in

25 Cara Membasmi Kecoa Yang Ampuh Dan Anti Gagal

25 Cara Membasmi Kecoa Yang Ampuh Dan Anti Gagal – Kecoa adalah salah satu serangga yang sangat mengganggu keberadaanya sudut ruangan rumah kita. Selain mengganggu serangga ini ternyata juga data mendatangkan banyak penyakit karena kecoa adalah salah satu hewan yang bisa menyebarkan bakteri. Itulah sebabnya banyak orang yang rishi bahkan jijik dengan serangga coklat ini dan berupaya mencari cara untuk membasmi kecoa tersebut.

Grameds pasti sepakat jika  kecoa memang hidup di habitat yang kotor sehingga jika menemukan serangga yang bisa hidup berminggu-minggu tanpa kepala ini maka tempat tersebut pasti kotor. Selain keberadaan yang sangat mengganggu, kecoa dapat mendatangkan penyakit pada manusia, seperti salmonella, staphylococcus, dan Streptococcus. Penyakit-penyakit tentu tidak bisa dianggap remeh karena bisa mengganggu kesehatan kita.

Itulah sebabnya Grameds jangan membiarkan kecoa-kecoa berkeliaran di sekitar rumah, apalagi di tempat-tempat yang sering digunakan, seperti kamar, dapur, kamar mandi, ruang tamu dan sebagainya.

Grameds tidak perlu khawatir karena bisa melakukan beberapa cara membasmi kecoa yang ampuh dengan beberapa bahan alami yang bisa kita temukan di rumah. Cara membasminya pun tidak ribet dan sulit. Berikut ini cara membasmi kecoa dengan bahan-bahan alami anti gagal yang bisa Grameds coba di rumah:

1. Membersihkan Sisa-sisa Makanan

Aroma sisa-sisa makanan yang dibiarkan begitu saja dapat mengundang kedatangan kecoa. Jadi Grameds bisa menjaga makanan di rumah, jangan sampai tercecer sembarangan karena lewat hal itu bisa membuat kecoa menyebarkan penyakit.  Grameds bisa melindungi makan dengan tudung saji atau bisa menyimpannya di lemari yang tertutup atau di dalam kulkas.

Jika dirasa sisa-sisa makanan tersebut sudah tidak berguna maka bisa membersihkan dan membuangnya dengan cara dimasukan dalam plastik. Hal ini akan membuat kecoa kesulitan menjangkau kotoran sisa-sisa makanan tersebut.

2. Bersihkan Ruangan Barang-barang Yang Tidak Terpakai

Perlu Grameds ketahui bahwa kecoa adalah salah satu hewan yang kuat bertahan hidup dalam kondisi apapun. Jika kecoa tidak memiliki asupan makan, mereka bisa melapah apa saja termasuk kertas, lem, sampai debu dan kotoran-kotoran sekalipun.

Jadi pastikan sudut ruangan dalam rumah bebas dari barang-barang yang tidak terpakai agar tidak memberikan tempat untuk kecoa berhabitat. Misalnya majalah-majalah bekas, kardus-kardus, bahkan perkakas besar seperti bekas TV, kayu-kayu, dan sebagainya.

3. Membersihkan Genangan Air

Kecoa gemar mendatangi tempat yang lembab, jadi mereka akan mendatangi tempat-tempat yang banyak memiliki genangan air.

Jadi untuk membasminya, Gramed bisa sering membersihkan genangan tersebut dan menjaganya agar tetap bersih.

Misalnya memperbaiki kebocoran pada pipa rumah atau saluran-saluran air lainnya yang bisa menyebabkan kelembaban. Hal ini bisa mengurangi kecoa untuk datang.

4. Jangan Biarkan Ada Air Menetes

Pastikan tidak ada saluran air yang bocor atau air yang menetes di rumah agar tidak mengundang banyak kecoa. Kecoa mungkin bisa tahan jika tidak makan, namun tidak bisa bertahan hidup tanpa minum. Jadi jangan beri mereka kesempatan hidup dengan biarkan banyak genangan kotor atau air yang terus menetes. Hal ini juga bisa membuat tempat menjadi lembab dan jadi tempat favorit kecoa.

5. Rajinlah Mengepel Lantai

Mengapa mengepel lantai bisa membasmi kecoa? Sering mengepel lantai artinya kita menerapkan hidup bersih dan menjaga lingkungan kita dari kotoran-kotoran yang disukai kecoa. Grameds bisa perhatikan di rumah-rumah kosong yang jarang dibersihkan pasti banyak sekali kecoanya. Itulah sebabnya faktor kebersihan sangat menentukan keberadaan kecoa di rumah kita.

6. Buanglah Sampah Dapur Secara Rutin

Membuang sampah secara rutin jelas termasuk dalam hidup bersih dan sehat yang secara tidak langsung bisa menghindarkan kita dari kecoa. Tempat sampah yang bertumpuk akan mengeluarkan aroma tidak sedap yang sangat disukai kecoa.

gramedia obf

Selain itu kecoa juga bisa memperoleh asupan makanan di tempat sampah tersebut. Jadi jika Grameds rajin membuang sampah dapur maka akan mengurangi kesempatan kecoa untuk berhabitat di sana.

7. Menutup Rapat-rapat “Gerbang Masuk” Kecoa

Grameds perlu memperhatikan sudut-sudut ruangan yang mungkin tidak sering terjamah. Tetap bersihkan sudut-sudut tersebut karena bisa jadi tempat itulah yang menjadi “gerbang masuk” kecoa. Biasanya kecoa bisa masuk ke dalam rumah lewat lubang-lubang kecil di dinding atau sudut pintu rumah.

8. Menggunakan Perangkap Dengan Soda Kue

Grameds bisa menggunakan bahan soda kue atau baking soda untuk menjebak kecoa yang berkeliaran di rumah. Caranya Grameds bisa mencampurkan makanan manis dengan soda kue yang bisa membunuh kecoa saat mereka memakannya.

Kecoa akan tertarik dengan aroma manis dari makanan tersebut dan mengkonsumsinya. Makanan manis yang dimaksud bisa Grameds buat dengan sederhana, seperti mencampurkan madu atau gula dengan air dan campuran soda kue tersebut. Letakan di tempat yang banyak kecoa bermunculan.

9. Menggunakan Campuran Boraks Dan Makanan Manis

Selain soda kue, Grameds juga bisa mencampurkan makanan manis dengan boraks untuk meracuni kecoa.

Bahkan boraks dianggap lebih ampuh membunuh kecoa dibandingkan soda kue. Grameds bisa mencampurkan 50% borak dengan 50% lagi makanan manis seperti gula , madu, atau jenis makanan lainnya. Karena bahan campuran berbahaya, maka jauhkan dari hewan peliharaan atau anak kecil.

10. Menyemprotkan Minyak Atsiri (Essential Oils)

Grameds bisa melakukan cara membasmi kecoa menggunakan semprotan yang mengandung minyak atsiri atau essential oils. Jika biasanya minyak atsiri ini berguna untuk relaksasi diri dengan aroma yang wangi namun ternyata tidak disukai oleh kecoa.

Essential oils seperti ekstrak tea tree, citronella, dan sebagainya dapat mengganggu keberadaan kecoa, sehingga efek digunakan untuk mengusir mereka. Grameds bisa langsung menyemprotkan cairan ini ke kecoa atau tempat-tempat yang disinyalir menjadi habitat mereka.

11. Memasang Perangkat Lengket

Grameds bisa menjebak kecoa dengan perangkat lengket atau sticky traps layaknya menjebak tikus.

Letakan pengakat lengket ini di sudut-sudut ruangan yang dianggap sering kedatangan kecoa. Grameds bisa menemukan sticky trap ini di pasaran karena sudah banyak yang menjualnya. Karena sifatnya yang sangat kuat, maka hindarkan pula dari hewan peliharan agar mereka tidak ikut terjebak pula.

12. Menyemprotkan Pelicin Pakaian

Pelicin pakaian bisa Grameds gunakan untuk mengusir kecoa karena aroma menyengatnya yang tidak disukai kecoa. Menyemprotkan pelican pakaian ke kecoa akan efektif mengusir mereka. Grameds bisa mencampurkan pelican pakaian tersebut dengan air dalam botol semprotan.

13. Menyemprotkan Minyak Peppermint

Grameds pasti sudah tidak asing dengan tanaman peppermint yang ternyata bisa digunakan untuk membasmi kecoa. Minyak peppermint mengandung insektisida alami yang ampuh mengusir kecoa. Bahan ini bisa membuat kecoa mabuk dan akhirnya mati.

Cara membuat semprotan ini bisa Garmeds campurkan air dengan beberapa tetes minyak peppermint dalam botol spray. Grameds bisa langsung disemprotkan cairan ini ke kecoa tanpa khawatir akan meracuni hewan peliharaan atau berbahaya untuk anak-anak.

14. Daun Salam

Jika Biasanya daun salam digunakan sebagai bumbu dapur, Grameds bisa memanfaatkannya untuk membasmi kecoa. Aroma wangi dari daun salam sangat tidak disukai kecoa.

Cara menggunakannya, Grameds bisa memilih daun salam yang sudah kering. Kemudian haluskan sampai daun salam mengeluarkan aroma, lalu sebarkan remukan daun salam tersebut di darang kecoa. Setelah itu kecoa tersebut pasti akan pergi dari tempat itu.

15. Tanah Diatom

Apakah Gramdes masih asing dengan bahan tanah diatom? Tanah diatom atau diatomaceous earth merupakan kelompok alga plankton yang biasanya ditemukan di air tawar atau laut.

Bahan tanah diatom ini kemudian berasal dari penumpukan cangkang atom yang telah mati di dasar air. Biasanya bahan tanah diatom ini digunakan untuk pembasmi kutu, lalat, serangga, atau hama lainnya, salah satunya adalah kecoa.

Bahan ini memiliki sifat abrasif yang bisa membuat tubuh kecoa menjadi kering jika menyentuhnya. Grameds bisa oleskan campuran bahan tanah diatom dengan gula di celah-celah ruangan yang biasa dilewati kecoa. Maka kecoa akan mati dengan sendirinya.

16. Mentimun

Kecoa tidak menyukai aroma mentimun, jadi Gramed bisa menggunakan bahan ini untuk menghindari mereka masuk ke dalam rumah. Caranya potong mentimun jadi beberapa bagian agar mengeluarkan aroma. Lalu beri wadah irisan timun tersebut dan letakkan di sudut-sudut yang menjadi sarang kecoa. Maka dengan berjalannya waktu kecoa akan meninggalkan tempat tersebut.

17. Lemon

Selain mengandung vitamin C, lemon juga memiliki kandungan zat antipathogenic yang ampuh untuk mengusir kecoa dan mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman. Cara menggunakannya Grameds bisa campurkan perasan buah lemon dengan air untuk dijadikan bahan semprotan. Grameds bisa semprotkan di sudut-sudut ruangan yang menjadi tempat habitat kecoa. Bahan ini akan membuat kecoa enggan untuk berada di tempat tersebut.

gramedia obf

18. Bubuk Kopi

Apakah Grameds suka minum kopi atau santapan yang berasal dari biji kopi? Tepat sekali, menemukan bahan ini pasti tidak akan sulit. Grameds bisa menggunakan serbuk kopi untuk membasmi kecoa.

Aroma wanginya yang menyengat mungkin menjadi aroma favorit banyak orang, namun tidak dengan kecoa. Cara membasmi kecoa dengan bubuk kopi sangat mudah hanya perlu menaburkannya saja di sarang kecoa. Setelah itu kecoa pasti akan menyingkir dengan sendirinya.

19. Campuran Sabun Mandi Dan Air

Meskipun ada cara instan membasmi kecoa bahan kimia insektisida, namun ada baiknya kita memilih bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. Grameds bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar rumah, seperti mencampurkan larutan sabun mandi atau sabun cuci dengan air.

Larutan tersebut dapat diwadahi dalam botol spray untuk bahan semprotan membasmi kecoa. Grameds bisa langsung menyemprotkan cairan tersebut ke kecoa, atau tempat-tempat mereka bersarang.

20. Larutan Obat Kumur

Obat kumur yang Grameds punya ternyata dapat menjadi bahan untuk cara membasmi kecoa yang ampuh. Grameds bisa menjadikan larutan obat kumur dengan air sebagai semprotan insektisida.

Menggunakan obat kumur ini juga bisa sedikit menghemat pengeluaran karena memanfaatkan bahan yang sudah ada di rumah. Grameds bisa menyemprotkan cairan ini langsung ke kecoa atau di tempat-tempat yang menjadi sarangnya.

21. Petroleum Jelly

Petroleum jelly mungkin banyak Grameds temukan digunakan untuk pelembab bibir atau untuk mengatasi luka bakar.

Bahan ini bisa Grameds manfaatkan pula untuk menjebak kecoa. Caranya campurkan bahan petroleum jelly dengan gula, kemudian oleskan di lembaran kertas atau lembaran lain yang tidak terpakai.

Letakan lembaran tersebut di sudut-sudut yang berpotensi didatangi kecoa. Maka kecoa tersebut akan terperangkap dan sulit untuk bergerak atau kabur.

22. Silica Gel

Bahan yang bisa digunakan untuk membasmi kecoa berikutnya adalah silica gel yang biasa kita temukan untuk menyerap kelembaban pada produk sepatu, pakaian, atau makanan kering. Silica gel ternyata memiliki kandungan yang beracun untuk kecoa sehingga ampuh untuk membasmi mereka.

Penggunaannya bisa Grameds campur dengan gula atau bahan makanan lain yang bisa mengunduh kecoa. Lalu letakan campuran tersebut di sudut-sudut ruangan yang sering didatangi kecoa.

23. Gula

Gula adalah bahan alami yang bisa kita temukan di rumah dan ternyata disukai kecoa. Bahan ini bisa Grameds gunakan untuk memancungkan kecoa dating menjebaknya. Grameds bisa menggunakan alat perangkap kecoa dan memancingnya dengan gula.

Aroma manis gula akan menarik perhatian kecoa untuk datang dan biarkan mereka masuk ke alat perangkap Anda. Alat perangkat yang digunakan bisa dibuat sederhana, misalnya dari kardus, toples bekas, dan sebagainya.

24. Garam Dapur

Garam tentu tidak sulit Grameds temukan di rumah dan bisa dimanfaatkan untuk membasmi kecoa. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yakni dengan menaburkannya di sudut-sudut yang sering muncul kecoa.



Garam tersebut akan membuat tempat tersebut menjadi tidak nyaman bagi kecoa. Jadi kecoa akan ogah singgah di sudut sudut yang sudah ditaburi garam. Cara ingin mungkin ampuh menghindari kecoa namun tidak membasminya secara keseluruhan.

25. Jasa Pembasmi Hama

Menggunakan jasa pembasmi hama mungkin bisa jadi opsi terakhir untuk mengusir kecoa jika cara alami diatas dirasa kurang ampuh. Kecoa adalah hewan yang sangat kuat bertahan hidup dan mudah berkembangbiak dalam jumlah yang banyak.

Jadi wajar saja jika kita mungkin masih menjumpai kecoa meskipun sudah bersusah payah menjebak atau membasminya.

Jasa pembasmi hama bisa jadi cara membasmi kecoa yang efektif karena biasanya menggunakan teknologi yang canggih. Bahkan cara ini bisa menjangkau dan mendeteksi sudut-sudut persembunyian kecoa yang sulit kita temukan. Sehingga bisa membasmi kecoa dalam jumlah yang luas dan meminimalisir mereka datang kembali.

Baca juga artikel terkait “Cara Membasmi Kecoa” :

Nah, itulah beberapa cara membasmi kecoa yang bisa Grameds lakukan di rumah.  Tidak sulit bukan? Bahkan bahan-bahan yang digunakan tidak asing dan banyak ditemukan di sekitar rumah. Perlu Grameds ketahui bahwa kecoa juga biasa mengkonsumsi feses manusia atau kotoran-kotoran lainnya.

Jadi teman-teman Grameds jangan sampai meremehkan keberadaan kecoa dan justru membiarkan serangga jorok ini berhabitat di rumah. Bahkan kecoa bisa mendatangkan penyakit serius seperti kolera, kusta, tifus, sampai penyakit virus seperti polio.

Membasmi kecoa di lingkungan rumah sebenarnya adalah salah satu bentuk upaya kita untuk hidup bersih dan sehat. Pola hidup bersih dan sehat tentu dapat berdampak secara langsung dan juga untuk jangka panjang.

Jadi memang tidak ada ruginya untuk menerapkan hidup bersih dan sehat sedini mungkin. Pola hidup seperti ini bisa menjadi kebiasaan baik di rumah atau di lingkungan sekitar yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri melainkan orang banyak.

Jika teman-teman Grameds ingin serius menerapkan konsep hidup sehat dan bersih di rumah ataupun di lingkungan sekitar seperti sekolah atau tempat kerja, maka bisa mulai mempelajarinya.

Grameds bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://www.gramedia.com untuk mencari referensi tentang cara membersihkan rumah dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih di lingkungan sekitar. Berikut ini rekomendasi buku yang bisa Grameds baca dengan seni membersihkan rumah dan perilaku hidup bersih di sekolah: Selamat belajar. #SahabatTanpaBatas

tombol beli buku

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti