in

13 Cara Merawat Hamster Yang Benar Dan Mudah Anti Bau

Cara Merawat Hamster – Apakah Grameds menyukai hewan hamster dan berniat untuk merawatnya? Tepat sekali, siapa sih yang tidak gemas dengak kelujuan hewan munggil ini. Hewan yang mirip tikus ini ternyata tidak dibenci layaknya seperti hewan tikus yang terkenal kotor dan hama.

Hamster justru banyak diinginkan orang untuk dipeliharadipeliharan karena kelucuan dan kelincahannya. Meskipun cara merawat hamster lumayan memakan waktu namun akan terbayar dengan tingkah lucunya yang menggemaskan. 

Sebelum Grameds memutuskan untuk memelihara hamster di rumah maka harus mengenali keunikan dan karakteristik hamster agar bisa merawatnya dengan baik. Tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan lainnya, Grameds juga perlu melakukan beberapa hal untuk melakukan cara merawat hamster. Berikut ini penjelasan tentang hamster dan cara merawatnya yang perlu Grameds ketahui:

Apa itu Hamster?

Hamster adalah salah satu hewan mungil yang termasuk dalam kategori keluarga seperti tikus namun bisa Grameds jadikan hewan peliharaan di rumah dan menggunakannya. Hamster menjadi hewan kecil yang mudah dipelihara dan dirawat, itulah sebabnya banyak orang yang berminat untuk memilikinya. Hamster yang hidup liar biasanya bersembunyi di dalam tanah di siang hari untuk menghindari serangan predator. Sedangkan saat malam hari hamster akan mulai mencari makan. 

Hamster memiliki karakteristik fisik dengan tubuh dan ekor yang lebih pendek dibandingkan tikus. Selain itu bulu hamster juga lebih lebat dan halus sehingga membuat penampilannya semakin menggemaskan. Hamster terkenal dengan kelincahan dan keaktifannya, itulah sebabnya Grameds wajib memberikan area bermain yang nyaman bagi hewan mungil ini. Tempat tinggal yang tepat bagi hamster dapat membuatnya lebih nyaman bergerak dan membuatnya terhindar dari penyakit. 

Hewan peliharan ini termasuk dalam binatang yang tidak bisa melihat dengan jarak jauh dan buta warna. Meskipun begitu, indra penciuman hamster sangatlah baik, bahkan bisa mencium aroma tubuhnya yang menempel di beberapa benda.

Hamster juga bisa mengenali dengan baik posisi benda-benda yang ada di sekitarnya. Hamster juga bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap jika jarang dibersihkan. Itulah sebabnya Grameds perlu memperhatikan kebersihan hamster dan kandangnya agar tidak mengganggu lingkungan sekitarnya. 

Jenis-jenis Hamster

Ada berbagai macam jenis hamster yang bisa Grameds pilih sebagai hewan peliharaanpeliharann. Memahami jenis hamster juga akan membuat Grameds lebih mudah melakukan perawatannya. Berikut ini jenis-jenis hamster yang biasanya banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan: 

1. Hamster Syrian

Cara Merawat Hamster Syrian

Hamster jenis ini adalah yang paling popular di kalangan pecinta hamter karena sifatnya yang lebih tenang dan mudah untuk dirawat. Biasanya jenis hamster ini memiliki warna bulu keemasan dan perutnya yang berwarna putih dengan ukuran tubuhnya yang lebih gemuk sepanjang 15 sentimeter.  

2. Hamster Campbell

Cara Merawat Hamster Campbell

Jenis hamster ini biasa juga disebut dengan Russian Dwarf dengan penampilan yang sangat menggemaskan. Karakter hamster Campbell lebih penakut dan bisa menggigitmenggit jika merasamerawa terancam, jadi Grameds bisa berhati-hati jika memilih jenis hamster ini. Waktu tidur hamster Campbell juga teratur sehingga memudahkan Grameds untuk merawatnya. 

3. Hamster Chinese

Cara Merawat Hamster Chinese

Hamster jenis ini memiliki keunikan bentuk tubuh yang pipih seperti tikus dan bisanya bisa hidup sampai usia tiga tahun. Karakter hamster Chinese adalah sangat aktif dan senang bermain. Hamster jenis ini juga membutuhkan teman dalam kandang atau lingkungannya dan dia juga mudah akrab. Jika Grameds memilih hamster jenis ini maka harus sering bermain dan memberi perhatian kepadanya karena dia tidak bisa merasa kesepian. 

banner-promo-gramedia

4. Hamster Roborovski

Cara Merawat Hmaster Roborovski

Ukuran tubuh hamster jenis ini sangat kecil sehingga sangat menggemaskan dan mudah dirawat. Tetapi perlu Grameds ketahui bahwa hamster Roborovski susah dijinakan jadi kurang menyenangkan jika diajak bermain, namun cocok dijadikan hiasan di rumah karena parasnya yang lucu. Cara merawat hamster ini juga bisa Grameds lakukan dengan memilih kandang yang lebih besar.  

5. Hamster Winter White    

Cara Merawat Hamster Winter White

Karakteristik yang mencolok dari hamster jenis ini adalah bulunya yang tepat dan berwarna putih seperti salju. Hamster Winter White memang berasal dari daerah yang dingin dan dia memiliki jiwa yang sangat sosial. Itulah sebabnya hamster ini membutuhkan teman agar tidak merasa kesepian dan bisa bermain bersama. 

Cara Merawat Hamster

Dari berbagai jenis hamster di atas, sebenarnya cara perawatannya tidak jauh berbeda. Catatan yang perlu Grameds ingat adalah bahwa cara merawat hamster yang baik dan benar bertujuan agar membuatnya  sehat dan bisa nyaman hidup berdampingan di lingkungan yang sama. Berikut ini cara merawat hamster dengan benar yang perlu Grameds ketahui: 

1. Memilih Kandang Yang Tepat

Kandang adalah hal penting yang perlu Grameds diperhatikanperhatikan untuk melakukan cara merawat hamster yang benar karena harus menyesuaikanmenyesuiakan dengan kebutuhannya. Masing-masing hamster membutuhkan kandang yang berbeda-beda, namun pada dasarnya hamster membutuhkan tempat yang cukup luas untuk bertahan hidup dan bergerak untuk bermain. 

Ukuran kandang yang normal kurang lebih 0.24 meter persegi atau sekitar 60 X 30 sentimeter. Grameds disarankan menggunakan kandang yang terbuat dari kaca atau plastic tebal dengan beberapa lubang kecil untuk ventilasi di bagian atasnya. Lubang tersebut juga bisa memanfaatkan kawat agar hamster tetap bisa bernapas dengan cukup dan nyaman. 

2. Isi Kandang Dengan Peralatan Yang Lengkap

Setelah memilih kandang yang tepat maka  Grameds perlu mengisinya dengan beberapa peralatan penunjang agar hamster lebih nyaman hidup di sana. Mengapa Grameds memerlukan peralatan yang lengkap?

Hal tersebut tentu perlu Grameds perhatikan, jangan biarkan kandang kosong agar tidak membuat hamster mudah stress. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan hamster dan keberlangsungan tumbuh kembangnya. 

Peralatan yang perlu Grameds  siapkan adalah tempat makan, pipa air minum, dan alat-alat bermain. Alat bermain mungkin tidak perlu Grameds siapkan jika jenis hamster memiliki karakter yang pasif atau malas seperti beberapa jenis hamster Syrian. Untuk Hamster yang aktif Grameds bisa menggunakan alat roda berputar khusus untuk hamster yang dapat membuat hamster merasa senang.  

3. Mengetahui Naluri Hamster

Cara merawat hamster yang benar juga perlu memperhatikan karakter nalurinya karena tidak semua hamster akan jinak jika tinggal bersama. Jika Grameds tidak bisa memahami nalurinya maka hamster bisa-bisa stres atau bahkan bisa mati.

Perlu Grameds ketahui bahwa hamster adalah hewan teritorial yang sangat menjaga daerah kekuasaannya. Sehingga ada beberapa jenis hamster bisa berkelahi sampai mati jika disatukan dengan hamster lainnya. 

Namun berbeda dengan karakteristik jenis hamster Roborovski dan Winter White yang dapat tinggal dengan hamster lainnya. Mereka memang memiliki naluri tidak bisa kesepian dan sangat membutuhkan teman. Grameds bisa memperhatikan tingkah lakunya akrab atau tidak dalam kandang kaca sebelum akhirnya memutuskan untuk menyatukan hamster-hamster tersebut. 

4. Memberikan Tempat Persembunyian Yang Nyaman

Melihat karakter dan naluri hamster yang suka bersembunyi, maka Grameds perlu menyediakan tempat yang seolah-olah tersebunyi di dalam kandang untuk hamster. Tempat persembunyian tersebut akan membuat hamster merasa aman dan membuat kandang menjadi mirip dengan habitat aslinya. Grameds bisa membuatnya secara sederhana dari potongan kardus atau kayu sesuai ukuran tubuh hamster. 

Grameds juga tetap perlu memeriksa tempat persembunyiannya karena bisa saja Hamster menumpuk makanan yang mudah busuk dan membuat tempat tersebut menjadi kotor. Kebiasaan hamster itulah yang perlu Grameds erhatikan agar tetap membuatnya terhindar dari penyakit dan tidak menimbulkan bau tidak sedap karana Grameds rutin memberisihkan tempat persembunyainnya sekalipun. 

5. Memberikan Alas Yang Tepat Pada Kadang

Alas pada kandang hamster juga perlu Gramedia perhatikan agar membuatnya semakin nyaman, yakni  terbuat dari serutan kayu layaknya habitat aslinya. Grameds tidak bisa menggunakan alas karpet atau kardus karena tidak sesuai dengan kebutuhan hamster.

Tekstur serutan kayu yang lembut dapat menjadi tempat yang nyaman untuk pijakan dan istirahat hamster. Tebal alasnya ini sekitar lima sentimeter yang bisa berasal dari serutan kayu aspen. 

Hindari penggunaan jenis serutan kayu pinus dan cadar karena aroma dan jenis serutan kayu ini justru bisa mengganggu kesehatan hamster. Serutan kayu pinus dan cadar tidak baik untuk pernafasan hamster karena mengandung butiran kecil yang bisa bertebaran di dalam kandang. Selain itu Grameds juga perlu membersihkan alas kandang ini secara rutin, yakni  dua hari sekali agar hamster terhindar dari bakteri. 

Buku Yang Membuatmu Lebih Paham Tentang Hamster & Hewan

1. A-Z Panduan Mudah Merawat Si Mungil Hamster

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku

6. Memberi Makan Secara Rutin

Memberinya makan secara rutin adalah salah satu cara merawat hamster yang penting dilakukan oleh pemiliknya. Makanan hamster wajib diberikan sekitar 15 sampai 20 gram perhari untuk memenuhi kebutuhannya. Masalah makan yang mungkin Grameds jumpai adalah kebiasaan hamster yang suka menimbun atau menyembunyikan makanan. Itulah sebabnya banyak pemiliknya yang membersihkannya karena bisa jadi sudah tidak segar lagi. 

Padahal tersebut bisa membuat hamster stress karena merasa kehilangan sesuatu miliknya. Jadi yang perlu Grameds lakukan adalah memeriksa makanan yang disembunyikannya, jika sudah basi atau berbau maka ganti dengan makan yang segar pada tempat semula hamster tersebut menyembunyikan makanannya. 

Selain itu Grameds juga perlu beri mereka suplemen dan vitamin, seperti vitamin A dan D untuk kesehatannya agar badannya gemuk dan semakin lucu. Selain itu gunakan tempat makan dari logam agar tidak ikut digigit hamster saat sedang makan.  

 7. Memberikan Minum Dengan Air Bersih

Selain makanan ada pula minum dari air bersih yang perlu Grameds berikan. Grameds bisa menyediakannya di dalam pipa air minum yang bentuknya seperti corong yang mudah disedot hamster saat dia kehausan. Nah, Grameds perlu mengganti sehari sekali untuk menjaga kebersihan dan kualitas temperatur airnya. Hamster kurang menyukai air yang bertemperatur hangat karena lebih menyukai yang segar. Jadi Grameds bisa pastikan air di dalam pipa tersebut selalu dingin dan segar. 

8. Mengajak Hamster Bermain

Berbeda dari hewan peliharaan lainnya seperti kucing dan anjing yang lebih membutuhkan waktu untuk bermain cukup rutin. Meskipun demikian hamster juga memerlukan waktu dan tempat bermain agar membuatnya lebih senang dan sehat. Grameds bisa menyiapkan akuarium ukuran 80X80 sentimeter dengan berbagai macam mainan hamster untuk mengajaknya bergerak. 

Mainan tersebut bisa berupa roda putar, terowongan plastic, atau bola jogging. Mengajaknya bermain akan membuat Grameds juga merasa senang karena melihat tingkah lucunya yang sangat menggemaskan. Grameds tidak perlu membuat arena bermain yang mewah karena yang terpenting adalah tetap membuatnya bergerak dan sehat. 

9. Penempatan Rumah Hamster Yang Tepat

Peletakan kandang hamster juga perlu Grameds perhatikan, yakni letakan posisi kandang di sudut rumah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hamster akan sulit tumbuh jika terlalu sering terkena sinar matahari karena merasa kepanasan dan akan terus sembunyi. Akibatnya dia juga akan kurang makan dan bisa membuatnya cepat mati. Jadi hindari hamster dari sinar matahari secara berlebihan agar dia bisa bertahan hidup lebih lama dan sehat. 

10. Memastikan Agar Hamster Tidak Kabur

Beberapa jenis hamster sangat aktif dan lincah sehingga membuatnya bisa saja kabur dari kandangnya. Jika Hamster tersebut berhasil keluar maka Graemda akan kesulitan mencarinya karena kepandaiannya dalam bersembunyi. Kondisi luar bisa saja berbahaya bagi hamster, jadi sangat perlu Grameds awasi. Itulah sebabnya Grameds harus memastikannya tetap dalam kandang dengan aman dan nyaman. 

Baca juga:

11. Memandikan Hamster Dengan Benar

Untuk tetap menjaga kebersihannya, Garemds bisa memandikan hamster, namun tetap dengan  cara yang benar agar tidak membuatnya takut bahkan bisa membuatnya jatuh sakit. Cara memandikan hamster yang benar adalah menggunakan air bersih biasa menggunakan sikat lembut untuk membersihkan bulu-bulunya.

banner-promo-gramedia

Celupkan hamster ke dalam air, kemudian sisir bulu hamster dengan sikat tersebut sampai bersih. Pada bagian wajah Grameds bisa melapnya dengan lembut menggunakan kain yang tidak kasar pula agar tidak menyakiti bagain tubuh hamster yangs sensitif.

Namun jangan khawatir jika kamu takut memandikan hamster dengan menggunakan air, saat ini sudah banyak dijual pasir mandi untuk hamster. Hamster senang berguling-guling di pasir untuk membersihkan tubuhnya.

Pasir mandi untuk hamster juga tersedia banyak varian wewangian yang aman untuk hewan, sehingga binatang mungilmu akan selalu bersih dan wangi.

 

12. Mengawasi Kesehatan Hamster Secara Rutin

Cara merawat hamster kurang lengkap jika tidak membicarakan kesehatannya. Agar bisa bertahan lebih lama Grameds harus memperhatikan kesehatannya meskipun hamster termasuk dalam binatang yang tidak mudah sakit.

Namun jika hamster sekali terkena penyakit maka bisa sangat mengkhawatirkan mengingat tubuhnya yang kecil. Grameds bisa memperhatikan gejala kesehatan hamster dari keaktifannya, pola makannya, diare atau tidak, kondisi bulunya, kondisi matanya, dan apakah hamster bersin-bersin atau tidak. 

Jika ada yang bermasalah dari gejala kondisi hamster diatas, maka perlu Grameds waspadai bahwa hamster bisa saja sedang menderita infeksi. Grameds bisa membawanya ke klinik hewan untuk berkonsultasi kesehatannya dengan dokter hewan. 

13. Membersihkan Kandang Secara Teratur

Dari kemungkinannya yang bisa terkena penyakit maka Grameds perlu menjaga kebersihan kandangnya. Bisanya kebersihan kandang memang menjadi masalah pemilik hewan peliharaan yang sudah terlanjur malah untuk menanganinya. Selain dapat mengganggu kesehatan hamster, kebersihan kandang yang tidak diperhatikan juga bisa mengganggu kesehatan lingkungan sekitarnya. Misalnya muncul bau yang tidak sedap bahkan bisa mendatangkan penyakit. Jadi jika Grameds memutuskan untuk memelihara hamster harus konsisten dan rajin membersihkan kandangnya.

 

Nah itulah penjelasan tentang cara merawat hamster yang baik dan benar agar bisa bertahan hidup lama dan sehat. Tidak sulit bukan? Jika Grameds menyukai hewan hamster melakukan perawatan padanya pasti terasa menyenangkan meskipun harus meluangkan waktu yang lama.

Ketika Grameds sudah memutuskan untuk  memelihara hewan di rumah seharusnya sudah siap dan konsisten merawatnya karena memiliki hewan peliharan juga tidaklah mudah. Mereka juga perlu dirawat dan dijaga keberadaannya. 

Jika Grameds ingin belajar lebih jauh lagi tentang bagaimana cara merawat hamster sebagai hewan peliharaan lainnya maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com.  Grameds juga bisa memperoleh banyak referensi tentang bagaimana cara merawat hewan peliharaan lainnya dengan cara yang benar. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca tentang cara merawat hamster dan hewan peliharaan lainnya agar mereka tentang hidup sehat: Selamat belajarbalajar. #sahabatTanpabatas. 

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti