in

Fakta Menarik Kura-Kura Brazil dan Cara Merawatnya

Fakta Menarik Kura-Kura Brazil dan Cara Merawatnya – Kura-kura brazil menjadi salah satu spesies reptil yang cukup digemari oleh para pecinta hewan. Sifatnya yang jinak dan daya tahan tubuhnya yang kuat membuat banyak kalangan tertarik untuk memelihara hewan reptil berkaki empat ini.

Nah, bagi Grameds yang ingin mengenal lebih dekat dengan hewan corak merah di kedua sisi kepalanya, simak artikel yang satu ini sampai tuntas.

Jika kamu berencana memelihara kura-kura, sepertinya kura-kura brazil menjadi pilihan yang tepat. Selain aktif, kura-kura yang satu ini umum ditemukan dan dapat hidup cukup lama hingga 20 tahun dengan pemeliharaan yang baik.

Kura-kura brazil berbeda dengan reptil lainnya. Hewan yang satu ini tergolong hewan jinak dan tidak rewel dalam hal makanan.

Di alam liar, kura-kura brazil termasuk omnivora atau pemakan segala. Jadi, reptil yang satu ini cenderung bisa mengonsumsi makanan hewani dan nabati. Saat memelihara reptil yang satu ini, Grameds tidak bisa sembarangan memberikan makanan karena itu dapat berakibat fatal bagi kesehatannya.

Serangga seperti jangkrik atau cacing menjadi makanan yang sangat disukai hewan corak merah di kedua sisi kepalanya ini. Kemudian, hewan omnivora ini juga menyukai sayuran, seperti wortel, kangkung, dan sawi.

Kura-kura brazil atau red eared slider tergolong hewan yang mudah dipelihara. Jika kamu sibuk dan tidak ingin repot, hewan yang masuk dalam ordo Testudines ini bisa diberikan pakan buatan khusus (pelet).

Perlu diingat bahwa pemberian pakan buatan harus dibarengi dengan makanan jenis lainnya. Kura-kura brazil cenderung kuat dalam berbagai macam kondisi selama kamu merawatnya dengan baik.

Jika Grameds berencana memeliharanya, kamu perlu menyediakan tempat yang cukup menjadi dua bagian, yakni air dan bagian yang kering. Simak fakta menarik lainnya seputar kura-kura brazil di bawah ini.

Fakta Menarik Kura-kura Brazil

1. Reptil yang cukup cerdas

Kura-kura brazil termasuk salah satu reptil yang tergolong cerdas, lho Grameds. Jika dibandingkan dengan mamalia seperti anjing atau kucing, tingkat kecerdasan kura-kura memang tidak sama. Dilansir dari Scientific American, kura-kura brazil termasuk spesies reptil yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata, lho. Kura-kura memang identik dengan gerakannya yang lambat, tetapi itu tidak seperti yang kamu pikirkan.

Reptil yang satu ini mampu mengenali siapa pemiliknya. Hebat, bukan? Selain itu, kura-kura jenis ini juga mampu mengendalikan otot-otot mata layaknya mamalia. Kura-kura brazil menjadi satu-satunya reptil yang memiliki kemampuan pandangan terbaik dibandingkan dengan reptil lainnya. Mengapa hal itu terjadi? Karena kura-kura brazil memiliki pandangan ke depan sekaligus ke samping yang membuatnya mirip dengan kemampuan penglihatan mamalia.

tombol beli buku

2. Pembawa bakteri salmonela

Kura-kura brazil bisa menjadi carrier bagi bakteri di sekujur kulit luar dan permukaan cangkangnya jika dalam keadaan kurang bersih. Kura-kura yang kerap melakukan kontak langsung dengan tanah rentan terkena bakteri salmonela.

Jika ditelusuri, bakteri salmonela sendiri adalah bakteri yang dapat menyerang sistem pencernaan manusia, terutama usus.

banner-promo-gramedia

Penyakit tersebut memang penyakit yang umum terjadi dan sudah ditemukan banyak obat yang mampu mengatasinya. Namun, memelihara kura-kura dengan baik dapat menjadi kunci utama agar tidak menjadi sumber penyakit bagi pemiliknya.

Kemudian bakteri salmonela juga tergolong bakteri berbahaya bagi anak-anak di bawah usia 5 tahun. Jika Grameds memelihara kura-kura ini, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak.

3. Tergolong hewan purba

Dilansir dari Atlas Obscura, ditemukan sebuah situs penggalian fosil yang terletak di Tennessee bagian timur.

Diduga terdapat fosil berusia 5,5 juta tahun yang merupakan kerabat dari kura-kura brazil. Penemuan tersebut membuka jalan studi fauna untuk menemukan jawaban mengapa kura-kura brazil dapat beradaptasi dengan baik di alam.

Dengan adanya bukti tersebut, reptil yang satu ini diduga sudah lama menjadi penyintas di alam liar dalam rentang waktu jutaan tahun.

4. Spesies hewan soliter

Kura-kura brazil adalah jenis hewan yang bersifat soliter atau penyendiri, sama seperti kebanyakan reptil lainnya. Meski dikatakan soliter, kura-kura brazil akan berkumpul dan bergerombol ketika musim kawin tiba.

Di alam liar, reptil yang satu ini tidak akan berkelana jauh layaknya hewan soliter lainnya. Saat musim kawin tiba, kura-kura brazil betina akan mencapai usia kematangan seksual pada usia 5 tahun ke atas.

Sementara kura-kura brazil jantan akan mencapai kematangan seksual pada usia 2-3 tahun. Biasanya kura-kura betina akan menggali tanah untuk membuat sarang dan meletakkan telur-telurnya setelah masa kawin. Lalu kura-kura betina dalam sekali waktu dapat bertelur sebanyak 5-20 butir.

Itulah beberapa fakta menarik seputar kura-kura brazil, spesies reptil yang cukup mudah dipelihara. Perlu diingat, Grameds harus memperhatikan kebersihannya agar tidak menjadi pembawa bakteri dan sumber penyakit. Oke!

Tips Merawat Kura-kura Brazil

Apakah Grameds sedang berencana memelihara kura-kura brazil sebagai hewan peliharaan? Sebelum memutuskannya, Grameds perlu mengetahui cara merawat kura-kura brazil berikut ini. Tentu akan menjadi hal yang menyenangkan jika memiliki hewan peliharaan di rumah.

Ada beragam alasan mengapa seseorang memutuskan untuk memelihara hewan, seperti menyukai keindahan hewan di rumah, bisa menjadikannya sebagai teman, menyukai hewan, ingin mengisi waktu luang, dan sebagainya.

Kura-kura dapat menjadi salah satu hewan yang dipilih sebagai hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi faktor penting dalam mengembangkan lingkungan yang sehat dan memberikan fasilitas sosial pemiliknya.

Reptil yang satu ini bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat lucu. Perawatannya yang tergolong mudah membuat banyak pecinta hewan menyukainya. Meski tergolong mudah, Grameds juga perlu memastikan bahwa lingkungan kura-kura dijaga dengan baik.

Ada sekitar 365 spesies kura-kura di dunia, beberapa di antaranya dapat dijadikan hewan peliharaan. Red eared slider atau yang dikenal kura-kura brazil menjadi salah satu spesies kura-kura yang sangat populer.

Bagi para pecinta hewan, kura-kura brazil mungkin sudah tidak asing lagi karena bentuknya yang kecil dan khas. Karena tergolong hewan yang jinak dengan bentuk yang kecil, reptil jenis ini cukup digemari sebagai hewan peliharaan.

Dibandingkan dengan spesies kura-kura lainnya, kura-kura brazil cenderung lebih ramah dan mudah bergaul. Tak heran jika kura-kura yang satu ini menjadi spesies kura-kura air terpopuler.

tombol beli buku

Dengan pemeliharaan yang baik dan komitmen yang serius, kamu bisa memelihara kura-kura brazil hingga 20 tahun. Spesies kura-kura yang satu ini cukup aktif dan dapat ditemui di mana-mana.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum Grameds membawa pulang kura-kura brazil ke rumah. Grameds perlu mengetahui apakah kura-kura yang dibawa pulang sehat atau tidak. Sebenarnya cukup mudah untuk merawat kura-kura brazil di rumah.

banner-promo-gramedia

Hewan peliharaan yang satu ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Jika Grameds tertarik untuk memelihara reptil yang satu ini, simak ulasan berikut untuk mengetahui tips merawat kura-kura brazil dengan baik.

1. Siapkan Akuarium Sesuai Ukuran

Tips pertama untuk merawat kura-kura brazil ialah menyiapkan tempat atau wadah berupa akuarium sesuai dengan ukuran kura-kura yang akan dipelihara. Semakin besar wadah yang kamu siapkan, semakin baik. Meski tergolong mudah untuk dipelihara, kura-kura brazil juga membutuhkan ruang yang cukup luas agar pergerakannya nyaman.

2. Memperhatikan Suhu Air

Setelah menyiapkan akuarium yang sesuai dengan ukuran, kamu perlu memperhatikan suhu air yang tepat. Cara ini perlu diperhatikan demi merawat kura-kura yang baik dan sehat. Suhu terbaik untuk kura-kura peliharaan kamu di rumah ialah berkisar antara 20-28 derajat celcius atau suhu ruangan biasa.

Jika suhu air yang kamu gunakan terlalu dingin akan menyebabkan penyakit paru-paru bagi kura-kura peliharaanmu. Akan sangat sulit untuk diobati jika kura-kura kamu terkena penyakit paru-paru.

3. Menjaga Kebersihan Air

Menjaga kebersihan air menjadi salah satu cara agar kura-kura kamu tumbuh dengan baik dan kesehatan pemilik tetap terjaga. Mengapa? Karena sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan dan kualitas air di dalam akuarium atau kolam kura-kura peliharaan kamu. Kura-kura umumnya membawa penyakit berupa bakteri salmonela.

Bakteri tersebut perlu menjadi perhatian serius karena dapat ditularkan ke manusia, terutama manusia yang memiliki kondisi imun lemah. Grameds disarankan mengaktifkan filter di dalam akuarium agar kebersihan air tetap terjaga. Jika tidak ingin menggunakan filter, Grameds harus rajin membersihkan air akuarium.

4. Sediakan beberapa jenis makanan

Memberikan beberapa jenis makanan menjadi salah satu cara penting dalam merawat kura-kura brazil. Grameds jangan hanya memberikan makanan berupa pelet setiap hari.

Berikan juga makanan berupa sayuran, buah-buahan, atau hewan lunak seperti cacing tanah dan ikan kecil. Perlu diingat, Grameds harus membersihkan pakan terlebih dahulu sebelum memberikannya pada kura-kura kesayangan kamu.

Khusus anak kura-kura, Grameds disarankan memberi pakan yang sudah dipotong kecil-kecil untuk memudahkannya. Kemudian berilah jumlah pakan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu memberi pakan yang berlebihan, kura-kura akan kegemukan dan mengalami gangguan pencernaan.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk memberi makan kura-kura? Waktu yang tepat untuk memberinya makan ialah dua kali sehari di pagi dan sore hari.

5. Membersihkan cangkang

Tips yang satu ini juga tak kalah penting, yakni membersihkan cangkang atau tempurung kura-kura. Tempurung atau cangkang kura-kura menjadi aset terpenting yang dimilikinya. Mengapa? Karena itu merupakan pelindung satu-satunya yang tak dapat tergantikan.

Lalu bagaimana cara membersihkannya? Grameds hanya membutuhkan sikat halus dan buatlah jadwal rutin membersihkannya minimal dua minggu sekali untuk menghindari lumut menempel pada cangkangnya.

6. Beri suplemen khusus

Tips selanjutnya ialah memberikan suplemen khusus kura-kura untuk menjaga kesehatannya. Pemberian suplemen khusus bertujuan untuk memperkuat kekebalan tubuh kura-kura brazil agar tidak mudah sakit dan berumur panjang. Jadi, jangan lupa untuk memberikan suplemen khusus demi kesehatan kura-kura kesayanganmu.

7. Berikan tempat yang terkena sinar matahari

Seperti makhluk hidup lainnya, kura-kura sebagai hewan reptil juga membutuhkan sinar matahari yang cukup. Membuat kolam atau akuarium di lokasi yang terkena paparan sinar matahari menjadi salah satu cara merawat kura-kura brazil dengan baik.

banner-promo-gramedia

Jika tidak memungkinkan, Grameds bisa menggunakan lampu reflektor untuk memenuhi kebutuhan sinar matahari yang cukup. Memiliki kolam atau akuarium yang terkena sinar matahari sangat berguna agar kura-kura peliharaanmu mendapatkan sinar UV A dan UV B yang cukup.

Kura-kura brazil membutuhkan sinar UV B untuk mempertahankan tingkat produksi vitamin D3. Tanpa memproduksi vitamin D3, kura-kura tidak akan dapat memproses dan menggunakan kalsium dalam tubuhnya.

tombol beli buku

8. Menjaga lingkungan agar tetap bersih

Menjaga lingkungan hidupnya agar tetap bersih menjadi salah satu cara yang perlu diperhatikan untuk merawat kura-kura kamu agar berumur panjang dan sehat. Grameds harus rajin membersihkan akuarium atau mengganti airnya agar tetap bersih.

Sama seperti makhluk hidup lainnya, lingkungan hidup kura-kura yang kurang bersih akan membuat bakteri berbahaya tumbuh, menimbulkan bau tak sedap, dan berpotensi menimbulkan penyakit.

Baca juga : Cara Merawat Kura-kura dan Makanannya

Itulah beberapa fakta menarik kura-kura brazil agar tetap sehat dan berumur panjang. Jangan lupa untuk mencuci bersih tangan kamu setelah menyentuh kura-kura untuk menghindari infeksi bakteri.

 

Baca juga artikel terkait “Fakta Menarik Kura-kura Brazil”

:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila