in

Ketahui Daftar Nama Hewan dari A 

Daftar nama hewan huruf A  – Di sekitar kita, ada banyak hewan yang berawalan dengan huruf A. Seperti ayam, angsa, anjing, dan lain sebagainya. Hewan-hewan ini bisa dengan mudah kita temukan. Selain itu, ada juga hewan liar yang hidup di alam liar sana yang mungkin jarang Grameds temui, misalnya  ada antelop, anakonda, anoa, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, masih ada banyak lagi hewan yang berawalan dengan huruf A yang jarang diketahui orang lho, mungkin Grameds juga belum pernah dengar sebelumnya. Hewan-hewan ini punya keunikan masing-masing yang bisa membuat Grameds takjub. Apa saja nama-nama hewan unik dengan awalan huruf A ini? Apa fakta-fakta menarik dari hewan-hewan ini?

Agar tidak penasaran, yuk simak daftar hewan yang berawalan huruf A dibawah ini, yang telah Gramedia.com rangkum untuk kamu!

Daftar Nama Hewan dari A 

pixabay.com/manfredrichter

Saat ini, ada jutaan spesies hewan yang masih hidup di dunia ini. Nah, agar bisa mengenal nama-nama hewan dengan mudah, Grameds harus pakai metode menghafal nama-nama hewan tersebut. Misalnya saja dengan metode abjad.

Dengan mengenal hewan berdasarkan abjad, akan lebih mudah untuk kamu menghafalnya. Yuk, kita kenalan dulu dengan yang namanya hewan!

Hewan adalah satwa atau binatang yang sebagian atau seluruh dari siklus hidupnya yang berada di air, udara, atau darat, dan baik hewan yang dipelihara maupun yang ada di habitatnya.

Jadi, sekarang sudah paham apa itu definisi hewan? Yuk, kita simak daftar hewan yang berawalan huruf A dibawah ini beserta penjelasannya singkatnya!

1. Alpaka

Apakah Grameds tahu hewan unta? Ya, hewan besar dengan punuk di punggungnya dan yang hidup di gurun. Nah, sekarang mari kita berkenalan dengan binatang unik dari famili Camelidae, yang juga masih keluarga unta. Namanya adalah Alpaka (Lama pacos).

Alpaka merupakan hewan yang terkecil dalam keluarga unta tersebut. Tinggi Alpaka sekitar 90 sentimeter sampai ke bahu, sementara beratnya mencapai 65 kilogram.

Hewan endemik Amerika Selatan tersebut adalah hewan domestik yang diyakini berasal dari binatang liar guanaco (Lama guanicoe) dan vicugna. Alpaka juga sering disebut dengan nama llama atau Lama glama yang juga merupakan hewan domestik.

Namun, sebenarnya keduanya merupakan hewan yang berbeda. Hanya saja, penampilan keduanya memang terlihat sangat mirip, dan alpaka sendiri berukuran lebih kecil dibandingkan llama.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Alpaka dan llama merupakan sama-sama dijinakkan atau didomestikasi dari kehidupan alam liar ke lingkungan sehari-hari manusia, hal ini pertama kali dilakukan oleh penduduk sekitar Pegunungan Andes. Tapi, tujuannya berbeda. Ilama biasanya dimanfaatkan untuk membantu masyarakat mengangkut barang dagangan. Sementara alpaka, biasanya dipelihara untuk diambil bulunya.

2. Armadillo

Armadillo merupakan hewan mamalia yang terbilang unik, sebab ia punya perisai alami di tubuhnya. Armadillo terdiri dari kurang lebih 20 spesies dengan berbagai ukuran, mulai dari armadillo besar atau raksasa (Priodontes maximus) yang panjangnya bisa mencapai 1,8 meter, sampai armadilo peri merah muda atau Chlamyphorus truncatus dengan ukuran panjang hanya 15 cm.

Perisai armadillo terlihat seperti cangkang kura-kura. Cangkang itu terbuat dari plat bertulang atau disebut osteoderm yang tumbuh pada kulit mereka. Walaupun berfungsi untuk melindungi tubuhnya, hewan ini justru sangat jarang menggunakan perisainya untuk pertahanan diri. Hanya saja, mereka menggunakannya saat ada bahaya mengintainya.

3. Albatros

Albatros adalah jenis burung laut yang biasanya hidup di kawasan Antartika dan Samudra Pasifik. Burung albatros tergolong dalam famili Diomedeidae dan masih satu keluarga dengan burung petrel penyelam dan petrel badai dalam ordo Procellariiformes.

Spesies albatros salju atau diomedea exulans punya bentangan sayap terlebar dari semua spesiesnya lho. Lebar sayap bisa mencapai sekitar 3,7 meter, sementara panjang badannya bisa mencapai kira-kira 130cm dengan berat sekitar 12,7 kilogram.

Fakta unik lainnya, yaitu albatros bisa melayang di udara dalam rentang waktu yang sangat lama. Albatros bisa terbang sangat jauh hingga ratusan mil hanya dengan sesekali kepakan sayap.

Burung albatros juga merupakan salah satu dari jenis burung yang punya umur panjang, yaitu mencapai 70 tahun hidup di alam liar. Spesies burung albatros laysan bahkan di usianya yang mencapai 63 tahun masih bisa bertelur serta merawat anaknya.

Hidup mereka bisa membentuk simbiosis mutualisme yaitu hubungan saling menguntungkan bersama ikan mola-mola atau ikan matahari. Sebab, ikan albatros memakan binatang parasit yang biasa menempel di tubuh ikan mola-mola atau matahari, sehingga tubuhnya menjadi bersih.

4. Aardvark

Aardvark atau Orycteropus afer juga merupakan binatang mamalia yang sangat unik. Hewan ini punya moncong yang mirip dengan moncong babi, tapi keduanya sama sekali tak berhubungan atau bukan kerabat babi. Aardvark merupakan satu-satunya spesies yang tersisa dari ordo Tubulidentata, sedangkan seluruh kerabat dari aardvark telah  punah.

Aardvark merupakan hewan endemik dari Benua Afrika. Hewan ini merupakan pemakan serangga, terutama rayap. Moncong yang dimilikinya itu berfungsi untuk mendeteksi mangsanya. Hewan ini hidup dalam liang tanah, mereka menggalinya menggunakan cakar dan kakinya yang kuat. Itulah mengapa, hewan ini juga dinamakan babi tanah.

5. Abalon

Abalon atau haliotis adalah spesies jenis kerang-kerangan atau mollusca, mereka ini dari famili Haliotidae. Abalon mempunyai sekitar 100 hingga 130 spesies lho. Seperti halnya siput laut, abalon memiliki fungsi tubuh untuk membekukan darah.

Hewan laut satu ini sering dimanfaatkan dagingnya untuk olahan makanan yang istimewa dan juga sangat bergizi. Oleh sebab itu, mungkin Grameds pernah mendengarnya di suatu tempat, namun memang keberadaannya sangat jarang. Tapi, abalon ini hewan yang unik, lho. Apa Grameds tahu keunikannya?

Uniknya, abalon memang terlihat biasa saja dari luar, tapi bagian cangkang dalam abalon memiliki lapisan tebal dari mutiara yang berwarna-warni lho. Cangkangnya biasanya dijadikan untuk dekorasi rumah atau perhiasan karena bentuknya yang sangat mempesona.

Selain itu, cangkangnya juga diyakini 3.000 kali lebih kuat daripada satu mineral pembentuknya lho, yakni kristal kalsium karbonat.

Hewan laut satu ini juga termasuk hewan herbivora. Abalon memakan tumbuh-tumbuhan seperti alga hijau, coklat dan merah, mereka juga aktif mencari makanan di kegelapan.

Yuk, ajarkan anak mengenal nama-nama hewan yang ada di laut! Apa saja, ya? Apa kamu sudah tau semua? Jadikan buku dengan judul Mengenal hewan laut sebagai referensi

6. Aardwolf

Hewan berawalan huruf A yang lain ada Aardwolf atau Proteles cristata yang artinya serigala tanah, namun sebenarnya mereka bukan jenis dari serigala.

Aardwolf merupakan salah satu spesies dari hyena. Tapi hewan ini sangat unik, sebab berukuran sangat kecil dibanding serigala maupun heyna. Aardwolf hanya memiliki panjang sekitar 1,1 meter dengan berat sekitar 12 kg.

Aardwolf juga sangat unik daripada spesies hyena yang lain, sebab ternyata mereka tidak makan daging. Tapi mereka memakan serangga, khususnya rayap. Aardwolf mencari mangsanya dalam tanah, ia menggunakan penciuman yang tajam dan telinganya yang lebar.

7. Axolotl

Pernahkah Grameds mendengar nama hewan axolotl? Axolotl adalah hewan amfibi, yaitu hewan yang bisa hidup di air dan juga hidup di darat. Hewan ini sering disebut monster air atau Ambystoma mexicanum (salamander Meksiko). Axolotl ini kebanyakan berasal dari danau, yaitu Danau Xochimilco yang berada di bawah Ciudad de Mexico.

Axolotl punya kemampuan hidup yang menakjubkan, lho. Axolotl bisa meregenerasi anggota tubuhnya yang hilang, sehingga mereka tetap muda di sepanjang hidup mereka.

Sementara itu, salamander biasanya mengalami metamorfosis. Tapi, tidak dengan axolotl. Hewan ini mengalami fenomena neoteny, yaitu mereka tetap mempertahankan insang mudanya untuk tetap berada di air.

Axolotl muda punya insang berbulu yang tumbuh dari sirip punggung, kepala, ekor, dan kaki yang berselaput. Selain punya insang, axolotl dewasa juga punya paru-paru dan bisa bernapas melalui kulitnya.

Axolotl punya senyum kecil yang manis. Tapi, mulutnya bisa berubah secara tiba-tiba seperti penyedot debu saat menghisap mangsanya. Mereka biasanya memakan moluska, krustasea, ikan kecil, dan  telur serangga.

8. Arapaima

Apakah Grameds tau hewan Arapaima? Arapaima merupakan jenis ikan dari genus Arapaima yang masih ada sekitar 5 jenis spesies. Arapaima adalah jenis ikan air tawar terbesar yang ada di dunia, lho. Spesies Arapaima atau paiche, bahkan bisa tumbuh sampai sepanjang 3 meter dengan berat hingga 200 kilogram.

Uniknya, ikan arapaima ini bernafas dengan mengambil oksigen dari udara, sehingga tidak seperti ikan lainnya. Oleh sebab itu, Arapaima tidak bisa di dalam air atau menyelam terlalu lama. Dikutip dari National Geographic, hewan ini hanya bisa menyelam selama sekitar 20 menit, lalu akan kembali ke permukaan air untuk mengambil oksigen.

Arapaima yang punya bentuk tubuh besar ini, biasanya memakan ikan lain yang ukurannya lebih kecil, burung, hingga kadal. Tapi, ikan ini terkadang juga memakan biji-bijian dan buah, lho.

9. Aphid 

Hewan berawalan dengan huruf A satu ini memang unik. Namanya yaitu Aphid. Apa Grameds pernah dengar mendengarnya? Aphid adalah serangga dari genus superfamili Aphidoidea dan punya banyak sekali spesies. Jumlahnya ditaksir hingga 4.000 spesies.

Beberapa spesies aphid bisa membentuk simbiosis mutualisme dengan hewan lain, seperti semut. Semut bisa melindungi aphid dari predator, sedangkan aphid bisa memproduksi semacam cairan seperti madu sebagai makanan semut.

Aphid bukanlah hewan endemik yang hanya dapat dijumpai di satu daerah saja. Tapi, mereka tersebar di seluruh dunia, bahkan kerap kali dianggap sebagai hama tanaman. Dan uniknya lagi, aphid bisa mengeluarkan cairan itu saat semut menggosok-gosok antenanya ke tubuh Aphid.

10. Alligator

Alligator merupakan hewan yang tergolong dalam genus Alligator, tapi bisa juga merujuk pada ruang lingkup yang lebih luas, yakni famili Alligatoridae. Meskipun genus itu juga mencakup golongan kaiman dari famili Caimaninae. Hewan Alligator ini masih satu keluarga dengan hewan buaya.

Hewan dari Amerika ini sering dianggap buaya. Tapi sebenarnya, alligator punya mulut yang lebih lebar dibanding buaya. Bibir dan giginya pun lebih rapi daripada buaya. Alligator Amerika biasanya tinggal di sekitar lingkungan air tawar, seperti rawa-rawa, kolam, sungai, dan daratan basah.

Kebuasan Alligator, ia akan memakan apa saja selagi masih bisa ditampung di rahangnya, mulai dari hewan mamalia, reptil, ikan, burung, amfibi, siput, krustasea, serangga, bahkan biji-bijian dan buah-buahan.

11. Anoa

Anoa atau dikenal kerbau kenit merupakan mamalia terbesar dan hewan endemik yang hidup di Pulau Buton dan Sulawesi. Banyak orang menyebut anoa dengan nama kerbau kerdil. Anoa ini sebenarnya merupakan hewan fauna peralihan, dan termasuk mamalia famili bovidae yang tersebar di pulau Sulawesi.

Binatang ini kini dilindungi oleh undang-undang, sebab keberadaannya yang semakin langka. Anoa termasuk hewan herbivora ruminansia, yakni satwa liar memamah biak. Anoa memakan berbagai jenis tumbuhan, seperti daun, herba, semak, dan berbagai jenis rumput di hutan.

12. Anakonda

Anakonda merupakan salah satu ular besar yang umumnya hidup di daerah perairan tawar atau sungai di Amerika Selatan. Ular anakonda bisa tumbuh hingga mencapai 6 meter, tapi tergantung spesiesnya.

13. Arwana

Arwana adalah jenis ikan hias air tawar yang digadang gadang punya nilai jual yang tinggi, dan sempat sangat populer dikalangan pecinta ikan hias. Jenis ikan purba ini berasal dari kawasan Asia, dan kini telah tersebar ke berbagai negara.

14. Alap-alap

Binatang ini adalah jenis burung pemangsa yang punya sayap lebih sempit tapi runcing dibanding rajawali dan elang. Alap-alap sering memangsa tikus sawah bahkan sering dianggap teman oleh para petani.

15. Angsa

Angsa adalah termasuk burung air besar yang tidak bisa terbang tinggi seperti burung pada umumnya, angsa hanya bisa terbang rendah. Angsa punya tubuh yang lebih besar dari umumnya burung, serta kaki yang lebih panjang berselaput daripada bebek. Angka juga termasuk hewan yang dipelihara.

15. Ayam

Siapa yang tak kenal ayam? Si kecil pun sudah sangat akrab dengan yang namanya ayam. Ayam adalah hewan ternak jenis unggas yang dikembang biakkan untuk bahan konsumsi manusia. Ayam juga banyak jenisnya, ada yang dibudidayakan untuk konsumsi manusia, ada juga beberapa spesies dijadikan sebagai ayam hias.

Ingin mengenalkan si kecil bagaimana daur hidup ayam? Yuk, intip informasinya melalui buku Daur Hidup Ayam New 

Daftar Nama Hewan dari A Dalam Bahasa Inggris 

pixabay.com/klimkin

Bahasa Inggris merupakan bahasa wajib yang kini perlu dipelajari di era modern seperti sekarang ini. Sebab, bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Punya kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu gerbang untuk membuka cakrawala dunia.

Punya anak yang cerdas berbahasa Inggris adalah impian setiap orang tua. Untuk itu, jika Si Kecil ingin mahir berbahasa Inggris, kamu harus mengenalkan kosakata bahasa Inggris kepada Si Kecil sejak dini.

Mengajarkan bahasa asing pada Si Kecil sebenarnya tidaklah sulit, kamu bisa memulainya dengan mengenalkan pada Si Kecil kosa kata yang berhubungan dengan hal-hal yang menarik dan ada disekitar kita, misalnya saja hewan.

Nah, untuk memperkaya kosakata anak, berikut ada beberapa daftar nama hewan dari A dalam Bahasa Inggris yang disertai artinya, simak ya!

  • Aardvark : Babi Tanah
  • Alligator Gar : Ikan Aligator
  • Amethystine Phyton : Ular Sanca Patola
  • Aardwolf : Serigala Bumi
  • Anaconda : Ular Anakonda
  • Andean Mountain Cat : Kucing Andes
  • Angelfish : Ikan Bidadari
  • Anglerfish : Ikan Sungut Ganda
  • Anna’s Hummingbird : Kolibri Anna
  • Ant : Semut
  • Alpaca : Alpaka
  • Angelshark : Hiu Malaikat
  • Amur Leopard : Macan Tutul Amur
  • Anhinga : Burung Pecuk Ular
  • Antarctic Scale Worm : Cacing Antartika
  • Antelope : Antelop
  • Ape : Kera
  • Arowana : Ikan Arwana
  • Axolotl : Salamander Meksiko
  • Anchovies : Teri
  • Anteater : Pemakan Semut
  • Anemone : Anemon Laut
  • Atlas Moth : Kupu-Kupu Gajah
  • Aye-Aye : Lemur Madagaskar
  • Armored Catfish : Ikan Sapu-Sapu
  • Anteater : Trenggiling

Itu dia Grameds beberapa daftar nama hewan berawalan huruf A dalam Bahasa Inggris. Semoga daftar ini bisa membantu kita mengenal banyak fauna, khususnya untuk Si Kecil, ya!

Selain belajar nama hewan, Grameds juga perlu tau bagaimana cara hewan-hewan berkembang biak, kamu bisa membacanya dalam buku ini :

Gramedia.com – Berbagai cara hewan berkembang biak 

Kesimpulan 

Itulah penjelasan mengenai nama-nama hewan berawalan huruf A dan keunikannya. Di dunia ini, keanekaragaman satwa memang banyak dan luar biasa. Masing-masing hewan memiliki keunikan yang menakjubkan.

Agar anak lebih mudah mengenal dan menghafal nama-nama hewan, Grameds bisa memakai kartu bergambar hewan yang cocok untuk anak sebagai media pembelajaran. Selamat mencoba. Semoga informasi di atas bisa membantumu dan membantu si kecil memperluas wawasan tentang hewan, ya!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku tentang hewan-hewan, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan : 

  • https://m.kumparan.com/amp/berita-terkini/10-nama-hewan-dari-huruf-a-dan-penjelasan-singkatnya-1zwu9E4XFQw
  • https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/kumpulan-nama-hewan-dari-huruf-a-sampai-z-untuk-pengetahuan-si-kecil
  • https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/big-kid/6-9-years-old/dinda-mustikasari/hewan-dari-huruf-a
  • https://www.google.com/amp/s/www.haibunda.com/parenting/20230117192647-61-295193/300-nama-nama-hewan-lengkap-dalam-bahasa-inggris-dari-a-z-artinya/amp
  • https://www.binatang.mewarnaigambar.web.id/2014/10/nama-binatang-dari-huruf-a.html?m=1

Baca juga:

he



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.