in

22 Cara Mengusir Ular yang Paling Efektif, Dijamin Ampuh!

Cara mengusir ular – Ular adalah sekelompok reptil bertubuh panjang tanpa kaki yang secara ilmiah digolongkan ke dalam subordo yaitu Serpentes, dan juga anggota ordo Squamata bersama dengan kadal. Ular tergolong hewan berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Tidak jarang reptil ini merangkak di sekitar halaman untuk mengganggu dan mengintimidasi penghuninya.

Masih banyak orang yang percaya bahwa garam adalah alat untuk mengusir ular. Faktanya, garam tidak mengusir ular. Garam hanya cocok untuk mengusir hewan berlendir. Sedangkan ular bukanlah hewan yang berlendir.

Menurut Erwandi Supriadi, koordinator Sioux Snake Rescue (SSR), penggunaan garam seringkali dibarengi dengan doa agar ular tidak datang, yakni sekadar syahadat. Lalu apa yang bisa mencegah ular masuk ke dalam rumah?

Cara mengusir ular dari rumah akan sangat membantu anda, karena keberadaan hewan melata ini sangat sangat sangat tidak terduga. Ular adalah jenis reptil yang bisa sangat beracun, yang dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan manusia.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang memungkinkan ular masuk ke rumah Anda. Letak rumah yang bersebelahan dengan alam terbuka seperti persawahan, rawa-rawa, hutan, kebun dan sungai bisa jadi penyebabnya. Ular tidak kebal terhadap hujan lebat karena mereka membanjiri lingkungan Anda.

Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, seperti mencegah bahkan mengusir ular yang masuk ke rumah Anda dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Perlu diingat bahwa sebenarnya ada banyak bahan di rumah Anda yang bisa digunakan untuk mengusir reptil beracun ini. Namun, kehati-hatian juga merupakan kunci untuk mengusir ular. Berikut cara mengusir ular dengan bahan alami yang disintesis dari berbagai sumber.

Seperti dilansir dari field ecology.com, berikut ini adalah 15 tips atau cara ampuh mengusir ular yang bisa Anda simak. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengusir Ular

1. Dengan Pembersih Lantai

Cara pertama untuk mengusir ular yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pembersih lantai seperti asam karbol. Caranya cukup dengan menuangkan asam karbol ke dalam tubuh ular, yang dapat memberikan sensasi hangat dan merusak sensor gerak ular.

Ini akan membuat ular berjalan perlahan. Namun, saat melakukan ini, Anda harus sangat berhati-hati jika ular memberikan perlawanan. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap waspada.

2. Dengan Wewangian yang Dibenci Ular

wewangian yang dibenci atau tidak disukai ular adalah langkah selanjutnya untuk menghilangkannya. Diketahui bahwa cara mengusir ular yang terkenal sejak zaman dahulu adalah dengan menggunakan garam, namun ternyata ular tidak kabur saat diberi garam.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jadi cara terbaik dan paling efektif untuk mengusir ular dari rumah adalah dengan menggunakan wewangian yang dibencinya. Menyemprotkan saja pada seseorang dengan aroma seperti pengharum ruangan atau parfum dapat menyebabkan ular menghilang secara perlahan.

3. Minyak Kayu Manis dan Minyak Cengkeh

Cara alami lain untuk mengusir ular rumah adalah dengan menggunakan kayu manis dan minyak cengkeh. Dipercaya bahwa menyemprotkan cairan campuran kayu manis dan minyak cengkeh dapat menyebabkan ular menghilang secara perlahan.

Anda juga dapat menyemprotkan campuran kedua minyak ini di berbagai sudut rumah Anda atau langsung pada ular. Berhati-hatilah untuk tidak menyemprot dari belakang ular karena ini akan membuatnya berbalik dan menyerang Anda. Diketahui bahwa mengejar ular secara alami cukup ampuh dan Anda bisa mencobanya.

4. Bubuk Belerang

Kemudian Anda juga bisa mengusir ular dari rumah dengan menggunakan bubuk belerang. Bukan hanya manusia yang tidak tahan dengan bau terbakar atau belerang ini, ular juga merasakan hal yang sama. Reptil beracun tidak menyukai bau belerang yang menyengat.

Jadi Anda bisa menaruh bubuk belerang di setiap sudut dan celah rumah. Misalnya, di dekat pintu atau celah mana pun di rumah dapat memungkinkan ular masuk.

5. Cabai

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir ular adalah bagian dari bahan masakan. Ya, cabai bisa digunakan untuk mengusir reptil beracun ini dari rumah Anda.

Untuk mengusir ular, Anda bisa menaburkan cabai di sekitar atau di sekitar rumah. Memang, cara ini mungkin terlihat agak kikuk, tetapi cara ini cukup efektif untuk mengusir ular.

6. Cara Mengusir Ular Dengan Amonia

Cara Menghilangkan Ular Lain yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan menggunakan Amonia. Satu studi menemukan bahwa reptil berbahaya ini sebenarnya tidak menyukai bau amonia yang tidak sedap.

Penyemprotan amonia di sekitar area atau menempatkannya dalam wadah dengan ular akan menjauhkan mereka.

7. Bawang Merah dan Putih

Anda juga bisa menjauhkan ular dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa digunakan dalam masakan, yaitu bawang merah dan bawang putih. Ini dikatakan efektif dalam mengusir ular, karena mereka tidak dapat mentolerir asam sulfonat yang dihasilkan oleh bawang.

Biasanya asam akan membuatmu menangis saat menembusnya. Asam juga akan bekerja pada ular dan membuatnya segera menghindarinya.

8. Hubungi Pengendali Satwa

Jika Anda tidak berpengalaman dalam menangani ular, jangan pernah berpikir untuk menangkapnya dengan tangan kosong. Anda dapat mencari bantuan dari perusahaan pengendalian satwa liar profesional. Ini adalah cara paling aman untuk mengusir ular dari rumah Anda. Perusahaan pengendali satwa liar ini sering menangkap ular dengan alat khusus dan mengembalikannya ke habitat yang lebih alami.

9. Hilangkan Sumber Makanan 

Ular sering ditemukan di tempat tinggal hewan pengerat karena itu adalah salah satu sumber makanannya. Selain itu, ular suka memangsa katak, burung, dan ikan. Jika rumah Anda telah didatangi ular berkali-kali, pertimbangkan untuk menyingkirkan hewan pemakan makanan. Setelah sumber makanan dihilangkan, ular akan bergerak mencari sumber makanan lain.

10. Menghilangkan Tempat Persembunyian

Ular menyukai tempat yang gelap dan lembab dan diketahui hidup dan bersembunyi di celah-celah dan lubang. Menghapus tempat persembunyian ini dapat membantu mencegah ular menempati ruang tertentu di rumah Anda. Periksa dengan cermat bagian luar rumah dan properti Anda dan perbaiki setiap retakan atau lubang yang Anda temukan. Perbaiki selokan, pipa, dan ventilasi yang rusak.

Selain itu, ular suka menumpuk kayu, mulsa, serpihan kayu, jerami, daun, dll. Usahakan untuk menatanya dengan rapi agar tidak menumpuk dan terabaikan.

11. Menggunakan Kamper

Naftalena adalah bahan yang ditemukan di banyak penolak ular komersial. Bahan ini juga merupakan komponen utama kapur barus. Aromanya dianggap mengiritasi ular. Coba letakkan kapur barus di lubang dan celah di mana ular bisa masuk dan merangkak masuk. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan kapur barus, terutama jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, karena kapur barus sangat beracun jika tertelan.

12. Asap

Ular memiliki indera penciuman yang tajam dan sangat sensitif terhadap bau. Salah satu bau yang tidak mereka sukai adalah asap. Anda dapat mengusir ular dengan menggali lubang dan membiarkannya berasap selama beberapa hari. Anda juga bisa melapisi daun di atas arang untuk efek yang lebih baik.

13. Memotong Rumput

Ular adalah hewan yang menyukai rumput tinggi. Hal ini dilakukan agar tidak terlihat oleh predator lain. Selain itu, sebagai hewan berdarah dingin, ular akan menggunakan rumput sebagai ruang hidup untuk menciptakan kehangatan.

14. Menyediakan Perangkap Ular

Jika Anda ingin mencoba membuat perangkap ular sendiri, letakkan tempat sampah di rumah secara terbalik atau gunakan perangkap ular yang bisa Anda temukan di toko bahan makanan.

Anda juga dapat menggunakan papan lem untuk menjebak ular secara manusiawi. Cara ini agak sedikit rumit, karena untuk mengeluarkan ular dari perangkap membutuhkan sedikit minyak sayur untuk menetralkan koloid dari tubuh ular.

Tapi satu hal yang pasti, apapun metode yang Anda gunakan untuk menangkapnya, ingatlah untuk melepaskan ular itu di tempat yang aman setelahnya.

15. Menyingkirkan Genangan Air

Tangki atau tangki air yang terpisah bisa menjadi salah satu penyebab ular masuk ke halaman atau rumah Anda. Selain itu, genangan air bisa menjadi tempat bersarang ular. Untuk ini, pastikan untuk membersihkan genangan air, terutama di dekat pagar dan area bawah lainnya.

16. Memelihara Kucing

Kucing adalah pemangsa alami ular, mereka dapat membantu Anda mengusir mereka secara efektif. Namun, Anda harus ingat bahwa tidak semua kucing memiliki keberanian yang sama.

17. Semprot Air

Jika Grameds melihat ular dan curiga bahwa itu adalah ular berbahaya karena memiliki bisa, segeralah menghubungi petugas yang berwenang.

Namun, terdapat banyak sekali jenis ular yang tidak berbisa. Jika bertemu ular, jangan membunuhnya ya, Grameds! Cobalah untuk mengusirnya pergi.

Jadi, ketika Grameds bertemu dengan ular dan ingin mengusirnya, cobalah untuk menyemprotkan air selang hingga ular tersebut pergi. Jangan gemetaran dan panik ya, Grameds!

18. Taburkan Rambut

Jika Anda ingin menghilangkannya sendiri, cara yang satu ini juga bisa! Percaya atau tidak, ular membenci kita sama seperti kita membenci mereka.

Jadi untuk mencegah ular keluar dari halaman, tunjukkan saja bahwa masih ada manusia di sekitar. Anda dapat menyelamatkan rambut rontok dari sisir dan taburan di halaman. Ular itu bisa mencium bau manusia dan akhirnya kabur.

19. Menggunakan cuka putih

Apakah Anda memiliki kolam ikan atau kolam renang dan apakah Anda sering melihat ular di sekitar? Grameds, jangan panik! Untuk menjauhkan ular atau bahkan serangga dari kolam, Anda bisa menuangkan cuka putih di sekitar kolam ikan atau kolam renang.

Perlu diketahui bahwa ular dapat menyerap cairan melalui kulitnya dan ular tentu saja tidak menyukai cuka pada kulitnya.Jadi Anda bisa menggunakan cuka putih di dapur untuk mengusir ular. Selesai makan, tapi jangan sampai balita dan hewan peliharaan Anda kehilangannya ya teman-teman!

20. Menggunakan Sapu Ijuk

Gunakan sapu untuk mengusir ular. Sisik ular telah terbukti sensitif terhadap sapu. Jika Anda menakuti ular dengan sapu, ular itu pasti akan menjauh.Anda bisa menggunakan jebakan atau perangkap ular untuk menangkap ular. Setelah ular itu terperangkap, Anda bisa mengusirnya keluar dari rumah.

21. Sarung Tangan

Jika Anda dapat menentukan bahwa ular itu tidak berbisa, Anda dapat mengenakan sarung tangan, mengambilnya, dan memindahkannya ke luar. Jika Anda hanya menemukan jejaknya, lebih baik cari tahu di mana sarangnya. Ular tersebut mungkin sudah memiliki sarang di daerah Anda.

22. Mengubah keadaan rumah

Ular mau tidak mau masuk ke rumah karena suatu alasan. Rumput tinggi, tersedia makanan atau lubang bersarang. Hubungi surat kabar Northwestern, Snake menyukai tempat yang gelap dan lembab. Ular juga dikenal sebagai hewan yang hidup di celah-celah dan lubang.

Seperti yang telah disebutkan, menghilangkan tempat persembunyian di rumah Anda dapat membantu mencegah ular datang ke rumah Anda, Grameds! Jika Anda khawatir, coba periksa rumah dengan cermat dan segera perbaiki jika ada retakan atau lubang di rumah.

Ular juga banyak ditemukan di daerah yang banyak hewan pengeratnya. Hal ini dikarenakan hewan pengerat merupakan salah satu sumber makanan bagi ular. Ular juga dikenal memakan katak, burung, tahi lalat, serangga, dan ikan. Jadi jika Anda ingin tahu cara menyingkirkan ular, Anda harus tahu apa yang terjadi di daerah Anda.

Biasanya, jika sumber makanan dihilangkan, ular akan bergerak sendiri dan mencari sumber makanan lain. Jangan lupa untuk memperbaiki pipa, talang dan saluran ventilasi yang rusak! Karena ventilasi yang rusak bisa jadi penghalang ular masuk ke dalam rumah lho, Grameds!

Ular juga bisa bersembunyi di tumpukan kayu bakar dan kompos. Jadi, selalu berhati-hati dan lindungi rumahmu ya Grameds! Untuk menjauhkan ular dari rumah Anda, segera potong rumput, simpan makanan dengan benar, dan tutup semua lubang yang bisa menjadi sarang ular. Jika situasinya tidak mungkin dan berbahaya, Anda harus segera berkonsultasi dengan spesialis.

Cara Membedakan Ular Berbisa atau Tidak

Bagi sebagian orang, melihat ular itu seperti melihat setan, ada yang perlahan menjauh darinya, ada yang langsung pergi “satu mil”, dan bahkan ada yang pingsan. Tetapi Anda harus tahu bahwa tidak semua ular berbahaya.

Menurut para peneliti dan ilmuwan, penting untuk mengetahui bahwa ular berbisa dan tidak berbisa secara fisik berbeda. Bukan hanya fitur fisik, bahkan ada banyak aspek yang dapat digunakan untuk menentukan apakah ular itu berbahaya. Ingin tahu? Ini adalah ulasannya.

Ular Agresif Tidak Berbisa

Secara umum, ular agresif umumnya tidak berbisa. Mereka hanya takut atau lekat ketika merasa tidak nyaman. Ini adalah bagaimana mereka mengusir predator.

Berbeda dengan ular yang tenang dan bergerak lambat. Ular jenis ini sebenarnya sangat berbisa. Misalnya seperti king cobra, ular ini cenderung berjalan lambat meski diganggu. Jika benar-benar diganggu, ia akan mematuk dan meninggalkan racun pada korbannya.

Keluar pada Siang Hari

Aktivitas ular tidak berbisa biasanya terjadi pada siang hari. Hampir dapat dipastikan bahwa ular itu tidak berbisa. Karena ular berbisa sering berburu di malam hari. Misalnya ular sumur. Namun ada pengecualian, king kobra juga sering berburu di siang hari.

Tidak perlu Membelit

Jika ular berbisa, ia tidak perlu dipelintir untuk membunuh mangsanya. Karena hanya dengan satu gigitan, mangsanya akan tak berdaya dan bahkan mati. Sementara itu, ular yang tidak berbisa cenderung menggeliat mangsanya sampai mati.

Bentuk Kepala

Bentuk kepala ular tidak berbisa biasanya berbentuk oval seperti telur. Dan ular berbisa memiliki kepala segitiga. Namun, penting untuk diingat bahwa ada pengecualian. Misalnya ular kobra, ular ini, meski tidak berbentuk segitiga, sangat berbahaya bagi kematian.

Jenis Gigitan

Jika Anda pernah digigit ular, carilah gigitannya. Jika meninggalkan bekas di dua tempat karena taring ular, itu jelas ular berbisa. Namun, jika gigitannya meninggalkan bekas berupa deretan gigi yang rapi (gigitannya melengkung membentuk gigi), itu tidak berbisa.

Jangan Langsung Pergi

Ular berbisa memiliki kebiasaan menunggu korbannya mati di depan mereka. Dengan demikian, setelah digigit, sejenis ular kobra akan selalu berada di tempatnya. Tidak seperti ular tidak berbisa atau berbisa rendah, mereka cenderung pergi segera setelah menggigit apa pun yang mengganggu mereka.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga artikel terkait:

23 Cara Mengusir Semut yang Paling Ampuh dan Tips-Nya!

8 Cara Mengusir Lalat serta Bahaya Lalat Bagi Kesehatan Tubuh

24 Arti Mimpi Dikejar Ular, Ternyata Menjadi Pertanda Ini!

Mengenal Ular Sanca Biru, Reptil Eksotis Berharga Mahal yang Viral!

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Pandangan Islam dan Primbon Jawa



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi