in

Mengenal Daftar Nama Hewan dari L

Daftar nama hewan dari L – Seperti yang kita tahu, ada banyak spesies hewan di dunia ini, mulai ada yang hidup di air, di darat, hingga di udara. Berbagai macam jenis spesies baik itu masih dalam satu famili ataupun lain famili semuanya dapat menjalin interaksi satu sama lain dan membentuk jaring-jaring makanan untuk melangsungkan kehidupannya.

Nama hewan dari huruf ‘L’ ini pun cukup banyak, kira-kira apa saja hewan yang berawalan dengan huruf ‘L’ ini? Apakah sobat Grameds ada yang sudah tahu?

Yuk kita belajar sama-sama untuk menambah wawasan kita mengenai nama-nama hewan disekitar kita. Berikut daftar nama-nama hewan yang berawalan dengan huruf’ ‘L’, Gramedia akan membantu merangkumnya untuk kamu.

Hewan Air

1. Lumba-Lumba

pixabay

Lumba-lumba merupakan jenis ikan dari golongan mamalia, hewan ini biasanya hidup di laut dan sungai. Lumba-lumba bernapas lewat lubang udara yang ada di atas kepalanya sehingga ia harus sesekali naik ke permukaan untuk menghirup udara untuk mendapatkan oksigen.

Lumba-lumba juga dikenal memiliki kecerdasannya yang tinggi, salah satunya adalah bisa berkomunikasi sesama lumba-lumba dengan sistem sonar.

Lumba-lumba juga banyak variasinya, seperti lumba-lumba moncong pendek, lumba-lumba belang, dan lumba-lumba hidung botol. Perkembangbiakan lumba-lumba ini adalah vivipar atau melahirkan.

2. Lobster 

pixabay

Lobster tergolong dalam kelompok Crustacea atau udang-udangan yang mempunyai kulit keras dan beruas-ruas. Ukuran tubuh lobster biasanya lebih besar dibanding dengan udang.

Hewan yang satu ini bisa dibilang sering kali dagingnya dimanfaatkan oleh manusia untuk diolah menjadi suatu hidangan yang nikmat. Ciri khusus Lobster ialah bercapit, lobster juga biasa disebut udang barong. Karena dapat dikonsumsi seperti udang, lobster juga tak kalah populer di dunia kuliner, banyak tersedia di tempat-tempat makan seperti resto dan hotel.

3. Lele (Ikan)

pixabay

Hewan air selanjutnya ada lele. Ikan lele mempunyai bentuk yang khas yakni agak pipih memanjang, kulit tubuhnya licin tak bersisik, dan memiliki kumis panjang di sekitar mulutnya. Lele biasanya dibudidayakan oleh manusia untuk konsumsi dan hewan ini hidup di air tawar.

Ikan lele juga bisa ditemukan di tempat yang berlumpur seperti rawa. Ikan lele dikenal bisa bertahan hidup di air yang kotor atau tercemar. Namun walaupun terkenal jorok, ikan ini banyak juga peminatnya, karena rasanya yang enak dan gurih. Bahkan, tempat-tempat makan pun banyak menyediakan menu masakan dari Ikan lele ini.

4. Lunjar Padi 

Lunjar Padi adalah nama jenis ikan. Ikan ini hidup di air tawar, dan banyak tersebar di perairan Indonesia. Ikan ini juga disebut dengan nama ikan wader. Ikan ini juga sering dikonsumsi oleh manusia.

Lunjar padi ini biasanya memakan hewan-hewan lain yang ukurannya lebih kecil seperti udang yang kecil, serangga, dan hewan kecil lainnya.

5. Louhan (Ikan)

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias terkenal di dunia karena masuk kategori ikan termahal di dunia. Ikan ini termasuk golongan ikan karnivora, sebab ikan ini memangsa hewan-hewan kecil lainnya, seperti jangkrik.  

Meskipun tergolong ikan hias yang mahal, tetapi peminat dari ikan ini pun tetap banyak. Sebab bentuknya yang begitu unik sebagai hiasan.

6. Layang (Ikan)

Berikutnya ada ikan layang yang hidup di laut. Ikan-ikan ini berukuran kecil hingga sedang, dan merupakan ikan yang dapat dikonsumsi dan dipasarkan dalam keadaan segar atau diolah sebagai ikan pindang, ikan asin, dan lain-lain.

Dalam suatu penelitian, ikan layang memiliki bentuk tubuh memanjang dan pipih dengan panjang tubuh berkisar 15-25 cm yang ditutupi oleh sisik lingkaran (cycloid) halus, dan terdapat noda hitam pada bagian belakang, ikan ini mirip seperti ikan kembung.

Hewan Darat

  • Landak Darat

pixabay

Selain landak laut, ada juga landak biasa atau landak yang hidup di darat. Landak biasa dikenal memiliki duri-duri yang tajam di sekujur tubuhnya sebagai ciri khasnya. Duri-duri landak ini akan berdiri jika dirinya merasa terancam. Untuk itu, kita juga perlu berhati-hati dengan duri landak ini.

Jika tiba saatnya musim kawin, landak betina akan berada di pohon pilihannya dan akan memberi sinyal bahwa dia siap untuk berkembang biak dengan mengeluarkan zat yang tidak berbau.

 

  • Lutung

Lutung adalah binatang primata, dan termasuk dalam kelompok monyet. Secara menyeluruh lutung menyebar di wilayah Asia Tenggara. Lutung memiliki badan langsing, ekor panjang, dan warna rambut atau bulu yang berlainan, lutung hidup dan tinggal di hutan hujan tropis yang setiap harinya menghabiskan waktunya untuk bergelayutan di pepohonan.

Hewan primata ini juga dikenal dengan nama langur. Lutung adalah binatang herbivora, yaitu pemakan daun-daunan sebagai makanan pokoknya.

Ada juga golongan lutung yang langka, yaitu lutung berkepala putih, yang tinggal di hutan alami di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok. Perburuan ilegal yang dilakukan manusia membuat lutung kepala putih ini hampir mengalami kepunahan.

 

  • Lemur

Lemur juga termasuk binatang primata seperti monyet yang hanya hidup di wilayah Madagaskar, Afrika. Namun, masih bisa dijumpai di hutan-hutan.

Lemur ini termasuk omnivora, yaitu pemakan segala. Terkadang lemur juga memakan serangga besar dan vertebrata kecil seperti bunglon, tetapi makanan utamanya adalah buah. Dan mereka aktif di siang hari.

 

  • Luwak

pixabay

Ketika mendengar hewan luwak ini bisa dibilang kalau ada juga yang menyebutnya dengan nama musang luwak. Hal ini bukan tanpa alasan karena luwak termasuk ke dalam jenis luwak. Luwak memiliki tubuh berukuran sedang dan berwarna abu-abu, panjang tubuhnya mencapai sekitar 90 cm.

Luwak ini lebih aktif di malam hari dan serta mampu memanjat dengan baik. Luwak ini memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Jenis Serangga

1. Lebah 

pixabay

Lebah sering kali disebut dengan tawon, tetapi lebah ukurannya lebih kecil dan ia adalah hewan penghasil madu. Lebah dapat ditemukan di mana saja, biasanya sarang lebah terletak di pohon-pohon yang tinggi.

Makanan lebah yang paling penting adalah nektar dan polen yang dihasilkan tanaman. Nektar adalah cairan manis yang terdapat di dalam bunga tanaman.

Madu yang dihasilkan lebah ini pun banyak manfaatnya bagi manusia. Baik untuk masakan, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya.

2. Laron

Berikutnya ada laron, yaitu jenis serangga yang termasuk bagian dari koloni rayap. Maka umumnya laron tinggal ditempat seperti kayu yang sudah kering.

Saat musim penghujan tiba, biasanya laron ini mulai banyak muncul secara bergerombol. Laron juga menyukai cahaya lampu, biasanya mereka beterbangan di sekitar lampu.

3. Laba-Laba

pixabay

Nama Laba-laba sering kita dengar sebab hewan ini banyak dijumpai di mana saja, terutama di kebun-kebun, hewan ini dikenal bisa membuat jaring-jaring, mereka membuat jaring-jaring di pepohonan atau tempat yang tinggi.

Ciri umum laba-laba adalah memiliki empat pasang mata, delapan kaki, tidak bersayap dan tidak memiliki mulut pengunyah. Dan hewan ini tidak terlalu berbahaya.

4. Lalat

pixabay

Siapa yang tidak kenal hewan satu ini, lalat adalah jenis serangga, bahkan disekitar rumah kita pasti ada saja lalat. Namun, kita bisa membasminya dengan produk pembasmi lalat atau serangga.

Lalat ini dikenal hewan yang super jorok, karena menyukai tempat-tempat kumuh dan bau busuk seperti sampah.

Nah, walaupun lalat dikenal hewan jorok, namun ada manfaat dari lalat ini, yaitu sebagai pengurai sampah dan bangkai hewan yang telah mati.

5. Lipan 

Lipan, atau lebih sering dikenal dengan nama kelabang ini adalah kelas dari arthropoda, yaitu anggota hewan tak bertulang belakang. Hewan ini memiliki ukuran sedang dan memiliki banyak kaki.

Ciri khususnya biasanya bertubuh pipih, bersegmen seperti cacing, berkaki banyak, bersendi, bagian depannya beracun untuk membunuh mangsanya.

Kelabang atau lipan dapat ditemukan di berbagai habitat, tetapi hewan ini lebih menyukai tempat yang gelap dan lembab, seperti saluran air kamar mandi, atau di bawah pot tanaman, serta di tempat atau area terlindungi, seperti di bawah batu, kayu busuk, serasah dedaunan, dan kulit kayu. Lipan juga sering kita jumpai di perkebunan maupun persawahan.

Kelabang sendiri merupakan hewan yang aktif di malam hari (nokturnal), dan mereka termasuk hewan predator.

 

Hewan dari Huruf L Lainnya

1. Labrador (Anjing)

Labrador adalah jenis hewan dari beberapa jenis anjing pemungut buruan. Umumnya labrador mempunyai warna bulu hitam, coklat, dan kuning. Dan tinggi rata-rata 55-65 cm. Labrador mempunyai sifat yang kalem, ramah, tangkas, baik, trusing dan lembut.

Labrador menjadi salah satu ras anjing terpopuler di dunia karena sifatnya yang enerjik, pandai, dan bersahabat, sehingga cocok dijadikan anjing pekerja. Labrador terkenal pintar dan cepat belajar, serta senang dipuji dan diperhatikan.

2. Lintah

Lintah adalah hewan yang memiliki tubuh lunak, dan termasuk dalam keluarga cacing beruas, memiliki bentuk tubuh yang pipih, serta mempunyai alat penghisap darah di ujung kepala dan ujung ekor. Lintah hewan penghisap darah, baik itu darah manusia ataupun darah binatang lain.

Meskipun lintah disebut sebagai binatang parasit, tetapi sekarang manusia banyak memanfaatkannya untuk kegiatan terapi dan pengobatan, seperti untuk mengeluarkan darah kotor pada manusia.

Lintah biasanya hidup di daerah yang becek, kumuh, atau daerah yang berawa, maupun persawahan  dan sering kali menjadi masalah untuk manusia dan binatang ternak seperti kerbau.

3. Lovebird (Burung)

pixabay

Sebagian masyarakat sudah tak awam lagi dengan jenis burung Lovebird ini, bahkan mereka para pecinta burung, menjadikan lovebird sebagai burung kesayangan. Bulu dari burung lovebird ini juga indah dan mempunyai warna yang mencolok. 

Karakteristik burung ini bersifat monogami atau setia pada pasangannya dalam jangka waktu yang lama. Burung ini juga mampu hidup hingga umur 10-15 tahun. Lovebird memakan sayuran hingga buah-buahan.

4. Layur

Layur adalah salah satu jenis ikan laut, biasanya ikan ini dijadikan sebagai ikan asin, tetapi bisa juga diolah dalam keadaan segar. Ikan layur mempunyai bentuk yang panjang dan pipih. Lalu, ukurannya pun ada yang kecil hingga sedang.

Ikan ini banyak kita jumpai di perairan pulau Jawa. Maka tak heran, masyarakat di Jawa banyak yang mengenal dan mengonsumsi ikan layur ini, karena dagingnya yang enak dan duri yang mudah dilepas. Ikan ini juga banyak dijadikan oleh-oleh khas pantai di Jawa.

5. Lipas

Lipas merupakan jenis serangga. Bentuknya mirip dengan kecoa. Dalam penelitian, lipas memang masih keturunan dari keluarga kecoa. Sehingga mempunyai bentuk yang hampir sama.

Lipas juga menyukai tempat-tempat yang kotor seperti kecoa, namun jumlahnya tidak sebanyak kecoa.

6. Lundu

Selanjutnya ada Lundu. Lundu merupakan jenis ikan air tawar. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Indonesia. Namun paling banyak ditemukan di perairan Sumatera Selatan. Bentuk ikan lundu mirip seperti ikan lele dan ikan patin, yaitu memiliki tubuh yang licin dan mempunyai kumis di sekitar mulutnya.

Ikan ini tergolong ikan omnivora, yaitu memakan krustasea, binatang-binatang yang ukurannya lebih kecil. Ikan ini juga dapat dikonsumsi, karena memiliki protein yang cukup tinggi untuk mencegah penyakit presbiopi, yaitu tidak dapat melihat benda yang jauh atau yang terlalu dekat.

7. Lais

Berikutnya ada lais. Lais juga merupakan jenis ikan air tawar, yang persebarannya banyak dijumpai di perairan Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

Sekilas ikan ini mirip dengan ikan lele, karena badannya terlihat licin. Ciri umum ikan ini adalah mempunyai tubuh yang panjang, serta pipih, namun tidak bersisik.

Makanan ikan lais ini biasanya seperti anak ikan dan udang kecil.

Menurut penelitian, banyak mengonsumsi ikan ini dapat mengatasi penyakit osteoporosis, sebab dalam ikan ini banyak mengandung protein dan fosfor yang tinggi.

Nah itulah rangkuman daftar nama hewan dari L beserta penjelasannya. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita dalam mengenal nama-nama hewan, baik hewan laut maupun hewan darat.

Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang hewan-hewan atau mencari buku tentang budidaya hewan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi, jangan ragu untuk membeli buku di gramedia.com, ya.

Penulis: Veronika Novi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy