in

20 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

20 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Yang Ampuh – Apakah teman-teman Grameds terganggu dengan kehadiran nyamuk? Serangga yang satu ini memang sangat mengganggu bahkan bisa membahayakan kesehatan seseorang. Gigitan nyamuk bisa menjadi salah satu penyebab penyakit malaria atau DBD yang merupakan salah satu penyakit mematikan. Itulah sebabnya orang berupaya untuk mencari cara mengusir nyamuk dan berharap terhindar dari penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut.

Grameds pasti sudah tidak asing dengan gangguan nyamuk, terutama malam hari. Efek gigitan nyamuk yang mungkin sering kita alami adalah bentol dan gatal-gatal. Bagi sebagian orang hal tersebut bisa sangat mengganggu apalagi bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah. Untuk mengantisipasinya Grameds bisa melakukan cara mengusir nyamuk yang alami. Meskipun tidak menggunakan bahan kimia atau alat-alat khusus lainnya, cara alami berikut ini sudah terbukti efektif dapat mengusir nyamuk.

1. Rajin Membersihkan Lingkungan Sekitar

Banyaknya nyamuk di sebuah tempat atau daerah biasanya dipengaruhi oleh kebersihan tempat tersebut. Tempat yang kotor dan lembab akan membuat nyamuk semakin mudah berkembang biak dan menyebar untuk terus kembali bereproduksi.

Jadi cara utama yang ampuh untuk mengusir nyamuk adalah menciptakan lingkungan yang bersih.  Meskipun tidak seluruhnya hilang, namun menjaga kebersihan lingkungan jelas dapat mengurangi populasi nyamuk yang berkeliaran.

Grameds bisa mulai membersihkan tempat-tempat yang sering dihinggapi nyamuk atau tempat mereka bereproduksi. Seperti selokan, bak air, genangan-genangan air, tempat pembuangan, tempat baju-baju di gantung, lorong-lorong gelap, dan sebagainya.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Teman-teman Grameds pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak kayu putih yang biasanya kita gunakan untuk menghangatkan tubuh. Meskipun banyak merk obat nyamuk, minyak kayu putih rupanya bisa jadi bahan alami yang bisa kita gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Bahkan minyak kayu putih juga ampuh untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol yang sudah terlanjur tergigit nyamuk.Aroma minyak kayu putih yang khas rupanya tidak disukai nyamuk. Selain mengoleskannya ke bagian tubuh, Grameds juga bis

3. Menggunakan Minyak Lavender

Selain minyak kayu putih, Grameds bisa menggunakan minyak lavender untuk mengusir nyamuk. Minyak lavender yang berasal dari tanaman lavender berwarna ungu ini memiliki aroma wangi yang tidak disukai nyamuk. Itulah sebabnya banyak beredar obat nyamuk yang berbahan dasar bunga lavender. Aromanya yang wangi juga akan nyaman digunakan jika dioleskan ke tubuh karena bisa sekaligus menjadi aroma terapi dan merilekskan tubuh.

4. Gunakan Cat Dinding Warna Kuning Atau Orange

Apakah Grameds mengetahui jika nyamuk menyukai tempat-tempat yang gelap dan lembab. Itulah sebabnya kita bisa mengantisipasi hal tersebut dengan menggunakan cat dinding yang terang dan pencahayaan yang cukup agar tempat tersebut tidak disukai nyamuk. Contoh warna terang yang tidak disukai nyamuk adalah kuning dan orange.

Grameds bisa menggunakan dua warna tersebut untuk mengecat tembok di rumah, sehingga nyamuk enggan berada di tempat tersebut. Grameds juga bisa mengkombinasikan kedua warna tersebut untuk menyesuaikan dengan konsep atau desain di rumah. Cara alami ini ternyata ampuh mengusir nyamuk karena tempat yang terang justru akan menyulitkan nyamuk untuk bergerak.

5. Daun dan Batang Serai

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk cara mengusir nyamuk adalah daun serai dan batangnya. Biasanya kita mungkin menggunakan bahan ini sebagai bahan bumbu di dapur untuk mengolah makanan, namun ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Daun serai dan batangnya memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk.

Cara menggunakannya Grameds bisa menumbuk atau menghaluskannya terlebih dahulu agar aromanya keluar. Lalu masukan dalam wadah dan campurkan dengan air dalam botol semprotan sebagai cairan semprotan. Setelah itu cairan tersebut dapat disemprotkan ke ruangan yang dirasa banyak nyamuk bersarang.

6. Kulit Jeruk

Bahan alami yang aromanya juga tidak disukai oleh nyamuk adalah kulit jeruk. Aroma wanginya yang menyengat membuat nyamuk merasa terganggu jika menghirupnya. Itulah sebabnya kita mungkin sering menemukan obat nyamuk yang berbahan dasar kulit jeruk. Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk adalah menyimpan beberapa potongan kulitnya yang diletakan di beberapa sudut ruangan yang dianggap banyak nyamuknya.

Aroma kulit jeruk tersebut akan menyebar di sudut-sudut ruangan tersebut dan mengganggu keberadaan nyamuk dan dapat mengusirnya. Agar tidak mudah busuk, Grameds bisa meng jemur terlebih dahulu kulit jeruk agar lebih tahan lama jika kita letakan di sudut ruangan tertentu.

7. Menggunakan Bunga

Cara mengusir nyamuk memang efektif dengan aroma-aroma yang tidak mereka sukai. Salah satunya Grameds bisa menggunakan tanaman bunga selain tanaman lavender dan kulit jeruk.

gramedia obf

Tanaman bunga yang aromanya tidak disukai nyamuk adalah bunga rosemary, bunga geramary, dan bunga krisan.

Tanamlah salah satu bunga tersebut kemudian simpan di sudut-sudut ruangan yang dianggap banyak nyamuknya. Bunga tersebut akan mengeluarkan aroma yang ampuh mengusir nyamuk dan enggan untuk kembali lagi ke tempat tersebut.

8. Buah Lemon

Apakah Grameds sudah tahu jika buah lemon bisa digunakan untuk mengusir nyamuk? Lemon adalah buah yang mengandung zat antiseptik dan tidak disukai oleh banyak jenis serangga, termasuk salah satunya adalah nyamuk.

Cara menggunakannya, Grameds bisa memeras air buah lemon dan dijadikan sebagai semprotan ruangan.

Selain itu buah lemon juga bisa diiris hingga kira-kira aroma buahnya keluar, kemudian letakan di beberapa sudut ruangan yang dianggap banyak nyamuknya. Dalam jangka waktu tertentu nyamuk akan terganggu dengan aroma buah lemon dan menghindar dari tempat tersebut.

9. Bawang Putih

Bawang putih pasti ada di setiap dapur yang ternyata dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Aromanya yang kuat jelas tidak disukai nyamuk, sehingga efektif digunakan untuk mengusirnya.

Cara penggunaan pun cukup mudah, Grameds hanya perlu meletakkan beberapa potongan bawang putih di sudut ruangan yang banyak nyamuknya.

Bahkan kita saja kadang tidak menyukai aroma bawah putih mentah, jadi nyamuk bisa dipastikan akan menghindar jika mencium aroma bawang putih.

10. Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang biasanya kita gunakan untuk membuat minuman atau bahan makanan ternyata bisa menjadi bahan alami untuk mengusir nyamuk. Kita semua mengetahui bahwa bubuk kopi memang memiliki aroma khas.

Bedanya jika kita mungkin suka dengan aroma kopi yang wangi ternyata tidak dengan nyamuk. Cara menggunakannya, Grameds bisa menaburkan bubuk kopi ke dalam genangan air yang terdapat banyak jentik nyamuknya.

Bubuk kopi tersebut dapat menyerap oksigen dan membuat jentik-jentik nyamuk mati karena tidak bisa bernafas. Cara ini bisa Grameds pilih selain membersihkan atau menguras air yang ada jentik nyamuknya tersebut.

11. Kapur Barus

Nyamuk ternyata juga tidak menyukai aroma kapur barus yang sangat menyengat. Jika Grameds biasa menggunakan kapur barus untuk baju agar tidak mudah apek, cara ini rupanya bisa menjauhkan dari nyamuk.

Cara menggunakan kapur barus untuk mengusir nyamuk, Grameds bisa menghancurkannya atau menghaluskan kepingan kapur barus sampai bubuk dan mencampurkannya dengan air dalam.

Setelah itu letakan cairan dalam gelas tersebut di beberapa sudut ruangan agar mengeluarkan aroma yang menyebar. Nyamuk akan otomatis pergi jika dalam suatu tempat mereka merasa tidak nyaman dan terganggu keberadaannya.

12. Lilin Aroma Terapi Lavender

Apakah Grameds suka menggunakan lilin aroma terapi? Lilin aroma terapi yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk paling ramah dengan ruangan. Apalagi jika menggunakan lilin aroma terapi varian lavender.

Selain untuk pengharum ruangan dan aroma terapi yang merilekskan pikiran dan tubuh, lilin aroma terapi ini bisa memiliki fungsi lain, yakni mengusir nyamuk secara langsung.

Grameds tidak perlu khawatir kesulitan menemukan lilin aroma terapi, karena banyak di luar sana yang menjual aroma terapi dengan berbagai varian. Jika Grameds ingin varian lilin aromaterapi selain lavender tidak maalah, hal itu juga dapat mengurangi kehadiran nyamuk meskipun tidak seampuh yang varian lavender.

13.Daun Peppermint

Grameds pasti mengetahui tanaman peppermint yang mungkin banyak kita gunakan untuk membuat minuman atau makanan. Grameds bisa menggunakan daun peppermint untuk mengusir nyamuk karena aroma daun ini tidak sukai oleh nyamuk. Daun peppermint ini bisa dijadikan bahan campuran semprotan pengusir nyamuk.

Cara membuatnya Grameds bisa petik beberapa lembar daun peppermint, kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Setelah itu tunggu sampai air dingin, maka cairan tersebut sudah siap menjadi semprotan pengusir nyamuk.

14 Gula Merah Cair

Jika nyamuk di rumah sangat banyak dan sulit dikendalikan maka Grameds bisa coba menggunakan cara menjebaknya untuk memusnahkan mereka. Bahan alami yang bisa digunakan untuk menjebak nyamuk adalah gula merah cair. Bahan ini pasti mudah ditemukan di rumah karena biasanya kita menggunakannya untuk keperluan dapur.

gramedia obf

Cara membuatnya, Grameds bisa cairkan beberapa keeping merah dengan cara memanaskannya. Setelah itu gunakan botol plastic yang dibagi dua dan diolesi cairan gula merah ini. Simpan bagian corong botol dengan posisi terbalik agar menutupi gula merah. Letatakan botol tersebut di tempat yang banyak keberadaan nyamuknya.

15. Minyak dan Plastik Yang Digantung

Cara menjebak nyamuk berikut adalah menggunakan minyak dan plastik. Cara mengusir nyamuk yang sudah sangat banyak jumlahnya bisa Grameds lakukan dengan menjebak mereka. Cara ini akan lebih efektif karena tidak memerlukan banyak waktu untuk mengusir mereka karena kita hany perlu meletakan alat penjebaknya saja.

Cara menjebak nyamuk dengan minyak dan plastik adalah mengikat plastic dengan tali kemudian gantung di salah satu sudut ruangan. Ikat plastic tersebut oleskan dengan minyak goreng bagian permukaannya agar nyamuk menempel di sana. Jadi banyak nyamuk yang bertebangan bisa terjebak di sana.

16. Memelihara Ikan

Cara mengusir nyamuk selanjutnya adalah Grameds bisa memelihara ikan karena biasanya jentik nyamuk adalah makanan favorit ikan. Memelihara ikan di rumah bisa menjadi upaya pencegahan banyaknya nyamuk di rumah. Misalnya memelihara ikan dengan akuarium atau kolam ikan.

Selain itu jika Grameds masih menggunakan bak di kamar mandi maka bisa meletakan satu atau dua ikan di dalamnya untuk mencegah adanya jentik nyamuk yang hidup di sana. Perlu dicatat jika Grameds memelihara ikan di rumah berarti juga harus menjaga kebersihannya agar tidak menimbulkan penyakit lainnya. Yakni sering membersihkan akuarium kolam, atau bak mandi.

17. Melakukan Pengasapan Secara Rutin

Cara mengusir nyamuk menggunakan pengasapan mungkin sangat efektif dan dijamin anti gagal. Terutama nyamuk demam berbahaya yang bisa menyebabkan demam berdarah karena biasanya nyamuk jenis ini sulit musnah dan sulit diidentifikasi keberadaannya.

Grameds tidak perlu khawatir sulit melakukannya karena biasanya pengasapan lingkungan menjadi program pemerintah yang rutin dilakukan untuk meminimalisir DBD. Pengasapan bahkan tidak hanya ampuh mengusir nyamuk tetapi juga bisa membasmi mereka.

18. Kotak Kardus Bekas Telur

Mungkin saja Grameds menemukan kotak kardus telur yang menjadi limbah di rumah. Grameds bisa menggunakan bahan tersebut untuk mengusir nyamuk. Jika cara sebelumnya Grameds perlu melakukan pengasapan dengan bahan tertentu maka menggunakan kotak kardus telur bisa jadi alternatif lain.

Caranya Grameds bisa membakar sebagian kotak kardus telur tersebut agar mengeluarkan asap. Setelah itu sebaran asap tersebut ke sudut sudut ruangan yang dirasa banyak keberadaan nyamuknya. Asap tersebut lah yang tidak disukai nyamuk sehingga ampuh untuk mengusirnya bahkan asap tersebut bisa membunuh nyamuk.

19. Raket Nyamuk

Cara praktis yang bisa Grameds lakukan untuk mengusir nyamuk adalah menggunakan raket nyamuk listrik. Selain mengusir nyamuk, raket listrik ini lebih tepatnya membasmi nyamuk. Cara mengusir nyamuk yang satu ini memang memanfaatkan teknologi, jadi Grameds bisa membelinya.

Grameds tidak perlu khawatir kesulitan menemukan raket listrik karena alat ini sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang variatif. Harga raket listrik pembasmi nyamuk ini juga bisa dibilang tidak mahal dan worth it untuk mengusir nyamuk yang jumlahnya banyak karena sangat mudah menggunakannya.

20. Menanam Tanaman Lavender

Cara mengusir nyamuk yang terakhir adalah dengan menanam tanaman lavender di sekitar lingkungan rumah. Cara alami ini sangat ampung mengusir nyamuk, bahkan Grameds tidak perlu repot untuk mengatasi nyamuk yang jumlahnya sangat banyak. Menanam lavender juga cocok dilakukan jika Grameds menyukai tanaman atau estetika keindahan ruangan.

Selain bisa mengantisipasi keberadaan nyamuk, tanaman lavender bisa juga mempercantik sudut ruangan. Menanam lavender juga tidak sulit dan membutuhkan alat atau media khusus. Grameds bisa menggunakan pot jenis daun dan media tanam tanah untuk menanam lavender. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma secara alami yang menyebar di sudut ruangan rumah dan mengusir nyamuk secara alami tanpa bersusah payah melakukannya.

Baca juga artikel terkait “Cara Mengusir Nyamuk Secara Aalami” :



Nah, itulah beberapa cara mengusir nyamuk secara alami yang sudah terbukti ampuh dan anti gagal. Tidak sulit bukan? Bahan bahan-bahan alami tersebut mudah kita temui di sekitar lingkungan kita. Cara mengusir nyamuk di atas menjadi hal penting yang perlu Grameds pertimbangkan terutama untuk hidup bersih dan sehat. Kehadiran nyamuk biasa banyak muncul karena memang lingkungannya yang kurang bersih, kotor, dan lembab sehingga menjadi habitat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Jangan meremehkan keberadaan nyamuk meskipun hanya sedikit karena hal tersebut dapat berdampak besar.

Jadi demi menjalani hidup sehat, Grameds perlu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari serangan gigitan nyamuk yang bisa mengganggu kesehatan. Jika Grameds ingin belajar cara mengusir nyamuk secara alami maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedis di http://www.gramedia.com untuk memperoleh referensi buku tentang penangkal serangga penghisap darah ini. Hal ini akan menghindarkan Grameds dari bahaya nyamuk secara alami sekaligus menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini rekomendasi buku Gramedai yang bisa Grameds baca untuk mempelajari cara mengusir nyamuk menggunakan tanaman: Selamat belajar. #SahabatTanpaBatas

tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti