in

Kenali Ciri-Ciri Kalau Dia Adalah Jodoh Kita

Ciri-Ciri Kalau Dia Adalah Jodoh Kita – Setiap sepasang kekasih yang saling jatuh cinta pasti akan berusaha untuk melanjutkan perjalanan kisah cintanya ke arah yang lebih serius, yaitu pernikahan. Setiap orang yang bisa melakukan pernikahan dengan kekasihnya yang sudah dicintainya pasti akan bahagia. Bagi sebagian orang melakukan pernikahan merupakan suatu hal yang penuh dengan keseriusan, sehingga tak jarang beberapa beranggapan bahwa pernikahan itu dilakukan satu kali dalam hidup.

Kisah cinta yang dialami seseorang selalu penuh dengan teka-teki, ada yang harus dipisahkan oleh waktu dan ada juga yang bisa hidup bersama selalu. Oleh karena itu, berbicara soal cinta tidak akan ada yang pernah tahu akhir dari perjalanan kisah cinta yang dialami oleh seseorang dengan kekasihnya. Ada sepasang kekasih yang sudah memiliki hubungan percintaan selama bertahun-tahun, tetapi harus kandas ditengah jalan dan ada juga sepasang kekasih yang hanya melakukan hubungan percintaan dalam waktu singkat berhasil sampai ke jenjang pernikahan.

Dengan kata lain, persoalan jodoh seseorang sudah diatur dan ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita sebagai hamba harus tetap berusaha agar mendapatkan jodoh yang bisa menemani kita sampai maut memisahkan. Meskipun usaha yang dilakukan oleh seorang hamba tak selamanya berhasil, tetapi perlahan-lahan kita akan menemukan jodoh yang terbaik yang bisa menciptakan cerita-cerita menarik dalam kehidupan.

Dikarenakan kisah cinta penuh dengan teka-teki, maka untuk memastikan kalau si “dia” adalah jodoh sehidup semati, kamu perlu mengetahui beberapa ciri-cirinya. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut kamu akan lebih yakin untuk membuat keluarga kecil yang bahagia.

Ciri-Ciri Dia Jodoh Kita

Pastinya kalian ingin sekali menghabiskan sisa hidup bersama dengan kekasih idaman. Lalu, bagaimana caranya agar kita tahu kalau dia adalah jodoh kita untuk selamanya? Tenang saja, kamu bisa mengenali ciri-ciri jika dia jodoh kita melalui ulasan di bawah ini.

1. Saling Percaya

Ciri-ciri dia jodoh kita
pixabay

Rasa saling percaya akan menghilangkan kecurigaan-kecurigaan dalam suatu hubungan percintaan. Apabila kecurigaan-kecurigaan sudah sering muncul dalam suatu hubungan asmara akan memunculkan masalah-masalah baru yang bisa membuat hubungan percintaan tidak bertahan lama, seperti kecemburuan yang berlebihan. Selain itu, kurangnya rasa saling percaya membuat kehidupan seperti dibatasi, sehingga suatu hal yang dikerjakan tidak selesai dengan maksimal.

Ciri utama kalau memang si dia merupakan jodoh kamu adalah dia sudah mempercayai kamu. Jika dia sudah percaya kepada kamu, maka kamu harus percaya dengan dia, sehingga menciptakan rasa saling percaya satu sama lain. Adanya rasa saling percaya bukan hanya menciptakan saling mengerti dan memahami saja, tetapi keharmonisan akan terus meningkat. Maka dari itu, sebelum melangkah lebih jauh, kamu dan pasangan harus bisa membangun pondasi rasa saling percaya terlebih dahulu agar lika-liku di masa depan dapat diselesaikan dengan bersama-sama.

2. Merasa Nyaman Saat Berada Disampingnya

Ciri-ciri dia jodoh kita
pixabay

Rasa nyaman dalam menjalani suatu hubungan asmara sangatlah penting, bahkan bisa dibilang kalau hal ini merupakan poin pentingnya, mengapa begitu? Karena dengan rasa nyaman, seseorang akan merasa kalau selama bersamanya akan dipenuhi dengan rasa bahagia. Rasa nyaman dalam hubungan kisah cinta bisa dibilang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata karena mengalir begitu saja. Bahkan, rasa nyaman ini akan selalu ada walaupun aktivitas yang dilakukan tidak selalu sama, seperti dia yang menemani kamu ketika sedang mengerjakan tugas.

Dengan rasa nyaman, seorang kekasih akan selalu berusaha untuk berada disampingnya karena ketika berada disampingnya, kehidupan yang dijalani akan terasa lebih tenang. Oleh karena itu, sebisa mungkin selalu menyempatkan waktu untuk selalu berdua agar rasa nyaman terus terjaga dan hubungan bisa langgeng serta bahagia selamanya.

3. Saling Melengkapi

Salah satu kalau ciri kalau dia jodoh adalah bisa saling melengkapi. Misalnya, dia bisa mengatasi kekurangan kamu dengan kelebihan yang dimilikinya, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, hubungan asmara akan semakin erat dan langgeng. Bahkan bisa berlanjut ke pernikahan. Oleh karena itu, ketika kamu sudah menemukan pasangan yang bisa saling melengkapi satu sama lain, maka pertahankan dia dan jangan tinggalkan dia karena kamu belum tentu menemukan orang yang sama di kemudian hari.

Adanya sikap saling melengkapi menandakan bahwa kamu dan pasangan bisa saling bekerja sama. Kerja sama ini akan mengatasi setiap permasalahan yang muncul dalam perjalanan cinta. Bahkan kerja sama bisa mencapai beberapa tujuan, seperti melakukan pernikahan. Kerja sama ini harus dilakukan dari permasalahan yang terlihat biasa hingga permasalahan yang rumit.

4. Tetap Jadi Diri Sendiri

Setiap orang pasti sudah memiliki sifat dan karakternya masing-masing, tetapi ketika sudah menjalin hubungan dengan kekasih, terkadang sifat dan karakter asli akan berubah. Perubahan sifat dan karakter ini biasanya ingin sekali terlihat dan manis dihadapan pasangannya. Hal seperti ini menandakan bahwa suatu hubungan tidak baik karena bisa mengganggu kenyamanan satu sama lain. Bahkan, bisa saja lupa dengan jati diri sebenarnya.

Dalam suatu hubungan percintaan, menjadi diri sendiri itu sangat penting karena seseorang tidak perlu berubah menjadi “orang lain”, sehingga rasa nyaman dengan kekasih tetap bisa tercipta. Jadi, perlu yang perlu digaribawahi adalah hubungan percintaan tetap akan harmonis dan bahagia dengan menjadi diri sendiri. Apabila kamu menemukan kekasih yang sudah siap menerima diri kamu apa adanya, maka pertahankan dia dan tetap terus menjaga kisah cintanya.

5. Tujuan Hidup yang Sama

Bagi setiap sepasang kekasih terutama yang sudah memasuki usia dewasa, menjalin hubungan bukan hanya sekadar berbagi waktu bersama saja, tetapi sudah memiliki tujuan untuk kehidupan di masa depan. Salah tujuan hidup dalam kisah cinta adalah memiliki ikatan resmi yang sah atau dikenal dengan istilah pernikahan. Jika, sudah mencapai tujuan itu menandakan bahwa keluarga yang bahagia akan dibangun.

Untuk mencapai tujuan pernikahan itu tidaklah mudah karena dibutuhkan pandangan hidup yang sama dan pandangan hidup yang bisa saling menghargai. Dengan melakukan hal itu, tujuan-tujuan hidup setelah menikah akan mudah untuk diwujudkan. Akan tetapi, apabila kamu dan pasangan memiliki pandangan hidup yang berbeda dan sudah tidak bisa dicari jalan tengahnya itu berarti kalian belum berjodoh. Mungkin saja, kamu dan dia bukan tempat untuk selamanya, tetapi hanya tempat persinggahan saja.

6. Saling Mengerti dan Memahami

Ciri-ciri dia jodoh kita
pixabay

Perilaku setiap orang pasti berbeda-beda, bahkan kamu dan pasanganmu ketika mengungkapkan suatu hal atau perasaan tak selalu sama. Dari perbedaan perilaku ini, kamu dan pasanganmu harus bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain. Misalnya, pasanganmu akan banyak bicara ketika suasana hati sedang senang, kemudian pada suatu waktu dia hanya berdiam diri saja dan tidak banyak bicara, ketika sudah seperti itu kamu harus bisa menghiburnya. Begitu juga dengan pasanganmu akan berusaha untuk mengerti dan memahami ketika kamu menunjukkan perilaku yang tidak biasanya.

Dengan mengerti dan memahami perilaku satu sama lain, maka kepekaan kamu dan pasangan akan terus meningkat, sehingga ketika sedang bersedih kamu bisa menghiburnya. Sederhananya, keharmonisan dalam hubungan akan terus bertambah. Hubungan yang seperti inilah yang harus kamu pertahankan semaksimal mungkin. Lebih baik lagi, terus dipertahankan hingga pernikahan tiba.

7. Bisa Saling Menghargai Hobi dan Kehidupan Masing-Masing

Sebelum menjalin hubungan percintaan dengan kekasih, pastinya kamu sudah memiliki kehidupan tersendiri. Kehidupan ini bisa diartikan sebagai aktivitas sehari-hari, seperti bermain bersama teman, melakukan pekerjaan dengan partner, dan lain-lain. Selain kehidupan itu, kamu pasti memiliki hobi yang biasa dilakukan untuk menghabiskan waktu. Hobi ini bisa dilakukan bersama dengan teman-teman atau sendiri saja.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Kehidupan dan hobi ini yang sudah ada ini harus bisa saling dihargai, kamu harus bisa menghargai pasanganmu dan kekasihmu juga harus bisa menghargai kehidupan dan hobimu. Dengan begitu, kamu akan masih bisa bermain bersama teman, sehingga tidak akan kehilangan pertemanan dan tetap bisa melakukan hobi yang kamu suka. Jadi, sikap saling menghargai ini bisa membuat komunikasi percintaan dengan si dia tetap berjalan dengan baik serta kamu dengan pasanganmu tetap bisa selalu bersama.

8. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Setiap orang yang menjalani kehidupan ini pasti sangat membutuhkan dukungan dengan orang lain karena sekuat apapun seseorang pasti akan butuh bantuan atau dukungan dari orang lain. Dukungan ini sangat berarti karena bisa meningkatkan rasa semangat dan rasa percaya diri untuk menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, adanya dukungan bisa membuat seseorang menemukan solusi dari permasalahan yang sedang terjadi.

Dukungan dari pasangan bukan hanya bisa memudahkan kamu menyelesaikan masalah, tetapi bisa melanjutkan mimpi yang belum terwujud, seperti didukung untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, didukung meningkatkan karir, dan sebagainya. Bahkan sikap saling mendukung akan menciptakan rasa saling menghargai satu sama lain. Jadi, ketika sudah menemukan pasangan yang mendukung kamu berarti ia bisa jadi jodoh kamu di masa depan.

9. Saling Terbuka atau Tidak Ada Rahasia

Ciri-ciri dia jodoh kita
pixabay

Setiap orang pasti memiliki rahasianya masing-masing termasuk kamu dan pasanganmu pasti memiliki rahasia dalam kehidupan yang dijalani. Rahasia ini biasanya tidak ingin diungkapkan kepada orang lain. Namun, dalam sebuah hubungan percintaan, kamu dengan pasangan harus terbuka satu sama lain. Dengan kata lain, tidak boleh ada hal-hal yang ditutupi karena bisa membuat keharmonisan dalam hubungan asmara terganggu. Jadi, apakah kamu sudah mulai terbuka dengan pasangan?

Dengan keterbukaan itu, sepasang kekasih akan bisa saling berbagi suka dan duka dalam menjalankan kisah cinta yang penuh lika-liku. Keterbukaan ini bisa mencakup berbagai hal, seperti diterima di kantor idaman, mendapatkan kenaikan gaji, dan sebagainya. Selain itu, dengan rasa saling berbagi ini, kamu dan pasangan satu sama lain akan merasa aman dan nyaman.

10. Selalu Berada di Sampingnya

Kalian pasti sangat ingin berada disamping dia dalam keadaan senang ataupun susah karena dengan ada disampingnya, hidup akan terasa lebih tenang dan bahagia. Kehidupan yang tenang dan bahagia akan berdampak baik terhadap mood kita sehari-hari dan kondisi imunitas tubuh tetap terus meningkat. Kehidupan yang dijalani secara bersama-sama akan lebih mudah untuk menyelesaikan setiap masalah yang sedang dihadapi, sehingga pertengkaran atau perselisihan dapat diselesaikan tanpa harus berpisah.

Tidak hanya dalam keadaan susah atau senang saja untuk terus bersama, kamu juga harus bisa menerima setiap kekurangan dari pasanganmu. Begitu juga sebaliknya, kamu harus bisa melihat apakah pasanganmu menerima setiap kekurangan yang kamu miliki atau tidak. Dengan begitu, kisah cinta akan dibangun dengan saling menerima apa adanya, sehingga kamu bisa terus berada disampingnya.

Ciri-Ciri Jodoh Menurut Islam

Ciri-ciri dia jodoh kita
pixabay

Ciri-ciri jodoh menurut Islam sebagai berikut:

1. Ketika Berada Didekatnya Hati Merasa Tentram

Ketentraman dalam hidup merupakan impian dari setiap orang yang membangun sebuah keluarga kecil dikehidupannya.  Dengan ketentraman itu akan membuat hidup sepasang kekasih menjadi lebih bahagia dan tenang. Ketentraman yang didapatkan setelah sepasang kekasih menikah dan membangun keluarga terkandung di dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21
Ciri-ciri dia jodoh kita

Artinya:

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

2. Kedua Keluarga Saling Memberikan Restu

Ketika sepasang kekasih ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, maka mereka akan mencari restu dari kedua keluarga. Adanya restu dari pihak keluarga bisa menandakan bahwa mereka sudah mendapatkan izin.

Dalam Islam, izin aau restu dari pihak keluarga merupakan keharusan karena menikah bukan hanya mempersatukan dua individu saja, tetapi juga menyatukan keluarga besar. Dengan adanya keluarga besar yang menjadi satu, maka tali silahturami semakin terjaga dengan baik Seperti yang terkandung di dalam Al-Quran Surat Muhammad ayat 22-23.

Ciri-ciri dia jodoh kita

Artinya:

Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya.



3. Saling Menjaga Satu Sama Lain

Apabila kamu sudah menemukan seseorang yang benar-benar bisa menjaga kamu dan bisa membimbing kamu ke arah yang lebih baik itu, sebaiknya tetap dipertahankan. Hal ini dikarenakan perilaku itu merupakan ciri-ciri kalau dia adalah jodoh kamu. Ketika seseorang sudah ingin menjaga kekasihnya, maka ia akan menerima setiap kekurangan yang kamu miliki. Dengan saling menjaga satu sama lain dan ingin menerima setiap kekurangan yang dimiliki akan melahirkan kisah cinta yang harmonis, sehingga bisa bertahan lama.

4. Bisa Membuka Pintu Rezeki

Di dalam Islam dengan melakukan pernikahan yang sudah diberikan restu oleh keluarga, maka pintu rezeki akan terbuka lebar. Terbukanya pintu rezeki ketika sudah berkeluarga terkandung di dalam Al-Quran Surat  An-Nahl ayat 72.

Artinya:

Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?

5. Jodoh Merupakan Cerminan Dari Diri Kita 

Di dalam Islam, jodoh merupakan cerminan dari diri kita, misalnya seseorang yang baik akan dipertemukan dengan kekasih yang baik juga. Oleh sebab itu, jadilah seseorang yang berperilaku baik agar mendapatkan kekasih yang baik juga.

Surat An-Nur ayat 26:

Artinya:

Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

Demikianlah, pembahasan tentang ciri-ciri dia jodoh kita, dari pembahasan kali ini dapat disimpulkan bahwa sepasang kekasih bisa melanjutkan ke tujuan berikutnya, yaitu pernikahan disebabkan karena adanya sikap dari sepasang kekasih yang saling mengerti, memahami, dan menghargai satu sama lain. Selain itu, terwujudnya pernikahan sudah merupakan takdir dari Tuhan Yang Maha Esa.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu