in

[Ampuh] Cara Mudah Mengusir Tikus dari Rumah

Cara Mengusir Tikus dari Rumah – Apakah rumah atau kebunmu sering didatangi oleh tikus? Kira-kira apa penyebab tikus betah di sana? Keberadaan tikus di rumah tentunya membuat kita tidak nyaman. Tidak hanya kotor, hewan pengerat ini juga pembawa virus dan bakteri yang tentunya tidak baik untuk tempat tinggal.

Tikus ini memang cukup cerdik. Pasti kamu sudah beberapa kali memasang perangkap tikus di rumah namun tidak juga berhasil, mulai dari lem tikus, perangkap tikus atau alat-alat lainnya. Namun, tahukah kamu ada juga bahan-bahan alami yang tidak disukai tikus sehingga kamu bisa mengusirnya tanpa menggunakan racun atau perangkap lainnya. Simak uraian lengkap di bawah ini untuk mengetahui cara ampuh mengusir tikus.

Tanda-Tanda Ada Tikus di Rumah

Pernahkah kamu menemukan bekas gigitan di beberapa perabot rumah mu atau kotoran-kotoran kecil berwarna coklat kehitaman? Jika iya, maka tidak hanya satu atau dua tikus yang singgah di rumahmu.

Tikus adalah hewan yang aktif di malam hari, tak heran jika kamu jarang melihatnya. Namun kamu bisa mengetahui jika ada tikus di rumahmu dengan melihat tanda-tandanya. Berikut beberapa tanda yang bisa mengindikasikan jika banyak tikus di rumah.

1. Kotoran Tikus

Kotoran tikus berwarna coklat kehitaman dan bentuknya menyerupai beras, panjang agak meruncing. Biasanya kotoran tikus bisa ditemukan di lokasi-lokasi rumahmu tertentu, bisa di lemari baju, rak piring dan sebagainya. Hal ini karena tikus bisa menghasilkan sebanyak 40 kotoran dalam semalam.

2. Tanda gosokan

Tikus biasanya berukuran gemuk dan kotor, sehingga tikus akan meninggalkan noda-noda di permukaan perabot rumah mu. Tikus biasanya menggunakan rute yang sudah dibuat olehnya. Biasanya ia melewati papan pinggir atau dinding karena ia memiliki penglihatan yang kurang bagus. Karena tubuhnya yang gemuk dan kotor, ia meninggalkan noda hitam akibat gesekan badannya berulang-ulang kali.

3. Tanda Gigitan

Coba perhatikan kabel-kabel di rumah mu, apa ada bekas seperti digigit oleh sesuatu? Bisa jadi itu adalah gigitan tikus. Tikus hitam adalah pemanjat yang lincah, ia bisa ditemukan di atap-atap rumah atau loteng. Biasanya tikus hitam akan membuat suara suara yang mereka buat dari gigitan mereka.

4. Lubang tikus

Tikus terkenal sebagai hewan pengerat, ia bisa menggali tempat yang luas untuk berlindung, menyimpan makanannya dan juga bersarang di sana. Mereka akan membangun lubang atau liang tikus di samping benda yang berstruktur padat.

5. Sarang Tikus

Bagaimana kamu mengetahui jika tikus sudah bersarang di rumah? Coba perhatikan benda-benda yang lunak seperti kardus atau tumpukan kain. Tikus akan mencabik-cabik benda-benda lunak tersebut untuk membuat sarangnya. Tidak hanya bersarang di lubang tikus saja, tikus bisa juga ditemukan di atap rumah atau loteng.

6. Jejak Kaki

Tikus biasanya meninggalkan jejak-jejak kaki. Bekas kaki dan ekornya ini bisa kamu temukan di area rumah yang berdebu atau jarang digunakan dan dibersihkan. Untuk memastikan apakah itu memang jejak kaki tikus, coba taburkan tepung halus atau bedak di area-area yang kamu curigai pada malam hari. Kamu akan melihat hasilnya ketika esok pagi.

Di mana kamu bisa menemukan tikus di dalam rumah? Jika kamu memiliki loteng coba cek apakah ada kotoran tikus yang berbentuk seperti beras atau gigitan gigitan pada kardus dan kabel-kabel. Selain di loteng atau di area yang jarang digunakan, kamu bisa cek di dapur rumah mu. Lihat ke belakang perabotan dapur seperti kompor, tempat cuci piring atau rak piring. periksa di daerah yang ada pipa atau banyak kabel.

Selain memeriksa keberadaan tikus di rumah, sebaiknya kamu juga melihat keadaan di luar rumah untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda tikus di sana. Periksa lah sekitar rumahmu, dari atas sampai bawah. Jika kamu punya garasi di rumah, periksa di antara celah-celah sekitar kusen pintu, biasanya ada bekas gigitan di bawah pintu. Periksa area yang memiliki ventilasi terbuka sehingga bisa memberikan jalan masuk untuk tikus.

Selain itu, cek tempat sampah di rumahmu. Tempat sampah sangat menarik tikus karena ada banyak sisa-sisa makanan di sana. Kamu juga bisa memeriksa halaman rumahmu, cari lubang tikus di antara akar pohon atau semak-semak. terlebih jika ada banyak lahan kosong di halaman rumahmu.

Penyebab Banyak Tikus di Rumah

Tikus bisa menyebarkan lebih dari 35 penyakit seperti penyakit kuning, tifus atau penyakit lainnya. Air seni dan bulu-bulu mereka juga bisa memicu penyakit asma dan alergi. Selain tidak baik untuk kesehatan, tikus juga bisa meruak perabotan-perabotan rumah seperti kayu, kabel dan bahkan bisa menyebabkan konslet listrik. Apa saja yang bisa menarik tikus sehingga betah di rumahmu? Berikut adalah penyebab tikus tertarik untuk tinggal di rumahmu.



1. Banyak Makanan Sisa

Makanan adalah penyebab utama kenapa tikus bisa tertarik ke rumahmu. Tikus atau curut tentunya akan selalu mencari makanan ke rumah-rumah karena mereka tidak punya sumber makanan yang tetap untuk mereka. Tikus atau curut akan memakan apapun di rumah mu, mulai dari makanan hewan peliharaan, selai untuk roti, dan lain-lainnya. Meninggalkan sisa-sisa makanan di meja makan begitu saja juga menjadi salah satu penyebab mengapa tikus betah tinggal di rumahmu.

2. Sampah

Seperti makanan di meja atau makanan sisa, sampah yang tidak aman atau berserakan juga bisa menarik tikus. tempat sampah tentunya menjadi tempat yang paling disukai karena ada banyak makanan di sana. Hewan pengerat sangat menyukai sampah, terlebih lagi di kota-kota besar yang padat akan penduduk. Tentunya sampah yang dihasilkan akan lebih banyak.

3. Tumpukan barang

Tumpukan barang-barang tentunya sama pentingnya dengan makanan dan air untuk hewan pengerat. tumpukan barang bisa menjadi tempat berlindung mereka dari hewan-hewan yang lebih besar. Tempat berlindung yang sangat disukai oleh hewan pengerat adalah hangat, tertutup, aman dan juga dekat dengan sumber makanan dan air. Tumpukan barang yang ada di gudang, atau loteng rumah bisa menjadi sarang terbaik bagi mereka.

4. Banyak jalan masuk

Tikus atau curut yang ada di rumah biasanya disebabkan karena banyak jalan masuk ke rumah. Tikus atau curut bisa menembus atau melalui lubang-lubang terkecil seperti pipa dan celah-celah lainnya. Lubang-lubang inilah yang bisa menyebabkan tikus mudah masuk ke rumah mu. Beberapa jalan masuk yang bisa diakses oleh tikus seperti area ventilasi, pintu-pintu atau dari atap.

5. Air

Anehnya, air menjadi salah satu faktor kenapa tikus sangat tertarik untuk tinggal di rumahmu. Seperti halnya makanan atau tumpukan barang untuk bersarang, tikus selalu mencari sumber air dan tanpa disadari, banyak rumah yang menyediakan sumber air bagi para tikus secara tidak sengaja. Misalnya, air dari pipa yang menetes, mangkuk air untuk hewan peliharaan, dan sumber-sumber air lainnya. Mereka juga sangat tertarik dengan air mancur.

Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

Jika kamu menemukan tanda-tanda adanya tikus di rumahmu, sebaiknya langsung basmi dan melakukan langkah-langkah untuk membasmi tikus sehingga mereka tidak lagi betah tinggal di rumahmu. Berikut adalah cara ampuh untuk mengusir tikus di rumah.

1. Tutup semua celah yang berpotensi untuk jalan masuk mereka

Tikus bisa masuk ke rumah melalui celah atau lubang terkecil sekalipun. Kamu bisa menutupi celah-celah tersebut dengan semen, kawat atau yang lainnya. Tikus juga bisa masuk ke dalam rumah lewat saluran-saluran lainnya. Jadi penting untuk memeriksa apakah ada celah yang berpotensi untuk jalan masuk tikus ke rumahmu.

2. Merapikan tumpukan barang dan menjaga area rumah tetap bersih

Usahakan untuk menghindari tumpukan barang yang banyak. Tidak hanya bisa menjadi sarang tikus, tumpukan barang tentunya akan membuat rumah tampak berantakan dan sumpek. Jika memang terpaksa menumpuk barang, usahakan untuk menaruhnya jangan terlalu menempel ke dinding. Sehingga kamu bisa melihat apakah ada yang bersembunyi di sana atau ada barang yang terkena gigitan tikus. Lebih sedikit tumpukan barang tentunya semakin sedikit tempat untuk bersembunyi para tikus. Selain itu pastikan sampah disimpan dan tertutup, dan bersihkan rumah secara teratur.

3. Hilangkan sumber makanan untuk para tikus

Bagaimana cara menghilangkan sumber makanan untuk tikus? Hal ini bisa kamu lakukan dengan menyimpan makanan kering dalam wadah yang tertutup rapat. Pastikan makanan yang tersisa tidak ditinggal begitu saja di meja makan. Kamu bisa memasukkan sisa makanan ke dalam kulkas atau rak yang bisa menyimpan makanan kering. Bersihkan sisa-sisa makanan di area meja makan sehingga tikus tidak akan tertarik untuk mengambil sisa-sisa makananmu.

4. Menggunakan racun tikus

Jika kamu sudah melakukan hal-hal di atas, kamu bisa menggunakan racun tikus untuk mengusir tikus supaya tidak betah lagi di rumahmu. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memakai racun tikus adalah, tempatkan umpan tikus dalam wadah yang kokoh. Selain itu cegah akses ke racun tikus untuk anak-anak atau hewan peliharaan.

Pastikan tanganmu atau anggota tubuh yang terpapar racun tikus langsung dibersihkan menggunakan sabun sampai bersih. Lebih baik, kamu memakai sarung tangan saat menggunakan racun tikus dan membuang bangkai tikus supaya tidak berpotensi terkena penyakit. Karena ada penyakit yang bisa dibawa oleh tikus seperti penyakit kuning, salmonella dan penyakit weil.

Racun tikus juga harus ditempatkan pada permukaan rata dan lokasi aman. Kamu bisa menempatkan racun tikus di bawah lemari, di belakang perabotan rumah, gudang, atau tempat-tempat yang berpotensi menjadi jalur lewatnya tikus dan sarang tikus. Jika kamu ingin menempatkan racun tikus di luar ruangan, pastikan ditempatkan di ubin atau sandarkan ke dinding-dingin rumah.

Perlu diingat untuk tidak meletakan racun tikus di area yang dekat dengan makanan manusia atau tempat makanan dan air untuk hewan peliharaan. Racun tikus bisa mengkontaminasi makanan atau air yang ada di sekitarnya. Jangan sampai hewan peliharaan memakan bangkai tikus yang sudah terkena racun tikus. Hal ini bisa menyebabkan keracunan. Alangkah baiknya untuk mengamankan hewan peliharaanmu sebelum menggunakan racun tikus.

5. Gunakan Perangkap Tikus

Kita pasti sudah familiar dengan perangkap tikus yang biasa muncul di film-film kartun atau film komedi. Perangkap tikus dinilai cara yang lebih aman dibandingkan dengan racun tikus, karena tidak berisiko tikus mati di tempat tersembunyi yang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Perangkap tikus jenisnya juga bermacam-macam, ada yang satuan (bisa menangkap 1 tikus), hingga yang bisa menangkap banyak tikus sekaligus.

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Tikus

Selain menggunakan racun tikus, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir tikus. Dengan menggunakan bahan-bahan alami tentunya bisa lebih aman jika terkena hewan peliharaan atau anak-anak. Berikut adalah beberapa bahan alami yang tidak disukai oleh tikus.

1. Minyak Peppermint

Berbeda dengan manusia, tikus tidak suka wangi dari minyak peppermint. Jika kamu punya minyak peppermint, kamu bisa menggunakannya untuk mengusir tikus di rumah. Teteskan beberapa di area rumah yang berpotensi menjadi sarang tikus dan juga jalur masuk tikus sehingga rumahmu bisa terbebas dari tikus.

2. Bubuk coklat dan gypsum

Bubuk coklat juga bisa menjadi bahan ampuh untuk mengusir tikus. Kamu hanya tinggal menaburkan campuran bubuk coklat dan gypsum ke jalur masuk tikus. Bubuk coklat sangat menarik hewan pengerat ini, mereka biasanya akan memakannya. Namun jika mereka memakan campuran bubuk coklat dan gypsum mereka bisa dehidrasi dan mati begitu saja.

3. Bubuk cabe

Bubuk cabe bisa menjadi bumbu yang menyedapkan makanan, namun tidak jarang bubuk cabe membuat manusia bersin-bersin kan?. Tidak hanya itu, bubuk cabe juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Kamu tinggal taburkan bubuk cabe di tempat-tempat yang berpotensi dilewati tikus atau tempat bersarangnya.

4. Bawang bombay atau bawang putih

Selain bubuk cabe, kamu bisa menggunakan bawang bombay atau bawang putih untuk mengusir tikus. Letakan bawang di sekitar lubang atau celah-celah kecil tempat mereka masuk. Aroma yang dihasilkan dari bawang sangat menyengat dan tidak disukai oleh tikus. Kamu juga bisa mencincang bawang putih dengan air dan menebarkannya di area rumahmu.



5. Cengkeh

Kamu punya banyak cengkeh di rumah? Gunakan bahan alami ini untuk mengusir tikus. Caranya mudah, bungkus cengkeh dengan kain yang tipis dan letakkan di tempat tikus bersarang atau celah-celah rumah. Bau yang dihasilkan dari cengkeh sangat ampuh untuk mengusir tikus.

6. Bubuk kentang

Menggunakan bubuk kentang instan juga sangat ampuh untuk mengusir tikus di rumah. Kamu tinggal menaburkan bubuk kentang ini di area rumahmu atau jalur-jalur yang biasa dilewati oleh tikus. Ketika bubuk kentang ini masuk ke tubuh tikus, serpihan kentang itu akan membengkak di usus mereka dan langsung membunuh mereka.

7. Kulit Durian

Kamu habis makan durian? jangan langsung dibuang jika di rumahmu ada tikus. Kulit durian mungkin mengeluarkan harum yang disukai manusia namun tidak untuk hewan pengerat satu ini. Kulit durian tidak hanya menjadi limbah namun bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Letakkan kulit durian yang tersisa di area yang sering dilewati tikus.

8. Daun salam

Kamu punya banyak daun salam di rumah? manfaatkan bahan alami yang satu ini untuk mengusir tikus di rumah. Caranya mudah, kamu tinggal menyebarkan daun salam ke jalur yang biasa dilewati tikus atau celah-celah kecil di area rumah. Ketika tikus memakan daun salam ini, tikus bisa mati seketika.

9. Kantung Teh Bekas

Kalau kamu suka minum teh setiap hari jangan langsung dibuang. Kantung teh bekas juga menjadi barang yang ampuh untuk mengusir tikus. Kamu tidak bisa menggunakan kantung teh yang kering untuk mengusir tikus. Kantung teh mengandung wangi peppermint sehingga bisa membuat tikus tidak menyukainya.

10. Bubuk Kopi

Selain menjadi penyemangat di pagi hari, bubuk kopi bisa juga digunakan untuk mengusir tikus. Bubuk kopi bisa merusak indera penciuman tikus sehingga tikus akan menjauhi bubuk kopi yang berbau tajam bagi mereka. Kamu tinggal taburkan bubuk kopi di area yang biasa dilewati oleh tikus atau di area yang berpotensi menjadi sarang mereka. Pastikan kamu menggunakan bubuk kopi hitam, jangan gunakan bubuk kopi yang sudah tercampur dengan gula.

Itulah tips untuk mengusir tikus yang kerap bersemayam di rumah-rumah. Selain rajin menjaga kebersihan, kamu juga bisa mengusir dari bahan alami hingga racun tikus yang beredar di pasaran. Semoga tips ini bermanfaat ya, selamat mencoba!

Baca juga artikel terkait berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad