in

19 Cara Melewati Masa Putus Cinta dan Move On yang Ampuh!

pixabay.com

Cara Melewati Masa Putus Cinta – Beberapa manusia mungkin memiliki satu atau dua hubungan yang cukup intim dengan orang lain selain orang tua atau keluarga. Hubungan tersebut sering kali termasuk dalam hubungan cinta. Bagi seseorang yang sedang merasakan cinta, ada pepatah yang mengatakan bahwa serasa dunia milik berdua, hal ini menandakan bahwa jatuh cinta itu indah dan romantis.

Cinta adalah suatu emosi dari afeksi yang kuat serta rasa ketertarikan antar pribadi. Cinta juga bisa diartikan sebagai perasaan yang ada didalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya.

Ada pula yang berpendapat bahwa cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

Selain itu, cinta juga bisa dibilang sebagai rasa suka, sayang, rindu, terpikat, ingin sekali, berharap, khawatir dan sebagainya. Cinta tentunya hadir pada masing-masing individu, akan tetapi terdapat cara yang berbeda-beda dalam mengungkapkan.

Cinta antar pribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orang tua dengan anak, cinta keluarga, cinta dengan istri atau suami serta anak-anaknya, dan juga persahabatan yang sangat erat namun tidak keluar dari ajaran-ajaran agama.

Jatuh cinta pada seseorang hingga menjalin sebuah hubungan cinta sering kali memberikan kejutan. Jika beruntung, Anda mungkin akan terus menjalin hubungan hingga naik ke pelaminan dengan pasangan terkasih. Akan tetapi, banyak juga pasangan yang hubungannya harus kandas di tengah jalan.

Oleh sebab itu, bisa dibilang kalau dalam dunia percintaan, bukan hanya kesenangan, tetapi terdapat fase yang juga tidak menyenangkan yang akan terjadi seperti halnya putus cinta. Patah hati merupakan hal umum, yang dirasakan setelah putus cinta. Putusnya sebuah hubungan merupakan suatu hal wajar dan dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kepribadian yang mulai tidak cocok, sampai perbedaan pandangan hidup.

Rasa sedih, kecewa, marah dan bahkan kesepian pasti akan meliputi perasaan waktu Anda ditinggal atau dikecewakan pasangan. Namun, kalau Anda biarkan terlalu lama, patah hati dapat memicu masalah kesehatan mental, misalnya depresi.

Pada saat putus cinta itu adalah hal yang paling tidak menyenangkan tetapi harus dihadapi walaupun itu pahit. Mau tidak mau kita harus bisa menerimanya dengan ikhlas. Setiap orang punya cara tersendiri untuk melewati masa putus cinta, move on dari mantan dan melupakan semua tentangnya.

Namun, terkadang tidak sedikit orang yang belum mengetahui secara pasti bagaimana caranya melewati putus cinta agar lebih tenang dalam menjalani kehidupan ini. Jangan cemas, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara melewati putus cinta yang bisa Anda terapkan.

Cara Melewati Masa Putus Cinta

Cara Melewati Masa Putus Cinta yang Ampuh

Cara Melewati Masa Putus Cinta
pixabay.com

Rasa kesepian, galau, kecewa atau bahkan merasa kosong, merupakan hal yang lumrah dialami oleh orang baru saja putus cinta. Mencoba move on, kemudian berusaha membangun hubungan baru merupakan proses yang berbeda untuk setiap orang. Tidak ada yang dapat menjamin berapa lama dan berusaha bagaimana seseorang bisa cepat pulih dari patah hati.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Akan tetapi, ada beberapa cara atau tips yang bisa Anda coba untuk bangkit kembali dari keterpurukan karena patah hati. Dengan begitu, emosi yang Anda rasakan dapat segera pulih dan tidak sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.

Berikut ini beberapa cara melewati masa putus cinta

1. Mencoba Menerima Kenyataan

Perasaan sedih yang mendalam tentunya dialami oleh seseorang yang baru saja putus cinta. Emosi yang dirasakan akan lebih sulit dikontrol apabila sedang putus cinta.

Jika Anda ingin menangis, maka menangislah. Luapkan emosi pada saat Anda merasakan putus cinta, tetapi meluapkan dengan cara yang wajar. Jangan menggunakan cara yang berbahaya. Apabila Anda butuh waktu untuk menyendiri, maka lakukanlah. Akan tetapi, Anda juga harus menentukan ke diri sendiri berapa lama waktunya.

Jangan terlalu lama untuk memendam perasaan sedih. Jangan sampai hal itu malah terus menerus dan mengganggu aktivitas atau pekerjaan Anda.

Pertama, Anda harus bisa menerima kenyataan jika Anda sudah putus dari pasangan. Menerima keadaan dan tidak hidup dalam khayalan suatu hari keadaan akan membaik dan mantan akan kembali.

Cobalah untuk terima situasi saat ini dan beri diri sendiri waktu untuk melewati masa putus cinta. Anda hanya bisa melepaskannya setelah menerima hubungan ini tidak akan pernah berhasil.

2. Biarkan Diri Berduka

Kita memang tidak harus selalu terlihat baik-baik saja. Terima dan coba kelola emosi Anda, jangan menyembunyikan perasaan sedih tersebut. Luapkan emosi bahwa Anda sudah berduka.

Mengatasi kesedihan dan rasa sakit hati adalah langkah untuk penyembuhan. Jika kesal, menangislah atau luangkan waktu untuk memproses kenyataan itu. Biarkan pikiran Anda untuk melupakannya sedikit demi sedikit dalam keadaan berduka tersebut.

Sementara itu, kelilingi diri dengan orang yang Anda cintai yang membuat Anda merasa berharga dan dihargai. Mungkin ada perasaan ditinggalkan atau terluka setelah putus cinta.

3. Jangan Memaksa untuk Tetap Bertahan

Jangan memaksakan diri terhadap apa yang tidak dimaksudkan untuk Anda. Jika dia bukan jodoh Anda, mungkin yang terbaik adalah membiarkannya pergi dan melanjutkan. Jangan biarkan masa lalu Anda merusak masa kini Anda karena berpegang pada sesuatu yang tidak akan bertahan selamanya.

Cara Melewati Masa Putus Cinta

4. Beri Waktu Diri Sendiri untuk Istirahat

Beri waktu untuk kita merenung sebentar dan jangan terburu-buru. Karena jika terburu-buru juga pun akan menyebabkan keputusan atau langkah tidak baik. Seseorang seharusnya tidak pernah terburu-buru dengan perasaan mereka.

Jangan pula berupaya agar Anda terlihat baik-baik saja, walaupun sebenarnya tidak. Butuh waktu untuk melewati masa putus cinta, sehingga Anda bisa mengambil waktu sebanyak yang diinginkan untuk sembuh dan kembali.

5. Tahan dan Kelola Emosi

Setiap emosi yang Anda alami, belajarlah untuk menahan serta mengelola emosi Anda. Jangan abaikan perasaan Anda sendiri. Menjadi rentan pada tahap ini adalah normal dan Anda tidak harus selalu menunjukkan ketegaran Anda. Tidak apa-apa untuk mengalami kehancuran. Rangkullah rasa sakit yang Anda hadapi seluruh prosesnya. Setelah mencapai titik terendah, Anda akan naik.

6. Analisis Aspek Positif

Seperti biasa, memikirkan aspek positif dari putus cinta pasti akan membantu Anda merasa lebih baik. Jangan merasakan Anda mengasihi diri sendiri, baik itu untuk kesucian Anda sendiri atau untuk perpindahan karier yang Anda kerjakan sekarang, berfokus pada keuntungan dan sisi positif akan membantu Anda mengurangi rasa kasihan pada diri sendiri.

7. Jauhkan Diri dari Mantan

Hal terpenting yang harus dilakukan segera setelah putus cinta adalah memutuskan semua komunikasi dengan mantan. Jangan tergoda untuk mengirim pesan atau menelepon dirinya. Itu mungkin memberi Anda rasa kebahagiaan sementara, tetapi itu akan merusak segalanya dalam jangka panjang.

Jangan menjadi orang yang tetap berhubungan dengan mantan pasangan saat masih mencoba untuk memulihkan diri, karena itu adalah hal penting untuk bisa move on. Berkomunikasi dan berbicara dengan mereka melalui telepon, SMS atau bahkan melihat postingan media sosial mereka bisa membuat Anda merasa sakit hati dan sedih. Jadi, jika Anda sedang dalam proses untuk untuk melupakan mantan, sebaiknya segera hentikan semua alat komunikasi.

8. Pertimbangkan untuk Berkencan

Kencan kasual tidak ada salahnya. Alih-alih, itu akan mengalihkan perhatian dari siklus kesedihan saat ini yang Anda alami. Anda bisa pergi kencan kecil dan bertemu orang baru dengan harapan bisa bahagia menetap dalam suatu hubungan sekali lagi.

Namun, pertimbangkan untuk mengambil langkah ini hanya jika Anda sudah siap secara emosional untuk meninggalkan mantan. Selain itu, beberapa aktivitas positif ini juga mungkin bisa Anda lakukan untuk melewati masa putus cinta.

9. Terapi Uuntuk Lebih Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Dalam keadaan bersedih ada baiknya Anda untuk sering curhat dengan Tuhan, dan juga beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan. Hal itu juga digunakan untuk minta petunjuk yang terbaik kepada Tuhan.

10. Terapi Musik

Dengarkan musik favorit dan pasang headphone. Menurut sebuah studi, dengan melakukan hal ini, maka efektif dalam menciptakan semangat seseorang menurut pendapat Harvard Business Review, terutama bagi seseorang yang lagi patah hati.

Ada baiknya, Anda mendengarkan musik dengan irama cepat untuk merangsang semangat Anda. Jangan mendengarkan lagu dengan lirik sedih karena hal itu bisa memberikan pengaruh buruk pada pikiran atau mood Anda.

Cara Melewati Masa Putus Cinta

11. Olahraga

Untuk cara yang lainnya melewati masa galau karena putus cinta, Anda harus memperbanyak gerak. Cara yang termudah adalah olahraga. Contohnya naik turun tangga atau berjalan cepat di pagi atau sore hari. Sesekali pergi ke gym atau kegiatan positif lainnya, misalnya berenang, berkebun, menulis dan yoga yang dipercaya sebagai langkah meditasi ringan.

12. Tertawa

Tertawa keras bisa membebaskan dari stres. Bila mengalami patah hati dan akhirnya stres maka tubuh memicu pelepasan glukosa ekstra yang akan diubah menjadi insulin. Hal ini pada gilirannya akan disimpan sebagai lemak jahat. Nonton film komedi atau membaca komik lelucon yang akan memicu tertawa Anda. Maka tertawalah sekencang kencangnya.

13. Bersosialisasi

Jika sosialisasi yang Anda lakukan lebih sering maka itu akan membuat bugar secara mental. Cocok untuk seseorang yang sedang patah hati. Menurut sebuah studi, sosialisasi ini efektif dan bertindak sebagai latihan mental dalam meningkatkan daya ingat dan kinerja intelektual. Bersosialisasi dengan sering tentu akan menambah wawasan tentang apapun.

14. Jangan Gengsi Mengakui Rasa Sedih Anda

Pada saat baru saja putus cinta maka setiap orang sudah pasti akan merasakan perasaan sedih yang mendalam. Alih-alih mengakui perasaan sedih untuk sebagian orang justru memilih menyangkal rasa sakit hati dengan berpura-pura tegar.

Untuk melewati masa putus cinta dan menyangkal seperti itu tentu bukanlah hal baik justru kita harus mengakui perasaan sedih yang menyelimuti. Menangislah jika ingin menangis; menyendirilah jika ingin menyendiri; namun ingat, Anda harus menentukan berapa lama waktunya.

15. Hindari Stalking Mantan

Cobaan yang terbesar adalah stalking mantan lewat media sosial pada saat putus cinta. Dalam hal ini akan membuat Anda menjadi ingat perasaan negatif dan membuat Anda jadi susah untuk move on. Selain tidak boleh membuka akun media sosial mantan.

Anda mungkin juga bisa sekalian melakukan detoks media sosial, untuk menghindari informasi apapun yang bisa mengingatkan Anda dengan mantan. Anda akan kecanduan untuk mengetahui bagaimana kondisi mantanmu. Waktunya bisa Anda pakai untuk mencari distraksi lain yang bisa bikin hati Anda senang.

16. Hubungi Orang yang Dapat Memberi Dukungan

Pada saat memasuki fase putus cinta, ada baiknya Anda menghubungi support system yang Anda miliki atau setidaknya orang terpercaya. orang terpercaya yang bisa memberikan dukungan untuk melewati masa-masa susah seperti putus cinta merupakan orang yang perlu Anda hubungi.

Orang tersebut bisa sahabat, keluarga, atau rekan kerja yang Anda percaya. Berbicara dengan orang lain dan melewatkan emosi sangat berguna buat Anda untuk menghadapi masa suram tersebut. Kepada orang tersebut, Anda bisa mencurahkan isi hati untuk meringankan beban pikiran dan menjaga kesehatan mental.

17. Belajarlah untuk Merelakan

Cara melewati masa putus cinta yang selanjutnya Anda harus belajar merelakan dan ikhlas. Hal ini memang bukan sesuatu yang gampang, tetapi merelakan atau melepaskan adalah fase paling krusial dan susah dalam setiap hubungan.

Ada terlalu banyak memori dan Anda merasa untuk melupakan setiap kenangan ini terasa tidak mungkin. Anda merasa sudah terlalu banyak menginvestasikan waktu, tenaga, dan air mata untuk membuat hubungan berhasil hanya untuk waktu sebentar.

Anda juga tetap harus memikirkan diri sendiri. Anda tentunya juga harus menghormati dan menghargai diri sendiri lebih dari siapapun. Jangan bergantung pada orang yang tidak menghargai Anda apalagi sampai menyakiti Anda, maka Anda harus dapat belajar untuk melupakannya.

Belajar melupakan adalah cara melewati masa putus cinta yang paling sederhana dan efektif, tapi sangat susah dilakukan. Dalam tahap merelakan, selalu ingat bahwa Anda harus tetap memikirkan dan menghargai diri sendiri lebih dari siapapun.

18. Cari Kesibukan Lain

Saat baru putus cinta, satu hal yang perlu Anda sadari adalah Anda tidak perlu lagi membagi pikiran untuk memperhatikan orang lain. Putus cinta berarti Anda tidak perlu lagi membagi pikiran untuk memperhatikan orang lain, sekaligus tidak perlu memberi kabar kepada pasangan mengenai apa pun yang sedang Anda lakukan.

Dengan begitu, Anda dapat mulai fokus pada kebutuhan Anda. Mulailah dengan melakukan hobi yang sudah lama terlupakan atau bisa belajar hal baru. Contohnya, belajar masak, belajar gitar dan mengunjungi tempat-tempat baru. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk fokus terhadap dirimu sendiri. Cobalah untuk mencari kesibukan lain dengan mengembangkan hobi yang Anda miliki.

19. Jangan Sendirian

Anda mungkin akan merasa dunia Anda hancur dan tidak ada lagi arti untuk hidup. Depresi merupakan salah satu dampak umum dari patah hati. Untuk mengatasi rasa depresi tersebut, cobalah untuk selalu berada di sekitar orang lain. Anda bisa berkumpul dengan teman atau keluarga untuk menghalau pikiran depresi yang sedang dialami akibat patah hati.

Cara Melewati Masa Putus Cinta

Demikian pembahasan tentang cara melewati cara putus cinta. Semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu lebih mudah untuk bersemangat setelah mengalami putus cinta. Grameds bisa mendapatkan informasi lebih mengenai cara melewati putus cinta yang ampuh dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Cara Move On Terbaik dari Seseorang, Bukan Hanya Tentang Melupakan
  2. 22 Cara Move On dari Mantan yang Ampuh
  3. 12 Tips Move On dari Mantan
  4. Cara Move On dari Gebetan Agar Hidup Kembali Indah
  5. 7 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan dan Cara Move On


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.