in ,

Kenali Cara Mengikhlaskan Seseorang yang Bukan Jodoh Kita

pixabay.com

Cara Mengikhlaskan Seseorang – Move on sebagai suatu istilah yang berkaitan dengan proses penyembuhan karena cinta. Kata move on sendiri dikaitkan dengan kenangan mantan saat menjalin hubungan. Selain itu, sebagian orang juga beranggapan bahwa kata ini berkaitan erat dengan hubungan masa lalu yang sulit dilupakan.

Move on juga merupakan cara untuk melupakan hubungan masa lalu dengan mantan kekasih. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melupakan masa lalu serta melanjutkan hidup. Berikut di bawah ini adalah beberapa penjelasan tentang cara mengikhlaskan seseorang yang bukan jodoh kita. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Pengertian Move On

Cara Mengikhlaskan Seseorang
pixabay.com

Menurut kamus Cambridge, move on adalah meninggalkan tempatmu tinggal, lalu pergi ke tempat lain. Selain itu, kata move on juga menurut kamus Cambridge menjelaskan tentang cara seseorang untuk meninggalkan hal-hal lama. Contoh kalimat move on dalam bahasa Inggris diantaranya adalah I’ve lived in this town long enough – it’s time to move on. Artinya, aku sudah terlalu lama tinggal di kota ini, saatnya untuk berpindah.

Dalam sebuah hubungan, move on juga dapat dikaitkan dengan hubungan asmara. Seseorang bisa juga merasa kesulitan dalam melupakan masa lalu dalam beberapa bulan hingga bertahun-tahun. Putus cinta juga menyebabkan seseorang ketakutan dengan hubungan asmara di masa lalunya. Move on juga menjadi sebuah cara untuk melupakan serta mengambil hikmah karena putus cinta.

Cara Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam

Cara Mengikhlaskan Seseorang
pixabay.com

1. Menyadarkan Diri Sendiri

Cara move on secara Islami yang pertama ialah menyadari diri sendiri bahwa berpacaran adalah suatu tindakan yang salah. Dalam Islam, kita kemudian mengetahui bahwa pacaran itu tidak dibenarkan, karena dapat juga menjadi langkah awal dari timbulnya perbuatan zina.

”Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina adalah perbuatan yang sangat keji. Dan suatu jalan yang buruk”. (Q.S. Al-Israa’: 32).

Rasulullah SAW juga pernah bersabda: “Allah telah menentukannya bagi anak Adam bagiannya dari zina yang kemudian pasti dia lakukan. Zinanya mata ialah melihat (dengan syahwat), zinanya lidah ialah dengan mengucapkan atau berbicara (dengan syahwat), zinanya hati ialah mengharap serta menginginkan (pemenuhan nafsu syahwat), maka farji (kemaluan) yang kemudian membenarkan ataupun mendustakannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Shalat Taubat

Cara move on secara Islami yang kedua ialah dengan mengerjakan shalat taubat. Sebelum memulai hijrah, ada baiknya jika kamu kemudian meminta ampun kepada Allah SWT atas apa yang telah dilakukan selama ini. Niatkan taubat ini juga dengan sungguh-sungguh.

“Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang kemudian melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah juga akan mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang kemudian Maha Pengampun dan Maha Penyayang”. (Q.S. Az-Zumar: 53).

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, serta berserah dirilah kepada-Nya sebelum datangnya azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)”. (Q.S. Az-Zumar: 54).

3. Yakin pada Keputusan Allah SWT

Cara move on secara Islami yang ketiga ialah dengan yakin bahwa setiap kejadian ini terjadi atas izin Allah SWT. Dan setiap keputusan yang Allah SWT buat ialah sebaik-baiknya keputusan. Menghibur dan membuatmu tertawa, begitu juga dengan pengalaman putus cinta ini. Kamu juga harus yakin bahwa putus dari pacar merupakan tanda kasih sayang dari Allah karena kemudian telah menyelamatkanmu dari zina. Oleh karena itu, meskipun awalnya terasa berat, namun kamu harus tetap bersyukur atas ketetapan yang Allah SWT tentukan.

“Boleh jadi kamu kemudian membenci sesuatu, padahal ia juga sangat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu juga menyukai sesuatu, padahal ia juga amat buruk bagimu; Allah kemudian mengetahui, sedang kamu tak saling mengetahui”. (Q.S. Al-Baqarah: 216).

4. Banyak Berdzikir

Cara move on secara Islami berikutnya adalah dengan banyak berdzikir. Ketika hati kita mengalami kekecewaan serta kesedihan, cobalah untuk berdzikir dengan menyebut nama Allah SWT. Dengan berdzikir, hati yang sedih akan berangsur menjadi lebih tenang. Berdzikir juga akan membuat kita menjadi lebih bersyukur atas apapun yang terjadi.

”Sesungguhnya laki-laki serta perempuan yang muslim, laki-laki serta perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap juga dalam ketaatannya, laki-laki serta perempuan yang benar, laki-laki serta perempuan yang sabar, laki-laki serta perempuan yang khusyu’, laki-laki serta perempuan yang bersedekah, laki-laki serta perempuan yang berpuasa, laki-laki serta perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki serta perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah juga telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (Q.S. Al-Ahzaab: 35).

5. Menyibukkan Diri

Cara move on secara Islami yang berikutnya adalah dengan menyibukkan diri. Untuk kemudian menghilangkan pikiran kepada mantan, sebaiknya lakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan ini juga akan membuat fokus pikiranmu akan teralihkan dan lama-kelamaan akan membuatmu tidak memiliki waktu untuk memikirkannya.

Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan. Mengikuti pengajian rutin, mengisi hari dengan cara mempelajari agama, terlibat juga dalam kegiatan sosial, atau menjaga tubuh dengan berolahraga. Ibnu Qayyim Al Jauziyah juga pernah berkata, “Siapapun yang tak menyibukkan diri dengan berbagai hal yang bermanfaat, pasti ia juga akan menyibukkan diri dengan hal yang sia-sia”.

6. Memperbanyak Ibadah

Cara move on menurut Islam selanjutnya adalah dengan cara beribadah. Cara ini juga dapat menjadi solusi yang paling baik, karena kemudian kita telah terlalu banyak melakukan dosa. Saat putus cintalah mungkin waktu yang tepat untuk mengumpulkan pahala dan memperbanyak ibadah.

Beribadah juga dapat menjadi cara untuk mengingat Tuhan, bahwa segala sesuatu telah menjadi kehendak-Nya. Perbaiki juga ibadahmu, maka Allah SWT akan turut memperbaiki hidupmu, baik itu ibadah wajib atau sunnah.

Jika sebelumnya kamu hanya mengerjakan ibadah wajib, tingkatkan sedikit demi sedikit dengan cara menambah ibadah sunnah. Dengan demikian, hari-hari yang dilalui pun akan dipenuhi dengan berkah dan juga lebih bermanfaat.

7. Taaruf dan Menikah

Cara move on secara Islami yang terakhir ialah dengan menikah. Jika kamu merasa sudah mampu, maka tidak ada salahnya untuk segera melakukan taaruf serta menikah.

“Wahai sekalian pemuda, barangsiapa yang telah mampu untuk menikah maka hendaklah kamu segera menikah. Barangsiapa yang belum mampu, maka hendaklah juga berpuasa karena puasa dapat menahan dirinya dari ketergelinciran perbuatan zina”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Tidak ada obat termujarab dari orang yang tengah dimabuk cinta selain dengan pernikahan. Niatkan juga bahwa kamu akan menikah karena ingin mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT. Dengan pasangan halal serta ikatan yang sah ini, dapat membuat kamu cepat move on dari kegalauan.

Cara Mengikhlaskan Seseorang yang Bukan Jodoh Kita

Cara Mengikhlaskan Seseorang
pixabay.com

Belajar untuk mengikhlaskan orang lain bisa dibilang akan selalu berkaitan dengan kondisi psikologi seseorang. Oleh sebab itu, sudah seharusnya agar kita lebih cepat mengikhlaskan seseorang agar bisa damai menjalani hidup. Berikut ini ialah beberapa langkah yang akan membantumu move on dari keterpurukan setelah putus cinta, atau move on dari hubungan yang buruk.

1. Hubungi Teman Lama

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood kembali adalah dengan bertemu dengan teman-teman lama. Hal ini juga akan menyegarkan kembali kepala serta perasaanmu. Teman lama juga memiliki caranya tersendiri untuk membuatmu tersenyum, yang pada kenyataannya adalah definisi dari ‘move on’ terbaik. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam move on dari mantan.

2. Carilah Teman Baru

Kenalilah lebih banyak orang atau bisa dibilang jangan mencoba untuk membatasi diri ke dalam kotak emosi serta perasaan tertekan. Saat move on dari suatu hubungan, sebaiknya cobalah juga untuk bersosialisasi dengan orang-orang di tempat kerja maupun di lingkungan.

Kamu bahkan bisa mendapatkan teman baru di media sosial, tentunya dengan cara memperhatikan keselamatan terlebih dahulu. Kamu tak pernah tahu siapa yang memiliki minat yang sama denganmu tanpa kecuali. Kamu dapat berusaha untuk mengenal mereka.

Selain itu, jika kamu belum siap untuk mendapatkan pertemuan romantis dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk mencari teman baru yang dapat kamu hubungi untuk tertawa terbahak-bahak, melakukan hobi bersama, serta berbagi emosi.

3. Gunakanlah Bantuan Profesional

Jika kamu merasa tidak nyaman mendiskusikan masalah dengan teman ataupun keluarga, kamu dapat mencari bantuan profesional. Bicaralah juga dengan seorang profesional yang dapat memandumu tentang berbagai hal, termasuk diantaranya cara move on.

Sama sekali tidak ada salahnya dalam mencari bantuan serta seseorang tidak perlu merasa malu untuk kemudian melakukannya. Konseling juga dapat membantu mengungkap secara sistematis masalah mendasar yang tidak kamu sadari. Seorang terapis ataupun konselor dapat membantumu untuk mengatasi emosi beracun serta membekalimu agar dapat mengatasinya secara efektif, bahkan di masa depan. Jadi, jangan ragu untuk pergi ke psikolog atau psikiater ketika ingin move on.

4. Menangislah

Setiap orang kemudian memiliki mekanisme koping mereka sendiri saat pindah dari suatu hubungan. Jika kamu baru saja mengalami perpisahan yang buruk, kamu juga dapat berduka dengan cara apa pun yang kamu suka. Jangan pedulikan siapa pun. Termasuk diantaranya menangis apalagi jika itu membantumu dalam melampiaskannya, lakukan saja.

Namun, pastikan kamu tidak tenggelam dalam kesedihan yang dalam. Jika kamu menangis selama beberapa waktu, segera cari bantuan, dapat dengan menghubungi teman ataupun keluarga. Lakukan segala upaya untuk keluar dari kondisi melankolis ini.

5. Lakukan banyak hal yang membuat kita bahagia

Jika kamu memiliki waktu luang, cobalah mencari sesuatu yang membuatmu sibuk. Temukan juga berbagai hobi baru dan habiskan lebih banyak waktu untuk kemudian melakukannya daripada duduk diam dan merajuk.

Lakukan juga hal-hal yang membuatmu bahagia. Ini akan membantumu dalam mengalihkan perhatianmu dan akan memudahkan untuk move on. Kamu bahkan dapat merencanakan perjalanan sendiri ataupun perjalanan dengan sahabat ke beberapa lokasi yang menakjubkan agar dapat memperbarui kekuatanmu.

6. Penerimaan

Kamu sudah terlalu lama bersedih. Sudah saatnya kamu berhenti dan melanjutkan hidup. Kamu perlu keluar dari hal negatif serta menerima bahwa hubungan yang pernah kamu miliki dengan orang yang dulunya spesial sudah tak ada lagi. Pengakuan akan adanya kenyataan pahit ini sangat penting jika kamu ingin melanjutkan hidup.

Demikian pembahasan tentang cara mengikhlaskan seseorang menurut pandangan Islam, dan dari sisi psikologi. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait yang Wajib Kamu Baca

1. Move Up Tak Lagi Sekedar Move On

Cara Mengikhlaskan Seseorang

Menyedihkan memang, jika cinta kita tak lagi dirasa oleh seseorang yang masih saja special di hati. Tapi apa boleh buat, tak ada pilihan lain selain menyemangati diri sendiri dan meyakinkan hati bahwa ini adalah yang terindah. Hidup ini indah kawan dan hidupmu jauh lebih indah daripada sakit hati.

So jangan biarkan diri berlarut dalam kesedihan panjang yang tak lagi berguna. Kini saatnya Move on! Jika masalah adalah sebuah kepastian, maka bergerak adalah sebuah kebutuhan, kini saatnya Move on, bergerak dan menikmati setiap detik dengan penuh makna, bergerak, dan terus bergerak menukar kesedihan dengan kebahagiaan.

Semua hanyalah soal perasaan dan apa yang dirasa. Sejatinya tak ada kesedihan tanpa di rasa, begitupun tak ada kebahagiaan yang tak dirasa. Jadi, tersenyumlah karena di depan masih terbentang harapan indah untukmu sobat.

Buat kamu yang lagi galau, putus cinta, gagal move on atau segala macamnya deh, tidak ada cara selain membaca buku ini. Buku ini hadir dengan sensasi penuh warna, bagaimana tidak? Karena semua disajikan secara tuntas dan lugas. Mengupas habis seluk beluk tentang move on dan serba-serbinya, mulai dari permasalahan, kenapa terjadi dan solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

2. Gue Tantang Loe Move On

Cara Mengikhlaskan Seseorang

“Move on” sering dianggap sebagai orang-orang yang sudah berhasil melakukan proses “perpindahan hati” dari satu orang ke orang yang lain. Contohnya: si A yang sempat berpacaran dengan si B, harus putus, dan selang beberapa waktu berhasil memiliki pasangan baru. Proses itulah yang orang-orang amini sebagai makna dari frasa move on.

Tapi benarkah move on hanya berkutat pada permasalahan relasi antara seseorang dengan mantan kekasihnya di masa lalu? Melalui buku ini penulis akan mengajak teman-teman sekalian untuk melakukan perjalanan rasa.

Semoga buku ni bisa menstimulasi seluruh pembaca untuk melakukan redefinisi patah hati, kehilangan, menyelesaikan, dan menemukan, serta banyak hal lain yang sering dikait-kaitkan dengan move on itu sendiri. Sudah siap? Karena berkutat dengan masa lalu, seindah apa pun itu, melelahkan.

3. Shut Up, Move On (Edisi 2020) Panduan Terus Terang untuk Sukses dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Seseorang

Selama satu dekade, prinsip-prinsip Shut Up, Move On (S.U.M.O.) telah teruji oleh waktu dan terus membantu ribuan orang di seluruh dunia menemukan kepercayaan diri dan memotivasi untuk berubah.

Jadi sekaranglah waktunya bagi Kamu untuk belajar cara Shut Up, Move On dan menghadapi tantangan-tantangan hidup secara lebih berarti. S.U.M.O. menunjukkan bahwa dengan mengambil tanggung jawab, Kamu bisa melengkapi potensi Kamu, meraih peluang, menikmati hubungan, sukses di tempat kerja, dan mampu mengelola situasi-situasi yang menantang dengan sikap positif.

Khusus untuk edisi spesial ulang tahun ke-10, buku ini ditambahkan kisah-kisah baru dan update di dalamnya. Buku laris Paul McGee ini akan menunjukkan kepada Kamu cara untuk:

  • Menciptakan dan menikmati hidup yang gemilang
  • Mengubah respons Kamu terhadap masalah-masalah hidup
  • Mengambil tanggung jawab atas hidup Kamu sendiri dan menghindarkan diri menjadi korban
  • Mengejar kembali kemunduran-kemunduran yang terjadi dalam hidup dan berhenti menunda-nunda
  • Meningkatkan pemahaman dan kesadaran kamu akan dunia orang lain

Jika kamu ingin mencari buku tentang psikologi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Cara Move On Terbaik dari Seseorang, Bukan Hanya Tentang Melupakan 
  2. 22 Cara Move On dari Mantan yang Ampuh 
  3. 12 Tips Move On dari Mantan 
  4. Cara Move On dari Gebetan Agar Hidup Kembali Indah 
  5. 7 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan dan Cara Move On
  6. 19 Cara Melewati Masa Putus Cinta dan Move On yang Ampuh 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda