in

Jenis Makanan Kura-Kura Alami dan Buatan yang Bisa Jadi Referensi

pexels.com

Makanan Kura-Kura – Grameds, Kura kura adalah hewan yang termasuk golongan reptil dengan ciri khas batok (bony shell) yang keras dan kaku pada bagian atas dan bawah tubuhnya. Kura-kura yang sudah menjadi hewan yang umum dipelihara di Indonesia.

Selain itu, kura-kura termasuk hewan yang omnivora, tetapi ada beberapa kura-kura yang juga termasuk herbivora. Ada banyak jenis kura-kura yaitu misalnya kura-kura Brazil, kura-kura Sulcata, dan kura-kura Ambon. Pada umumnya kura-kura dapat dibagi menjadi kura-kura air dan kura-kura darat.

Di dunia sendiri, kura-kura terdapat setidaknya ada 300 jenis, grameds diantaranya adalah hewan yang ramah dan dapat dipelihara dan ada juga yang buas. Dengan banyaknya jenis kura-kura dan kebutuhan makanan yang berbeda-beda ada juga berbagai jenis makanan untuk kura-kura. Jika kamu ingin memelihara kura-kura dan kamu bingung makanan apa yang cocok untuk makanannya, maka kamu bisa simak artikel di bawah ini untuk menjadi referensimu.

Jenis Makanan Kura-Kura

Jenis makanan kura-kura juga tergantung pada spesiesnya, karena kura-kura bisa menjadi hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, hewan karnivora atau pemakan daging dan bahkan omnivora atau pemakan tumbuhan dan daging.

Biasanya, makanan kura-kura yang dijual di toko hewan menjual berbagai jenis produk makanan dalam berbagai bentuk seperti pelet, stik, dan potongan-potongan dengan nutrisi seperti vitamin, mineral yang sudah diformulasikan untuk kura-kura.

Tidak hanya makanan dalam bentuk olahan, kura-kura bisa juga diberikan makanan yang lebih sehat dan murah seperti olahan makanan yang segar.

Cara Memilih Makanan Kura-Kura

Makanan Kura-Kura
pixabay.com

Tidak semua kura-kura makannya sama, grameds, tentunya kura-kura darat memiliki jenis makanan yang berbeda dengan kura-kura air. Nutrisi yang dibutuhkan kura-kura juga berbeda.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara memilih makanan kura-kura terlebih dahulu. Berikut adalah tips untuk grameds dalam memilih makanan kura-kura yang tepat

1. Kenali Jenis Kura-Kura

Kura-kura darat biasanya memiliki tempurung yang agak cembung dan berat. Kura-kura jenis ini perlu mendapatkan banyak protein. Kura-kura darat juga dibagi menjadi wilayah mediterania dan kura-kura wilayah tropis.

Kura kura wilayah mediterania seperti kura kura rusia, kura kura hermani, termasuk ke dalam kelompok kura-kura yang hanya memakan tumbuhan atau dapat dikatakan herbivora. Kura-kura ini memakan tumbuhan seperti sukulen, dandelion, bunga sepatu. Jenis kura kura ini sebaiknya tidak diberikan daging, kacang-kacangan dan buah-buahan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kura-kura wilayah tropis seperti kura-kura kaki merah, kura-kura punggung bersengel bell dapat dikatakan sebagai hewan yang omnivora, kura-kura ini bisa memakan. seperti serangga, siput, cacing tanah. Seluruh jenis kura-kura darat membutuhkan air dalam jumlah yang cukup. Jadi grameds harus memperhatikan ini juga.

Kura-kura air biasanya memiliki tempurung yang tidak terlalu cembung dan kakinya dilengkapi dengan cakar dan selaput yang berguna untuk berenang. Jenis kura-kura air ini seperti kura-kura brazil, kura-kura ambon, dan kura-kura berwarna.

Biasanya, kura-kura air ada yang herbivora atau pemakan tumbuhan dan omnivora atau pemakan segala. Kura-kura berwarna umumnya memakan alga, larva capung dan udang karang, sedangkan kura-kura berwarna biasa mengkonsumsi sayur, ikan, serangga dan cacing.

2. Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Kura-Kura

Terdapat dua nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura, berikut adalah nutrisi yang harus dipenuhi oleh kura-kura.

a. Protein

Protein biasanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura berukuran kecil karena protein akan membantu pertumbuhan anak kura-kura. Protein bisa didapatkan dari hewan seperti belalang, kecebong dan jangkrik untuk kura-kura air, sedangkan untuk kura-kura darat bisa mendapatkannya dari sayuran seperti bayam dan brokoli.

Meskipun protein ini bagus untuk pertumbuhan kura-kura, tetapi kamu tidak boleh memberikan protein ini secara berlebihan karena akan menyebabkan pyramiding, pyramiding adalah kelainan yang menyebabkan sisik pada cangkang kura-kura naik seperti piramida atau bahkan menyebabkan kelainan pada ginjal dan hati.

b. Kalsium

Jenis kura-kura darat dan kura-kura air juga membutuhkan kalsium untuk tetap menjaga kesehatan tulang dan membantu pertumbuhan tempurung kura-kura. Kalsium ini juga akan baik untuk telur kura-kura karena itu harus memberikan kalsium dalam jumlah yang cukup.

Makanan Kura-Kura Alami

Jika grameds ingin memberikan kura-kura dengan makanan alami, maka bisa simak rekomendasi makanan yang bisa dimakan kura-kura berikut ini.

1. Ikan

Free Whitebait Stock Photo
pexels.com

Pada habitat aslinya ikan adalah makanan asli kura-kura. Jadi ikan ini aman untuk grameds berikan kepada kura-kura terutama jenis kura-kura brazil dan kura-kura kecil.

Jenis ikan yang bisa grameds berikan juga beragam seperti anakan ikan mas dan ikan-ikan kecil lainnya. Namun, grameds perlu menghindari memberikan ikan laut yang sudah dibekukan dan usahakan memberikan ikan air tawar yang segar. Hal ini karena ikan laut yang sudah dibekukan akan meningkat kadar enzimnya dan akan menghancurkan vitamin B1 di dalamnya dan akan menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan kura-kura.

2. Buah dan Sayuran

Free Tomatoes, Carrots And Radish On The Top Of The Table Stock Photo
pexels.com

Tidak hanya ikan, kura-kura juga merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Sayur dan buah ini baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kura-kura. Buah dan sayur yang memiliki tinggi kalsium juga akan membantu untuk pertumbuhan tempurung kura-kura.

Buah yang cocok untuk diberikan kepada kura-kura adalah pepaya, pisang, apel, stroberi, melon, pisang, kiwi, mangga, anggur dan tomat. Sedangkan sayur yang cocok untuk diberikan kepada kura-kura adalah sawi, selada, wortel, bayam, jagung, buncis, bit, kacang polong, labu, ubi, kangkung, zucchini, lobak dan sayuran hijau lainnya.

Usahakan untuk memberikan sayuran dan buah-buahan yang segar untuk kura-kura yang sedang kamu pelihara, grameds. Selain itu, jangan memberikan sayur dan buah buahan yang sudah layu atau busuk.

3. Serangga

Makanan Kura-Kura
pexels.com

Pada dasarnya, di habitat aslinya selain ikan, kura-kura juga memakan serangga. Jenis serangga yang biasa dimakan kura kura adalah seperti jangkrik kecil, belalang, semut, nyamuk atau jentik nyamuk. Selain serangga, grameds juga bisa memberikan cacing kepada kura-kura.

Cacing yang biasa dimakan adalah cacing sutra, mealworm, atau cacing tanah. Grameds bisa membelinya di toko hewan peliharaan atau toko pakan burung atau alat-alat memancing.

4. Tulang Sotong

Makanan Kura-Kura
merdeka.com

Tulang sotong adalah makanan yang kaya akan kalsium untuk kura-kura. Kalsium dibutuhkan kura kura untuk mencegah penyakit tulang metabolik pada kura-kura. Tulang sotong ini sangat bermanfaat bagi kura-kura yang sedang ada dalam fase pertumbuhan.

Di habitat aslinya, kura-kura juga biasa mengonsumsi cangkang keong yang sudah kosong untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Grameds bisa membeli tulang sotong di toko hewan peliharaan.

5. Daging

Free Raw Beef Meat on White Background Stock Photo
pexels.com

Selain serangga, ikan dan cacing, grameds juga bisa memberikan daging sapi atau daging ayam yang sudah di rebus atau sudah dicincang kecil-kecil biasanya kura-kura brazil akan memakan daging ayam. Protein yang tinggi dari daging sapi dan ayam bisa membantu kura-kura dalam proses pertumbuhannya.

Namun, grameds harus memperhatikan jangan sampai memberi daging yang memiliki kandungan tinggi lemak karena akan mengganggu pencernaannya. Grameds bisa memberikannya sebanyak 2-3 kali seminggu tanpa berlebihan.

6. Telur

Makanan Kura-Kura
pexels.com

Selain daging dan ikan kura-kura juga bisa mendapatkan protein dari telur. Protein yang ada di telur akan bermanfaat bagi kura-kura yang sedang hamil. Kamu bisa memberikan telur rebus dan kemudian memberikannya kepada kura-kura.

Namun, grameds juga perlu memperhatikan porsi yang diberikan kepada kura-kura. Pastikan kamu sudah memotong telur menjadi bagian bagian yang mudah untuk di konsumsi bagi kura-kura.

7. Air Bersih dan Matang

Kura-kura juga membutuhkan air untuk minum baik kura kura darat maupun kura kura air. Usahakan selalu memberikan air bersih dan matang dan selalu mengganti wadah minumnya jika tidak akan menimbulkan lumut dan air menjadi kotor.

Makanan Kura-Kura Buatan

Jika grameds tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan alami dan ingin menggunakan yang praktis, maka bisa memberikan makan pada kura-kura dengan makanan buatan.

Makanan buatan yang biasa diberikan kepada kura-kura adalah pelet. Pelet adalah makanan olahan yang bisa didapatkan secara mudah. Selain itu, pelet ini sudah diperkaya vitamin dan mineral untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi sang kura-kura.

Saat grameds ingin memberikan pelet, sebaiknya grameds melihat kepada petunjuk dalam kemasan. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah saat memberikan pelet, grameds jangan memberikan pelet terlalu banyak agar makanan tidak terbuang. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan kura-kura buatan

1. Hokky Pet Food

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan pelet ini direkomendasikan untuk kura-kura air. Makanan ini bisa membantu untuk meningkatkan kalsium dalam tubuh kura-kura karena kekurangan kalsium akan menyebabkan kontraksi otot melemah dan gagal jantung. Kelebihan makanan ini adalah floating type sehingga bisa dilihat oleh kura-kura lebih mudah.

2. Turtle Vit

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan ini merupakan solusi bagi grameds yang bingung memberikan makanan jenis apa kepada kura-kura. Makanan ini memiliki vitamin yang terkandung didalamnya yaitu Vitamin A, C dan E yang baik untuk pertumbuhan kura-kura. Makanan ini cocok untuk kura-kura jenis kura-kura air. Jadi, makanan ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau repot dan ingin yang praktis.

3. Tortoise Food

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan ini direkomendasikan bagi kura-kura darat. Makanan ini bisa diberikan kepada kura-kura secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Cara mengolah makanan ini bisa dilumatkan dengan menggunakan air panas. Grameds juga bisa memberikan makanan ini dengan makanan pendamping lainnya seperti sayuran atau daging-dagingan. Makanan ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan pada kura-kura.

4. Saki Hikari Turtle

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan ini cocok untuk kura-kura jenis kura-kura air. Jika kamu memiliki masalah dengan air yang sering bau karena tidak diganti makanan ini bisa jadi solusi untuk kamu. Dengan formula khusus dari Jepang, makanan ini memiliki kandungan yang tidak cepat berbau dan lebih jernih. Jika kamu sibuk dan lupa untuk mengganti air kura-kura, maka makanan ini bisa menjadi solusi untuk kenyamanan kura-kura yang kamu pelihara.

5. Turtle Food

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan ini cocok untuk kura-kura dengan jenis kura-kura air. Makanan ini memiliki kandungan spirulina yang berfungsi untuk membuat warna tempurung kura-kura semakin bagus. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan yang dapat membantu pertumbuhan kura-kura menjadi lebih cepat.

6. Morning Sun Turtle Food

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan ini cocok diberikan kepada kura-kura air. Vitamin D3 adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura. Dengan vitamin D3 akan menjaga tempurung kura-kura tetap sehat. Agar kura-kura kesayanganmu tetap terpenuhi vitamin D3-nya maka makanan ini menjadi solusi utama.

7. Tortoise LS Diet

Makanan Kura-Kura
shopee.co.id

Makanan ini cocok untuk jenis kura-kura darat. Makanan kura-kura ini adalah makanan yang tidak menggunakan pewarna buatan. Selain itu, makanan ini juga sudah dilengkapi dengan nutrisi seperti protein dan vitamin. Bahan utama makanan ini juga ditambahkan dengan timothy grass hay sebagai bahan utamanya yang mengandung tinggi serat yang bagus untuk pencernaan kura-kura.

8. Tortoise Daily Food

shopee.co.id

Makanan ini cocok untuk jenis kura-kura darat. Makanan ini juga mengandung beri kering yang membantu meningkatkan nafsu makan kura-kura dan ekstrak yucca yang baik untuk sistem pencernaan. Makanan ini juga dilengkapi dengan nutrisi yang lengkap bagi kura-kura seperti mineral dan vitamin yang lengkap. Selain itu, produk ini kurang cocok untuk kamu yang hanya memiliki 1 kura-kura karena pengemasannya yang besar.

9. Tortoise Stick Vegetables & Fruits

shopee.co.id

Makanan ini cocok untuk jenis kura-kura darat. Makanan ini cocok untuk kura-kura yang makanan utamanya adalah tumbuhan. Jadi, makanan ini sangat aman bagi kura-kura yang herbivora dan kamu tidak perlu khawatir memberi makanan olahan. Bahkan, makanan kura-kura yang satu ini dilengkapi nutrisi lengkap dan seimbang karena terbuat dari buah dan sayur asli.

10. Gammarus

shopee.co.id

Makanan ini terbuat untuk jenis kura-kura air. Makanan ini dibuat dari udang kering atau gammarus utuh yang dikeringkan utuh sehingga cocok untuk anak kura-kura. Maka dari itu makanan ini kaya akan protein dan kalsium. Makanan ini juga mengandung vitamin A dan kalsium. Vitamin ini bisa membantu mengatasi beberapa masalah pada kura-kura seperti penglihatan yang kabur dan bercak putih pada kura-kura. Produk ini sangat cocok untuk kura-kura Brazil.

Tips Memberi Makan Kura-Kura

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan jika memberi makan kura-kura. Berikut adalah tips yang perlu kamu perhatikan saat memberi makan makan kura-kura.

  1. Hindari memberi makan kura-kura dengan produk susu, yogurt atau keju. Karena tidak dapat mencerna susu dan hal itu dapat menyebabkan penyakit.
  2. Memberikan sumber protein hanya 2-3 hari, guna menghindari asupan protein berlebih dalam makanan kura-kura.
  3. Hindari daging mentah karena ternoda atau busuk sebelum kura-kura memakannya.
  4. Hindari makanan buatan pabrik, seperti biskuit atau roti yang mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak mendukung kesehatan kura-kura.
  5. Berikan makanan dalam porsi kecil dan lebih mudah untuk dimakan, terutama pada bayi kura-kura. Hewan ini tidak memiliki gigi dan menggunakan rahangnya untuk memotong makanan menjadi potongan kecil.
  6. Berikan makanan yang segar untuk kura-kura. Usahakan untuk tidak meninggalkan makanan di dalam kandang karena itu bisa menjadi busuk dan berjamur. Oleh karena itu, coba untuk selalu membersihkan piring kura-kura sebelum menambahkan makanan yang lain.

Nah itu dia grameds, adalah makanan kura-kura yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kura-kura yang kamu punya.

Jika Grameds tertarik dengan buku tentang kura-kura atau merawat kura-kura atau buku lainnya. maka Grameds bisa mencari tahu lebih lanjut dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Gramedia menyediakan buku-buku untuk memperkaya wawasan Grameds tentang budaya Nusantara agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Cara Merawat Kura-Kura dan Jenis Makanannya
  2. 10 Jenis Kura-Kura yang Bisa Jadi Hewan Peliharaan 
  3. Fakta Menarik Kura-Kura Brazil dan Cara Merawatnya
  4. Buku Cara Merawat Hewan Peliharaan
  5. Jenis-Jenis Anjing Lucu dan Cara Merawatnya
  6. 18 Fakta Unik Tentang Kucing, Cat Lovers Wajib Tahu!


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda