in

12 Tips Move On dari Mantan

Tips Move On dari Mantan – Dalam menjalani hubungan dengan lawan jenis, tidak semua dapat berjalan dengan mulus. Ada beberapa pasangan yang mau tidak mau, harus memutuskan hubungannya karena penyebab tertentu.

Ketika hubungan asmara tersebut gagal, Grameds harus tetap menjalani hidup dengan move on. Memang, tidak semua orang dapat move on dengan cepat apalagi jika hubungan asmara yang telah dijalaninya tersebut berlangsung beberapa tahun.

Ada orang yang bisa move on hanya dalam satu bulan atau bahkan satu minggu. Ada pula orang yang harus menghabiskan waktunya selama bertahun-tahun hidup dalam kenangan masa lalunya.

Nah, teruntuk Grameds yang sampai saat ini masih memendam masa lalu dalam hidupnya, ini saat yang tepat untuk move on!

Grameds tidak perlu menyesali ataupun menangisi keputusan yang telah terjadi tersebut. Berikut tips move on yang harus Grameds cermati dan lakukan supaya dapat melupakan kenangan masa lalu!

1. Berikan Waktu Kepada Dirimu untuk Sembuh

Ketika putus, hatimu pasti akan terasa sakit dan pikiranmu menjadi tidak tenang. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kesehatan mental dirimu.

Bagaimana supaya dapat menyembuhkan sakit hati tersebut?

Caranya adalah dengan melakukan aktivitas yang positif. Misalnya, olahraga, menonton film, menonton drama Korea favoritmu, jalan-jalan, dan mengonsumsi makanan sehat.

Aktivitas-aktivitas tersebut tentu saja dapat kamu lakukan bersama teman-temanmu. Siapa tahu, ketika bersama teman-temanmu tersebut, kamu akan mendapatkan candaan dan tawa sehingga perlahan melupakan sakit hatimu.

Terutama mengonsumsi makanan sehat, kamu harus berpikir secara positif bahwa setelah putus kamu tidak boleh tampil secara menyedihkan! Buktikan kepada orang-orang, bahwa kamu masih tetap cantik/tampan setelah putus.

2. Cerita Kepada Orang Terdekat

Ketika putus, biasanya orang akan membutuhkan tempat curhat dengan diiringi tangisan. Tidak apa-apa, itu adalah hal yang wajar.

Kamu dapat segera menghubungi teman dekatmu dan berceritalah sepuasmu. Temanmu pasti akan senantiasa mendengarkan ceritamu tersebut.

Setelah merasa agak baikan, kamu dapat melakukan pemesanan layanan antar makanan dan pesan beberapa makanan favorit untuk dinikmati bersama temanmu.

banner-promo-gramedia

3. Batasi Komunikasi dengan Mantan

Kamu sangat diperbolehkan untuk memblokir kontak atau sosial media milik mantanmu apabila hal tersebut dapat membantumu melupakannya. Tindakan tersebut bukan hal childish kok!

Jika kamu dan mantanmu itu berada dalam satu lingkungan yang sama, kamu boleh membatasi komunikasi dengan mantan untuk sementara waktu. Sementara waktu ya, bukan selamanya…

Tindakan tersebut bertujuan untuk membantumu dalam menetralkan perasaan dan pikiranmu yang berkaitan dengan mantan.

4. Stop Mendengarkan Lagu Galau

Ketika baru saja putus, kamu tidak boleh mendengarkan lagu-lagu galau. Hapus semua lagu galau yang ada di playlist Spotify atau ponsel kamu.

Mengapa? Karena itu sama saja dengan menabur garam di atas luka. Sudah perih malah kamu tambahi rasa perihnya!

Lebih baik kamu mendengarkan lagu yang asyik untuk didengar supaya dapat memperbaiki suasana hati. Misal kamu suka K-Pop, banyak kok lagu-lagu K-Pop yang catchy supaya kamu tambah bersemangat menjalani aktivitas.

5. Stop Stalk Akun Sosial Medianya

Ketika kamu sedang mempunyai waktu senggang, usahakan jangan sampai terbesit pikiran untuk stalk atau mengecek akun sosial medianya.

Keingintahuan mengenai apa yang sedang dia lakukan saat ini itu tidak perlu kamu pikirkan. Rasa kepo dalam dirimu itu justru dapat membuat hatimu semakin cemas dan tidak karuan.

Bagaimana cara supaya dapat menghentikan keinginan untuk mengecek akun sosial medianya? Yakni dengan niat. Niat untuk tidak mengganggu atau mengurusi kehidupannya lagi. Niat untuk tetap menjalani move on supaya dapat melupakan kenangannya.

6. Singkirkan Barang Pemberian Mantan

Saat pacaran, kamu dan mantanmu pasti terbiasa memberikan barang couple, misalnya kaos, jam tangan, jaket, atau sepatu.

Nah, barang-barang pemberian mantanmu tersebut sebaiknya kamu simpan saja di sebuah kardus dan taruh di atas lemari atau gudang. Jangan dibuang ya, lebih baik dijadikan satu dalam sebuah wadah dan disimpan.

Ketika menata barang-barang tersebut, disertai pula niat dalam hati untuk melepaskannya.

7. Meluangkan Waktu untuk Hobi

Apabila semasa pacaran dahulu, kamu menjadi sulit melakukan hobi, kamu dapat melakukannya sekarang!

Hobi apapun itu, bisa melukis, bernyanyi, menulis cerita atau bahkan fangirling. Melalui me time yang kamu jalani tersebut, perlahan dan pasti, kamu dapat melupakannya.

Bahkan kamu juga bisa lho belajar berdandan atau berdiet supaya tubuh makin sehat. Lakukan apapun yang membuatmu senang dan merasa hebat.

Selama melakukan hobimu tersebut kamu harus tetap merasa senang, jangan merasa tertekan ya…

tombol beli buku

8. Love Yourself

Hal terpenting dalam topik Love Yourself atau mencintai diri sendiri adalah kamu harus dapat menerima segala kekurangan dan kelemahan dalam dirimu.

banner-promo-gramedia

Semua manusia itu mempunyai kekurangan, ingatlah itu.

Kamu harus lebih banyak mencintai dirimu sendiri, sebelum dapat mencintai orang lain lagi. Memang sepertinya sulit untuk dilakukan, tetapi tips ini menjadi salah satu yang paling mujarab untuk jadi obat patah hati.

9. Berhenti Menanyakan Kabar Mantan Melalui Teman

Terutama jika kamu dan mantanmu berada dalam satu lingkungan pertemanan yang sama. Kamu tidak perlu menanyakan apa dan bagaimana kabarnya melalui temanmu yang kebetulan temannya.

Setelah putus, lebih baik kamu berfokus saja kepada dirimu sendiri. Tidak perlu kepo mengenai bagaimana kabarnya.

10. Belajar Mengikhlaskannya

Tips berikutnya supaya kamu cepat move on adalah dengan belajar mengikhlaskannya. Memang tidak mudah tentu saja. Fase mengikhlaskan adalah yang paling sulit dalam upaya melupakan.

Apabila kamu merasa sedih akan dirinya, tidak apa-apa untuk menangis. Biarkan air matamu jatuh.

Setelah tangisanmu sudah reda, berniatlah dalam hati bahwa kamu tidak akan menangisinya lagi. Bahwa kamu dapat mengikhlaskannya beserta kenangannya.

Pelan-pelan saja, suatu saat pada waktunya, kamu pasti dapat mengikhlaskannya beserta kenangan yang selalu berputar dalam pikiranmu itu. Asal kamu teguh dalam upaya melupakannya tersebut.

 

tombol beli buku

11. Meningkatkan Kualitas Diri

Ketika kamu putus, waktu yang kamu miliki akan lebih banyak berfokus pada dirimu sendiri. Jika sebelumnya, waktu yang kamu miliki tersebut terbagi untuk mantanmu. Sekarang, kamu dapat mempunyai waktu yang lebih banyak untuk dirimu sendiri.

Kamu dapat mempercantik dirimu sendiri, misalnya melakukan yoga, jogging, pergi ke salon, dan lain-lain.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya dirimu setelah melalui kegagalan asmara.

12. Berhenti Mempertanyakan Mengapa Hubunganmu Berakhir

banner-promo-gramedia

Kamu tidak perlu terus-menerus berpikir mengenai mengapa hubunganmu dan dia putus begitu saja. Apalagi sampai menyalahkan diri sendiri. Itu adalah hal yang sangat tidak perlu untuk dilakukan!

Melalui pemikiran “mengapa hubunganku dan dia putus ya?” justru akan merambat sampai ke pemikiran-pemikiran yang negatif atau overthinking.

Hal tersebut justru dapat membuatmu sakit hati dan akhirnya kamu menangis. Jangan terus-menerus menangis ya, nanti kantung matamu akan semakin gelap. Kamu harus tetap tampil menakjubkan walaupun telah gagal asmaranya!

tombol beli buku

Nah, itulah beberapa tips move on yang dapat Grameds lakukan supaya dapat melupakan mantan dengan cepat. Tips tersebut akan dapat terlaksana apabila Grameds melakukannya dengan niat dari hati yang paling dalam.

Sebenarnya, tidak apa-apa apabila selama melakukan tips move on ini kamu akan mendapati rasa sedih dan menangis. Itu adalah hal yang wajar. Menangis saja jika memang rasanya begitu.

Asalkan setelah menangis, kamu bertekad kembali untuk melupakannya.

Ingat, bahwa kamu itu berharga. You deserve better!

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum