Technology

Mengenal Sejarah Google dan Produk-produknya

Written by Rifda Arum

Sejarah Google – Siapa yang tidak tahu dengan situs web satu ini? Google merupakan mesin pencarian internet paling besar di dunia. Sebagian besar aspek tentang pengetahuan, baik pengetahuan alam, negara bahkan dunia sangat lengkap di google. Selain itu google juga memiliki beberapa fitur yang juga bisa membantu kita supaya memudahkan menggunakan gadget dalam kegiatan sehari-hari.

Google berjalan menjadi sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Bahkan saat ini anak sekolah pun juga membutuhkan situs web satu ini untuk mencari informasi lebih mengenai pelajaran. Tidak hanya itu, google juga membantu memberikan informasi bagi orang yang hendak bekerja. Lalu apa sebenarnya Google tersebut? Bagaimana sejarah google sampai bisa menjadi mesin pencarian paling besar ini? Serta apa saja produk yang dihasilkan oleh google? Berikut pemahaman lebih lanjut.

https://www.pexels.com/

Sejarah Google

Saat ini Google menjadi sahabat perkembangan zaman. Setiap harinya ada milyaran orang yang menggunakan google. Google merupakan perusahaan mesin pencarian yang didirikan pada tahun 1998. Google menjadi salah satu situs paling besar dan lengkap di dunia. Tidak hanya itu, layanan yang diberikan google juga beragam, seperti akun email, browser web, perangkat lunak produktivitas, ponsel dan aplikasi, alat pemetaan, e-book, iklan internet, serta berbagai video dan situs jejaring sosial lainnya.

Melalui Google kita bisa dengan mudah mencari berita atau informasi terkini maupun masa lampau. Kita tinggal mencari apa yang ingin diketahui dengan membutuhkan daya internet sebagai pendukung dari google. Platform tersebut berada dibawah naungan Google LLC, yaitu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang juga khusus mengeluarkan produk jasa dan juga internet.

Google memiliki misi sebagai pemberi informasi yang ada di dunia dan membuat dapat diakses dan berguna secara universal. Maka tak heran jika Google menjadi situs web yang paling diminati, karena fitur yang diberikan pun beragam serta banyak sekali manfaat nya dari menggunakan Google.

Larry Page dan Sergey Brin mendirikan google saat mereka masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford. Mereka merupakan pemegang saham 16% di perusahaan. Google dijadikan sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Sejak saat itu, pertumbuhan perusahaan tumbuh dengan cepat hingga menghasilkan berbagai produk, akuisisi, serta kerja sama di bidang mesin pencari inti Google.

Beli Buku di Gramedia

Google berasal dari kesalahaan ejaan gogol atau istilah dari matematika untuk angka satu dan diikuti oleh seratus nol dalam desimal. Pada tahun 2000 Google populer ketika menjadi mesin pencarian salah satu situs populer yaitu Yahoo!. Kemudian, pada tahun 2004 layanan Yahoo! ditiadakan, akhirnya pencarian Google meningkat mencapai 200 juta kali dalam sehari.

Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring atau dalam jaringan. Selain itu google juga menawarkan juga surat elektronik atau surel, paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Perusahaan ini juga meliputi perkembangan sistem operasi Android yang berguna untuk telepon genggam. Google Chrome OS juga berguna untuk jajaran netbook Chromebook.

Setelah itu Google juga beralih ke perangkat keras komunikasi. Google juga bekerja sama dengan berbagai pihak produsen elektronik besar yang berguna untuk memproduksi perangkat Nexus nya, serta juga untuk mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei tahun 2012. Disaat tahun 2012 infrastruktur serat optik dipasang di Kansas yang gunanya sebagai fasilitas layanan internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia. Tak hanya itu, diperkirakan juga dapat memproses lebih dari satu milyar kueri pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte data buatan pengguna di setiap harinya. Desember tahun 2012, google.com disebut sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia.

Situs-situs yang tersedia pada Google masuk peringkat seratus teratas, seperti halnya YouTube dan Blogger. Google pun demikian, juga menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Tetapi dominasi pasar mendapatkan kritik hak cipta, penyensoran serta privasi. Pada tahun 2014 Google juga mendapatkan penghargaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki merek paling bernilai.

Pada tanggal 10 Agustus tahun 2015, Google mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet yang menjadi perusahaan induk mencakup Google serta usaha lainnya yang tidak terkait dengan bisnis utama dari Google.

Pada restrukturisasi, Larry Page bakal menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sedangkan Sergey Brin menjabat sebagai Presiden. Sergey Brin didampingi oleh Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. CEO Google sendiri akan dijabat oleh Sindar Pichai.

Beli Buku di Gramedia

Produk-produk dari Google

20 tahun lebih perusahaan ini berguna bagi setiap penggunanya. Google pun memiliki beberapa produk inovatif dan tentunya bermanfaat, seperti berikut ini:

1. Google Search

Google Search atau Google penelusuran merupakan pencarian web yang dimiliki oleh Google Inc. Google Search dikembangkan pada tahun 1997 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Dan pada tahun 2007 perusahaan ini menjadi mesin pencarian yang paling sering digunakan oleh seluruh penjuru di dunia. Bahkan hingga saat ini Google memiliki milyaran halaman web.

Tujuan utama dari Google Search untuk mencari teks di dokumen publik yang tersedia di server web atau dalam format HTML, PDF, etc. Akan tetapi berbeda dengan data-data lain yang bisa dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search.

Google Search menyediakan paling sedikit dua puluh dua fitur istimewa selain pencarian kata, tetapi juga seperti zona waktu, pergerakan saham, ramalan cuaca, peta, jadwal bioskop, data gempa, bandar udara, daftar rumah serta skor olahraga. Tak hanya itu Google Search ada juga fitur-fitur untuk penanggalan, angka, harga, suhu, konversi mata uang, perhitungan, pelacakan paket, paten, kode wilayah dan juga penerjemahan bahasa.

Juni 2011 Google Search meluncurkan Google Voice Search dan Search by Image. Kedua fitur tersebut memudahkan pengguna mencari sesuatu dengan mudah melalui suara serta gambar. Dan pada Mei 2012 Google Search juga memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph yang khusus kawasan Amerika Serikat.

Melalui Google Search pengguna hanya perlu mengetik kata kunci pada kolom pencarian, maka akan muncul jawaban dari berbagai sumber hingga berbagai negara. Selain itu seluruh pengguna Google juga dapat memanfaatkan suara serta gambar untuk memudahkan dalam pencarian sesuatu yang dibutuhkan.

Berikut beberapa manfaat dari adanya Google Search, sebagai berikut:

1. Mencari konten dari situs tertentu

Google Search gunanya adalah untuk mencari situs website. Google Search bisa digunakan sebagai pencarian spesifik situs-situs tertentu serta dapat menggunakan perintah site.

2. Mencari sesuatu dengan huruf yang tidak lengkap

Google Search bisa mengingat kata-kata atau frasa yang kurang tepat dalam pencarian Anda. Google Search akan memberikan informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan meskipun dengan keterbatasan kata kunci yang diberikan.

3. Mencari situs yang sama

4. Mencari definisi

Google Search merupakan mesin pencarian yang dapat menunjukkan definisi dari kata-kata yang Anda cari. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci maka Google akan memberikan semua definisi yang Anda cari.

5. Menghitung Konversi

Google Search dapat mengkonversi berbagai unit yang berbeda ukuran.  Contoh Anda mengetikkan kata kunci “10,5 dalam inci” maka akan dikonversi dan juga mengakui konvensi kode.

Beli Buku di Gramedia

2. Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang memberikan suatu layanan cepat, mudah serta aman digunakan bagi seluruh penggunanya. Browser Google Chrome ringan dan juga tidak membutuhkan banyak space memori di handphone dan komputer Anda. Google Chrome sebagai browser yang diluncurkan Google karena para ahli ingin membuat browser serta membangun unsur-unsur yang terbaik dari Google.

Pembuatan Google Chrome juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Google Chrome bukan hanya sebagai browser tetapi juga sebagai platform modern dalam halaman web dan aplikasi. Maka dari itu mereka meluncurkan versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, serta rilis untuk publik pada 11 Desember 2008. Tujuannya agar lebih luas, lebih sempurna dan juga lebih cepat. Browser ini tersedia yang aplikasinya sudah kompatibel dengan berbagai macam website.

3. Google Maps

Google Maps merupakan layanan pencarian khusus untuk menemukan lokasi. Google Maps dapat diakses menggunakan smartphone Anda. Google Maps berbeda dari Google, bedanya Google Maps berbentuk aplikasi yang khusus atau sendiri. Google Maps juga bisa langsung digunakan melalui browser pada laptop ataupun komputer.

Melalui Google Maps setiap pengguna dapat melihat peta dengan mudah. Selain itu petunjuk yang dimiliki Google Maps sangat mudah, kita hanya mengetikkan alamat tujuan kita maka Google Maps akan memberitahukan arahnya. Google Maps juga dilengkapi dengan suara, gambar serta penilaian bagi tempat wisata. Anda bisa mensurvei lokasi yang Anda tuju.

Grameds tentu saja bisa membaca buku untuk menambah pengetahuan dan tata cara penggunaan Google Maps.

Beli Buku di Gramedia

4. Gmail

Gmail merupakan layanan surel milik Google yang memiliki kantor perusahaan di California. Gmail diluncurkan pada tahun 2004. Gmail salah satu layanan yang semakin hari semakin diminati. Gmail menjadi alat komunikasi yang dilengkapi dengan fitur penyaring spam serta pencarian surel yang cepat.

Gmail diluncurkan dengan memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Mengirim dan juga menerima pesan
  • Sebagai identitas diri yang berguna untuk mengakses internet atau pendaftaran akun sosial media dengan data pribadi
  • Email marketing atau sebagai media pemasaran
  • Mengakses produk-produk dari Google lainnya
  • Mengakses ke perangkat Android
  • Dapat melacak akun Android yang hilang

Beli Buku di Gramedia

5. Google Books

Google Books menyediakan layanan pencarian untuk buku-buku tertentu. Dengan Google Books para pengguna dapat melihat secara langsung buku-buku secara mudah dan cepat. Selain itu Anda dapat dengan mudah melihat nama pengarang buku, jumlah halaman buku, tahun terbitan buku serta membeli buku tersebut.

6. Google Earth

Google Earth merupakan pencarian yang fokus pada peta bumi dengan memberikan tampilan interaktif serta dilengkapi juga dengan tampilan interaktif serta dilengkapi fotografi udara. Google Earth dapat memberikan informasi mengenai dunia melalui globe virtual. Melalui Google Earth Anda dapat melihat citra satelit, peta, medan, bangunan 3D dan masih banyak lagi.

Beli Buku di Gramedia

7. Google Docs

Google Docs adalah penyimpanan sebuah file dokumen. Dengan adanya Google Docs Anda bisa dengan mudah membuat dokumen dan menyimpan berbagai jenis dokumen.

Melalui penggunaan Google Docs ini, kegiatan menulis atau sebagai catatan apapun, dapat dilakukan dimana saja serta bisa dibagikan ke siapa saja. Google Docs juga memberikan layanan secara gratis bagi penggunanya.

Beli Buku di Gramedia

8. Google Drive

Google Drive memiliki keterkaitan dengan Google Docs. Google Docs terdapat dalam Google Drive, akan tetapi keduanya juga dapat digunakan sendiri-sendiri. Google Drive diluncurkan pada 24 April 2012.

Di Google Drive Anda bisa menyimpan berbagai macam jenis dokumen dengan ruang penyimpanan yang cukup besar. Serta Anda juga bisa menyimpan dokumen berupa foto yang penting. Google Drive juga mempermudah Anda untuk memberikan berkas ke pengguna lainnya.

Berikut beberapa fungsi dari adanya Google Drive, yaitu:

  • Menyimpan berbagai jenis file yang sifatnya pribadi
  • Berbagi file ke siapapun dan dapat juga dibatasi sesuai keinginan Anda
  • Mengedit file seperti Power Point, Excel, dan word.
  • Backup file pribadi serta backup file WhatsApp
  • Membuat catatan
  • Menyimpan link

9. Google Adsense

Google Adsense merupakan jasa yang dikeluarkan Google untuk seluruh pemilik web. Dengan Google Adsense para pemilik situs atau blog dapat menghasilkan uang melalui tulisan serta postingannya yang dapat dibaca oleh pengguna.

Iklan akan muncul pada konten online Anda yang sesuai dengan tulisan atau konten dan pengunjung. Iklan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka. Pengiklanan tersebut membayar berbagai iklan dengan harga yang berbeda-beda, jumlah yang diperoleh juga tidak akan sama.

Beli Buku di Gramedia

10. Google Adwords

Google Adwords adalah produk jasa pengiklanan atau sebuah media promosi yang ditawarkan ke seluruh pengguna yang menginginkan iklan tampil di halaman pencarian. Google Adwords ini hampir sama dengan Google Adsense yakni sama-sama dapat digunakan untuk mempromosikan sesuatu di dunia maya.

11. Google Meet

Google Meet adalah salah satu software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar, bekerja ataupun melakukan pertemuan secara online. Saat ini, Google Meet masih menjadi andalan dalam proses pembelajaran daring, terutama ketika masih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Selain karena penggunaannya yang mudah, besaran data internet yang dikeluarkan dari produk Google juga tidak berkapasitas besar.

Apabila digunakan dalam pembelajaran daring, Google Meet biasanya akan berpasangan dengan Google Classroom sebagai penunjang proses belajar-mengajar di masa pandemi seperti saat ini.

Beli Buku di Gramedia

12. Google Video

Google Video merupakan layanan sharing video atau berbagi video. Google Video diluncurkan perusahaan pada awal tahun 2006 dengan sistem gratis untuk mencari, melihat serta menyebarkan isi video. Melalui Google Video pengguna blogspot atau blogger tidak perlu login untuk bisa memajang video.

Kelebihan dari Google Video yaitu kemampuan pencariannya lebih baik. Hasilnya tidak hanya dari Google, tetapi juga dari Youtube dan layanan lainnya.

13. Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan yang gratis dari Google untuk para webmaster yang ingin melakukan analisa terhadap performa situsnya. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pey per click, email marketing serta tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Beli Buku di Gramedia

14. Google Translate

Google translate tercipta khusus bagi para pengguna yang ingin menerjemahkan dari berbagai bahasa. Google translate dapat digunakan dengan gratis.

15. Google Play

Google play atau Play Store merupakan toko dari aplikasi. Dengan Google Play kita bisa mencari dan mendowload aplikasi favorit atau yang dibutuhkan untuk disimpan di smartphone Anda. Google Play dipenuhi dengan fitur review dari aplikasi yang akan Anda download.

16. Google Play Games

Google Play Games adalah layanan dari Google yang khusus untuk permainan daring serta SKD yang dioperasikan oleh Google untuk sistem operasi Android.

Beli Buku di Gramedia

Fungsi Google

Google bukan hanya sebagai mesin pencari saja, tetapi Google juga memiliki berbagai fungsi. Berikut beberapa fungsi dari Google, diantaranya:

  • Dapat digunakan sebagai kalkulator dan dapat menampilkan kalkulator mode scientific.
  • Sebagai pengingat karena Google menyediakan fitur reminder khusus yang bisa diaktifkan melalui perintah suara atau membuka langsung dari aplikasi.
  • Membantu dalam mengetahui waktu saat ini di sebuah kota atau negara tertentu.
  • Mengetahui cuaca atau sebagai peramal cuaca. Anda dapat mengetahui cuaca dapat di kota manapun dan juga cuaca dari pagi sampai malam.
  • Konversi nila mata uang dari negara manapun.
  • Dapat membantu Anda dalam mengingat sesuatu dengan memasang alarm. Caranya ketik ‘Set a timer’ dan masukkan waktu pengingat yang diinginkan.
  • Mengirim catatan dari ponsel.
  • Mendapatkan berita up to date yang bisa dinikmati oleh setiap pengguna.

Beli Buku di Gramedia

Jika Grameds ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah Google, serta apa saja fitur-fitur Google. Grameds bisa membaca buku dan dapatkan bukunya di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami berusaha memberikan yang terbaik!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien