in

Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur (Dunia) Yang Recommended

Dunia dongen memang tidak sedikit yang percaya bahwa cerita yang ada didalamnya merupakan hal yang nyata. Dan tak sediki pula bahwa dongeng tersebut hanya karangan biasa yang dimana sifatnyaakan menghibur saja. Tetapi meskipun demikian, cerita dongeng banyak digemari dan menarik perhatian orang banyak.Yang dimana anda ketahui bhawa, dongeng biasa para orang tua bacakan kepada anaknya yang ingin tidur. Hal itu dilakukan agar sang anak cepat bosan dan akhirnya terlelap tidur.

Tetapi dizaman yang millenial ini, sangat jarang ditemukan anak-anak yang sebelum tertidur dibacakan oleh orang tua. Hal itu biasanya dikarenakan beberapa faktor yang membuat hal tersebut tidak terjadi. Yang dimana salah satunya para orang tua yang tidak cukup memiliki waktu untuk anaknya. Akhirnya anak tidak mendapatkan cerita dongeng pada saat sebelum mereka tidur. Atau bahkan dari anak itu sendiri lah yang tidak ingin dibacakan dongeng oleh orang tua. Yang dimana saat ini anak-anak lebih banyak bermain ponsel daripada membaca sebuah cerita.

e perpus

Itulah mengapa saat ini sangat jarang dijumpai anak-anak yang dibacakan dongeng oleh sang ibu atau orang tua tersebut. Kumpulan cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia), sangatlah populer pada zamannya. Mungkin saat ini masih ada anak yang dibacakan dongeng oleh orang tuanya. Jika ada, hal tersebut mungkin memang masih sebagian anak di seluruh manca negara yang ingin dibacakan dongeng. Mengapa hanya sebagian? Hal tersebut karena saat ini pula banyak anak-anak yang disibukkan dengan bermain game online yang menurut mereka lebih seru.

Atau mungkin saat ini pada usia-usia tertentu para orang tua memberikan cerita dongeng kepada sang buah hatinya. Memberikan cerita dongeng tersebut, memiliki banyak manfaat terhadap anak. Apalagi pada anak yang masih berusia dini. Dimana memiliki tumbuh kembang yang masih fresh. Sehingga dapat menangkap cerita tersebut. Tidak jarang banyak anak-anak yang memiliki dongeng favorit yang tidak pernah dilewatkan untuk di cerita pada saat menjelang tidur. Hak tersebut dipilih karena beberapa hal yang memang sangat menarik menurut mereka.

Cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia), memiliki banyak sekali macamnya. Sehingga membuat semua anak menjakdi bingung ingin mendengarkan cerita dongeng yang mana terlebih dahulu. Dan biasanya pula cerita yang mereka favoritkan biasanya diminta untuk dibacakan terlebih dahulu. Cerita dalam dongeng tersebut, tidak jarang banyak yang mengedukasi para anak dari karakter yang dimiliki pemeran di dalamnya. Jadi anak juga bisa mendapatkan manfaat banyak dari di ceritakannya dongeng tersebut.

Berikut Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur (Dunia) Yang Sangat Recommended

Dongeng Pertamaku : Satu, Dua Pake Sepatunya (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Satu, Dua Pake Sepatunya (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Mengapa Tubuh Zebra Bergaris-garis (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Mengapa Tubuh Zebra Bergaris-garis (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Manusia Kue Jahe (Level 3)

Dongeng Pertamaku : Manusia Kue Jahe (Level 3)

Kumpulan Dongeng PAUD: Mengenal Keistimewaan Binatang

Kumpulan Dongeng PAUD: Mengenal Keistimewaan Binatang

Cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) berjudul cermin ajaib

Salah satu cerita dongeng yang satu ini juga merupakan dongeng yang di favoritkan oleh sebagian anak-anak. Yang dimana memiliki kisah yang bagus dan juga memberikan edukasi pada anak. Sehingga para orang tua menjelaskan kembai dari pemeran yang ada didalam dongeng tersebut. Dimana sambil lalu memberikan saran dan nasehat kepada sang anak dengan hal-hal baik. Kisah ini diangakt dari seorang raja yang dimana sedang atau tengahmencari istri.Dimana didalm cerita dongeng tidak terlepas dengan kata-kata sayembara pastinya.

Cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) tersebut menceritaksn sebuah sayembara yang dilakukan oleh raja. Yang dimana raja tersebut mengadakan sebuah sayembara untuk mencari seorang pendamping hidup atau istri. Dimana para wanita tersebut harus mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan oleh raja tersebut. Yang dimana semua wanita perlu bercermin agar dapat terlihat perbuatannya. Dimana pastinya sang raja tersebut akan memilih wanita yang memiliki perbuatan baik atau hati yang putih bersih tanpa noda kejahatan sedikitpun.

 

Cek Yuk Buku Mewarnai Anak (TK, Paud, SD) Best Seller

 

Dongeng pulau matahari

Karangan atau cerita dongeng yang satu ini berasal dari negera tiongkok yang dimana juga memiliki pesan moral didalam dongengnya tersebut. Perlu anda ketahui bahwa cerita yang satu ini sangat cocok untuk anda ceritakan pada anak. Yang dimana dongeng tersebut mengangkat sebuah kisah dua bersaudara kakak dan adik. Dimana sang kakak memiliki sifat serakah yang sering menyakiti adiknya. Kisah ini diangkat dari sebuah cerita yang dimana didalamnya terdapat seorang kakak beradik yang ditinggal oleh ayahnya.

Cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) itu menceritakan seorang ayah dari kedua anak tersebut telah membagikan warisan dengan sangat rata. Tetapi, karena keserakahan sang kakak, alhasil harta tersebut direbutnya semua. Sang adik yang memiliki hati lembut menerima semua perlakuan sang kakak si serakah tersebut. Hingga suatu hari sang adik tersebut bertemu dengan burung raksasa yang mengajaknya ke pulau matahari. Yang perlu anda ketahui bahwa, pulau matahari tersebut terdapat banyak sekali emas. Tetapi burung tersebut hanya memperbolehkan sang adik untuk mengambil satu emas saja.

Setelah itu, sang adik yang diantar pulang oleh burung raksasa langsung menjual emas tersebut. Dan sang adik hidup bahagia dengan harta yang cukup dari hasil penjualan emas tersebut. Hingga suatu hari sang kakak mendengar kisah yang dialami oleh adiknya tersebut. Dan pada akhirnya kakak yang serakah tersebut berdrama dengan pura-pura menjadi miskis.Lalu diantarnya lah kakak tersebut oleh burung ke pulau matahari. Dengan keserakahannya kakak tersebut mengambil banyak emas yang ada. Alhasil sang kakak tersebut ditinggal oleh burung raksasa dan teebakar di pulau matahari.

Dongeng Animasi 3D: Petualangan Maya si Lebah

Dongeng Animasi 3D: Petualangan Maya si Lebah

Dongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter

Dongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter

Kumpulan Dongeng Aneh Bin Ajaib

Kumpulan Dongeng Aneh Bin Ajaib

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Telur emas dari angsa

Cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) yang satu ini diangkat dari kisah seorang suami istri yang memiliki ekonomi menengah kebawah. Yang dimana memiliki pekerjaan menjadi seorang petani dengan yang anda ketahui bahwa penghasilannya tidak seberapa. Suatu hari sepasang suami istri tersebut menemukan angsa lalu dipeliharanya lah. Pada saat pagi tiba, angsa tersebut bertelur. Dan tidak disangka oleh sepasang suami istri tersebut bahwa telurnya adalah emas.Yang dimana lalu mereka menjualnya ke pasar.

Cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) yaitu lalu, mereka memiliki kehidupan dengan ekonomi yang sangat cukup. Yang dimana mereka dapatkan dari telur emas yang diberikan oleh sang angsa tersebut. Perlu anda ketahui bahwa, angsa tersebut bertelu emas setiap hari.Jadi tak heran jika petani tersebut sangat kaya. Pada suatu hari terlintas di benak sang petani tersebut bahwa untuk apa mereka menunggu setiap hari telur emas tersebut, ucapnya. Mengapa tidak kita ambil saja semuanya didalam perut angsa tersebut, lanjutnya. Akhirnya ide tersebut dilakukan, dan disembelihlah angsa tersebut. Tetapi yang ditemukan hanya darah dan daging.Lalu mereka nangis sejadi-jadinya.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Nah itulah beberapa cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) yang dimana memiliki pesan moral didalamnya. Perlu anda ketahui bahwa masih banyak lagi cerita atau dongeng yang dapat anda jadikam sebagai pengantar sebelum anak tidur. Hal itu juga dalat memberikam manfaat kepada amak tersebut setelah mendengar dongeng yang diceritakan oleh para orang tua menjalang tidurnya. Jika dilihat dari kisah diaatas, dominan adalah seseorang yang serakah terhadap harta atau kekayaan. Perlu anda ketahui bahwa, harta atau kekayaan tersebut akan lenyap dengan sendirinya jika tidak kita pergunakan dengan atau pada hal-hal yang baik.

Apalagi jika berbohong hanya untuk mendapatkan sesuatu hal atau harta yang dapat menjadikannya kaya. Hal tersebut peru di tegaskan bahwa sangat di sayangkan apabila terjadi pada anda atau anak. Oleh sebab itu banyak para orang tua yang menjelaskan kembali setelah membacakan dongeng tersebut. Tetapi terkadang banyak anak-anak yang tertidur duluan sebelum mendengarkam dongeng tersebut hingga selesai. Dan tidak perlu panjang lebar mari kita simak apa saja sih manfaat dari membacakan cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia)?.

Berikut Manfaat Memberikan Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur (Dunia)

Cek Juga Buku Cerita Dongeng Anak Bergambar Best Seller

Kemampuan bicara dan mengenal bahasa semakin meningkat

Perlu diketahui oleh para bunda atau orang tua diluar sana bahwa, dongeng juga memberikan manfaat vesar terhadap tumbuh kembang anak. Yang dimana salah satunya adalah dapat meningkatkan sebuah pengenalan bahasa dan kemampuan berbicara. Yang dimana perlu anda ketahui bahwa, didaam cerita dongeng tersebut banyak bahasa lucu atau menarik. Hal itu dapat mengenalkan beberapa bahasa terhadap anak yang nantinya akan disimpan dengan baik pada otaknya. Yang dimana anda ketahui bahwa, semua anak apalagi balita masih belum fasih mengenal bahasa.

Dengan melalui cerita dongeng anak sebeum tidur (dunia) tersebutlah, anak akan mengenal bahasa sehari-hari. Apalagi pertumbuhan otak seorang anak masih atau dalam fase fresh. Yang dimana mereka akan menangkap bahasa apa saja yang diberikannya. Otak sang anak akan terus berpotensi dan merespon baik bahasa yang disalurkan melalui dongeng tersebut. Itulah mengapa sangatlah penting memberikan cerita dongeng terhadap anak. Apalagi jika msih didalm kandungan. Bayi akan merespon dan menyimpannya pada ktak mereka semua bahasa yang diberikan atau didengarnya dari luar tersebut.

Dapat menenangkan anak

Manfaat selanjutnya yang dapat diterima oleh anak adalah sebuah ketenangan. Yang dimana bisanya zaman dahulu banyak para orang tua yang menenangkan anaknya dengan mengajaknya untuk mendengerkan dongeng. Lain hal dengan anak zaman sekarang yang dimana sebuah kecanggihan teknologi dengan aplikasi sebuah ponsel, yang menjadi aternatif seseorang untuk menenangkan sang anak. Hal tersebut memang tidak salah, jika anak juga diberikan tontonan yang mengedukasi.

Tetapi setidaknya anak diberikan sebuau buku atau beberapa cerita lucu yang mereka dengarkan. Agar tumbuh kembang anak juga berpotensi dapat meningkat lebih cepat. Karena akan sangat disayangkan apabila banyak anak yang lebih diberikan sebuah teknologi bukan edukasi. Hal itu hanya akan membuat anak tersebut kecanduan dengan sebuah teknologi yang semakin membabi buta tersebut. Bukan berati menyalahkan sebuah teknologi dizaman sekarang.Hanya saja perlu sedikit sentuhan cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) agar anak mengenal sebuah kisah yang memiliki pesan moral.

Dapat menumbuhkan minat baca

Di era yang serba teknologi canggih saat ini, sangat sulit untuk mengajak setiap anak untuk membaca. Dimana semua tengah di sibukkan dengan dunia gadget yang semakin maram saat ini. Sehingga sangat jarang anak-anak yang mengetahui berbagai cerita dongeng baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini teknologi, seakan-akan menjadi primadona baru oleh sebagian anak-anak diseluruh penjuru. Yang dimana mereka menganggap bahwa bermain game di ponsel lebih asik jika dibandingkan dengan membaca cerita yang tidak nyata.

Oleh sebab itulah mengapa saat ini banyak anak yang enggan untuk mendengarkan cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia). Atau juga semakin malah untuk membaca sebuah buku dongeng untuk dapat mengetahui berbagai macam bahasa yang ada didalamnya. Itulah mengapa diperlukan bagi para orang tua untuk mengenalkan sebuah dongeng kepada anaknya pada saat masih didalam kandungan. Hal tersebut guna mengenalkan dan juga meningkatkan minta baca pada sang anak tersebut.

Dapat membuat kreativ dan merangsang imajinasinya

Perlu diketahui oleh para orang tua, bahwa memberikan sedikit cerita dongeng juga akan mengasah otak pada anak. Yang dimana dongeng diketahui bahwa sebuah karangan cerita, dengan didalamnya dilengkapi dengan sebuah pemeran yang menarik. Misalnya sebuah cerita kancil atau cinderella. Mereka sontak akan berimajinasi bagaimana keadaan sebenarnya pada cerita tersebut yang diberikan sebelum tidur. Atau terkadang mereka akan membawanya pada alam mimpi.

Imajinasi tersebut sama halnya dengan sebuah kreativitasan seorang anak. Dengan membayangkan dan membuat alur cerita didalam bayangan atau otaknya tersebut. Dengan begitu, otak sang anak akan terangsang dan meningkatkan daya pikirnya. Manfaat cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia) yang satu ini tidak kalah besar dengan yang lainnya. Yang dimana juga berpotensi dan peran pertumbuhan seorang anak. Apalagi seorang anak tersebut memang waktu yang tepat diberikan cerita yang juga dapat memberikan edukasi terhadapnya.

 

Baca Juga Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak Perempuan dan Laki-Laki

 

Dapat mengenalkan nilai moral yang positif

Sebuah dongeng pasti memiliki nilai moral di dalamnya. Hal itulah mengapa memang pantas jika sebuah karya dongen dibuat khusus bagi anak – anak. Sebab, usia anak-anak masih rentan dan labil. Dan terkadang suka meniru apa yang mereka lihat. Tak heran, jika anak-anak kebanyakan melakukan suatu kegiatan yang kadang di luar nalar. Sebab, mereka melakukan suatu kegiatan yang di anggap benar.

Nilai moral itu berarti nilai – nilai yang terkandung pada cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia). Nilai moral bisa nilai nilai positif mengenai makna tersirat yang terdapat pada sebuah dongeng tersebut. Dan biasanya makna yang terkandung dalam sebuah dongen tak jarang di ambil dari beberapa kisah nyata. Tak jarang juga di ambil dari kehidupan sehari-hari yang di tuangkan pada sebuah karya. Salah satu contohnya karya dongeng anak ini.

Dapat kita simpulkan, bahwa dari beberapa cerita dongeng anak di atas memiliki sisi positifnya. Dari cerita dongeng  tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Dan pastinya, dari sisi positif tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap anak secara tidak langsung. Karena seperti yang kita ketahui, di usiadini anak sangat rentan dan juga labil. Disini peran orang tua juga sangat di butuhkan.

Nah itulah cerita dongeng anak sebelum tidur (dunia). Peran orang tua di butuhkan apalagi dalam pertumbuhan dan perkembangan psikis anak. Dan di harapkan, agar anak-anak kedepannya dapat mengambil peran sebagai individu yang baik. Serta peran orang tua yang sesungguhnya selain memberikan pelajaran atau edukasi secara langsung. Orang tua juda dapat mengajarkan tata krama yang baik pada anak. Sebab, sebelum anak menginjak dunia pendidikan yang sesungguhnya. Peran orang tualah yang di butuhkan pada perkembangan anak.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy