in

Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Bahasa Indonesia

Cerita Dongeng Anak Bahasa Indonesia – Dongeng merupakan sebuah cerita yang sangat unik dan mengandung unsur – unsur yang menyenangkan. Dimana dongen ini bukanlah sebuah cerita yang nyata atau bisa di sebut dengan cerita fiktif. Nah apakah kalian merupakan orang tua yang sering membacakan dongeng terhadap si buah hati? Maka dari itu anda harus bisa mencari beberapa rekomendasi dongeng. Dimana pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang dongeng yang akan membantu.

Perlu orang tua ketahui bahwa mengenalkan dongen terhadap si buah harti sejak kecil ini akan membuat pribadi dari mereka tumbuh dengan sempurna. Karena terdapat beragam cerita serta dongeng yang di dalamnya mengandung pesan moral yang sangat beremanfaat. Apalagi dongeng yang di tulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar tuh maka si anak akan lebih memahaminya. Biasanya si buah hati ini sangat senang jika di ceritakan tentang dongeng yang penuh akan fantasi. Mereka pasti sering ingin mendengarkan dongeng sebelum tidur dari orang tua.

Sehingga dengan membacakan dongeng sebelum tidur ini akan membuat imajinasi dari si anak semakin berkembang yang akan berpengaruh pada pendidikannya. Terlebih lagi sudah banyak cerita dongeng anak Indonesia yang sangat ini sudah terpopuler. Sehingga dengan membacakan dongeng kita sebagai orang tua akan selalu dekat dengan si buah hati. Meskipn kesibukan seperti pekerjaan sedang melanda. Biasanya dongeng yang di ceritakan oleh orang tua ini sering di ambil dari dongeng lokal asli di Indonesia. Dongen anak Indonesia ini sendiri biasanya di kenal dengan legenda, mite, fabel.

Beberapa Rekomendasi Mengenai Cerita Dongeng Anak Bahasa Indonesia Yang Akan Membuat Si Buah Hati Senang

Ayo ke Dokter Ding Dong: Apa Itu Kuman?

Ayo ke Dokter Ding Dong: Apa Itu Kuman?

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Demam

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Demam

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Tumbuh

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Tumbuh

Ayo ke Dokter Ding Dong Aku Pilek

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Pilek

Telaga Warna

Pada pembahasan kali ini marilah sejenak mendengarkan kisah dongeng dari telaga warna yang sangat seru ini. Dimana pada zman dahulu di kala posisi dan kondisi rakyat hidup makmur pada sebuah kerajaan. Para rakyat ini sangatlah patuh terhadap raja yang memerintah di sini karena raja tersebut sangatlah bijaksana serta arif. Nah pada suatu hari seorang raja ini menginginkan seorang anak sehingga rakyat di kerajaan tersebut merasa kasihan. Keluarga kerajaan ini selalu berdoa bersama agar sesegera mungkin di berikana karunia seorang anak nantinya. Dan doanya pun terkabulkan.

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, selanjutnya permaisuri dari kerajaan tersebut mengandung yang kemudia melahirkan seorang putri. Mendengar kabar ini raja beserta rakyatnya pun sangat senang mendengar anaknya telah lahir. Berlalunya hari membawa putri dari kerajaan ini semakin tumbuh besar dan dewasa. Tetapi sangat di sayangkan sebab limpahan kasih sayang yang di berikan oleh raja dan permaisuri terhadap anaknya ini membuatnya menjadi seorang anak yang manja. Dimana apa pun yang anak mereka minta pasti harus bisa memenuhi keinginannya tersebut.

Bahkan tak segang – segang anak dari seorang raja ini sering menyakiti pelayan kerajaan serta kedua orang tuanya tersebut. Tetapi meskipun seorang putri kerajaan memiliki sifat yang tidak baik ini para rakyat ini tetap saja menyanyinga loh. Sampai – sampai para rakyat ini membuatkan sebuah kalung yang sangat indah dan unik. Mereka berfikir bahwa putri dan permaisuri kerajaan tersebut akan sangat menyukainya. Ternyata benar dugaan para raja mereka berdua pun sangat menyukainya. Permaisuri dari kerajaan ini sangat senang dan berkata ingin memakai kalung pemberian tersebut.

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, Rakyat begitu senang dengan ucapan dari permaisuri tersebut tetapi sangat berbanding terbalik dengan si anaknya. Dimana sang putri ini justru marah – marah serta membuang kalung pemberian rakyat tersebut. Sehingga membuangnya serta melempar hingga hancur berkeping – keping. Dan rakyat sangat sedih melihat ini sehingga permaisuri juga meneteskan air mata. Air mata dari permaisuri ini menjadi genangan sehingga menenggelamkan kerajaan sehingga terciptanya sebuah telaga. Hal ini di latar belakangi dengan anaknya sendirinya.

 

Cerita Dongeng Anak Si kancil dan Buaya

Pada sebuah kisah dimana tinggalah seekor buaya beserta kancil di wilayah yang sama. Sudah sangat lama si buaya ini mengincar kancil untuk di jadikan sebuah makanannya. Namun si kancil ini selalu menghindari kejaran dari seekor buaya dan selalu kabur. Dimana kancil ini sangatlah memiliki banyak akal sehingga si buaya sangat sulit untuk bisa menangkapnya. Meskipun selalu lolos dari tangkapan dan kejaran buaya ini tetapi si kancil selalu merasa khawatir juga. Dan si kancil memutuskan untuk berpindah rumah ke daerah lain yang sangat memiliki tempat jauh dengan buaya.

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, si kancil ini tinggal di bawah sebuah pohon besar yang berada di hilir sungai. Pada awalnya si buaya ini sangat kebingungan karena tidak pernah lagi melihat si kancil yang biasanya selalu bertemu dengannya. Maka si buaya ini mencarinya ke sana ke mari serta bertanya kepada hewan lain yang pernah melihat si kancil ini. Setelah bertemu burung maka mengatakan bahwa si kancil pindah ke dekat hilir sungai. Tentu saja si buaya sangat senang mendengar kabar bahwa dia mengetahuinya. Sesegara mungkin si buaya tersebut mencari keberadannya si kancil.

banner-promo-gramedia

Karena si buaya ini sudah tidak sabar untuk menyantap daging dari si kancil tersebut. Ia benar – benar sangat penasaran yang ingin dia rasakan selama ini dari dagingnya tersebut. Setelah si buaya berhasil menemukan keberadaan si kancil maka dia pun berpindah ke sana juga. Namun sangat di sayangkan si kancil ini tidak mengetahui hal tersebut. Selama berhari – hari si buaya mengawasi gerak – gerik si kancil agar bisa menyusun sebuah strategi untuk menyantapnya. Si buaya tahu bahwa si kancil sering pergi ke pulau kecil yang di tumbuhi dengan apel yang berdekatan tempatnya.

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, untuk sampai ke sebrang pulau tersebut biasanya si kancil ini melompati batuan besar. Seketika si buaya memiliki ide, yaitu dengan bersembunyi di balik batu yang berada d tengah sungai tersebut. Seketika kancil ingin pulang dari pulau tersebut maka dia menemukan sebuah batu yang tidak seperti biasanya. Dia pun berfikiran pasti ada buaya di balik batu tersebut. Dia menyapa si batu itu dan ternyata buayanya pun bersuara sehingga penyamarannya terbongkar. Buaya berkata bahwa dia ingin memakan si kancil dengan mengetahuinya.

Maka di kancil tidak kehilangan akal donng. Dimana kancil menyuruh si buaya untuk membuka mulutnya lebar – lebar. Si kancil mengetahui bahwa jika buaya membuka mulutnya lebar maka mata si buaya ini akan terpejam. Sehingga kancil sesegara mungkin untuk melompat ke atas kepala si buaya. Dan kemudian si kancil melompati batu – batuan itu secara lincah. Dan setelah tiba di tepi sungai tersebut lalu memanjat pohon besar tempat tinggalnnya itu. Lagi – lagi si kancil selamat dari terkaman si buaya berkat kecerdasan otaknya itu. Sementara si buaya hanya gigit jari karena tidak berhasil.

Baca Juga Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur (Dunia) Yang Recommended

BIP - Dongeng Pertamaku : Lobak Raksaka

BIP - Dongeng Pertamaku : Lobak Raksaka

Dongeng Animasi 3D Peniup Seruling dari Hamelin

Dongeng Animasi 3D: Peniup Seruling dari Hamelin

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Kumpulan Dongeng PAUD: Mengenal Keistimewaan Binatang

Kumpulan Dongeng PAUD Mengenal Keistimewaan Binatang

Si Pahit Lidah

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, Di sebuah kerajaan yang memiliki nama kerajaan Majapahit hiuplah seorang orang sakti yang bernama Serunting. Dimana tidak ada seorang pun yang berani untuk mengalahkan si orang sakti bernama Serunting ini. Akibatnya si orang sakti bernama Serunting ini menjadi seseorang yang sombong. Dimana si orang sakti memiliki adik ipar yang merupakan adik kandung dari istrinya tersebut dengan nama Arya Tebing dan mengalahkan. Tetapi si adik ipar tidak tahu kelemahan dari kakak ipar tersebut. Lalu ia menanyakan kepada istri dari Serunting ini dimana tak lain adalahnya kakanya.

Karena istri Serunting ini sangat menyayangi adiknya maka memberitahunya. Seketika pada suatu hari si adik ipar ini mengajak kakak iparnya untuk beradu kekuatan. Adik dari istrinya ini pun dengan sangat mudah mengalahkan kakanya yang sombong. Dengan terlukanya Serunting maka ia pun berlari ke gunung yang bernama gunung Siguntang untuk mengasingkan diri. Dengan meminta doa kepada Tuhan di gunung tersebut. Pada suatu hari ia keluar dari gunung Siguntang dengan berjalan – jalan di sebuah desa. Ketika melihat hamparan sawah lalu Serunting ini memiliki sebuah ide.

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, si Serunting bertanya kepada para petani tersebut “mengapa kalian menanam beberapa batu di sawa”?. Hingga para petani ini heran padahal yang di tanamnya bukanlah batu melainkan padi. Tiba – tiba dengan ajaib padi di sawah tersebut berubah menjadi batu. Hingga penduduk desa kerajaan Majapahit merasa takut lagi dengan kekuatan dari Serunting. Tidak ada seorang pun yang berani mengalahkan kekuatan dari Serunting ini lagi. Hingga para penduduk di sini menjuluki dia dengan nama Serunting Si Pahit Lidah. Semakin lama semakin kuat.

Dimana kesaktian si Serunting ini terdengar oleh seorang pendekar sakti yang memiliki nama Si Mata Empat. Lalu si pendekar sakti ini mendatangi si Serunting  dengan mengajaknya untuk beradu kekuatan. Telah sampai berhari – hari bertandig dan beradu tapi tidak ada yang menang. Sehingga penduduk desa memiliki fikiran bahwa akan mendatangkan petaka di desanya ini. Dan para penduduk memikirkan cara untuk menghentikan mereka dengan memberikan sebuah buah arena pada dua orang sakti tersebut. Dan mereka berdua memakannya tak kemudian mereka berdua tewas.

 

Penolong yang Hanya Bisa Berkata Tidak

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, suatu hari yang berada di India dan raja bernama Raja Mahendra pergi untuk berburu. Dimana pada tengah hutan raaja Mahendra ini berusaha untuk mengear seekor kijang. Tetapi raja tersebut tertimpa musibah dengan kakinya yang terperosok ke dalam lubang yang dalam ini. Raja ini sangat merenungkan nasib dengan tidak sengaja melihat seseorang yang berdiri di tepi sana. Dan ia pun berteriak untuk meminta tolong terhadap orang tersebut. Tetapi orang tersebut menolak dan berkata tidak hingga sang raja ini pun marah terhadap orang itu.

Namun tidak lama kemudian seutas tali jatuh ke dalam lubang yang terdapat raja tersebut. Sehingga raja tersebut menaiki dan memanjat tali yang di lempar ke dalam lubang tersebut. Awalnya aang raja berfikir bahwa yang melmpar tali tersebut adalah pengawalnya tetapi yang melempar itu adalah orang tadi. Lalu si raja bertanya kepada si penolong itu, “jadi kamu mau melongku”. Dan si penolong itu menjawab “tidak” dan raja pun merasa kebingungan. Dalam hatinya bertanya katanya tidak mengapa ia menolongnya.

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, lalu si raja bertanya kepada si penolong ini “maukah kau kubawa ke kerajaan”. Lalu di penolong ini berkata “tidak” dan si raja sadar bahwa si penolong ini hanya bisa berkata tidak. Bahwa ia menyuruh memberikan kerajaan terhadap penolong raja tersebut. Lalu si patih ini berpikir dengan sangat keras dan mendapatkan ide bahwa si penolong ini berfikir bahwa menjadikan si peolong ini menjadi seorang penjaga dari putri raja. Karena akan mengadakan sayembara pemilihan.

Dimana seorang raja ini mencari seorang pangeran untuk di sandingkan dengan putrinya tersebut. Tak lama kemudian sayembara pemilihan seorang pangeran pun di adakan dimana si penlong ini menguji calon pangeran ini yang telah lulus dalam uji kesaktian. Dan kemudia melalui tahap uji kedua yaitu dengan berhadapan dengan si penolong ini. Dimana peserta pertama dan kedua gagal dalam terpilih menjadi seorang pangeran. Tetapi pada peserta ketiga ini berhasil karena mengetahui bahwa si penolong ini hanya bisa berkata tidak. Dan kemudia si penolong di angkat menjadi penjaga si putri selamanya.

 

Cek juga Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak Perempuan dan Laki-Laki

 

banner-promo-gramedia

Biri – Biri yang Cerdik

Melanjutkan cerita dongeng anak Indonesia, pada suatu sore yang sangat cerah tampak seekor harimau yang tengah berjalan pulang ke rumahnya. Dimana di tengah perjalanan ini sesekor harimau ini bertemu dengan seekor biri – biri. Harimau yang tak pernah melihat biri – biri pun sangat heran yang kemudian ia mendekati si biri – biri tersebut. Lalu ia bertanya kepada biri – biri tersebut, “siapakah kau? Kenapa engka sendirian di hutan ini?”.

Lalu ia berfikir dan berkata bahwa dirinya merupakan seorang induk biri – biri sebagai penguasa hutan dengan suara lantang dan kerasnya. Lalu si harimau ini ketakutan dan berlari hingga – hingga menabrak serigala. Lalu mereka pun jatuh bersamaan, lalu serigala bertanya mengapa harimau berlari sangat ketakutan. Dan harimau ini menjawab bahwa ini merupakan keseraman yang melebihi dari hant dan menyebutnya bahwa bertemu induk si biri – biri. Kemudian serigala ini menertawai si harimau dengan mengajaknya untuk menemui biri – biri yang merupakan binatan lucu ini.

Ikuti cerita dongeng anak Indonesia selanjutnya, si serigala ini sangat kelaparan dan sesegera mungkin igin menyantap daging tersebut. Namun harimau ini merasa takut dan serigala pun berusaha meyakinkannya dengan bak. Mereka mengikat ekor mereka agar tidak saling meninggalkan. Biri – biri yang asyik memakan rumput ini lalu kaget dengan kedatangan kedua binata tersebut. Dimana biri – biri itu berkata pada serigala mengapa hanya membawakan sati harimau saja. Sehingga membuat serigala semakin takut dan melarikan diri begitupun dengan serigala.

Nah itulah beberapa rekomendasi mengenai cerita dongeng anak Indonesia yang akan membuat hati si buah hati senang. Dengan mendengarkan dongeng yang di bawa oleh orang tua tersebut maka akan timbul sebuah imajinasi. Aplagi dengan adanya pesan moral dalam setiap dongeng tersebut yang akan membantu si anak semakin betah dalam dekapan orang tuanya ini.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy