in

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Pandangan Islam dan Primbon Jawa

Marcel Burkhard.

Arti Mimpi Digigit Ular – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Islam pun beranggapan demikian. Mimpi yang baik berasal dari Allah SWT, sedangkan mimpi yang buruk berasal dari setan. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut.

Ar-ru’ya (mimpi kebaikan) berasal dari Allah SWT, sedangkan al-hulmu (mimpi buruk) berasal dari setan” (H.R. Muslim).

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Ajaran Islam

Salah satu mimpi yang kerap mendatangi banyak orang adalah mimpi digigit ular. Berdasarkan klasifikasi dari Abu al-Abbas Ahmad, mimpi digigit ular sendiri termasuk ke dalam kategori keempat, yaitu mimpi yang buruk secara lahir dan batin. Ular kerap menyimbolkan sesuatu yang jahat dan negatif. Lantas, apakah itu berarti mimpi digigit ular merupakan pertanda buruk? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

Alih-alih pertanda buruk, kebanyakan orang justru percaya mimpi digigit ular berhubungan dengan tanda-tanda datangnya jodoh. Sebagaimana dijelaskan di dalam buku berjudul Tafsir Arti Mimpi yang ditulis oleh Muhammad Kamaluddin, mimpi digigit ular merupakan pertanda bahwa mereka akan segera mendapatkan pasangan atau jodoh jika belum menikah. Bagaimana dengan orang yang sudah menikah? Tak perlu khawatir, bagi mereka yang sudah mendapatkan jodohnya, mimpi digigit ular juga bisa jadi pertanda akan memperoleh kemakmuran di dalam hidupnya.

Namun, hal ini rupanya tidak selaras dengan kepercayaan Islam. Sebaliknya, mimpi digigit ular menurut Islam justru mengisyaratkan sesuatu yang buruk akan terjadi. Ular dalam bahasa Arab disebut dangan hayyah, bentuk jamaknya adalah hayyaat. Kata hayyat serumpun dengan kata “hidup” yang dalam bahasa Arab juga disebut dengan hayaah. Ular di dalam mimpi adalah simbol yang membutuhkan penafsiran, bisa berarti musuh, negara, harta, perempuan, anak, atau sumber-sumber kehidupan lainnya.

Menurut Ibn Sirin, jika seseorang bermimpi bertemu tsa’baan (ular yang sangat besar) dalam mimpinya, sedangkan dia tidak takut menghadapinya, berarti dia akan memperoleh quwwah (kekuatan) dan dawlah (kekuasaan). Sebaliknya, jika seseorang bermimpi dan melihat di dalam mimpinya sedang memasukkan ular ke dalam rumahnya, hal itu menunjukkan adanya musuh yang ingin berbuat buruk kepadanya. Namun, jika ular yang masuk ke dalam rumah tersebut berhasil ditangkap kembali, orang yang memimpikan hal tersebut akan memperoleh keuntungan dari orang yang jahat kepadanya.

Menurut Ibn Sirin hal ini sesuai dengan firman Allah SWT berikut.

Allah SWT berfirman: “Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula” (Q.S. Thaha: 21).

Makna lain dari keberadaan ular dalam mimpi adalah jelmaan dari anak manusia. Berdasarkan pendapat dari Ibn Sirin, ketika seseorang bermimpi melihat ular berukuran kecil yang tiba-tiba keluar dari saluran kencing, maknanya dia akan dikaruniai seorang anak. Ular juga merupakan simbol dari wanita. Ketika seseorang bermimpi memukul ular dan memotong-motongnya menjadi tiga bagian, dia di dalam kehidupan nyata dianggap akan melakukan talak kepada istrinya sebanyak tiga kali.

Selanjutnya, jika seseorang bermimpi membunuh seekor ular, dia diprediksi akan menikahi seorang wanita. Dikisahkan bahwa Ibn Sirin pernah ditanya tentang seseorang yang bermimpi tentang ular yang dilihatnya di dalam mimpi.

Fulan: Aku bermimpi melihat seekor ular yang berlari dan aku mengikutinya, lalu ular itu masuk ke dalam lubangnya. Saat itu, aku tengah memegang seekor, kemudian aku menutup lubang tersebut dengan sekop.

Ibn Sirin: Apakah kamu sedang melamar seorang wanita?

Fulan: Iya.

Ibn Sirin: Sebentar lagi engkau akan menikahinya dan memperoleh warisan darinya.

Pada akhirnya, si fulan tersebut menikahi wanita yang diceritakannya dan tidak lama kemudian wanita tersebut meninggal dunia serta meninggalkan warisan sebesar 7.000 dirham.

Ibn Sirin juga menafsirkan ular sebagai musuh. Sebab, iblis terkutuk menjadikan ular sebagai sarana untuk bertemu dengan Nabi Adam As. Adapun besarnya permusuhan atau masalah tersebut biasanya disesuaikan dengan kadar patokan, ukuran, dan bisa ular yang hadir dalam mimpi. Semakin besar ukuran dan semakin banyak patokannya, semakin besar pula masalah yang akan dihadapi.

Seberapa kuat dan hebat musuh tergantung dari seberapa besar ukuran ular serta seberapa bahaya jenis ular dalam mimpi yang dialami orang tersebut. Seberapa besar bahaya musuh yang mengenai dirinya juga tergantung dari seberapa kuat ular tersebut menggigit dirinya dalam mimpinya.

Jika dalam mimpinya dia melawan serangan ular, itu berarti musuh yang menyerangnya pun akan dilawan oleh orang yang mengalami mimpi tersebut. Jika dalam mimpinya dia mampu membunuh ular tersebut, itu menandakan jika dia akan menang melawan musuhnya. Jika dalam mimpinya dia hanya melihat ular dalam keadaan sudah mati, itu berarti musuh yang hendak menyerangnya telah ditaklukkan oleh Allah SWT, sehingga keburukan yang ditujukan kepadanya tidak akan menimpa dirinya. Jika dia bermimpi tubuhnya dililit oleh ular, itu menunjukkan banyaknya teman yang sejatinya merupakan musuh bagi dirinya tanpa disadarinya (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hlm. 112).

Mengategorikan jenis musuh dalam ilmu tafsir mimpi juga dapat dilihat dari letak ular yang dialami di dalam mimpi seseorang. Jika ular yang berada di dalam berada di dalam rumah, musuh yang sebenarnya akan menyerangnya adalah seseorang dari kerabat atau saudaranya sendiri. Jika ular berada di dalam kamar pribadi atau di kasur yang ada di kamarnya, musuh yang sebenarnya akan menyerangnya adalah istrinya sendiri. Jika letak ular itu berada di luar rumahnya, musuhnya bukan dari kalangan keluarganya, tetapi orang yang ada di tempat yang jauh (Syekh Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsani, Jami’ Tafsir al-Ahlam, hlm. 193).

Ada pula yang mengatakan bahwa ular ditakwilkan dengan orang kafir atau pelaku bidah karena ular itu berbisa. Sementara itu, penakwil lain mengungkapkan jika ular merujuk kepada laki-laki pezina. Penakwilan-penakwilan tersebut menunjukkan bahwa segala mimpi yang berhubungan dengan ular menurut pandangan Islam akan mendatangkan keburukan.

Ular putih sendiri ditakwilkan dengan musuh yang paling menyulitkan, sedangkan ular hitam ditakwilkan sebagai musuh yang paling kuat. Jika bermimpi menemui segerombolan ular hitam besar, orang itu akan memimpin para prajurit dan memperoleh kerajaan yang besar.

Selain penafsiran di atas, ada pula yang menafsirkan mimpi tentang ular berdasarkan tempat gigitannya. Jika ular yang berada di dalam mimpinya menggigit tangan kanan, itu berarti dia akan mendapatkan uang yang sangat banyak. Jika ular menggigit tangan kirinya, itu berarti dia telah banyak melakukan kesalahan atau dosa. Jika ular menggigit kepalanya, itu berarti dia akan mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya yang disebabkan oleh keputusan yang keliru atau tergesa-gesa dalam mengambil sikap.

Sebagaimana orang pada umumnya, Ibn Sirin dan penafsir yang lain adakalanya salah dalam memberikan takwil terhadap sebuah mimpi. Penafsirannya bisa jadi berbeda dengan penafsiran ulama lain atau bisa juga ular yang sama di dalam mimpi seseorang yang berbeda memiliki makna yang berbeda, semuanya tidak bisa digeneralisir sedemikian rupa. Oleh sebab itu, tidak tepat dikatakan bahwa seluruh prediksi Ibn Sirin dan penafsir lain pasti akan terjadi karena yang menentukan segalanya adalah Allah SWT.

Berdasarkan beraneka ragamnya tafsir mimpi dari digigit ular di atas, hendaknya kita selalu waspada tatkala mengalami salah satu dari berbagai kategori mimpi tentang digigit ular seperti yang dijelaskan di atas. Kita harus tetap selalu berikhtiar dan berdoa agar keburukan dari mimpi yang kita alami dapat tercegah dan tidak menimpa kepada keluarga atau diri kita.

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Primbon Jawa

Sementara itu, berikut penafsiran mimpi digigit ular berdasarkan primbon Jawa.

1. Digigit Ular di Kaki

Arti mimpi digigit ular kecil ini bisa berkaitan dengan asmara atau percintaan. Menurut primbon Jawa, ketika kalian bermimpi digigit ular di bagian kaki, ditafsirkan bahwa kisah percintaan yang sedang berjalan akan terhambat. Faktor penghambat dalam hubungan ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal, mulai dari keluarga, teman, perbedaan latar belakang, dan lain sebagainya.

2. Digigit Ular Kobra

Arti mimpi digigit ular yang berikutnya adalah ketika digigit ular kobra. Banyak yang memercayai bahwa ini merupakan pertanda buruk. Sebab, ular kobra termasuk jenis ular berbisa yang mematikan. Arti mimpi digigit ular kobra juga sering kali dikaitkan dengan perasaan iri dan dengki yang datang dari orang lain. Jika kalian bermimpi tentang hal ini, bisa jadi ada orang lain yang sedang merasa iri dengan pencapaian, kebahagiaan, atau apa pun yang terjadi dalam hidup kalian.

3. Digigit Ular Berbisa

Arti mimpi digigit ular menurut primbon Jawa lainnya adalah ketika digigit oleh ular berbisa. Menurut primbon Jawa, digigit ular berbisa bisa menjadi peringatan bahwa ada seseorang yang ingin menjahili kalian. Biasanya hal ini juga datang dari perasaan iri dan benci atas pencapaian atau kesuksesan yang sedang kalian dapatkan.

4. Digigit Banyak Ular

Selanjutnya, jika kalian mengalami mimpi digigit ular banyak. Mimpi ini sering dikaitkan dengan banyak orang yang tertarik untuk mendekati kalian. Dengan kata lain, jika kalian bermimpi digigit ular dengan jumlah banyak, bisa jadi banyak orang sedang berusaha mendekati dan membuat kalian suka kepadanya.

5. Digigit Ular yang Melilit di Tubuh

Berikutnya, arti mimpi digigit ular yang melilit di tubuh merupakan pertanda yang kurang baik. Mimpi ini dikaitkan dengan hubungan percintaan dengan pasangan. Kalian mungkin akan mengalami masalah dengan pasangan, baik itu bertengkar hebat atau salah satu pasangan selingkuh dengan orang lain. Bisa dipercaya bisa tidak, yang terpenting kalian perlu berkomunikasi dengan baik bersama pasangan dalam menghadapi setiap masalah.

6. Digigit Ular yang Meloncat

Terakhir, digigit ular yang loncat. Menurut primbon Jawa, digigit ular yang loncat juga bisa menjadi pertanda buruk. Ketika kalian mengalami mimpi ini, mungkin akan mendapatkan kabar buruk dari seseorang. Kabar buruk tersebut dikatakan bisa membuat kalian stres dan merasa frustasi dengan apa yang terjadi. Kalian dalam hal ini sebaiknya terus berdoa untuk memohon perlindungan dari berbagai musibah dan kabar buruk yang mungkin akan terjadi.

Rujukan

BACA JUGA:

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Sejarah, Hikmah, dan Tabir Mimpi

2. 200 Quotes Pembingkai Mimpi

3. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien