in

Daftar Makanan Internasional Paling Enak di Seluruh Dunia

Unsplash.com

Makanan Internasional Paling Enak – Setiap makanan terbuat dari bahan yang berbeda serta melalui berbagai proses pengolahan yang berbeda untuk kemudian dapat menghasilkan cita rasa yang unik. Begitu juga setiap negara di dunia dengan ragam makanan dan berbagai ciri khasnya.

Mulai dari menu dengan rasa yang pedas, manis, gurih, hingga berbagai rasa lain yang belum terbayangkan. Terdapat pula menu dengan yang memiliki aroma rempah yang tajam. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kebudayaan setiap negara.

Lalu, apa saja ya makanan internasional paling enak di dunia? Mari kita intip beberapa makanan internasional paling enak yang sudah approved!

1. Massaman Curry dari Thailand

Makanan Internasional Paling Enak
Taste.com.au

Makanan internasional paling enak nomor satu jatuh kepada massaman curry dari Thailand. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu campuran antara rasa pedas, manis, dan gurih. Konon raja-raja Thailand sangat menyukai menu ini. Hidangan khas Thailand ini sendiri dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak dengan racikan bumbu serta bahan yang segar membuat kandungan kari di dalamnya sangat menggugah selera.

Bagi para penyuka makanan pedas terutama kari, hidangan ini sangat cocok disajikan bersama dengan nasi hangat. Massaman curry merupakan hidangan khas Thailand yang berasal dari kaum muslim Thailand. Hidangan ini berasal dari Thailand Tengah yaitu di pusat Ayutthaya, ditemukan pada abad ke-16 dan dibawa oleh pedagang dan para utusan Persia.

2. Neapolitan Pizza dari Italia

Makanan Internasional Paling Enak
Nibble.id

Berasal dari Italia terdapat makanan internasional paling enak di dunia yaitu neapolitan pizza. Berbeda dengan pizza lainnya, pizza ini menjadi salah satu yang menjadi makanan terbaik dunia. Pizza neapolitan sendiri terkenal dengan toppingnya yang sederhana.

Makanan ini juga terbuat dari adonan pizza yang ditambahkan dengan tomat, minyak zaitun, garam, kemangi, serta keju. Pizza napoletana yang berasal dari bahasa Napolitan: pizza napulitana, juga dikenal sebagai Pizza gaya Napoli, dengan gaya varian Pizza yang dibuat dengan keju mozzarella dan tomat. Pizza napoletana sebagai produk spesialisasi tradisional yang seni pembuatannya masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

3. Peking Duck dari Cina

Makanan Internasional Paling Enak
Tripadvisor.co.id

Makanan terenak dunia selanjutnya adalah bebek peking dari Cina. Makanan ini berupa bebek matang yang kemudian dilapisi sirup maltosa dan biasanya disajikan dengan pancake, hoisin, bawang, serta saus kacang manis.

Sajian asal Tiongkok ini dimasak dengan metode panggang dalam oven yang akan menghasilkan kulit renyah serta cita rasa yang sangat enak. Beberapa restoran otentik di Cina menyajikan hidangan ini dengan lebih banyak kulit dibanding daging bebek. Bebek Peking sebagai makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing, namun juga banyak ditemui di Taiwan.

Bebek Peking sangat lezat karena dibuat menggunakan daging bebek yang diternakkan secara khusus. Bebek-bebek ini kemudian digemukkan dengan cara diberikan makanan bergizi dan akan disajikan setelah dipanggang dengan kayu-kayu bakar khusus yang akan menambah wangi daging bebek yang dipanggang.

4. Penang Assam Laksa dari Malaysia

Makanan Internasional Paling Enak
Medisata.com

Menjadi salah satu makanan internasional terenak yang masih dekat dengan lidah orang Indonesia, penang assam kuah laksa terbuat dari asam jawa, cabai, ikan makarel rebus, mint, serai, bawang, serta nanas. Hidangan terpopuler di Malaysia ini mengandung banyak kaldu ikan dengan cita rasa asam pedas yang dapat membuat ketagihan saat menyantapnya.

Selain ikan dan rempah, penang assam laksa ini juga disajikan Bersama dengan jahe dan mi yang dapat menyegarkan tubuh. Berbeda dari laksa yang biasa dibuat orang Indonesia, Assam laksa ini tidak menggunakan santan dan berkuah kuning. Seperti namanya, assam laksa menggunakan tambahan asam jawa yang membuatnya memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Penang untuk mencicipi assam laksa. Kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Walau bahan yang digunakan sangat banyak, tetapi prosesnya cukup sederhana.

5. Tom Yum Goong dari Thailand

Makanan Internasional Paling Enak
Suarapatani

Hidangan yang berasal dari Thailand ini merupakan makanan internasional paling enak dan terbaik di dunia. Sajian dengan kuah menyegarkan yang terbuat dari udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, serta daun jeruk purut ini benar-benar menggugah selera makan.

Umumnya tom yum goong sarat dengan krim dan santan. Sup hangat ini juga menyatukan berbagai cita rasa favorit Thailand, yaitu pedas, asam, asin, dan manis. Hal menarik lainnya adalah jika sedang berlibur ke Thailand, menu ini mudah ditemui dan dibandrol dengan harga yang cukup ekonomis untuk kantong orang Indonesia.

6. Chicken Muamba dari Gabon

Makanan Internasional Paling Enak
Miele.ie

Makanan internasional paling enak lainnya adalah chicken muamba dari Gabon. Hidangan ini terbuat dari cabai, ayam, bawang putih, merica, garam, tomat, okra, dan mentega. Chicken muamba sendiri sangat lezat disantap pada musim dingin karena di dalamnya mengandung banyak rempah-rempah yang menghangatkan tubuh serta kandungan lemak yang tinggi.

7. Rendang dari Indonesia

Makanan Internasional Paling Enak
Kompas.com

Rendang berasal dari Minangkabau yang merupakan masakan dengan bahan dasar daging asli Indonesia. Makanan ini dihasilkan melalui proses memasak di suhu rendah dalam kurun waktu lama dengan menggunakan beraneka santan dan rempah-rempah. Proses memasaknya sendiri memakan waktu berjam-jam (biasanya kurang lebih memakan waktu empat jam) hingga yang tertinggal hanyalah potongan daging dedak berwarna hitam pekat.

Pada suhu ruangan normal, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Menu ini juga dapat disantap dalam waktu singkat dengan keadaan santan yang belum mengering atau disebut juga kalio, dengan warna coklat terang keemasan. Rendang juga dapat dijumpai di rumah makan Padang di seluruh dunia.

8. Pierogi dari Polandia

Makanan Internasional Paling Enak
Yoair.com

Pierogi atau juga dikenal di Ukraina dengan nama Varenyky, merupakan sejenis pangsit yang berasal dari Eropa Timur. Terbuat dari adonan pembungkus tanpa ragi, isiannya sendiri sengaja dibuat manis dan gurih (asinan kubis, buah, daging, dan keju) kemudian dimasak di dalam air mendidih.

Selain itu makanan ini juga populer di wilayah Slavia atau Slovakia, Rusia, Ruthenian, Belarusia, Polandia, dan Ukraina, juga Baltik atau daerah Latvia, dan Lithuania serta Eropa Timur lainnya Hungaria dan Rumania, di mana mereka kemudian dikenal juga dengan berbagai nama lokal.

Pierogi banyak dikaitkan dengan Polandia dan Slovakia dimana makanan ini kemudian banyak dianggap sebagai hidangan nasional. Pierogi cocok disajikan dengan banyak taburan tertentu, di antaranya bawang goreng, mentega, krim asam, juga kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

9. Pastel de Nata dari Portugal

Makanan Internasional Paling Enak
Foodrepublic.com

Pastel de Nata Cocok disantap sebagai camilan sore yang memiliki cita rasa manis. Di Portugal hampir semua pasteria menawarkan kue ini. ‘Pastel’ juga dapat diartikan sebagai pastry, ‘de’ artinya dari dan ‘nata’ yang dalam bahasa Portugis diartikan sebagai krim. Jadi pastel de nata dapat diartikan juga sebagai pastry yang dibuat untuk meletakkan berbagai isian dari krim (nata) entah pada bagian dalam atau atasnya.

10. Bunny Chow dari Afrika Selatan

Makanan Internasional Paling Enak
Img.qraved.co

Bunny chow sebagai salah satu makanan berbahan dasar daging kelinci atau bisa juga diganti dengan daging ayam dan daging domba. Bunny Chow merupakan makanan khas dari kawasan Durban yang sebagian besar penduduknya merupakan keturunan India. Menu ini langsung mendapatkan tempat sebagai camilan populer di kawasan Afrika Selatan.

Bunny chow terdiri dari roti utuh yang dilubangi pada beberapa bagian tengahnya untuk diisi dengan kari panas hingga meluap. Roti yang digunakan juga memiliki tekstur yang agak keras dan cukup pada. Kepadatan roti ini sengaja disesuaikan dengan karakter Bunny Chow dan harus dapat menahan rembesan kari pada bagian dalamnya.

Karinya memiliki bahan dasar tomat, cheese naks, saus kari, dan berbagai bumbu lainnya. Awalnya Bunny Chow diperkenalkan oleh masyarakat India yang bermukim di Durban, Afrika Selatan pada tahun 1940-an. Makanan ini juga biasa dikonsumsi oleh para pekerja perkebunan karena kepraktisannya. Saat ini menu Bunny Chow hanya menggunakan bahan dasar kacang-kacangan dan sayur saja. Dengan cita rasa yang lembut, gurih, serta manis kesemuanya menyatu dalam sebuah gigitan.

11. Fajitas dari Meksiko

Makanan Internasional Paling Enak
Recetin.com

Fajitas Meksiko menjadi salah satu makanan sehat yang berasal dari Meksiko. Fajitas sendiri berasal dari kata di dalam bahasa Spanyol, faja yang bermakna sabuk. Lalu apa hubungannya antara fajitas dan sabuk?

Sabuk mengacu kepada skirt steak. Zaman dahulu para koboi Meksiko mendapatkan skirt steak sebagai salah satu bagian dari upahnya bekerja di tanah peternakan di Texas Barat dan Selatan. Setelah daging sapi ini disembelih, skirt steak kemudian diberikan pada mereka.

Skirt steak juga merupakan bagian otot sapi yang agak pipih dan berbentuk panjang. Bagian ini biasanya dipotong dari bagian samping sapi. Bentuknya agak tipis dan panjang seperti sabuk.

Skirt steak inilah yang kemudian dijadikan salah satu makanan internasional paling enak di dunia atau disebut juga sebagai fajitas. Meski fajitas yang asli merupakan kulit tortilla yang membungkus skirt steak. Seiring dengan perkembangan zaman, isian fajitas pun kian bervariasi dan wajib kamu coba.

Rekomendasi Buku Terkait Makanan Internasional Paling Enak

1. 25 Kreasi Burger Ala Resto

Hamburger! Makanan yang juga biasa disebut burger ini memang sangat mendunia, terkenal di mana-mana. Bentuknya yang praktis dan dapat digenggam sehingga dapat dinikmati di mana saja serta rasanya yang lezat membuatnya tergolong makanan yang banyak digemari, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Pada dasarnya, makanan dari kota Hamburg Jerman ini adalah roti berbentuk bulat (burger bun) yang diisi dengan daging burger, lettuce, irisan bawang bombai, tomat, mentimun, keju, dan saus. Bahan yang digunakan untuk membuat daging burger sendiri adalah daging cincang murni yang ditambah aneka bumbu, seperti saus BBQ, lada, gula, dan merica bubuk sehingga terciptalah cita rasa yang khas.

Penambahan aneka saus seperti mayones dan saus tomat atau sambal dan keju pun menjadikannya semakin lezat. Sebenarnya, burger bisa divariasikan, baik dari segi rasa maupun penampilan. Ada banyak bahan yang dapat dimanfaatkan. Roti yang digunakan tak harus melulu roti bun burger, tapi bisa juga roti mantau, roti ciabatta, roti bun hot dog, roti prancis, roti tawar, roti pita, roti prata, tortilla, atau nasi, yang selanjutnya menghasilkan rasa yang tidak biasa.

Demikian pula dengan daging sebagai isiannya. Memadukan aneka daging dengan seafood ditambah berbagai variasi bumbu, seperti saus teriyaki, saus tiram, saus BBQ, dan berbagai saus lainnya dapat menciptakan aroma dan rasa yang berbeda. Apalagi jika pelengkapnya juga divariasikan, baik dari jenis sayuran maupun keju yang digunakan. Jadi, bacalah buku ini untuk menciptakan sendiri berbagai variasi burgermu!

2. 70 Resep Masakan Minang ala Cheche Kitchen

Akun Instagram @cheche_kitchen dengan sekitar 80.000 followersnya telah turut meramaikan dunia kuliner di media sosial. Penulis buku ini, pemilik akun @cheche_kitchen, seorang ibu rumah tangga berdomisili di Riau, yang berasal dari Sumatera Barat. Hobinya memasak dilakukan secara otodidak, khususnya masakan Minang dan spicy food.

Buku ini berisi 70 resep Masakan Minang pilihan @cheche_kitchen yang menjadi favorit dan telah sukses di recook para followersnya, antara lain Ayam Batokok Lado Mudo, Pangek Kepala Patin, Itiak Lado Mudo, Asam Padeh Kepala Tongkol, Gulai Pucuak Ubi, Ikan Salai Balado, Rendang Ayam Kampung, Gulai Jengkol, Sate Padang, Katupek Pical, Pisang Kapik, Es Tebak, dan banyak lagi.

3. 50 Resep Chinese Foods Halal

Chinese foods sudah terkenal kelezatannya, kuliner ini memiliki teknik memasak sederhana namun dengan bahan dan bumbu-bumbu yang unik. Beberapa bumbu dan bahan yang digunakan dalam masakan Cina banyak yang dihindari karena kehalalannya. Namun hal ini bisa disiasati dengan mengganti bumbu bahannya seperti yang ada dalam buku ini. Buku ini berisi sekitar 50 resep masakan Cina populer, dilengkapi dengan step by step cara membuatnya sehingga memudahkan pembuatannya.

4. Resep Pilihan Ny. Liem Dim Sum Istimewa

Dim sum adalah istilah dari bahasa Kantonis yang artinya “makanan kecil”. Biasanya Dim Sum dimakan sebagai menu sarapan. Sebenarnya Dimsum memiliki arti harfiah yang berarti menyentuh hati. Dim sum sangat banyak macamnya, bahkan mencapai ribuan.

Restoran-restoran Dim Sum di Kanton dan Hongkong biasanya sampai memiliki ratusan jenis Dim Sum andalan untuk disajikan kepada para tamu. Dim Sum Ada yang manis ada yang gurih, umumnya dikukus, tapi banyak juga yang digoreng dan dipanggang. Dim sum sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan. Bentuknya harus cantik menawan hati, cita rasanya lezat dinikmati bersama teh.

Buku ini menyajikan aneka resep Dim Sum hasil kreasi Ny Liem yang lezat dengan pembuatan yang mudah. Dim Sum adalah salah satu modul pengajaran favorit di tempat kursus kue dan masakan Ny. Liem, dan kini kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah dengan panduan buku ini.

5. Buku Seri Wirausaha Kuliner Volume 12 Usaha Fast Food Manca Ala Kaki Lima

Melirik bisnis makanan cepat saji atau lebih populer dengan sebutan fast food merupakan peluang yang menjanjikan. Apalagi jika makanan tersebut ditawarkan layaknya harga kaki lima, tentu tak harus dipandang sebelah mata, lho. Disamping makanan tersebut populer, juga banyak penggemarnya.

Tren mengkonsumsi makanan yang praktis dan cepat saji, banyak diincar oleh masyarakat masa kini. Sangat wajar jika jenis makanan tersebut sangat disukai karena penyajiannya yang cepat, di mana kesibukan di perkotaan membuat orang ingin sesuatu yang cepat dan praktis. Jadi jangan heran bila kamu berkunjung ke mal-mal, banyak gerai makanan yang menawarkan makanan cepat saji ala Barat yang kini makin berkembang di perkotaan. Puluhan restoran fast food, baik yang bergaya Oriental ataupun Eropa yang berada di pusat perbelanjaan atau mall selalu ramai dikunjungi pembeli.

Nah, di buku ini redaksi tergelitik untuk mengangkat tema Fast Food Barat ala Kaki Lima dengan harapan bisa memberikan ide-ide segar dalam berbisnis makanan masa kini. Rangkaian bahasan mengenai ide bagaimana mengembangkan usaha fast food Barat yang bisa dijajakan ala kaki lima hingga resep-resep menarik yang layak jual, semua tertuang di edisi ini.

Ingat, berbisnis makanan cepat saji atau fast food tidak selamanya diperlukan modal besar layaknya rumah makan atau restoran. Tapi mulailah dari gerai kecil ala kaki lima dan dilakukan secara bertahap.

Demikian daftar beberapa makanan internasional paling enak yang rasanya sudah approved atau diterima banyak masyarakat dunia. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait makanan internasional dan nusantara di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Best Seller Buku Resep Masakan (Rumahan, Sehari-Hari, Keluarga) 
  2. Rekomendasi Buku Resep Masakan Rumahan untuk Bunda di Rumah
  3. Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Keluarga Hingga Anak Kost
  4. 12 Menu Makan Malam untuk Keluarga yang Enak 
  5. 25 Menu Masakan Sehari-Hari untuk Keluarga yang Enak dan Sehat
  6. Daftar Menu Masakan Sehari-Hari yang Sederhana untuk Satu Minggu


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda