in

Ketahui Daftar Nama Hewan dari B 

Daftar nama hewan huruf B  – Hewan yang ada di dunia ini memang ada banyak jenisnya, baik dari satu famili maupun beda famili. Maka, perlu untuk menentukan metode yang tepat dan disusun secara alphabet agar kita bisa dengan mudah menghafalnya.

Sama seperti metode penggolongan berbagai nama yang memerlukan penyusunan agar mudah dihafal, nama hewan pun bisa menggunakan metode alphabet agar mudah dihafal. Nah, kali ini kita akan membahas nama hewan yang dimulai dari huruf B.

Ada banyak nama hewan yang perlu diketahui si kecil untuk menambah wawasannya atau menjadi jawaban dari permainan anak, sehingga anak lebih aktif dan mengenal banyak nama hewan. Yuk, kenalkan nama hewan huruf B pada anak!

Untuk itu, dalam artikel kali ini Gramedia.com akan merangkum nama-nama hewan berawalan huruf B beserta penjelasan singkatnya. Kenalkan pada si kecil agar makin luas wawasannya ya, Grameds!

Daftar Nama Hewan dari B

pixabay.com/blickpixel

Di dunia ini ada cukup banyak nama hewan yang dimulai dari huruf B, dan telah banyak dikenal secara luas seperti bangau, bebek, belut, buaya, banteng, bekicot, babi, belut, dan masih banyak lagi.

Selain nama-nama hewan yang telah disebutkan diatas, diluar sana masih cukup banyak hewan lain yang namanya berawalan dengan huruf B. Apa saja hewan-hewan tersebut? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini, ya!

1. Bangau 

Bangau merupakan sebutan untuk burung yang berasal dari keluarga Ciconiidae. Badannya punya ukuran yang besar, kaki yang panjang, paruh yang besar, dan memiliki leher yang panjang tapi ukurannya lebih pendek dari burung kuntul. Burung kuntul memiliki paruh yang tebal dan kuat.

Bangau bisa ditemui di daerah yang beriklim hangat. Tapi, habitatnya biasanya lebih kering dibandingkan burung Ibis dan kuntul lho, Grameds. Bangau sering memakan ikan, tapi juga bisa memakan katak, cacing, serangga, burung yang lebih kecil, bahkan mamalia kecil di sekitar pantai atau lahan basah.

Bangau tidak punya organ suara syrinx, sehingga bangau tidak bersuara. Jika bangau mengadu paruh dengan bangau lain, itu merupakan cara mereka berkomunikasi untuk menggantikan suara panggilan.

2. Beruang

Beruang merupakan binatang buas dari jenis Ursus dengan bulu tebal, punya dua kaki yang besar dan bercakar, serta bermoncong panjang. Dalam Bahasa Inggris kuno disebut bera atau bear, yang berarti beruang.

Beruang termasuk hewan mamalia, yaitu melahirkan. Biasanya kehamilannya sekitar 6–9 bulan, termasuk implantasi. Beruang ini bisa hamil hingga 4 anak sekaligus lho, Grameds!

The Architecture of Love | Di balik Pena

Berbeda dengan panda raksasa yang bisa melahirkan anak kembar namun mereka hanya bisa menyusui satu anak saja, dan membiarkan yang lainnya mati.

Beruang punya Indra pendengaran dan penciuman yang bagus, ekor yang kecil, telinga yang bulat, berbulu lebat dan kasar. Beruang juga punya cakar yang kuat pada telapak tangannya, tapi tidak bisa ditarik masuk. Cakar-cakarnya itu digunakannya untuk menyobek mangsa, menangkap, dan menggali. Penglihatan beruang sama seperti penglihatan manusia.

3. Bebek 

pixabay.com/Alexas_Fotos

Grameds pasti tak asing lagi dengan yang namanya Bebek? Bebek atau sering disebut itik ini merupakan keluarga dari spesies burung dalam genus famili Anatidae.

Bebek merupakan burung akuatik yang memiliki berukuran lebih kecil dibanding spesies yang lain. Bebek liar bisa ditemukan di perairan tawar maupun laut ya, Grameds. Dalam spesiesnya, terkadang bebek disebut mirip dengan loon, coot, gallinule, dan grebe. Beberapa spesies bebek juga bisa melakukan kawin silang lho, Grameds. Tapi akan menghasilkan keturunan steril atau tak bisa punya keturunan.

Namun, kini beberapa spesies bebek telah dibudidayakan untuk diambil daging dan telurnya untuk dikonsumsi manusia. Bahkan telah banyak sekali restoran atau tempat makan yang menyediakan bebek sebagai menu andalannya. Apa Grameds juga suka daging atau telur bebek?

Untuk Grameds penggemar daging bebek, dan bingung mengolahnya, jangan khawatir! Yuk, intip resep berbagai hidangan olahan dari daging bebek di buku Bebek Mania ini

4. Badak 

Badak atau rhinocerotidae merupakan hewan dalam ordo perissodactyla, kini ada 5 jenis badak yang dihidup di Asia tenggara dan Afrika. Sementara, badak Jawa menyukai habitat seperti dataran rendah, rawa-rawa, dan hutan hujan. Ada juga yang berada di Taman Nasional Ujung Kulon, tepatnya Gunung Honje.

Nama badak atau rhinoceros diambil dari bahasa Yunani Kuno, dari asal kata rhino yang berarti hidung, dan ceros yang berarti tanduk. Kini, keberadaannya memang terancam punah, tapi masih tersisa sekitar 5 spesies badak di dunia. Badan putih dan badak hitam sebenarnya berwarna abu-abu Karena terancam punah, badak termasuk hewan yang dilindungi. Jadi, lestarikan badak agar tidak punah ya, Grameds!

5. Bekicot

Bekicot dengan nama latin achatina fulica merupakan siput darat yang termasuk dalam suku Achatinidae. Bekicot asalnya dari Afrika Timur, dan telah menyebar ke seluruh dunia. Jenis moluska ini memiliki spesies invasif terburuk di bumi.

Banyak negara yang melarang memelihara bekicot sebagai hewan kesayangan lho, Grameds, salah satunya yaitu Amerika serikat. Sebab, kebanyakan spesies bekicot dianggap sebagai hama atau membawa parasit.

Tapi, meskipun berpotensi membawa parasit, nyatanya ada beberapa spesies bekicot yang dikonsumsi oleh manusia lho, termasuk di Indonesia.

6. Bunglon 

Bunglon merupakan sebutan khusus untuk berbagai jenis kadal yang punya ciri khas bisa mengubah warna kulitnya. Umumnya, nama bunglon digunakan untuk menyebut nama kadal dari genus Iguania, termasuk chamaeleonidae, agamidae, dan Iguanidae.

Bunglon punya keistimewaan yang bisa mengubah-ubah warna kulitnya, bahkan sebagian spesies juga bisa mengkombinasi warna kulitnya, lho, Grameds! Umumnya, bunglon bisa memunculkan beberapa warna seperti hijau tua, kuning, hijau muda, orange, merah, abu-abu, merah muda, cokelat, biru, bahkan ungu.

Beberapa spesies lainnya bahkan punya kombinasi dari warna-warna tersebut. Sehingga kadal menjadi hewan yang unik di dunia, dan termasuk kadal dengan warna kulit yang cantik di dunia.

7. Belut

Belut merupakan golongan ikan yang bentuknya mirip ular dan masuk dalam suku Synbranchidae. Kini, diketahui ada 20 jenis dari suku tersebut. Sebenarnya jenisnya sangat banyak, maka angka tersebut bisa saja berubah. Belut umumnya hidup di daerah tropis.

Belut sering disebut sidat, padahal mereka spesies yang berbeda. Belut tidak punya sirip seperti ikan pada umumnya, sementara sidat masih punya sirip yang jelas. Belut punya ciri khas tidak bersisik, tidak punya tulang rusuk dan kantung renang, tapi bisa bernafas di udara.

8. Biawak 

Biawak merupakan hewan sejenis kadal dengan ukuran sedang hingga besar. Hewan ini biasanya hidup di daerah dengan iklim panas dan tropis Asia, Afrika dan Australia. Jenis biawak terkenal dan terbesar di dunia adalah komodo atau Varanus komodoensis.

Komodo memiliki panjang tubuh hingga 3 meter lebih lho, Grameds. Biawak biasanya memburu hewan-hewan yang berukuran kecil dan sedang, seperti babi hutan, rusa, dan anak kerbau. Biawak biasanya selalu tinggal tak jauh dari perairan ya, Grameds. Mereka biasa tinggal di padang rumput, sekitar hilir sungai, dan hutan lembab. Sedangkan di perkotaan, biawak sering ditemukan di saluran air.

Biawak sangat pandai berenang dan memanjat. Pada musim kawin, biasanya biawak jantan akan berkelahi untuk menunjukkan kekuasaannya dan untuk memperebutkan biawak betina.

10. Banteng 

Banteng atau bos javanicus merupakan spesies ternak liar yang bisa dijumpai di Asia Tenggara. Banteng jauh lebih kuat dan berotot dibandingkan sapi. Hewan ini punya tulang tebal, leher yang besar dan berotot, kaki yang besar, dan tanduk di kepalanya.

Perkembangbiakanya banteng umur terjadi pada september dan oktober, dengan masa kehamilan 8 sampai 9 bulan. Banteng biasanya melahirkan 1 sampai 2 ekor anak. Baik banteng jantan maupun betina sama-sama memiliki tanduk di kepalanya.

Ilmuwan umumnya membagi banteng menjadi 3 jenis, yaitu banteng jawa, banteng kalimantan, dan banteng indocina. Banteng merupakan hewan yang aktif di siang maupun malam hari.

Banteng sendiri merupakan golongan hewan herbivora yaitu pemakan tumbuhan-tumbuhan, seperti rumput, daun, tunas, hingga buah-buahan dan bunga.

11. Buaya 

pixabay.com/miniformat65

Buaya merupakan reptil bertubuh besar yang biasa hidup di air. Dalam ilmu ilmiah, buaya adalah suku Crocodylidae, termasuk biaya sepit atau meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya sepit tomistoma schlegelii. Meski begitu, nama ini biasa digunakan untuk menyebut nama kerabat buaya yang lain seperti Alligator, gavial, dan kaiman.

Buaya biasanya tinggal di perairan tawar seperti danau, sungai, lahan basah, dan rawa, tapi ada juga yang hidup di air payau, misalnya buaya muara lho, Grameds. Makanan utama buaya yaitu hewan-hewan bertulang belakang seperti reptil, mamalia kecil, ikan, bahkan terkadang memangsa krustasea dan moluska, tergantung spesiesnya. Buaya dikenal hewan purba, dan hanya mengalami sedikit evolusi sejak zaman dinosaurus.

Grameds ingin tau anatomi seputar buaya dan hewan reptil lainnya? Pada buku Seri Anatomi Hewan : Buaya Dan Reptilia Lainnya ini kamu akan menemukan jawabannya dengan detail, Grameds!

13. Belalang 

Belalang merupakan serangga herbivora dari keluarga ordo orthoptera. Belalang memiliki antena di kepalanya, tapi ukurannya pendek, juga memiliki ovipositor yang pendek.

Belalang termasuk hewan herbivora yaitu hanya memakan tumbuhan-tumbuhan. Belalang bisa menghancurkan seluruh biji-bijian dan tanaman kapas, biji-bijian, dan lainnya. Daur hidup belalang akan melalui proses metamorfosis yang tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna yaitu proses berkembang biak dengan bertelur, lalu menetas, dan kemudian menjadi nimfa, lalu tumbuh dewasa atau menjadi imago.

14. Berang-berang

Berang-berang atau yang disebut Otter ini, merupakan mamalia karnivora dan masuk dalam subfamily Lutrinae. Kini ada sekitar 13 spesies berang-berang. Kesemuanya adalah hewan akuatik, semi akuatik, atau hewan laut. Berang-berang memakan invertebrata atau ikan.

Berang-berang juga punya kemampuan berenang luar biasa dan bisa menggunakan alat untuk mendapatkan makanan. Biasanya mereka mencari makan secara berkelompok, dan bekerjasama untuk menangkap ikan atau mangsa mereka. Uniknya lagi, mereka punya sistem terowongan yang unik yang berfungsi untuk melindungi diri incaran predator.

15. Bintang laut

Bintang laut adalah hewan laut yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama starfish. Hewan ini tidak ada hubungannya dengan ikan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang termasuk kelas asteroidea dan tergolong dalam filum echinodermata, dan berkembang biak secara ovovivipar.

Kini, diketahui masih ada 6 spesies bintang laut di dalam laut, yakni Linckia laevigata, L. multifora, Luidia alternate, Acanthaster planci, Neoferdifla ocellata, dan Culcita novaeguineae.

Tubuh bintang laut punya 5 lengan, dan masing-masing ujung lengan punya sensor. Bagian ujung tentakel ada bintik merah, permukaan tubuh bagian atas ada duri-duri tumpul. Uniknya lagi, bintang laut memiliki anus yang terletak di atas, sementara mulutnya ada di bagian bawah.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang kehidupan bintang laut ini, tapi bingung mencari bukunya? Tenang, kamu tak perlu bingung lagi karena melalui buku Seri Hewan Laut: Bintang Laut Si Tukang Bersih-Bersih Laut, kamu akan tahu banyak hal tentang hewan laut.

16. Biri-biri

Biri-biri atau domba merupakan ruminansia berkaki empat, punya empat kaki, dan bulu yang sangat tebal yang telah banyak dikenal oleh masyarakat. Biri-biri merupakan jenis hewan pertama yang banyak dijinakkan dan digunakan untuk keperluan agrikultural.

Tapi, kini biri-biri telah banyak diternakkan tak hanya untuk diambil dagingnya, tapi juga untuk dimanfaatkan rambut dan susunya. Di Indonesia sendiri, domba telah dijadikan sebagai penghasil daging domba, kulit, susu, hingga pupuk.

Biri-biri telah menjadi salah satu komoditas ternak yang telah banyak diternakkan dan dikembangkan untuk diambil manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani.

17. Belibis

Nama hewan huruf B selanjutnya ada Belibis. Belibis atau dengan nama latin dendrocygna merupakan kelompok unggas dengan paruh datar yang bisa mengeluarkan suara mirip siulan. Belibis termasuk itik liar dari keluarga anatidae, yang biasa hidup di semak-semak pohon, rawa-rawa, dan di perairan tawar.

Karena keunikannya ini, dalam bahasa Inggris belibis dikenal dengan whistling duck. Termasuk anggota suku anatidae, belibis punya kedekatan genetik dengan itik lho, makanya tak heran sekilas keduanya hampir mirip, tapi sebenarnya sedikit berbeda.

Daging burung belibis dikenal salah satu burung yang punya sumber protein hewani tinggi. Maka tak heran, kini daging burung belibis banyak dikonsumsi karena dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa Grameds suka makan daging burung belibis?

Daftar Nama Hewan dari B Dalam Bahasa Inggris

Hewan adalah makhluk hidup yang kesehariannya dekat dengan manusia. Bahkan kehidupannya ada yang sehari-hari bersama manusia, seperti halnya hewan ternak. Ada juga yang memang ditampung dalam suatu tempat untuk keperluan masing-masing.

Tapi, apa Grameds hafal seluruh hewan yang ada di dunia? Pasti jawabannya tidak, karena memang sangat banyak, dan banyak spesies hewan di dunia ini yang bahkan mungkin kita belum pernah melihat atau mendengarnya.

Grameds mungkin terbiasa menghafal nama-nama binatang dalam Bahasa Indonesia. Namun, masih sedikit yang mengetahui nama hewan dalam bahasa Inggris. Kira-kira apa saja ya nama-nama hewan dengan huruf B dalam bahasa Inggris? Yuk, mari kita cek!

  • Butterfly : Kupu-kupu
  • Baboon : Babon
  • Bat : Kelelawar
  • Beetle : Kumbang
  • Bison : Bison
  • Boar : Babi hutan
  • Badger : Luwak
  • Bull : Banteng
  • Beaver : Biwara
  • Buzzard : Rajawali
  • Bulldog : Anjing buldog
  • Bear : Beruang
  • Bird : Burung
  • Bobcat : Kucing hutan
  • Beagle : Anjing Pemburu
  • Beaver : Berang- Berang
  • Bee : Lebah
  • Beetle : Kumbang
  • Boa : Ular boa
  • Beruk : Beruk
  • Buffalo : Kerbau
  • Black Naped Oriole : Burung Kepodang

Mungkin masih ada banyak lagi hewan huruf B dalam bahasa Inggris, kamu bisa menambahkan sendiri ya, Grameds!

Kesimpulan 

Nah, itu dia nama-nama hewan dari huruf B dan penjelasan singkatnya. Di dunia ini, keberagaman satwa memang sangat banyak dan luar biasa. Setiap hewan punya keunikan tersendiri yang menakjubkan, baik hewan yang hidup di darat, air, maupun udara.

Demikian tadi beberapa nama hewan dari huruf B yang mungkin bisa diajarkan pada anak, untuk menambah pengetahuan tentang hewan. Agar wawasan pengetahuan tentang dunia hewan makin luas! Selamat belajar ya, Grameds!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku tentang hewan-hewan, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan : 

  • https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/big-kid/6-9-years-old/mutiara-oktaviana/hewan-dari-huruf-b-kenalkan-pada-anak
  • https://brainly.co.id/tugas/6451044
  • https://www.florafaunaatoz.com/2020/03/nama-nama-hewan-dari-huruf-b.html?m=1
  • https://namahewan-a-z.blogspot.com/2018/01/daftar-nama-hewan-yang-dimulai-dari.html?m=1
  • https://www.binatang.mewarnaigambar.web.id/2014/10/nama-binatang-dari-huruf-b.html?m=1

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.