in

Cara Merawat Kura-kura dan Jenis Makanannya

Cara Merawat Kura-kura dan Jenis Makanannya – Siapa yang tak kenal hewan dengan keunikan tempurung yang tak dimiliki hewan lainnya? Yup, kura-kura. Di Indonesia, kura-kura adalah salah satu hewan peliharaan unik yang cukup populer di kalangan pecinta hewan.

Perawatannya yang tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak tempat menjadi salah satu alasan mengapa kura-kura kerap dijadikan hewan peliharaan. Ketika memelihara dan merawat kura-kura, kamu tidak membutuhkan banyak pelatihan khusus layaknya memelihara anjing maupun kucing.

Kura-kura ialah salah satu hewan reptil bersisik dengan kaki empat. Hewan yang memiliki bentuk sangat khas dan mudah dikenali ini tergolong bangsa hewan yang disebut ordo Testudinata atau Chelonians.

Kura-kura sebagai hewan peliharaan populer yang tergolong ke dalam jenis hewan reptil seperti buaya dan biawak ternyata memiliki sekitar 365 spesies di seluruh dunia. Meski dikenal sebagai hewan yang bergerak lambat, kura-kura diyakini memiliki usia lebih dari 100 tahun, lho Grameds!

Diberbagai budaya di dunia, kura-kura dianggap membawa keberuntungan karena usianya yang cukup panjang. Fakta menarik lainnya, banyak budaya yang menganggap tempurung kura-kura sebagai simbol ketenangan.

Hewan dengan tempurung di pundaknya ini merupakan salah satu jenis hewan purba yang keberadaanya eksis sejak jutaan tahun lalu. Keberadaan kura-kura diyakini sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu.

Tahukah kamu ada beragam jenis kura-kura yang dapat dijadikan hewan peliharaan? Ada beberapa jenis kura-kura yang dapat kamu pelihara, yakni kura-kura sulcata, aldabra, brazil, indian star, dan elongated. Artikel ini akan mengantarkan kamu mengetahui bagaimana cara merawat kura-kura dengan baik.

tombol beli buku

Cara Merawat Kura-Kura

Merawat kura-kura bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan bagi banyak orang. Kura-kura merupakan hewan yang tidak sulit untuk dipelihara. Maka dari itu, ada berbagai jenis kura-kura yang bisa kamu pelihara di rumah.

Jika Grameds ingin memelihara kura-kura, kamu bisa menyentuh dan memegangnya langsung tanpa khawatir akan digigit. Mulai tertarik untuk memeliharanya? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk merawat kura-kura agar tumbuh dengan sehat.

1. Sesuaikan dengan karakteristiknya

Cara merawat kura-kura terbilang cukup mudah selama Grameds mengenali karakteristiknya untuk mengetahui cara memperlakukannya. Secara umum, ada tiga jenis kura-kura yang dapat kita kenali, yakni kura-kura darat, kura-kura akuatik, dan kura-kura amfibi.

Jika Grameds berniat memelihara kura-kura akuatik, kamu perlu menyiapkan sebuah akuarium atau kolam. Kura-kura jenis akuatik hanya bisa hidup di dalam air.

Namun, jika Grameds berniat memelihara kura-kura darat, kamu perlu mempersiapkan kandang khusus di halaman rumah. Jadi, pastikan kamu mengenali karakteristiknya.

banner-promo-gramedia

2. Menyiapkan kandang

Menyiapkan kandang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya menjadi salah satu cara merawat kura-kura agar bisa hidup dengan nyaman. Jika Grameds memelihara kura-kura akuatik, kamu perlu menyiapkan sebuah akuarium atau membuat kolam.

Besaran akuarium atau kolam juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh kura-kura. Hal tersebut perlu diperhatikan agar hewan peliharaan kamu bisa bergerak dengan nyaman.

Jika Grameds memelihara kura-kura darat, kamu hanya perlu menyiapkan sebuah kandang yang sesuai dengan ukurannya. Apabila kura-kura yang kamu pelihara sudah tumbuh besar, sebaiknya

Grameds membuat kandang khusus yang diberi pagar di halaman rumah. Saat memiliki waktu luang, Grameds bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengajak kura-kura bermain dengan melepaskannya di halaman rumah.

3. Perhatikan jumlah kura-kura yang dipelihara

Tidak membiarkannya kesepian dapat menjadi salah satu cara merawat kura-kura dengan baik. Grameds disarankan untuk membeli sepasang kura-kura agar hewan peliharaan kamu memiliki teman.

Apabila harga kura-kura yang kamu pilih terbilang cukup mahal seperti kura-kura darat, kamu bisa membeli satu ekor terlebih dahulu. Jika tabungan kamu sudah cukup, disarankan untuk membeli satu ekor lagi agar kura-kura kamu tidak merasa kesepian.

tombol beli buku

4. Cara memberi makan

Salah satu hal terpenting ketika kamu merawat hewan peliharaan ialah memberinya makan secara teratur. Grameds bisa membeli makanan kura-kura di toko hewan peliharaan.

Grameds juga bisa memberikan makanan lain, seperti jangkrik, cacing, ikan gupi, dan belalang agar kura-kura kamu tetap sehat. Kemudian kamu bisa memberikan sayuran sebagai pelengkap makanan hewan peliharaanmu.

Jika Grameds memelihara kura-kura yang masih bayi, kamu dianjurkan untuk memberinya makan satu kali sehari pada pagi hari. Namun, jika Grameds memelihara kura-kura dewasa, kamu dianjurkan untuk memberinya makan dua kali sehari.

Selain itu, letakkan makanan di dalam air ketika kamu memelihara kura-kura akuatik. Kemudian ambil sisa makanan di dalam air menggunakan jaring sekitar lima menit setelahnya untuk menjaga akuarium kamu tetap bersih. Untuk kura-kura darat, kamu bisa meletakkan makanan di dalam mangkuk dan taruh mangkuk tersebut di kandangnya.

5. Berjemur

Menjemurnya di bawah sinar matahari dapat menjadi salah satu cara merawat hewan peliharaan kamu agar tetap sehat. Grameds bisa menjemur kura-kura dengan durasi yang ideal sekitar 15-20 menit.

Layaknya seorang bayi, menjemur kura-kura di bawah sinar matahari dapat mencegah penyakit sekaligus membantu pertumbuhan cangkang kura-kura. Kamu juga bisa menjemurnya di bawah sinar lampu UV sebagai alternatif lainnya jika memelihara kura-kura di dalam ruangan.

6. Merawat kandang kura-kura

Rajin membersihkan kandang kura-kura dapat membantumu merawatnya agar terhindar dari penyakit. Cara yang satu ini wajib kamu lakukan untuk merawat kura-kura yang sehat. Grameds bisa membersihkan kandang kura-kura setiap tiga minggu sekali.

Ketika kamu memelihara kura-kura akuatik, gunakanlah jaring untuk mengambil kotoran di dalam kolam maupun akuarium. Kemudian kamu perlu mengganti 25% air di dalam akuarium setiap minggunya.

7. Memeriksa tanda penyakit

Perhatikanlah gejala penyakit pada hewan peliharaan kamu untuk menjaga kesehatannya. Grameds juga perlu memastikan bahwa kulit dan tempurungnya terasa lembut, tidak ada tanda lepuh atau noda.

Selain itu, Grameds perlu memeriksa kotoran pada mata, paruh, dan hidungnya. Secara umum, kura-kura memang tergolong hewan peliharaan yang sehat.

Namun, perlu diketahui bahwa hewan yang satu ini juga rentan terhadap malnutrisi, infeksi, dan gangguan pada mata. Segeralah bawa kura-kura peliharaanmu ke dokter hewan saat kamu melihat gejala yang tidak wajar terjadi.

Makanan Semua Jenis Kura-kura

Cara kamu merawat kura-kura dapat memengaruhi panjang usianya. Jika kamu rutin menjaga dan merawat kesehatannya seperti memberikan makanan secara teratur, kemungkinan besar kura-kura peliharaanmu dapat hidup lebih lama.

banner-promo-gramedia

Saat ini makanan kura-kura bisa kamu dapatkan di berbagai toko hewan peliharaan terdekat. Ketika toko hewan yang menjual makanan kura-kura sudah menjamur, yang perlu kamu perhatikan ialah memberikan makanan yang tepat untuknya.

Memberi makan kura-kura tergantung pada umur dan jenis kura-kura itu sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui umur dan jenis kura-kura peliharaanmu agar lebih mudah menentukan makanan apa yang harus diberikan. Jika digolongkan secara umum, makanan kura-kura dapat terbagi menjadi dua macam, yakni makanan alami dan makanan buatan.

Makanan Kura-kura Alami

Apa yang dimaksud dengan makanan kura-kura alami? Makanan alami ialah makanan yang sudah tersedia dari alam. Grameds hanya perlu mencari atau membelinya. Berikut adalah makanan alami yang dapat kamu gunakan untuk memberi makan kura-kura.

1. Sayuran dan buah-buahan

Sumber: www.halodoc.com

Sebagian besar jenis kura-kura tergolong ke dalam hewan pemakan sayuran. Biasanya, kura-kura tersebut ialah kura-kura darat.

Jika kamu memelihara kura-kura darat, maka kamu bisa memberikan makanan berupa sayuran dan buah-buahan. Makanan yang bisa kamu berikan ialah selada air, sawi, wortel, daun kacang, kangkung, labu air, kaktus oputia, daun pakis, bunga kembang sepatu, jagung, daun kenikir, zucchini, dan labu kuning.

Jika kura-kura yang kamu pelihara sudah dewasa, kamu bisa memberinya makanan berupa jagung dengan kulitnya. Untuk makanan seperti kacang panjang, taoge, buncis, kacang kapri, lidah buaya, dan mentimun dapat kamu berikan seminggu sekali.

Kenapa? Karena makanan tersebut sudah mengandung banyak protein yang dapat menyebabkan pyramiding. Kemudian kamu perlu menghindari makanan seperti brokoli, bayam, lobak, daun singkong, bunga kol, dan kubis untuk mencegah gangguan pencernaan terjadi pada hewan peliharaanmu.

2. Ikan dan daging

Sumber: Nekmatbiz.com.my

Jenis kura-kura akuatik biasanya menyukai makanan berupa daging. Daging mentah menjadi daging yang paling disukai oleh kura-kura. Tetapi, memberi makanan berupa daging mentah dapat menyebabkan kegemukan pada kura-kura.

Selain itu, makanan berupa daging mentah tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura. Sebaiknya kamu memasak terlebih dahulu daging tersebut sebelum memberikannya ke hewan peliharaan kesayanganmu.

Kemudian ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memberi makan ikan kepada kura-kura kesayanganmu. Hindari ikan laut dan ikan beku untuk kura-kura karena hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan jangka panjang.

3. Serangga dan cacing

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Makanan alami lainnya ialah jangkrik dan cacing. Beberapa kura-kura juga menyukai makanan sepert jangkrik dan cacing. Pemberian makanan berupa serangga sangat baik diberikan untuk kura-kura brazil.

Serangga dan cacing dapat menjadi pilihan makanan alami untuk hewan peliharaan kamu. Tetapi perlu diingat, jangan terlalu sering memberikan makanan berupa serangga dan cacing.

4. Tulang sotong

Sumber: duniaq.com

Makanan yang satu ini bisa menjadi opsi makanan alami untuk kura-kura peliharaanmu. Tulang sotong dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk kura-kura. Kamu bisa mendapatkan tulang sotong ini di toko hewan terdekat.

Makanan kura-kura buatan

Apa yang dimaksud dengan makanan buatan? Makanan buatan ialah makanan yang dibuat manusia dalam ukuran tertentu dan sudah disesuaikan dengan usia serta jenis kura-kura.

Makanan buatan untuk kura-kura telah tersedia dalam berbagai merek yang dijual dipasaran. Untuk memberikan makanan buatan kamu juga perlu mengetahui jenis dan umur kura-kura peliharaanmu.

1. Pelet

Pelet bisa menjadi makanan tambahan selain buah dan sayur. Pelet juga bisa menjadi makanan sehat yang sangat baik untuk kura-kura peliharaan kamu.

Grameds tidak perlu khawatir dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya karena bahan makanan ini diproduksi dengan kandungan  nutrisi yang seimbang untuk kura-kura. Mengonsumsi pelet sama halnya denga mengonsumsi suplemen peningkat pola makan.

Grameds bisa menjumpai makanan yang satu ini di berbagai toko makanan hewan. Ada beragam jenis pelet yang bisa kamu berikan untuk kura-kura peliharaanmu.

  • Best In Show Morning Sun Turtle Food adalah makanan kura-kura yang terbuat dari biji-bijian kualitas terbaik dan kaya akan vitamin.
  • Turtle Vit Turtle Food adalah makanan kura-kura yang terbuat dari bahan alami berupa daging ikan dan udang.
  • Sugoi Tortoise & Turtle ialah makanan kura-kura yang terbuat dari tepung ikan, gandum, dan dedak padi.
  • Meizu Tortoise Diet merupakan makanan kura-kura yang kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin.
  • Turtle Food Stick Recent adalah makanan kura-kura dengan kandungan protein dan vitamin yang dapat memaksimalkan pertumbuhan peliharaanmu.
  • Fluker Labs Turtle Medley Treat merupakan makanan kura-kura yang terbuat dari kerang sungai dan jangkrik.

Itu dia beberapa cara merawat kura-kura dan jenis makanan yang dapat kamu berikan di rumah. Bagaimana, tertarik untuk memeliharanya? Semoga artikel ini berguna untuk Grameds yang berencana memelihara kura-kura di rumah.

Baca juga artikel terkait “Cara Merawat Kura-kura dan Jenis Makanannya” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila