in

Ketahui Daftar Nama Hewan dari C 

Daftar nama hewan huruf C  – Pada kesempatan sebelumnya Gramedia.com telah membahas tentang daftar nama hewan yang dimulai dari huruf B, sekarang kita akan mengulas beberapa nama hewan yang dimulai dengan huruf C.

Ada banyak jenis hewan yang berawalan dengan huruf C di sekitar kita, baik dari jenis burung, mamalia, ikan, atau hewan lain, yang semuanya punya nama awal dengan huruf C. Apa saja yang mungkin sering Grameds temui?

Ya, ada banyak hewan berawalan dengan huruf C yang mungkin sudah sering kita jumpai dalam sehari-hari, misalnya saja cicak, cumi-cumi, capung, cupang, cacing, dan lain sebagainya. Bahkan di dunia ini pasti banyak nama hewan yang berawalan dengan huruf C, hanya saja kita belum mempelajari semuanya.

Pengetahuan tentang nama-nama hewan ini sangat baik untuk diketahui dan dipelajari, selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, menghafal dan mengenal nama hewan juga bisa mengasah motorik anak lho, Grameds.

Jadi, jangan lewatkan keseruan bersama si kecil untuk memperkenalkan dan mengajarkannya nama-nama hewan, mulailah dengan yang mudah, lalu kamu juga bisa mengajarkannya menggunakan bahasa Inggris lho, hal ini seperti menyelam sambil minum air!

Lantas, apa saja nama-nama hewan yang diawali dengan huruf C ini? Yuk, kita simak nama-nama hewan dari huruf C di bawah ini beserta penjelasannya!

Daftar Nama Hewan dari Huruf C

Sumber : pixabay.com/jeh6

Ada banyak sekali hewan di dunia ini. Semuanya punya nama masing-masing sesuai dengan kelompoknya supaya tidak tertukar dan membingungkan. Sama halnya dengan nama manusia, nama hewan juga ada yang menggunakan huruf A sampai Z.

Dari sekian banyaknya hewan ini, ada hewan yang namanya berawalan dari huruf C dan mungkin sudah tak asing lagi bagi kita karena sering dilihat langsung atau sering dibicarakan. Sebagian nama hewan dengan awalan huruf C juga ada yang masih asing atau jarang kita dengar.

Nah, kali ini Gramedia.com akan mengenalkan beberapa nama hewan yang diawali dengan huruf C dan penjelasannya singkat mengenai hewan tersebut. Apa saja? Yuk, kita simak bersama, diantaranya :

1. Cicak

Grameds pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya cicak. Sebab, cicak banyak dijumpai di langit-langit rumah, dinding rumah, atau tembok lainnya. Bahkan ada banyak cicak yang biasanya merayap di tiang atau batang pohon.

Cicak ini termasuk hewan dalam jenis reptil yang bisa berjalan dengan cara merayap di dinding. Alasan mengapa cicak bisa merayap di dinding dan tidak terjatuh sebab kaki cicak tertutup oleh ratusan bulu halus mikroskopis kecil atau yang disebut setae. 

The Architecture of Love | Di balik Pena

Tubuh cicak umumnya berwarna coklat atau putih keabu-abuan. Makanan umum cicak yang paling terkenal yaitu mereka memakan nyamuk, dan serangga kecil lainnya. Cara makannya pun sangat unik, yaitu dengan menjulurkan lidahnya yang lengket dan panjang pada mangsa yang akan disantap.

Selain itu, cicak juga punya keunikan yang tak bisa dilakukan hewan lain lho, yaitu kemampuan diri dalam memutuskan ekornya saat dalam bahaya atau sering disebut autotomi. Hal ini bertujuan untuk mengelabui dan agar terhindar dari musuh. Tapi uniknya, ekor yang telah putus itu bisa tumbuh kembali seperti semula.

2. Caracal 

Caracal atau hewan karakal merupakan genus keluarga kucing besar. Oleh karena itu, tak heran caracal sangat mirip dengan kucing. Hanya saja, caracal punya daun telinga yang besar dan sedikit runcing dengan bagian ujung telinga berwarna kehitaman. Sebagian bulu di telinganya juga berumbai.

Caracal punya keterampilan yang sangat luar biasa dalam berburu lho, Grameds. Hewan ini mampu mengejar dengan cepat apapun yang ia temukan, seperti burung, luwak, monyet kecil, hewan pengerat, atau hyrax untuk mereka santap.

Saat ini caracal bisa dipelihara. Taukah Grameds berapa harga caracal jika ingin membelinya? Caracal punya jarga jual yang cukup tinggi, yakni sekitar 100 hingga 200 juta rupiah. Wah, harga yang fantastis, bukan?

Selain itu, jika kamu ingin memelihara caracal, kamu harus sudah siap untuk memenuhi segala kebutuhan caracal yang nilainya pun cukup tinggi dan menguras kantong.

3. Cheetah

https://pixabay.com/id

Cheetah merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam famili kucing besar. Cheetah juga masih berkerabat dekat dengan harimau dan singa. Maka, tak heran jika cheetah ini sekilas terlihat mirip seperti macan tutul. Sehingga, banyak orang yang keliru dan sulit membedakan antara macan tutul dengan cheetah.

Akan tetapi, jika diperhatikan dengan seksama, cheetah punya bentuk tubuh yang lebih ramping dibanding macan tutul. Semua jenis cheetah bisa dijumpai di Afrika. Disana, kamu bisa melihat cheetah berkeliaran dengan bebas di hutan dan padang rumput.

Di sana hewan cheetah berburu mangsanya sendiri di hutan. Kehebatan cheetah dalam berburu yakni kemampuan berlari yang sangat cepat. Sehingga, cheetah dengan mudah akan mendapatkan mangsa buruannya. Meski demikian, sayangnya sekitar tahun 2016 lalu, populasi hewan ini tercatat menurun dan terancam akan punah.

4. Cumi-cumi 

https://pixabay.com/id

Grameds juga pasti tak asing lagi dengan cumi-cumi, bukan? Hewan dengan ciri khas punya helaian tentakel di kepalanya ini bisa dikonsumsi manusia, ya, Grameds.

Cumi-cumi adalah hewan laut dari spesies hewan lunak atau moluska bertentakel, dan masuk dalam ordo cephalopoda euthoidea. Sementara dalam bahasa Yunani disebut “Cephalopoda” yang artinya “Kaki Kepala”. Nah, ini karena cumi-cumi punya banyak kaki yang melingkari kepalanya.

Cumi-cumi punya bentuk tubuh seperti tabung, dengan tekstur tubuh yang lunak dan kenyal. Cumi-cumi bisa dijumpai di seluruh perairan laut seluruh dunia, bahkan termasuk perairan Antartika.

Cumi-cumi punya kemiripan dengan gurita. Tapi, cumi-cumi punya tentakel yang jumlahnya lebih banyak dibanding gurita, yaitu 10 tentakel. Setiap tentakel punya penghisap di ujungnya. Tentakel itu berfungsi untuk menangkap mangsa.

Terkadang, cumi-cumi menggunakan tentakelnya untuk mencekik mangsanya yang lebih besar. Selain punya tentakel untuk mencari mangsa, cumi-cumi juga memiliki senjata andalan, yakni tinta hitam. Dimana tinta itu digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Cumi-cumi juga punya keunikan lain yang tidak dimiliki hewan lain, lho. Apa Grameds tau?

Cumi-cumi punya keunikan yang menakjubkan, yaitu memiliki tiga jantung!

Apa lagi ya keunikan cumi-cumi? Grameds bisa membaca buku seri hewan laut : cumi-cumi si penyemprot tinta. Dalam buku ini akan dibahas seputar kehidupan dan keunikan dari cumi-cumi.

Gramedia.com – Seri Hewan Laut 07 : Cumi-Cumi Si Penyemprot Tinta 

4. Cupang 

pexels.com/Tim Mossholder

Cupang merupakan salah satu jenis ikan. Cupang berasal dari genus betta, dan hidup di air tawar. Cupang sendiri termasuk jenis ikan hias, bukan ikan yang bisa dimakan. Oleh karena itu, cupang punya warna-warna yang begitu indah, cantik, dan enak dipandang.

Cupang punya keunikan di bagian ekor dan siripnya yang melebar. Sehingga, ukuran sirip dan ekornya terlihat lebih besar dibandingkan tubuh cupang itu sendiri, lho. Karena kecantikan hewan ini, nilai jual cupang pun cukup tinggi, dan menjadi salah satu jenis koleksi ikan hias yang cantik.

Selain keindahannya, cupang juga banyak diminati untuk dipelihara, sebab cupang punya ketahanan hidup yang tinggi, nilai jual tinggi, dan mudah dalam perawatan. Hanya saja, kamu perlu membersihkan tempat atau akuarium secara rutin agar tetap bersih.

Nah, jika Grameds ingin memelihara cupang, Grameds hanya perlu memberi cupang makanan pelet yang biasanya dibeli di toko perlengkapan ikan. Cupang kecil, hanya perlu diberi makan 2 kali dalam sehari. Sementara cupang dewasa hanya 1 kali sehari.

Grameds ingin budidaya ikan cupang tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, dalam buku Budi Daya, Bisnis, dan Kontes Cupang  ini, kamu akan belajar bagaimana merawat dan berbudidaya ikan cupang, bahkan berbisnis ikan cupang!

5. Cacing 

Cacing merupakan nama untuk hewan bilateral yang biasanya punya bentuk tubuh seperti tabung atau silindris yang panjang. Cacing tidak punya mata, dan tidak punya ekstremitas.

Vermes juga masih kelompok dari cacing. Yaitu masuk dalam filum platyhelminthes atau disebut cacing pipih, annelida atau disebut cacing gelang, dan nematoda atau disebut cacing gilik.

Jangan salah Grameds, meski terlihat menjijikan, cacing ternyata telah banyak digunakan sebagai obat, lho. Paling terkenal adalah untuk mengatasi penyakit tipes dan pernafasan. Maka tak heran, kini banyak obat-obatan yang terbuat dari ekstrak cacing, lho!

Atau mungkin Grameds ingin budidaya cacing? Apa saja potensi dan manfaatnya? Temukan jawabannya pada buku Potensi dan manfaat budidaya cacing tanah 

https://www.gramedia.com/products/potensi-dan-manfaat-budidaya-cacing-tanah

6. Cerpelai

pexels.com/Teterin Oleg

https://www.pexels.com/id-id/foto/batu-imut-bulu-ikan-8790665/

Apa Grameds pernah dengar nama hewan cerpelai? Sepertinya masih terdengar asing di telinga, ya. Cerpelai termasuk dalam golongan familia mustelidae. Cerpelai punya ukuran tubuh yang kecil, bertubuh ramping dan panjang, kepala lebar, leher panjang, kaki yang pendek, telinga bulat dan pendek. Sementara bulunya berwarna coklat gelap hingga kehitaman.

Bulu cerpelai sendiri terlihat padat, lebat, lembut dan mengkilap. Umumnya, bulu cerpelai akan diambil dan diolah untuk membuat aksesoris, pakaian, hingga bulu mata palsu.

Cerpelai termasuk hewan karnivora, ya. Mereka biasanya memangsa tikus, kelinci, katak, atau salamander. Cerpelai juga dikenal sebagai penyelam yang baik, jadi terkadang ia memangsa udang, kerang, dan ikan.

7. Cenderawasih

Cenderawasih merupakan keluarga paradisaeidae dari ordo passeriformes. Burung yang terkenal keindahannya bulunya ini ada di Indonesia, tepatnya di Papua, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur.

Cendrawasih menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Hal ini termuat dalam PP No. 7 tahun 1999 dan UU No. 5 Tahun 1990. Sebab, burung cendrawasih termasuk hewan langka dan terancam punah.

Adapun hal yang menyebabkan cendrawasih mengalami kepunahan yakni karena perburuan liar, perkembangbiakan yang lambat, dan perusakan habitat aslinya. Cendrawasih termasuk hewan omnivora, yaitu pemakan segala. Ia bisa makan buah, biji-bijian, serangga kecil, siput, dan kadal kecil.

8. Capung

Capung adalah kelompok serangga yang termasuk bangsa Odonata. Capung punya tubuh yang mungil, dan empat sayap kecil di samping kanan kirinya. Siapa sangka, capung termasuk hewan predator ganas yang punya rahang tajam.

Sebab, capung bisa mencegat serangga kecil di udara, dan penyergapannya selalu tepat sasaran. Dalam berburu makanan, tingkat keberhasilannya mencapai 95% lho. Hebat bukan?

Selain itu, capung juga punya kemampuan yang sangat baik dalam mencabik-cabik mangsanya. Capung punya rahang yang tajam dan bisa menghabisi mangsanya di udara saat ia menghadangnya.

Untungnya, rahang miliknya tidak terlalu kuat jika digunakan untuk mencabik-cabik manusia. Namun, jika ia diganggu oleh manusia, kemungkinan ia akan memberi sengatan sebagai bentuk pertahanan diri.

Teori yang menjelaskan mengapa capung punya ketepatan dalam menyergap mangsa atau serangga lain yaitu karena mata capung majemuknya punya 30.000, alhasil membuat sudut pandang capung mencapai 360 derajat.

Jadi, capung mampu melihat serangga yang ada di depan, di samping, ataupun di belakangnya, ia bisa menangkapnya dengan baik. Selain itu, kemampuan unik capung lainnya yaitu, capung bisa terbang ke segala arah, bisa maju, mundur, atau menyamping.

Hal ini karena capung punya 2 pasang sayap dengan otot antara abdomen dan kepala yang bisa bergerak secara arah berlawanan. Capung juga bisa mengubah sudut sayap, sehingga bisa terbang ke segala arah.

Selain itu, keunggulan mata capung ini membuatnya lebih aman saat terbang ke segala arah. Capung mampu menghindari tabrakan dan bahaya dari berbagai arah. Terakhir, capung punya daya tahan tubuh yang unggul dalam terbang, misalnya jenis capung pantala flavescens bisa terbang dengan menempuh jarak hingga 11.000 mil lamanya saat bermigrasi.

9. Cakalang 

Cakalang merupakan jenis ikan dari famili scombridae (tuna). Jadi, ikan yang masih berkerabat dengan tuna ini hidupnya pun di laut. Cakalang juga ditangkap nelayan untuk kebutuhan jual beli dan konsumsi manusia.

Biasanya, persebaran cakalang cukup luas, dan ditangkap pada kedalaman 0 hingga 400 meter. Cakalang biasanya berada di zona pelagik atau zona pertengahan (tidak terlalu dekat dasar laut).

Masyarakat Indonesia sendiri biasanya membeli ikan cakalang ini untuk dijadikan olahan makanan yang lezat, misalnya cakalang asap, cakalang rica-rica, cakalang suwir, cakalang sambal dabu-dabu, dan masih banyak lagi.

Sebagai ikan yang bisa dimakan, tentunya cakalang mengandung gizi dan nutrisi yang sehat untuk kesehatan tubuh.

10. Camar

Camar merupakan jenis burung dari famili Laridae. Camar masih berkerabat dekat dengan burung dara laut. Burung camar hidup di tempat-tempat yang tinggi dan memiliki suhu hangat atau di sekitar pantai. Selain makan ikan, camar juga memakan hewan invertebrata, makanan sisa milik manusia, kelinci kecil, sayuran, tikus.

12. Cucakrowo

Cucak Rowo merupakan jenis burung pekicau dari suku pycnonotidae. Burung cucakrowo juga punya nama lain dalam bahasa-bahasa daerah tertentu, misalnya krakau, cangkurawah, barau-barau, dan cucakrawa. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama straw-headed bulbul.

Hal tersebut mengacu pada warna bulu kepalanya yang berwarna kuning pucat. Cucakrowo bisa ditemukan di rawa-rawa sekitar sungai, di paya-paya, atau di tepi hutan. Cucakrowo sering berbunyi dengan suaranya yang khas dan bersembunyi di balik dedaunan.

Cucakrowo menyukai buah-buahan segar seperti pepaya, apel, tomat, pisang, buah pir dan beberapa buah lainnya. Jadi, apa Grameds tertarik ingin memelihara cucak rowo? Ingin tau rahasia penangkaran burung cucak rowo? Baca selengkapnya pada buku Rahasia Penangkaran Cucak Rowo –

Itu lah beberapa nama-nama hewan dari huruf C yang mungkin bisa menambah wawasan Grameds.

Daftar Nama Hewan dari C Dalam Bahasa Inggris 

pexels.com/Pixabay

Sebenarnya, jika diklasifikasikan, berbagai jenis hewan ini sangatlah banyak. Ada kategori hewan buas atau wild animal dan ada pula hewan jinak atau tame animal. Kedua kategori tersebut bisa dibagi lagi terkait jenis makanan, atau habitat hewan tersebut.

Ada hewan karnivora atau pemakan daging, hewan omnivora atau pemakan segala, dan hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Nah, selain itu setiap nama hewan juga ada namanya dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tentunya nama hewan tersebut akan berubah kata, tapi perbedaan bahasa ini juga berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk mengenal nama-nama hewan dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Lalu, apa saja nama-nama hewan dalam bahasa Inggris yang diawali dengan huruf C? Berikut beberapa diantaranya :

  • Camel : Unta
  • Cassowary : Kasuari
  • Catfish : Ikan Lele
  • Clam : Kerang
  • Crab : Kepiting
  • Centipede : Kaki Seribu
  • Cheetah : Citah (seperti macan tutul)
  • Chimpanzee : Simpanse
  • Cobra : Ular Kobra
  • Cockatoo : Burung Kakatua
  • Canary : Burung Kenari
  • Cat : Kucing
  • Chameleon : Bunglon
  • Clownfish : Ikan Badut
  • Crickets : Jangkrik
  • Cockle : Tiram (Bisa dimakan)
  • Caterpillar : Ulat Bulu
  • Chicken : Ayam
  • Chipmunk : Tupai Tanah
  • Coyote : Anjing Hutan
  • Crocodile : Buaya
  • Crab : Kepiting
  • Conch : Keong
  • Cock : Ayam Jantan
  • Cow : Sapi
  • Crane : Bangau
  • Calf : Anak sapi
  • Cuscus : Kuskus
  • Crow : Gagak
  • Capybara : Kapibara
  • Centipede : Kelabang
  • Clam : Kerang
  • Cob : Tongkol
  • Cockroach : Kecoa
  • Cock : Ayam Jantan

Nah, itulah beberapa nama-nama hewan dari huruf C dalam bahasa Inggris, yang mungkin ingin Grameds ketahui.

Kesimpulan 

Itulah penjelasan terkait nama-nama hewan yang berawalan dengan huruf C beserta penjelasannya. Ada banyak hewan yang perlu diketahui, jadi Grameds harus terus mempelajari dan mengenal banyak nama hewan, mulai dari huruf A sampai Z.

Ada banyak hewan di sekitar kita, ada hewan yang digunakan sebagai kendaraan, hiasan, koleksi,  hingga ada yang umum dikonsumsi manusia. Semua hewan tersebut bisa memberikan manfaat untuk kehidupan kita sesuai fungsi masing-masing. Semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu tentang dunia hewan, ya, Grameds!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku tentang hewan-hewan, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan : 

  • https://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/sitinuraeni/berita/619da5591933c/231-nama-hewan-dalam-bahasa-inggris-dari-a-z
  • https://www.florafaunaatoz.com/2020/03/nama-nama-hewan-dari-huruf-c.html?m=1
  • https://brainly.co.id/tugas/43696287
  • https://www.binatang.mewarnaigambar.web.id/2014/10/nama-binatang-dari-huruf-c.html?m=1
  • https://namahewan-a-z.blogspot.com/2018/03/daftar-nama-hewan-dimulai-dari-huruf-c.html?m=1
  • https://a-z-animals.com/animals/animals-that-start-with-c/

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.