in

Ketahui Pengusir Tikus Alami

Pengusir tikus alami – Cara mengusir tikus yang sering berkeliaran di rumah tidak mudah ya grameds. Grameds yang menyukai dengan kebersihan dan kerapihan pasti akan terganggu apabila ada tikus di rumah, sehingga akan memunculkan rasa kesal.

Sebenarnya, adanya tikus di rumah ini bisa kita basmi, sehingga suatu ruangan pun bisa terhindar dari tikus. Namun, bagi sebagian orang merasa khawatir, karena belum mengetahui cara mengusir tikus secara alami, sehingga ruangan pun menjadi tetap sehat.

Tenang, tak perlu khawatir karena di artikel ini kita akan membahas lebih jauh lagi seputar pengusir tikus alami. Jadi, tetap simak ulasan ini sampai selesai, Grameds.

Pengusir Tikus Alami

Nah, Cara-cara mengusir tikus dengan alami, sebagai berikut:

1. Taburkan Bedak Bayi

Apakah grameds pernah mendengar mengusir tikus dengan menggunakan bedak bayi? jika belum. Coba terapkan yuk! Bubuk halus dari bedak dipercaya dapat menggangu fungsi tubuh tikus ketika ia memakannya.

Caranya, taburkan bedak ini di sekitar area yang sering dikunjungi tiket seperti dapur, meja makan maupun sekitar kamar mandi. Biarkan semalaman hingga tikus terpancing untuk memakannya. Grameds dapat mengulanginya cara ini secara rutin hingga tikus pergi dari rumah.

2. Menggunakan daun salam

Cara tradisional ini dipercaya dapat mengusir tikus. Grameds bisa menggunakan daun salam untuk membuat tikus teracuni saat memakannya. Hal ini karena daun salam dipercaya efektif dalam mengusir tikus-tikus. Letakkan beberapa lembar daun salam di penjuru ruangan atau tempat tikus bersarang. Grameds dapat mengulanginya berkali – kali hingga tikus tidak ada lagi di rumah, ya.

3. Menggunakan sisa rambut

pixabay.com/pimnana

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Terlihat tidak masuk akal, namun cara mengusir tikus ini bisa dicoba lho grameds. Apabila grameds mempunyai sisa rambut setelah menggunting rambut, coba dikumpulkan. Kemudian, setelah sudah banyak dapat gabungkan dan letakkan di tempat tikus melintas.

Ternyata, tikus akan tertarik ketika melihat rambut manusia yang berserakan. Mereka akan memakannya. Ketika tikus menelan, rambut – rambut ini dapat membunuh tikus secara perlahan.

4. Sebarkan kapur barus

Manfaat kapur barus memang beragam, salah satunya dapat mengusir tikus di rumah. Bau dan aroma dari benda ini dipercaya ampuh dalam mengusir tikus. Grameds dapat meletakkan beberapa buah kapur barus di tempat tikus biasa dilintasi. Untuk menghindari terjadinya alergi sebaiknya grameds menggunakan sarung tangan.

Di samping itu, grameds juga perlu menjauhkan kapur barus ini dari jangkauan anak-anak karena berbahaya apabila dengan tidak sengaja dimasukkan ke dalam mulut di kecil. Setelah memegang benda ini usahakan selalu cuci tangan, ya.

5. Manfaatkan cangkang telur

Apabila grameds mempunyai sisa kulit telur yang tidak digunakan sebaiknya jangan dibuang, ya. Kulit telur ini bisa digunakan untuk mengusir tikus dirumah. Caranya mudah, grameds menghaluskan kulit telur kemudian taburkan bubuknya pada tempat-tempat yang sering dilintasi oleh tikus.

6. Menggunakan ramuan lada

Selain menggunakan cangkan telur, pengusir tikus selanjutnya menggunakan ramuan lada. Grameds hanya perlu menaburkan sedikit lada di sekitar lubang-lubang tikus kemudian lihat bagaimana hasilnya. Tidak ada bedanya lada hitam dan lada putih, jadi grameds bisa mencoba keduanya ya. Tikus takut dengan bau lada yang cukup tajam dan membuatnya untuk tidak mendekati seisi rumah.

7. Menggunakan bawang merah

Kita tahu bahwa bawang merah mempunyai bau yang menyengat dan dianggap menjijikan oleh tikus. Jadi, bawang merah juga menjadi salah satu solusi untuk mengusir tikus di rumah.  Caranya cukup mudah lho, grameds hanya perlu mengiris-iris bawang kemudian letakkan ke tempat – tempat yang biasa dilewati atau disukai oleh tikus. Seperti, letakkan bawang di depan lubang tikus atau tempat rawan di mana tikus akan bersarang.

8. Menggunakan daun mint

Obat pengusir tikus yang alami selanjutnya menggunakan daun mint. Karena daun mint mempunyai bau yang menyengat, maka tikus tidak akan tahan dengan bau tersebut. Jadi, ketika mencium baunya tikus akan mabuk dan menjadi lemas. Grameds hanya perlu menyiapkan satu ikat daun mint, kemudian ambil sarinya saat dilarutkan dalam air. Setelah itu, semprot cairan mint tersebut ke tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus.

9. Menakuti dengan kulit buah durian

pixabay.com/truthseeker08

Selain mempunyai daging yang enak, kulit durian ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus lho. Potong kulit buah durian, kemudian letakkan di sudut-sudut yang sering didatangi oleh tikus. Wangi buah durian yang menyengat mampu mengusir tikus yang datang. Ditambah dengan kulitnya yang tajam, dijamin tikus akan ketakutan.

10. Gunakan cabai yang dicampur dengan detergen

pixabay.com/JillWellington

Selain menggunakan kulit durian, grameds dapat menggunakan saus maupun bubuk cabai yang dicampurkan dengan detergen yang sudah larut dengan air. Masukkan cairan ini ke dalam sebuah botol semprotan, kemudian grameds dapat menyemprotkan ke arah tikus saat muncul. Ternyata, tikus bisa merasa panas ketika disemprotkan cairan tersebut.

11. Taburkan bubuk kopi

Bubuk kopi ternyata cukup ampuh untuk mengusir tikus yang berkeliaran di rumah. Aroma yang menyengat di bubuk kopi ini dapat mengusir tikus. Grameds cukup menaburkan secukupnya di sudut-sudut ruangan, kemudian biarkan hingga tikus pergi dengan sendirinya. Aroma kuat dari bubuk kopi ini juga bisa mengusir serangga lain di dalam rumah, ya grameds.

12. Memetik daun sirsak

Selain sering merusak barang-barang yang ada di rumah, tikus juga pembawa kotor dan jorok sehingga sering membuat rumah jadi kotor. Tidak heran apabila grameds menggunakan cara apa pun untuk mengusir tikus dari rumah. Salah satunya menggunakan daun sirsak, petik daun sirsak secukupnya kemudian sebarkan di area-area tikus yang berdatangan.

13. Peras ampas teh 

Kantung teh atau ampasnya dapat dimanfaatkan untuk cara mengusir tikus di rumah. Hal ini karena ampas kantung teh dikenal dapat merusak pernapasan tikus ketika ia menghirup bahkan memakannya. Selain itu, cara mengusir ini juga bisa merusak indra penciuman tikus sehingga ia tidak tahan berlama-lama ada di rumah. Grameds dapat tempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi tikus.

14. Semprotkan cairan buah mengkudu

Buah mengkudu dipercaya bisa mengatasi tikus membandel di rumah. Grameds cukup hancurkan buah ini hingga berbentuk air. Kemudian, semprotkan cairan buah tersebut pada area tikus bersarang atau lubang tikus. Cara ini cukup efektif karena aman untuk digunakan.

15. Menggunakan essential oil

Apakah grameds punya essential oil yang tidak terpakai? Coba gunakan untuk mengusir tikus. Bau dari minyak peppermint dan minyak cengkeh ternyata efektif dalam mengusir tikus. Caranya, basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area rawan tikus seperti lemari, laci dan pintu. Meskipun bau tersebut tidak akan cukup untuk menghilangkan tikus sepenuhnya, namun dapat dibarengi dengan cara-cara lain, ya grameds.

16. Menggunakan adonan baking soda

Ternyata menggunakan baking soda juga sebagai cara alternatif yang terbilang cukup aman. Hal ini dinilai dapat mengusir tikus dengan cukup ampuh dan membuat tikus cepat pergi. Yuk, coba grameds!

17. Menggunakan minyak kayu putih

Cara selanjutnya grameds dapat menggunakan minyak kayu putih. Cukup mudah hanya dengan menyemprotkan minyak ini ke sarang tikus. Setelah itu, biarkan beberapa saat hingga aroma menguap dan tidak tidak berani mendekat. Cukup praktis bukan?

18. Tuangkan cairan pemutih

Ada sisa detergen atau cairan pemutih sisa mencuci baju? Sebaiknya digunakan untuk mengusir tikus saja ya grameds. Cairan pemutih ini bisa dicampur dengan air kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Grameds hanya perlu menyemprotkan ini di area – area yang rentan tikus lewati.

19. Menggunakan bawang Bombay

Bawang Bombay juga menjadi salah satu solusi untuk mengusir tikus. Aroma yang menyengat dari bawang Bombay tidak disukai oleh tikus. Grameds dapat mengiris bawang Bombay tersebut dan letakkan di area yang biasa menjadi sasaran tikus. Setelah bawang tersebut membusuk, maka dapat menggantinya dengan yang baru.

20. Menggunakan larutan cabai

Cabai sebagai bahan makanan atau bumbu dapur yang dapat mengusir tikus. Cara membuat larutan cabai cukup mudah, grameds bisa menggunakan cabai rawit secukupnya yang dicampur dengan 1 atau 2 liter air kemudian direbus. Setelah itu, dapat disemprotkan larutan cabai ke tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus. Cara ini sangat praktis dan ampuh, ya grameds.

21. Menggunakan cengkeh 

Meskipun cengkeh menyimpan bau yang harum dan dapat menenangkan tubuh, aroma yang dikeluarkan cengkeh tetap tidak disukai oleh tikus. Cengkeh yang digunakan untuk mengusir tikus merupakan cengkeh yang sudah kering ya, atau grameds juga bisa menggunakan cengkeh yang dilapisi dengan bungkusan kain kasa untuk mengusir tikus.

22. Menggunakan bawang merah

Jenis bawang lain yang dapat grameds gunakan untuk mengusir tikus adalah bawang merah. Bawang ini mempunyai bau yang menyengat sehingga tikus menganggapnya bau yang menjijikan. Caranya sama dengan bawang-bawang yang lain, grameds tinggal mengupas dan iris bawang tersebut kemudian letakkan di tempat-tempat yang digemari oleh tikus.

23. Menggunakan merica

Merica tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, namun dapat mengusir tikus secara perlahan. Karena mempunyai bau yang menyengat, tikus akan merasa terganggu jika menghirup bubuk merica. Mempunyai tekstur yang sangta kecil sehingga akan mudah digunakan. Grameds hanya perlu menabur bubuk merica di sudut-sudut rumah, dijamin tikus-tikus yang ada di rumah akan pergi dan tidak kembali lagi.

24. Memelihara jangkrik 

Cara mengusir tikus ini cukup unik. Grameds hanya perlu memelihara jangkrik. Meskipun hewan ini mempunyai ukuran yang kecil, namun keberadaan beberapa jangkrik di rumah membuat tikus merasa tidak nyaman. Hal ini karena suara jangkrik yang dapat mengganggu pendengaran tikus, karena tikus tidak menyukai tempat-tempat yang ramai maupun bising. Bahkan suara-suara tertentu juga bisa membuat pendengaran tikus terluka.

25. Memelihara kucing

Memelihara kucing merupakan cara termudah untuk membasmi tikus di rumah. Namun, tidak memungkinkan juga bisa dengan menyebarkan kotoran kucing di area yang paling sering dikunjungi tikus. Cara ini akan mencegah tikus berkeliaran di rumah. Namun, pastikan grameds juga menjauhkan kotoran kucing dari anak-anak ya.

Nah, itulah cara cepat mengusir tikus secara alami, ya grameds. Dengan menggunakan cara-cara tersebut, maka tikus secara perlahan akan menghilang. Semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu jadi lebih mudah dalam mengusir tikus.

Jika ingin mencari buku seputar kebersihan rumah, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Rekomendasi Buku Terkait

Seni Membersihkan Rumah: Mengaplikasikan Konsep Minimalis Di Dalam Rumah Anda

 

Setiap orang sebenarnya memiliki kemampuan berbenah di dalam dirinya. Kemampuan berbenah setiap orang merupakan sebuah bakat yang perlu diasah sebetulnya. Jarang sekali, bahkan belum pernah saya menemui lembaga kursus untuk mengajarkan cara-cara berbenah.

Sama halnya dengan di sekolah, tidak ada mata pelajaran khusus yang mengajarkan murid–muridnya cara berbenah dengan baik dan benar, sekalipun itu di mata pelajaran PKK yang sebenarnya bisa disisipkan cara berbenah yang benar.

Supaya Grameds semakin rajin dalam membersihkan rumah, maka bisa mengetahui panduan membersihkan rumah melalui buku Seni Membersihkan Rumah: Mengaplikasikan Konsep Minimalis Di Dalam Rumah Anda. Dengan adanya buku ini, yuk kita mulai untuk hidup berbenah dengan membiasakan diri untuk berberes di segala hal.

Seri Rumah Ide – Jendela Cantik

 

Banyak yang menganggap jendela hanya sebagai salah satu elemen rumah. Berfungsi utama memasukkan cahaya dan udara-juga berarti menjamin ketersediaan udara segar dan meminimalisasi kelembapan dalam ruang-banyak yang belum sadar bahwa jendela juga harus bisa dijadikan alternatif bukaan untuk menyelamatkan diri saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, sama seperti mata manusia-jendela bisa menghadirkan ekspresi tertentu pada fasade yang dapat membuat bangunan tampak lebih menarik. Menilik fungsinya yang demikian penting, sudah selayaknya kita memikirkan keberadaannya secara serius.

Untuk Grameds yang penasaran dengan cara membersihkan jendela rumah dengan baik, maka bisa membaca buku Seri Rumah Ide – Jendela Cantik.

Bukan hanya merinci beragam bentuk, bahan pembuat, warna, dan perlengkapan pendukung jendela (semisal kaca, engsel, kait, tirai atau blind), edisi ini juga memberikan tips berharga cara menyesuaikan jendela dengan bujet, gaya bangunan, dan iklim setempat.

 

Dari ahli bersih-bersih dan perawatan rumah serta pencipta blog Clean Mama yang sangat populer, buku ini menghadirkan panduan bersih-bersih sederhana dengan langkah demi langkah jadwal yang telah terbukti dapat merapikan rumah hanya dalam sepuluh menit sehari.

Becky Rapinchuk Clean Mama, memahami bahwa banyak orang tidak memiliki waktu, keterampilan organisasi, atau kebiasaan mengurus rumah untuk mempertahankan tempat tinggal yang selalu bersih dan rapi.

Dalam buku Simply Clean, Becky akan membantu Anda dengan mudah menjaga rumah tetap rapi dan membangun kebiasaan untuk menjadi orang yang rapi tidak peduli betapa berantakannya Anda secara alami.

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengusir-tikus
  • https://www.detik.com/jatim/berita/d-6366830/9-cara-mengusir-tikus-yang-praktis-tapi-ampuh
  • https://www.tokopedia.com/blog/cara-mengusir-tikus-dari-rumah-hlv/?utm_source=google&utm_medium=organic
  • https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/07/080500865/13-cara-ampuh-mengusir-tikus-di-rumah-tanpa-racun?page=all


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.