hemat biaya

Untuk melakukan komunikasi secara daring, tidak perlu memerlukan biaya yang besar. Dibandingkan dengan berkomunikasi secara langsung, terutama jika jaraknya sangat jauh, komunikasi daring sangat membantu. Karena dapat meringankan biaya, hanya dibutuhkan biaya internet saja.

Why? Internet of Things - Internet Untuk Segala

Why? Internet of Things – Internet Untuk Segala

tombol beli buku

2. Kekurangan Komunikasi Daring

Selain kelebihan, komunikasi daring juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Membutuhkan perangkat atau aplikasi tertentu

Jika ingin melakukan komunikasi daring, dibutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu yang menunjang komunikasi tersebut. Ini bisa dikatakan sebagai kekurangan dari komunikasi daring, karena tidak semua aplikasi dapat diinstal atau digunakan secara umum.

b. Sulit mengekspresikan emosi

Kekurangan komunikasi daring dalam hal ini terlihat jelas ketika menggunakan komunikasi daring jenis teks pesan. Sering terjadi salah paham antara pengirim dan penerima pesan, karena sulit untuk menebak ekspresi yang diterima oleh penerima pesan dari pengirim pesan.

c. Ancaman data privasi yang tersebar

Ketika ingin melakukan komunikasi daring menggunakan platform atau aplikasi tertentu, diperlukan data diri. Hal ini sebenarnya berbahaya, karena jika data-data diri yang bersifat privasi tersebut tersebar, bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat Daring

Apa itu Daring? Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan 5

Berikut ini adalah beberapa dari banyaknya manfaat daring:

  • Untuk berkomunikasi
  • Sebagai media perdagangan
  • Bisa digunakan untuk bisnis
  • Mempermudah pembelajaran
  • Sebagai sarana e-banking
  • Media hiburan
  • Bisa mengakses informasi dari manapun dan kapanpun

Itulah informasi-informasi mengenai daring, mulai dari pengertian hingga manfaatnya. Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tidak perlu khawatir, karena Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu dengan menyediakan buku-buku yang ada di Gramedia.com.

Baca juga artikel terkait “Apa itu Daring?” :

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien