in

Mengenal Daftar Nama Hewan dari M 

Daftar nama hewan dari M – Pada artikel kali ini, kita akan membahas nama-nama hewan dengan huruf depan ‘M’. Ada banyak hewan dengan berbagai habitat, dan spesies hewan yang beragam, ada yang sangat kecil, sedang, hingga besar.

Spesies tertentu dari hewan juga dapat diolah menjadi bahan makanan atau konsumsi  bagi manusia karena fungsi dan manfaatnya yang bisa diambil.

Masing-masing binatang pun memiliki nama yang berbeda-beda. Ada nama yang sudah sering kita dengar, ada juga nama-nama hewan yang masih terdengar asing ditelinga kita, bisa jadi karena hewan tersebut sudah langka, jarang ditemukan maupun belum familiar.

Nah, kali ini Gramedia akan memperkenalkan beberapa nama binatang yang dimulai dari huruf ‘M’,  kira-kira apa saja binatang itu. Yuk, kita simak bersama!

Jenis Burung (Unggas)

1. Merpati

pixabay

Hewan pertama ialah merpati. Berdasarkan sejarahnya, merpati pertama kali ditemukan di Mesir kuno. Burung merpati ini bisa dikatakan sebagai salah satu hewan yang setia. Hal ini karena burung merpati biasanya hanya kawin selam satu kali dalam hidupnya.

Merpati yang juga disebut dengan burung dara ini adalah burung yang berbadan gempal, memiliki bulu yang sangat halus, dan berleher pendek. Dan masuk dalam kerabat burung pekicau. Merpati memakan biji-bijian, buah, beras merah, dan lainnya.

2. Merak

pixabay

Merak merupakan  tiga spesies burung dalam genus Pavo atau ayam hutan. Habitat burung merak biasanya berada di dataran rendah.

Merak memang terkenal dengan warna bulunya yang mencolok, apalagi jika bulu ekornya dikepakkan, maka akan terlihat sangat cantik. Merak memiliki warna bulu yang sangat indah terlebih lagi bagi merak jantan. Keindahan bulu merak jantan dijadikan untuk menarik perhatian merak betina.

Nama merak ini juga dijadikan sebagai nama pelabuhan di Indonesia, yaitu pelabuhan merak.

3. Maleo 

Maleo adalah jenis burung yang mulai langka, bentuknya mirip dengan ayam hutan. Meski begitu, burung maleo memiliki ciri khas, yaitu mempunyai jambul di atas kepalanya. Burung ini dikabarkan sudah langka dan hampir punah.

Burung maleo juga memiliki telur yang lebih besar dari telur unggas lain seperti ayam. Konon, burung ini tidak pernah mengerami telurnya, tetapi anak burung maleo cukup mandiri, setelah menetas anak burung maleo mampir mencari makanan sendiri.

Maleo biasanya bersarang di daerah pasir yang terbuka, daerah sekitar pantai atau gunung berapi dan daerah-daerah yang hangat untuk menetaskan telurnya yang berukuran besar.

4. Mambruk

Mambruk merupakan spesies burung endemik asal papua. Burung ini sebenarnya masuk dalam spesies burung dara. Burung ini kebanyakan memiliki warna biru keabu-abuan dan berukuran cukup besar. Hal unik dari burung ini yaitu memiliki mahkota pada bagian atas kepalanya.

Penduduk asli Papua sering memburu burung ini untuk dimakan dan mendapatkan bulunya yang indah dan berwarna biru. Umumnya, burung ini memakan buah dan biji-bijian.

5. Murai (burung)

Murai adalah nama dari jenis burung. Ada yang menyebutnya dengan nama Kucica Hutan juga dikenal sebagai Murai Batu, termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Umumnya dapat dijumpai di Sumatera dan Pulau Jawa. 

Murai memiliki tubuh yang di mana hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga cokelat kusam. Kicauan dari burung ini pun cukup nyaring.

Makanan Burung Murai adalah jangkrik, orong-orong, belalang, cacing, kroto, ulat, dan Voer. Jenis-jenis Murai ini pun banyak sekali, diantaranya ada Murai Batu Medan, Murai Nias, Murai Lampung, Murai Batu, Murai Jawa, Murai Sabang, Murai Irian, Murai Borneo, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ulasan hewan kategori burung atau unggas beserta penjelasannya. Kalian juga bisa baca buku-buku ensiklopedia tentang macam-macam burung lainnya, dengan banyak membaca buku akan menambah wawasan.

 

Jenis Ikan

1. Marlin

pixabay

Marlin merupakan jenis ikan laut, dan tersebar di seluruh dunia, tetapi lebih sering dijumpai di Samudera Hindia dan Atlantik. Hewan ini memakan hewan-hewan kecil lainnya.

Ciri khas yang dimiliki ikan marlin ini adalah mempunyai mulut bagian atas yang moncong seperti tombak, serta sirip yang cukup panjang. Ikan marlin mempunyai tubuh yang licin atau tidak bersisik seperti ikan pada umumnya.

Marlin termasuk ikan pemakan daging atau karnivora. Marlin menggunakan moncongnya yang tajam untuk berburu mangsanya. Cumi-cumi dan ikan pelagis adalah makanan utama bagi ikan marlin, tetapi juga memangsa ikan-ikan lain yang ukurannya lebih kecil.

2. Mas Koki

Ikan mas koki bisa dikatakan sebagai jenis ikan air tawar yang sudah banyak orang pelihara, bisa jadi kamu salah satu orang itu. Pada umumnya, ikan mas koki ini dipelihara di dalam akuarium yang sudah diberikan sirkulasi udara. Ikan ini juga bisa ditemukan di perairan air tawar mana saja seperti danau maupun sungai.

Tampilan tubuh ikan mas koki ini memang cantik dengan warna keemasan atau kuning. Untuk ukuran mas koki bervariasi ada yang kecil, sedang, hingga besar dengan berat sekitar 2 kilogram. Bentuk ikan mas koki hampir serupa dengan ikan mas karena kedua jenis ikan ini memang masih berasal dari satu spesies yang sama.

3. Mujair

Mujair termasuk jenis ikan air tawar, dan hampir seluruh masyarakat Indonesia mengonsumsi ikan satu ini. Bentuk umumnya hampir mirip dengan ikan mas, seluruh tubuhnya bersisik namun lebih ramping.

Kabarnya, ikan mujair ini pertama kali ditemukan di daerah Blitar Jawa Timur, oleh seorang nelayan bernama pak de mujair. Nama pak de mujair ini lah yang dijadikan sebagai nama ikan ini.

Umumnya umur ikan mujair yang bisa dipanen berkisar antara 5 bulan dengan berat berkisar antara 30-45 gram/ekor.

Ikan mujair ini memiliki cita rasa yang sangat gurih , bentuknya mirip dengan ikan gurame, namun ukurannya lebih kecil. Ikan ini juga bisa hidup di air payau karena memiliki sanitasi yang cukup tinggi.

4. Makarel

Makarel adalah salah satu jenis ikan laut. Ikan ini pun tersebar di banyak perairan Indonesia. Ikan ini biasanya dijadikan ikan asin sampai produk makanan kaleng. Karena teksturnya yang lembut dan sedikit duri. Ikan ini mirip dengan ikan tenggiri atau ikan kembung.

Selain itu, ikan makarel sering ditangkap dan dijadikan bahan makanan dalam bentuk produk kaleng yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan banyak ditemukan di swalayan-swalayan. Kandungan dari ikan ini sangat banyak, salah satunya tinggi akan omega 3. Ikan makarel juga hampir sama dengan ikan sarden.

5. Mas (Ikan Mas)

kompas.com

Selanjutnya ada Ikan Mas. Hampir seluruh masyarakat Indonesia juga mengkonsumsi ikan satu ini. Ikan ini hidup di air tawar dan biasanya juga dibudidayakan untuk kegiatan jual beli ikan mas.

Ikan ini juga dikenal mempunyai banyak nutrisi yang penting untuk tubuh manusia, seperti protein, fosfor, dan kalsium. Oleh sebab itu, tak heran ikan ini banyak penggemarnya. Selain banyak nutrisi, tekstur dari ikan ini pun lebih empuk, dan duri yang gampang dilepas.

Ikan mas umumnya hidup di air tawar, tetapi dapat hidup juga di daerah muara sungai yang airnya payau. Sekilas ikan ini juga mirip ikan mujair. Dagingnya yang empuk dan gurih dapat diolah menjadi berbagai masakan.

6. Masik

Masik adalah salah satu nama hewan jenis ikan. Ikan ini termasuk ikan air tawar. Pertama kali ikan ini ditemukan yaitu di Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan. Sebenarnya, ikan ini masih kerabat ikan mas. Bentuknya pun sekilas mirip dengan ikan mas.

Ikan masik juga merupakan ikan yang bisa dikonsumsi didaerah sebarannya. Biasanya ikan ini dijual dalam keadaan segar maupun diawetkan seperti diasinkan.

7. Manyung

Ikan manyung adalah salah satu jenis ikan laut. Namun nama manyung ini jarang terdengar, biasanya orang-orang menyebutnya dengan nama jambal roti.  Penangkapan ikan ini banyak di daerah Pangandaran. Umumnya ikan ini ditangkap dan dan diolah menjadi ikan asin (ikan asin jambal roti).

Selain diasinkan, biasanya bisa juga diolah menjadi masakan lain seperti digulai, dimangut, atau di asap. Ikan ini rupanya menjadi makanan khas Pantai Utara Jawa (Pantura).

Nah itulah sedikit ulasan hewan berawalan dengan huruf ‘M’ dalam jenis ikan. Ternyata selain ikan hias, ikan laut, banyak juga jenis-jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Bagi yang gemar makan ikan atau mengolah ikan terutama ikan mas dan mujair, maka kamu bisa membaca buku ini, Grameds.

 

Hewan dari Huruf M Lainnya

1. Monyet

pixabay

Monyet adalah jenis primata yang hidupnya di hutan. Tentu, hampir semua orang tahu hewan satu ini, karena masih dapat dijumpai di kebun binatang. Monyet termasuk hewan mamalia, yaitu menyusui anaknya.

Hewan ini masih satu keluarga dengan primata lain yang mempunyai bulu di hampir semua bagian tubuhnya dan memiliki ekor panjang seperti kera, orang utan, dan gorila, namun dari spesies yang berbeda.

Populasi monyet di dunia sebenarnya cukup banyak, tapi karena penangkapan ilegal dan perusakan habitat monyet yang dilakukan oleh sebagian oknum tak bertanggung jawab pun, maka menjadikan monyet ini kehilangan tempat tinggalnya.

Monyet termasuk hewan pemanjat pohon, oleh karena itu habitatnya cenderung berada di hutan. Namun sekarang kita juga bisa berkunjung ke kebun binatang untuk melihat monyet ini. Monyet memakan apa saja seperti buah-buahan, biji-bijian dan lainnya. Yang paling disukai monyet umumnya adalah pisang.

2. Marmut

Marmut sebenarnya tergolong hewan pengerat seperti tikus, dan dari bentuk mukanya sekilas pun mirip dengan tikus, tetapi berlainan jenis.

Banyak juga yang menyebutnya tikus belanda. Meskipun dijuluki tikus belanda, tetapi hewan ini bukan dari Belanda, melainkan berasal dari Amerika Selatan, tepatnya dari pegunungan Andes.

Ciri khas marmut mempunyai tubuh yang kecil dan lincah, serta lucu. Marmut biasanya banyak berkembang biak didaerah yang dingin atau pegunungan. Biasanya, jika masuk musim dingin, marmut akan melakukan hibernasi.

Marmut termasuk  jenis hewan pengerat seperti kelinci, tikus, hamster dan lain-lainnya. marmut menyukai tanaman muda dan rumput-rumputan.

3. Musang

pixabay

Hewan lain dengan huruf ‘M’ yaitu musang. Musang adalah mamalia yang cukup sering diburu untuk dijadikan peliharaan. 

Selain itu, musang termasuk hewan omnivora, yaitu pemakan segala, mulai dari buah, biji-bijian dan daging.

Namun, karena banyak hutan yang dirusak oleh manusia, maka sesekali musang berkeliaran di sekitar rumah warga. Biasanya binatang ini muncul pada malam hari. Ciri umum musang yaitu berwarna hitam atau abu-abu, dan berekor panjang. Musang juga termasuk pemanjat yang lincah.

Musang juga memiliki banyak jenis, dan yang paling populer adalah musang luwak. Musang memiliki cara yang sangat unik untuk melindungi dirinya yaitu dengan cara berpura-pura mati agar bisa mengelabui musuhnya.

4. Macan Tutul

Selanjutnya ada macan tutul. Macan tutul merupakan hewan buas pemakan daging atau karnivora. Sebenarnya, macan tutul ini masih keluarga dengan kucing, dan macan tutul menjadi salah satu dari empat kucing besar didunia. Ciri khas macan tutul yang sudah banyak orang tahu adalah kecepatan berlari dalam menangkap mangsanya.

Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat yang handal.

Macan tutul umumnya berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik berwarna hitam.

Bintik hitam di kepalanya berukuran lebih kecil. Lama hidup macan tutul diperkirakan sekitar 12 sampai 17 tahun, dan jika dalam penangkaran mungkin akan lebih lama lagi.

5. Meerkat

Meerkat atau mirkat adalah hewan mamalia. Bentuk mukanya mirip tikus. Meerkat memiliki habitat di gurun kalahari Afrika Selatan. Biasanya mereka hidup secara berkelompok terdiri dari 20 Meerkat lebih, dan dalam jumlah yang besar bisa mencapai hingga 50 lebih.

Meerkat tergolong binatang omnivora, yaitu pemakan segala, Meerkat memakan hewan lain seperti serangga, burung, kalajengking, kadal, dan juga buah-buahan. Karena meerkat memakan kalajengking juga, mereka dikenal kebal terhadap racun kalajengking.

Itulah berbagai hewan karnivora, herbivora, maupun omnivora, yang hidup didarat maupun diperairan. Selanjutnya kamu bisa membaca buku-buku tentang penggolongan hewan baik dari habitatnya, rantai makanan maupun jenis spesiesnya.

 

Nah, itulah rangkuman nama-nama hewan yang berawalan dengan huruf ‘M’ beserta penjelasannya, semoga artikel ini dapat membantu serta menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam mengenal nama-nama hewan dan untuk pembelajaran Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang hewan-hewan, maka kamu bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy