in

Jenis-Jenis Anjing Lucu dan Cara Merawatnya

Jenis-Jenis Anjing Lucu – Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Peliharaan adalah teman kita di rumah selain manusia. hewan peliharaan juga memiliki naluri yang kuat dengan pemiliknya, contohnya seperti anjing.

Kamu dapat memilih anjing sebagai hewan peliharaan kamu di rumah. Hewan anjing ini cukup populer sebagai hewan peliharaan selain kucing, burung, ikan, dan hewan lainnya. Jika kamu memiliki pilihan yang mantap untuk memelihara anjing maka peliharalah dengan baik dan benar.

Anjing adalah hewan peliharaan yang bisa sangat akrab dengan manusia. Tingkah anjing bisa saja lucu, menggemaskan, bahkan bisa saja membuat kita jengkel. Namun karena hewan peliharaan, anjing tentunya akan selalu disayang oleh pemiliknya walaupun sedikit nakal.

Anjing mudah menyukai manusia jika ia terus diperhatikan. Anjing ini juga cukup pintar jika diajarkan banyak hal oleh manusia. Ketika seekor anjing ini memiliki pemilik yang baik maka anjing itu akan tetap setia dengan pemiliknya. Bahkan ia bisa saja melindungi pemiliknya jika ada bahaya mengancam.

Dalam buku ini akan Anda temukan berbagai masalah menarik seputar anjing, mulai dari bagaimana memilih anjing kesayangan, beberapa profil jenis anjing populer, vaksinasi anjing kesayangan, parasit internal dan eksternal pada anjing, pencegahan terhadap gigitan anjing, cara bepergian aman dengan anjing kesayangan, memilih dokter hewan yang tepat, P3K pada anjing, cara memandikan anjing, sampai langkah mudah melatih anjing.

Jenis-Jenis Anjing Lucu

Sebelum memelihara anjing kamu harus tahu jenis-jenis anjing yang bisa dijadikan sebagai teman atau peliharaan. Setiap ras anjing memiliki keunikannya sendiri. Berikut adalah jenis-jenis anjing yang bisa kamu kenali.

1. Anjing Golden Retriever

Anjing Golden Retrivier

Anjing golden retriever ini memiliki warna seperti pada namanya yaitu warna coklat keemasan. Anjing ini memiliki banyak bulu di sekitar leher, paha, kaki, dan ekornya. Untuk ukuran anjing laki-laki memiliki tinggi sekitar 23 sampai 24 inci dan berat sekitar 29 sampai 31 kg. Sedangkan anjing perempuan memiliki tinggi sekitar 21 sampai 22 inci dan beratnya sekitar 25 sampai 29 kg. Umur anjing ini dapat mencapai sekitar 10 sampai 13 tahun.

Anjing ini memiliki sifat cukup pemarah, penyayang, dan juga cerdas. Selain itu anjing ini dikenal sebagai anjing yang patuh. Ia juga suka bermain dengan anak-anak dan anjing lainnya juga dengan ramah. Namun anjing ini bukan tipe anjing penjaga yang dapat menggonggong jika ada sesuatu yang berbahaya.

GOLDEN RETRIEVER : Si Cerdas yang Bersahabat dengan Siapa Saja
GOLDEN RETRIEVER : Si Cerdas yang Bersahabat dengan Siapa Saja

2. Anjing Pomerania

Anjing Pomerania

Anjing pomeriana ini adalah hewan peliharaan favorit untuk ratu pada zaman dahulu. Anjing ini sering dijadikan sebagai teman pendamping oleh para ratu. Tubuh anjing ini kecil sekitar 8 sampai 11 inci dan memiliki berat hanya sekitar 1 sampai 3 kg saja. Bulu anjing ini cukup lebat di bagian kepala, muka, dan kupingnya. Ia memiliki wajah yang selalu tersenyum dan kemiripannya dengan muka serigala.

Anjing pomeriana ini cukup bersahabat dan selalu bersemangat. Walaupun tubuhnya terlihat kecil, namun anjing ini sangat berani kepada anjing lainnya jika ia merasa terancam. Kamu bisa juga melatihnya agar ia memiliki kepintaran dan kemampuan lain.

banner-promo-gramedia

3. Anjing Bichon Fries

  anjing bichon friseBichon fries ini adalah anjing yang memiliki tubuh kecil. Ia anjing yang sangat pintar dan penampilannya juga elegan. Umur anjing ini bisa mencapai sekitar 12 sampai 15 tahun. Anjing ini memiliki bulu yang keriting dan tidak terlalu panjang, bahkan bulu pada anjing ini kusut.

Karena ia memiliki bulu yang sedemikian rupa maka diperlukan perawatan khusus yang profesional untuk menjaga kondisi anjing ini tetap sehat. Perawatan ini harus dilakukan sesering mungkin.

Anjing ini cocok untuk anak-anak karena memiliki ukuran yang kecil. Anak-anak dapat bermain dengan anjing ini tanpa takut karena terlalu besar.

4. Anjing Poodle

anjing poodle

Anjing poodle ini sekilas memang mirip seperti anjing bichon fries yang memiliki bulu keriting, kusut, dan tidak terlalu panjang. Namun, anjing poodle ini memiliki keunikannya sendiri. Ia memiliki bentuk tubuh unik dengan leher panjang, punggung lurus, ekor agak rapat, moncong yang panjang, dan juga telinga yang turun.

Anjing ini memiliki karakter cerdas, lincah, dan aktif. Karena lincahnya anjing ini, ia tidak suka jika ditinggalkan, ia ingin selalu diajak bermain oleh pemiliknya. Jangan mengira dengan penampilan lucunya ini ia seperti anjing biasa yang takut dengan ancaman. Tentu saja tidak. Anjing ini adalah anjing tipe pemburu, hanya penampilannya saja yang berbeda. Kamu harus memberinya pelatihan agar menjadi anjing peliharaan yang baik.

Berbagai kisah di buku ini akan membuat Anda tertawa dan menangis. Ada kisah tentang Gyp, anjing gembala yang hanya menggonggong satu kali dalam hidupnya;

5. Anjing Pug

anjing pug

Anjing pug ini termasuk kategori anjing yang mudah dirawat. Anjing ini salah satu yang terlihat serius, santai, kuat, namun juga humoris. Anjing ini tidak sama seperti anjing lain, ia tidak suka menggonggong, mengunyah, dan tidak banyak menggali. Anjing ini memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat tinggal di tempat yang panas maupun lembab. Mata anjing pug ini terlihat menonjol, matanya harus selalu terjaga secara lembab agar tidak terluka.

6. Anjing Siberian Husky

anjing siberian husky

Jika kamu tahu anjing si penarik kereta luncur, inilah anjingnya. Anjing siberian husky ini memiliki badan besar, mata tajam dan berwarna cerah. Anjing ini memiliki dua warna, dan pada wajahnya terlihat seperti topeng. Anjing ini memiliki sifat yang ramah dan ceria, ia mudah bergaul dengan siapa saja. Karena memiliki badan yang besar, anjing ini penuh energi, ia suka dengan aktivitas di luar ruangan.

Siberian Husky Si Pintar yang Mudah Akrab
Siberian Husky Si Pintar yang Mudah Akrab

7. Anjing Doberman

anjing doberman

Anjing doberman ini memiliki penampilan yang galak dan sangat agresif. Anjing ini memiliki ukuran sedang dan bertubuh ramping. Walaupun penampilannya galak, anjing ini sebenarnya adalah anjing pelindung. Anjing ini juga dikenal sebagai anjing yang memiliki ikatan paling kuat dengan manusia dibanding ras anjing lainnya.

Pemilik harus memberikan pelatihan kepada anjing ini agar menjadi penurut dan jinak. Anjing ini memiliki sifat dasar lembut, pemikiran stabil, penuh kasih, dan tidak suka membuat keributan. Jika sudah jinak, anjing ini dapat menjadi anjing sahabat keluarga.

8. Anjing English Bulldong

anjing english bulldog

Anjing english bulldog ini cukup unik karena memiliki badan yang kecil dan berkepala besar. Wajah anjing ini terlihat sangat datar dan penuh kerutan. Pemilik harus rajin membersihkan sela-sela kerutan agar tidak terjadi infeksi kulit. Anjing ini sangat rentan daya tahannya, ia hanya bisa beraktivitas ringan saja.

Anjing english bulldong memiliki sifat yang manis, mudah ditebak, dan dapat diandalkan. Walaupun anjing ini ekspresinya sangat datar, namun dia bisa menjadi sangat agresif kepada anjing yang tidak dikenalinya. Ia juga merupakan anjing penjaga yang baik. Anjing ini juga bisa menjadi teman main anak-anak.

9. Anjing Shiba Inu

anjing shiba inu

banner-promo-gramedia

Anjing shiba inu memiliki karakter yang tegas, dan mirip dengan serigala. Sulit sekali untuk melatih dan merawat anjing ini. Ia memiliki sifat yang berani dan agresif, jadi sebaiknya selalu diikat agar tidak mudah lepas jika belum terlalu jinak. Anjing ini akan selalu mengejar benda apa saja yang bergerak di depannya. Dapat dikatakan ia adalah anjing pelari.

Anjing ini sangat dominan dan pintar. Jika merasa terintimidasi ia akan menggonggong dengan keras. Pemilik anjing ini juga harus memiliki sifat yang tegas dan percaya diri untuk merawatnya.

10. Anjing Greyhound

anjing greyhound

Anjing greyhound ini memiliki karakter sebagai anjing pemburu. Ia dapat berlari dengan kecepatan 40 sampai 45 mil per jam. Walaupun terlihat gagah dan sangar, anjing ini juga memiliki sifat manis dan lembut. Anjing ini sangat sensitif dengan cuaca ekstrem dan kesendirian. Oleh karena itu jangan tinggalkan anjing ini sendiri di rumah.

Ketika kamu ingin memilikinya, kamu harus melatihnya agar menjadi anjing pendamping yang baik. Jangan terlalu sering meninggalkannya di rumah sendirian.

11. Anjing Beagle

anjing beagle

Anjing beagle ini memiliki karakter yang ramah terhadap hewan-hewan lain. Anjing ini memiliki ketajaman dalam hal penciuman. Mereka mampu mencari jejak dari penciuman mereka. Beagle ini memiliki sifat yang suka bereksplorasi. Jika kamu ingin memelihara anjing beagle ini pastikan memiliki ruangan yang luas agar ia dapat bermain dan berlatih.

12. Anjing Chow Chow

anjing chow chow

Anjing chow chow ini memiliki ukuran tubuh sekitar 23 sampai 24 kg. Anjing ini lebih suka menyendiri dan juga agresif dengan anjing lain, bahkan ia tidak mudah untuk bersosialisasi. Anjing ini merupakan tipe anjing pelindung dan pemburu.

Wajah anjing ini mirip seperti beruang dengan bulu lembut dan pendek. Jika kamu ingin memilikinya kamu harus melatihnya agar bisa bersosialisasi dengan orang lain, dan anggap dia sebagai bagian dari keluarga.

13. Anjing Maltese

anjing maltese

Anjing maltese ini memiliki bulu yang tebal dan menggemaskan. Maltese ini termasuk anjing bertubuh kecil, namun panjang dan memiliki mata lebar. Anjing ini memiliki wajah seperti boneka yang cocok untuk dijadikan sahabat di rumah. jika ingin memilikinya harus berhati-hati saat merawat, karena ia sering terjadi gangguan kesehatan ringan.

14. Anjing Shih Tzu

anjing shih tzu

Anjing shih tzu ini berasal dari peranakan China. Shih tzu dalam bahasa China memiliki arti anjing singa. Shih tzu dijuluki sebagai anjing singa karena memiliki bulu yang lebat di sekitar moncong dan dadanya. Anjing ini memiliki karakter yang ramah, pintar, mudah bergaul, dan senang bermain.

15. Alaskan Malamute



anjing alaskan malamute

Seperti siberian husky, anjing alaskan malamute ini juga biasanya yang menarik kereta salju. Anjing ini juga sangat mirip dengan serigala. Ia memiliki tubuh yang diselimuti oleh bulu tebalnya sehingga dapat tahan dengan udara dingin dan salju. Alaskan malamute ini adalah anjing yang cerdas dan mandiri. Kamu tidak perlu khawatir jika ia berjalan sendirian di luar, dan ia adalah anjing yang setia.

Cara Merawat Anjing

Dalam memiliki hewan peliharaan tentunya harus merawatnya dengan baik dan benar. Jaga kesehatan hewan yang dipelihara, berikanlah kenyamanan kepada hewan tersebut, dan juga ajak bermain di waktu yang senggang. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat anjing.

Tersaji cara memilih ras dan persiapan mengadopsi anjing. Lengkap dengan cara memahami karakter, perilaku, dan bahasa tubuh anjing. Ada paparan tentang perawatan umum dan perawatan rambut. Juga membahas cara memilih pakan & suplemen. Bagaimana pula trik mengganti menu. Serta informasi makanan & minuman yang wajib dipantang anjing. Cara mengenali gejala penyakit dan gangguan kesehatan anjing, sekaligus cara menangani dan pengobatannya.

  1. Berikan Makanan yang Banyak Nutrisi Kepada Anjing

Dalam merawat anjing, tentunya hal utama adalah memberi makan yang kaya akan nutrisi agar anjing yang dipelihara kesehatannya terjaga. Nutrisi dalam makanannya ini mengandung lemak, protein, vitamin, dan mineral yang mendukung pertumbuhan anjing tersebut.

Anak anjing juga harus diberikan makanan yang mengandung konsentrat agar dapat menerima banyak gizi tanpa memberatkan sistem pencernaannya karena masih kecil. Memberi makan anjing pada saat ini tidaklah sulit. Banyak toko yang menjual makanan anjing berdasarkan usianya. Bahkan makanan anjing juga dapat dibuat sendiri, kita dapat memilih nutrisi apa yang akan kita berikan.

  1. Mandikan Anjing Setiap Saat

Biasakanlah memandikan anjing kalian sejak kecil agar mereka terbiasa dengan air dan mudah memandikannya ketika dewasa nanti. Perhatikan juga sampo yang dipakai untuk memandikannya. Biasanya anjing memakai sampo yang memiliki PH sekitar 7.

Hindari penggunaan bahan pewangi dan pewarna sintetis karena akan mengakibatkan iritasi pada kulit anjing. Oleh karena itu gunakanlah sampo khusus anjing yang dijual di berbagai toko hewan.

  1. Perawatan Bulu Anjing

Bulu pada anjing merupakan mahkota yang dimilikinya maka dari itu rawatlah selalu bulu anjing kalian agar terlihat sehat dan tidak mudah rontok. Caranya dengar menyisir bulu anjing setelah anjing itu dimandikan. Selain agar terlihat rapi dan cantik, menyisir bulu anjing juga dapat mengurangi kerontokan bulunya.

Berikan juga vitamin dan nutrisi makanan untuk memperkuat bulu pada anjing. Jaga pola makannya agar bulu tidak banyak yang rontok. Jika terlihat ada banyak bulu yang rontok, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan terdekat.

  1. Bersihkan Telinga Anjing

Seperti telinga manusia, telinga anjing juga perlu diperhatikan kebersihannya. Telinga anjing tidak boleh kotor, karena akan memunculkan dampak buruk bagi kesehatannya.

Caranya dengan membersihkan telinganya menggunakan kapas yang dibasahi dan diberikan cairan pembersih khusus anjing yang disediakan di toko hewan. Lakukan secara rutin agar telinga anjing tetap bersih dan sehat.

  1. Potong Kuku Anjing

Kuku anjing sama seperti kuku manusia di mana kuku akan terus tumbuh dan memanjang. Kuku anjing peliharaan harus diperhatikan karena mereka bukan anjing liar yang kukunya dapat terkikis sendiri oleh keadaan alam liar.

Memotong kuku anjing ini untuk menghindarkan anjing dari banyak bakteri yang ada pada sela-sela kuku anjing. Kamu bisa menggunakan alat pemotong kuku anjing yang tersedia di toko hewan.

Memotong kuku anjing juga perlu berhati-hati karena kuku sangat dekat dengan pembuluh darahnya. Jika sampai salah potong dapat menyebabkan pendarahan pada kakinya. Jika kamu ragu memotongnya sendiri, kamu bisa ke dokter hewan untuk memotongkan kukunya.

  1. Sikat Gigi Anjing

Menyikat gigi pada gigi anjing adalah hal yang penting. Jika jarang disikat, akan menimbulkan bau tidak sedap di sekitar mulutnya, bahkan gigi anjing bisa saja menyimpan banyak plak, karang dan masalah gusi jika tidak sering dibersihkan. Oleh karena itu, sikatlah gigi anjing kalian menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing yang disediakan di dokter hewan terdekat.

Grameds, seperti itulah penjelasan mengenai jenis-jenis anjing dan cara merawatnya. Jika kalian tertarik ingin memelihara anjing, pilih terlebih dahulu anjing ras mana yang ingin kalian pelihara. Lalu jangan lupa untuk merawat anjing kalian dengan baik dan benar agar kesehatannya selalu terjaga.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang hewan kalian bisa membaca buku-buku dari Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku yang berkualitas. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Ebook ini menceritakan pengalaman penulis tentang diskriminasi sebagai vegan dan sebagai pemelihara anjing.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq