in

Mengenal Hewan Terpintar di Dunia

Hewan terpintar di dunia  – Dalam kehidupan yang kita jalani ini ternyata makhluk hidup yang pintar atau memiliki kecerdasan yang tinggi bukan hanya ada pada manusia saja, melainkan juga ada pada hewan. Bahkan, kecerdasan hewan ini ada yang dianggap setara dengan kecerdasan manusia. Namun, di dunia ini terkadang belum mengetahui hewan apa saja yang memiliki kecerdasan cukup baik.

Nah, jika belum mengetahui hewan mengetahui hewan apa saja yang memiliki kecerdasan tinggi, maka kamu bisa simak artikel ini Grameds. Jadi, tunggu apalagi langsung saja kita bahas, Grameds.

 

Hewan Terpintar di Dunia

1. Gurita

Guritapixabay

Pada pembahasan kali ini, hewan yang memiliki kecerdasan tinggi yang pertama adalah gurita. Apakah kamu pernah melihat hewan ini? Jika sedikit kembali pesta bola dunia tahun 2010, pastinya tidak lupa dengan gurita Paul yang memprediksi tim yang memenangkan suatu pertandingan.

Gurita ini sendiri termasuk ke dalam hewan yang tidak mempunyai tulang belakang atau dikenal juga dengan hewan invertebrata. Oleh sebab itu, hewan yang hidup di laut ini dapat bergerak dengan lincah. Maka dari itu, gurita juga dikenal sebagai hewan yang cerdas dalam melarikan diri dari predator atau pemangsanya. Bahkan, ketika melarikan diri, ia bisa melakukannya tanpa meninggalkan jejak.

Pada umumnya, hewan gurita ini mempunyai cangkir hisap yang letaknya ada pada bagian bawah lengan dari gurita. Selain itu, lengan dari gurita ini bisa dibilang seperti mempunyai pikirannya sendiri. Hal ini bukan tanpa alasan karena neuron yang ada pada gurita ini lebih banyak dibandingkan dari isi kepalanya.

Oleh sebab itu, seekor gurita akan lebih fokus berjalan atau menjelajahi berbagai macam gua. Bahkan, lengannya ini sering juga digunakan untuk mencari makan, sehingga lengannya ini bisa bergerak cepat.

Selain memiliki kecepatan yang sangat baik, gurita itu sendiri juga mempunyai berbagai macam sentuhan yang sangat bagus juga. Berdasarkan World Animal Foundation, sentuhan yang dimiliki gurita ini bisa juga digunakan untuk menghisap mangsanya atau digunakan untuk mencari makan. Bahkan,

Meskipun semua tubuh gurita terlihat lembek atau tidak keras, tetapi pada bagian paruhnya yang cukup tajam. Bagian paruhnya ini juga menjadi satu dengan bagian lengan. Tidak hanya itu kulitnya pun ternyata juga keras, yang berfungsi untuk melindungi diri dari predator. Berdasarkan pengamatan National Geographic, gurita ini juga memiliki air liur berbisa.

2. Burung Kakak Tua 

Burung Kakak Tua pixabay

Bagi banyak orang sudah tidak asing lagi ketika mendengar burung kakatua. Burung yang satu ini juga dikenal dengan kemampuannya yang mampu meniru suara manusia. Oleh sebab itu, tak sedikit juga yang berusaha untuk berbicara satu atau dua kata agar burung kakatua mengikutinya.

Bahkan, suara dari burung kakatua ini bisa dibilang cukup nyaring. Tidak hanya itu, di kebun binatang terkadang burung kakatua memiliki acaranya tersendiri. Selain karena suaranya yang nyaring dan juga bisa menirukan suara manusia, ternyata burung kakatua memiliki kecerdasan yang berbeda dari jenis burung lainnya.

Habitat dari burung kakatua itu sendiri sebenarnya ada pada wilayah yang beriklim tropis dengan suhu yang relatif panas. Meskipun burung kakatua memiliki kecerdasan yang tak biasa, tetapi untuk memaksimalkan kecerdasannya dibutuhkan pelatihan khusus. Hal ini bisa dilakukan oleh profesional atau bisa juga oleh pemilik burung kakatua.

Salah satu jenis kakatua yang sering ditemukan adalah kakatua jambul kuning. Biasanya kakatua jenis ini hidup secara berkelompok dalam jumlah yang kecil. Oleh sebab itu, ketika terbang akan terlihat dengan jelas.

Namun, burung kakaktua ini mengalami penurunan secara drastis. Hal ini karena burung kakatua ini terlalu banyak diburu oleh orang terutama dalam 10 sampai 15 tahun terakhir. Penangkapan ini biasanya dijual kembali dalam perdagangan burung.

3. Tupai

pixabay

Hewan terpintar di dunia selanjutnya adalah tupai. Dalam bahasa Inggris, tupai adalah treeshrew. Hewan yang satu ini tergolong jenis hewan mamalia kecil atau bahkan jika dilihat secara sekilas mirip dengan bajing. Namun, sebenarnya secara ilmiah tupai itu sendiri berbeda dengan keluarga bajing.

Hewan yang berukuran kecil ini biasanya memangsa serangga, sehingga termasuk ke dalam jenis hewan insektivora. Selain serangga, tupai juga mengonsumsi kacang kenari. Bahkan beberapa studi mengungkapkan bahwa tupai abu-abu bisa mengingat ribuan kacang kenari yang telah dikubur walaupun sudah dikubur selama berbulan-bulan.

Tidak hanya itu, hewan ini juga memiliki keunikan yaitu pandai sekali untuk mengecoh terutama terhadap predatornya. Tupai akan mengetahui kalau dirinya sedang diikuti ketika sedang mengubur makanannya. Oleh sebab itu, mereka tidak jadi menguburkan makanannya, tetapi memindahkannya makanan tersebut ketiak atau ke dalam mulutnya

Lalu, ketika sudah dirasa aman dan tidak ada yang mengintipnya, maka tupai akan memindahkan makanannya ke tempat lain. Tupai itu sendiri memiliki rasio otak yang relatif besar. Bahkan, rasio otaknya berbanding terbalik dengan tubuh tupai. Bahkan, dalam beberapa penelitian, kecerdasan pada tupai pernah disandingkan dengan monyet atau kera.

4. Gajah 

pixabay

Hewan terpintar di dunia selanjutnya adalah gajah. Siapa yang tidak mengenal hewan dengan badan besar ini. Bahkan, berat badannya bisa mencapai 7 ton atau 7.000 kilogram. Oleh sebab itu, saat ini gajah termasuk hewan terbesar yang ada di dunia saat ini. Selain itu, gajah juga dikenal dengan tingginya yang bisa mencapai 4 meter, tinggi sekali bukan?

Bukan hanya dikenal karena berat badannya saja yang besar, tetapi gajah juga dikenal dengan kecerdasan atau kepintarannya. Hal ini bukan tanpa alasan karena gajah dapat mengenali dirinya di cermin, sehingga membedakannya dengan hewan-hewan pada umumnya yang kebingungan ketika melihat dirinya di cermin.

Misalnya, ada banyak sekali hewan lain, seperti kucing dan anjing yang akan bereaksi ketika melihat dirinya di cermin. Adapun reaksi yang ditunjukkan seperti hewan yang ada di cermin adalah hewan lain. Tidak hanya itu, gajak itu sendiri juga memiliki sifat penyayang dan juga mampu bekerja sama dengan baik terutama dalam memecahkan masalah.

Bukan hanya mampu mengenali dirinya di cermin, tetapi gajah juga bisa menggunakan beberapa benda yang ada dihadapannya. Namun, untuk hal yang satu ini gajah tak sepintar dengan simpanse.

Dikarenakan kemampuan dan kecerdasan yang dimilikinya, maka gajah yang ada di kebun binatang biasanya akan beratraksi menggambar. Hal ini tentunya tetap diberikan arahan oleh pawang gajah itu sendiri. Selain mampu menggunakan benda-benda, gajah juga diyakini memiliki kemampuan dalam mengingat suatu hal terutama suatu jalan atau rute.

Ketika di habitat aslinya, gajah mampu mengingat jalan balik dengan mengikuti jejak kaki. Oleh sebab itu, ketika pergi jauh, gajah tidak pernah kesasar karena selalu mengingat perjalanan mereka.

5. Lumba-Lumba

pixabay

Hewan yang memiliki kecerdasan yang tinggi berikutnya adalah lumba-lumba. Otak dari lumba-lumba cukup besar, sehingga kemampuan dalam mengamati sekitarnya akan semakin cepat. Dalam penelitian yang dilakukan Institute for Marine Mammal Studies di Mississippi, AS, mengungkapkan bahwa lumba-lumba dengan nama Kelly diberi pelatihan untuk memungut sampah di dalam kolamnya dan akan ditukar dengan seekor ikan.

Namun, apakah kamu yang terjadi? Ternyata lumba-lumba lebih memilih untuk merobek-robek sampah agar sampah yang dihasilkan semakin banyak. Dengan begitu, lumba-lumba pun akan mendapatkan tambahan ikan lebih banyak.

6. Anjing 

pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan hewan anjing atau bahkan hewan ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini bukan tanpa alasan karena anjing memiliki kecerdasan yang cukup baik. Bahkan, ia mampu membantu manusia atau bahkan sangat pas untuk dijadikan sebagai teman bermain. Selain itu, kesetiaan yang dimiliki oleh anjing tak perlu diragukan lagi.

Selain dipelihara untuk dijadikan sebagai teman bermain, ternyata anjing ini juga dijadikan sebagai anjing pemburu atau pelacak oleh pihak kepolisian. Hal ini karena kecerdasan yang dimiliki oleh anjing. Namun, untuk bisa menjadi anjing pelacak atau pemburu, masih dibutuhkan pelatihan yang khusus.

7. Simpanse

pixabay

Simpanse merupakan salah satu hewan yang memiliki kecerdasan cukup tinggi dan tak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan kalau simpanse memiliki kemiripan dengan manusia. Sama dengan manusia yang di mana kepintarannya diperoleh dari ibunya, maka kepintaran anak simpanse juga berasal dari ibunya.

Meskipun memiliki kepintaran yang sama dengan manusia, tetapi faktanya simpanse ini bisa membunuh simpanse lainna. Terlebih lagi, ketika sedang ada dalam memperebutkan wilayah. Namun, di sisi lain, simpanse juga peduli dengan sesamanya. Simpanse akan membantu simpanse lainnya ketika kesulitan.

Hal ini karena simpanse merasa dengan membantu sesamanya, maka bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah. Simpanse ini sering ada di setiap kebun binatang, sehingga kamu akan lebih mudah untuk melihatnya.

8. Rakun

pixabay

Rakun mempunyai kecerdasan yang terbilang mengagumkan. Oleh sebab itu, hewan yang satu ini bisa dibilang sangatlah unik karena selain memiliki kecerdasan, tetapi rakun juga memiliki tubuh yang menggemaskan. Terlebih lagi, ukurannya yang tidak terlalu besar, sehingga tak sedikit orang yang memeliharanya.

Ternyata hewan ini bukan hanya menggemaskan dan memiliki kecerdasan saja, tetapi  juga memiliki kemampuan untuk membentuk suatu hierarki yang baik. Bahkan, hubungan rakun yang satu dengan yang lainnya bisa membentuk suatu wilayah. Selain itu, rakun juga diyakini mampu berkomunikasi secara kompleks, sehingga bisa menciptakan hubungan yang baik antar sesama.

9. Monyet Rhesus

Kompas.com

Hewan terpintar di dunia selanjutnya adalah monyet rhesus. Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh monyet rhesus ini adalah mampu membuat strategi dengan baik. Bahkan, monyet yang satu ini mampu membuat strategi untuk menyerang kelompok monyet rhesus lainnya.

Selain itu, monyet ini juga memiliki rasa yang sensitif. Oleh sebab itu, ketika ada anggota kelompoknya yang sedang kesulitan, maka anggota lainnya akan membantunya.

10. Burung Dara

pixabay

Pada awalnya, habitat dari burung dara ini adalah di pesisir pantai. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, burung dara ini mulai mudah ditemukan di sekitar kita. Bahkan, tak sedikit orang yang memelihara burung dara ini, apakah kamu salah satunya? Burung dara ini termasuk ke dalam jenis burung merpati yang bisa ditemukan di beberapa wilayah, seperti pedesaan, hutan, perkotaan, hingga gurun.

Semakin banyak burung dara ini dan tersebar di banyak wilayah karena adanya lonjakan dari populasi burung dara. Terlebih lagi, sudah ada beberapa orang yang benar-benar membudidayakan burung yang satu ini. Sebagian orang ada yang menjual kembali burung dara yang sudah dibudidayakan, tetapi ada juga yang memeliharanya. Bahkan, ada juga mengikutsertakan burung dara peliharaannya ke dalam suatu perlombaan.

Meskipun memiliki populasi yang cukup banyak, tetapi hingga saat ini belum ada dampak negatif yang diberikan oleh burung dara ini. Selain itu, burung dara juga tidak merusak ekosistem dan juga tidak membahayakan manusia.

Dalam beberapa studi mengungkapkan bahwa burung dara bisa mempelajari beberapa operasi perhitungan. Perhitungan yang dilakukan pun merupakan perhitungan acak, seperti pengurangan atau penjumlahan.  Bahkan, burung dara ini dapat mengenali wajah manusia.

Selain itu, burung dara juga memiliki kemampuan dalam mengingat sebuah rute atau sebuah jalan. Oleh sebab itu, biasanya pemilik burung dara akan melepaskan burung dara jauh dari kandangnya, yang kemudian ditunggu di rumah. Namun, terkadang ada beberapa burung dara yang tidak kembali, karena bisa diambil oleh orang lain.

Rasanya belum lengkap kalau tak membahas tentang ukuran dari burung dara itu sendiri. Burung dara ini memiliki ukuran yang terbilang bervariasi. Biasanya ukuran dari burung dara atau burung aves ini tergantung dari jenisnya. Meski begitu, pada umumnya, panjang dari burung dara ini sekitar 15-75 cm. Untuk spesies terbesar dari burung dara yaitu burung dara Mahkota Papua.

Berat dari burung dara Mahkota Papua bisa mencapai 3 sampai 4 kg. Bahkan, beratnya ini hampir sama dengan berat ayam kalkun. Sementara itu, burung dara dengan ukuran yang kecil adalah burung dara dengan genus Colombina. Berat dari burung dara ini adalah 22 gram dan biasanya panjang tubuhnya sekitar 13 cm.

Itulah beberapa hewan terpintar di dunia. Dari semua hewan di atas apakah sudah ada yang pernah kamu lihat? Atau bahkan kamu pernah melihat di beberapa pertunjukkan?

Penutup

Pada dasarnya, masih ada banyak lagi hewan terpintar dunia. Setiap hewan yang memiliki kepintaran dibandingkan hewan lainnya ada yang sudah ada secara alami dan ada juga yang perlu diasah terlebih dahulu. Biasanya, hewan yang memiliki kepintaran di atas rata-rata kemampuannya akan diasah oleh pawang atau ahlinya.

Contoh hewan terpintar yang biasa digunakan oleh manusia terutama untuk mempermudah suatu pekerjaan adalah anjing yang di mana kemampuan mencium sangat dibutuhkan oleh kepolisian. Selain itu, hewan dengan kepintaran yang hampir sama dengan manusia adalah simpanse.

Demikian pembahasan tentang hewan terpintar di dunia. Semoga semua pembahasan di atas dapat menambah wawasan kamu.

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih mengenai hewan terpintar di dunia dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Jangan ragu untuk membeli buku di Gramedia karena bukunya dijamin ori.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy