in ,

Inspirasi Usaha Kecil yang Lagi Trend

Sumber: Pixabay

Usaha kecil yang lagi trend – Belakangan ini semangat untuk menjadi entrepreneur mulai menjamur di mana-mana, terutama di kalangan anak muda. Terlebih setelah terjangan badai CoVid19 yang sempat menjadi krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran semakin mendorong banyak orang untuk memulai usaha mereka sendiri. Grameds, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas usaha kecil yang lagi trend sekarang ada apa saja. Barangkali setelah membaca artikel ini sampai selesai, Grameds jadi tertarik untuk membuat usaha tersebut.

Transformasi Dunia Usaha

Dunia sedang mengalami lompatan kemajuan teknologi, salah satu kemajuan teknologi yang paling terlihat adalah kemajuan teknologi informasi. Hal ini dapat dibuktikan melalui hampir semua sendi kehidupan yang kita jalani telah bergantung pada internet. Mau tidak mau, kita harus bisa menggunakan internet dan media sosial agar tidak tertinggal oleh zaman.

Begitupun dengan dunia usaha yang sekarang semakin banyak kompetitor. Strategi pemasaran juga dirasa perlu untuk memanfaatkan internet dan media sosial agar dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Alhasil, begitu banyak pengusaha yang juga membuka toko online.

Mungkin, dulu para pelaku bisnis online seringkali dipandang sebelah mata. Namun, hal tersebut tidak mengherankan karena belum banyak yang mengenal apa itu bisnis online. Ditambah, saat itu ada anggapan bahwa jika seorang pengusaha tidak punya toko offline, maka dianggap bisnisnya belum sukses dan sekarang paradigma tersebut telah bergeser.

Di zaman ini, justru pelaku usaha yang tidak memiliki online shop akan dianggap aneh. Bagaimana tidak? Besarnya peluang dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi informasi tidak dimanfaatkan dengan baik malah justru disia-siakan.

Memanfaatkan networking agar tidak menjadi not working adalah tantangan yang dihadapi pengusaha saat ini. Mereka yang dapat memanfaatkan jejaring media sosial dengan baik, akan lebih mudah untuk menang. Kamu dapat memperhatikan kalau sekarang banyak sekali bisnis online yang mempunyai penghasilan ratusan juta hingga skala miliar.

https://www.gramedia.com/products/manajemen-usaha-kecil-dan-menengah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/manajemen-usaha-kecil-dan-menengah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Memanfaatkan Word of Mouth (WOM)

Teknik WOM adalah sebuah teknik marketing inbound yang diyakini memiliki tingkat efektivitas paling tinggi untuk menggaet konsumen. Prinsip mendasar dari teknik ini adalah kamu sebagai seller memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan, sehingga mereka puas. Karena kepuasan tersebut mereka memiliki penilaian yang positif kepada kamu dan secara sukarela merekomendasikan usahamu kepada orang-orang yang ada dalam lingkaran mereka.

Secara ringkas, WOM merupakan strategi memasarkan bisnis dari mulut ke mulut. Teknik ini diyakini lebih efektif karena produk direkomendasikan oleh orang terdekat, bukan dari kamu sebagai seller. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan teknik ini. Sebut saja promosi gratis, produk lebih populer, membangun nama baik, dan memberikan gambaran pelayanan.

Teknik WOM ini tentu dapat kamu aplikasikan di dalam melakukan bisnis online. Saat kamu telah berhasil melakukannya dengan baik, produkmu akan viral dengan cepat. Zaman sekarang kan apa-apa harus viral supaya membahana.

Mengapa viralnya produk begitu penting? Dengan produk viral, semakin banyak orang yang tahu produkmu. Semakin banyak orang tahu tentang produkmu, semakin bertambah besar peluang orang akan beli.

Ibarat penjual sate, asapnya harus lebih berkualitas daripada satenya. Karena yang pertama kali mengundang orang untuk mampir beli sate adalah asap. Nah, asap pada sate ini bisa dianalogikan dengan viralnya sebuah produk di media sosial. Gemanya ke mana-mana.

Jenis Usaha Kecil yang Lagi Trend

Usaha kecil dapat dilakukan di mana saja. Namun pada umumnya, usaha kecil dilakukan di tempat yang minim biaya sewa. Maka dari itu, yang paling sering dijadikan tempat untuk melakukan usaha kecil adalah di rumah, kos, kaki lima, atau stan sederhana pinggir jalan.

Memulai bisnis dari usaha kecil tampaknya menjadi pilihan banyak orang karena kamu bisa bekerja secara mandiri. Belum lagi, seperti yang kita bahas pada paragraf di awal tulisan, dengan bantuan teknologi, sudah banyak usaha kecil yang beromzet ratusan juta. Usaha kecil menawarkan keuntungan pribadi yang menggiurkan. Ditambah adanya kebebasan dalam mengatur usahanya sendiri.

Nah Grameds, kita langsung saja ulas beberapa contoh usaha yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menjalankan usaha kecil yang lagi trend.

Kursus Online

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Saat wabah CoVid19 menyebar di seluruh dunia, ramai instruksi dari dunia internasional untuk work from home (WFH). Semua aktivitas dilakukan secara online, baik itu kerja, sekolah, kuliah, belanja, mengajar, dan sebagainya. Hal ini berdampak pada banyaknya waktu luang.

Di sisi lain, banyak sekali orang yang ingin menambah skill mereka. Ditambah lagi penerapan sekolah secara daring ternyata tidak semudah sekolah secara offline, sehingga para orang tua memerlukan jasa les tambahan untuk membantu mereka dalam mengajari putra-putrinya. Belum lagi semakin banyaknya orang yang ingin belajar digital marketing untuk memulai bisnis di saat pandemi mewabah.

Kondisi tersebut menjadi faktor pendorong tingginya minat terhadap kursus online. Selain itu, hal tersebut telah menjadi gaya hidup baru meskipun grafik penularan CoVid19 telah landai. Usaha jenis ini kini semakin menjamur. Jenis kursus online yang banyak digemari saat ini adalah les privat, kelas memasak, koding, bisnis, skill tertentu, dan lainnya.

Peralatan Bayi dan Anak

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabayvb

Usaha peralatan bayi dan anak tidak akan ada habisnya. Tingginya angka kelahiran sejak pandemi CoVid19 menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap kebutuhan terhadap peralatan bayi dan anak. Bayi memiliki pakaian yang beragam dengan bentuk dan motif yang tentunya varian-varian tersebut dapat dikatakan bahwa usaha jenis ini sangat menjanjikan.

Jika kamu ingin membangun bisnis ini, sebaiknya bisa dilakukan dengan melakukan promosi di media sosial. Alangkah baiknya, media sosial untuk berbisnis berbeda dengan media sosial pribadi. Hal ini perlu dilakukan agar banyak orang yang tertarik untuk membeli peralatan bayi di toko kamu.

Jasa Desain Grafis

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Di zaman yang serba online ini, semuanya memerlukan desain visual yang menarik perhatian calon pelanggan. Desainer grafis memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan usahanya di zaman modern ini karena banyak sekali yang memerlukan jasa tersebut. Sebut saja desain logo, banner, poster, ilustrasi, animasi, katalog, company profile, undangan, dan sebagainya.

Pekerjaan mendesain dapat kamu lakukan di mana saja, terlebih di tempat yang kamu harapkan dapat mendatangkan inspirasi. Tidak hanya itu, hasil pekerjaanmu dapat kamu serahkan kepada klien melalui online, tidak harus bertemu. Usaha jasa desain grafis ini cocok untuk siapapun, terutama kamu yang suka bekerja di belakang layar.

Bagaimana prospeknya? Meskipun banyak sekali tutorial desain untuk pemula yang cenderung mudah, tapi tidak semua orang punya waktu, kemauan, dan kemampuan untuk melakukan desain sendiri. Oleh karena itu, usaha ini sangat menjanjikan.

https://www.gramedia.com/products/bob-sadino-36-langkah-sukses-membangun-bisnis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/bob-sadino-36-langkah-sukses-membangun-bisnis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jasa Pembuatan Website

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Go online yang diterapkan oleh banyak orang dalam aktivitas mereka menuntut akan kebutuhan media promosi secara online. Website merupakan salah satu media untuk mempromosikan produk secara online yang dapat dilihat oleh siapa saja. Terlebih tingginya kebutuhan akan landing page dalam menjalankan bisnis secara online.

Website merupakan representasi awal usaha kepada pelanggan. Oleh karena itu, memiliki website yang menarik merupakan kebutuhan mendasar bagi banyak pengusaha. Sama dengan pegiat jasa desain grafis, jasa ini juga dapat kamu lakukan di mana saja. Kamu yang memiliki kemampuan sebagai web developer, sebaiknya jangan sia-siakan kemampuan tersebut.

Bahkan, bisa jadi penghasilan yang kamu dapat bukan hanya berasal dari klien-mu secara langsung. Dalam pembuatan web, klien juga membutuhkan domain dan hosting. Untuk mengerjakan proyek dari klien, kalian bisa mendapatkan komisi dari penyedia domain dan hosting apabila klien kamu menggunakan penyedia tersebut. Menang banyak ‘kan?

Makanan

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Makanan yang tahan lama, praktis, dan bisa dikirim jarak jauh saat ini menjadi favorit di Indonesia. Untuk menjalankannya, kamu dapat menjadi distributor atau membuatnya sendiri. Selain tidak memerlukan modal yang besar, menjalankan usaha makanan juga tidak mengharuskan ketersediaan tempat yang mewah. Produk makanan yang dapat kamu pilih bisa beragam, mulai dari camilan, lauk siap saji, sambal, bumbu, dan sebagainya.

Menjalankan usaha makanan tidak bisa dipandang sebelah mata. Selama dijalankan dengan serius, tekun, dan konsisten, akan mendapatkan penghasilan yang tinggi bukanlah suatu kemustahilan. Tidak sedikit dari mereka yang menjalankan bisnis ini mempunyai penghasilan yang tinggi.

Produk Kecantikan

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Produk kecantikan merupakan salah satu produk yang paling laris penjualannya di berbagai platform marketplace. Dengan demikian, usaha di bidang ini mempunyai peluang yang besar untuk sukses. Kamu dapat menjual produk skincare, make up, dan/atau kosmetik.

Usaha ini dapat kamu mulai dengan menyediakan stok lebih dulu, dengan catatan jika kamu memiliki modal yang cukup. Namun, jika modal yang dianggarkan masih terbatas, kamu dapat melakukan bisnis di bidang ini dengan cara menjadi dropshipper lebih dulu.

Atau kamu ingin menjual produk kecantikan dengan menggunakan brand-mu sendiri? Sangat memungkinkan. Kamu bisa melakukan kerja sama dengan dokter kecantikan atau klinik kecantikan untuk membuat formula khusus seperti yang kamu inginkan.

Setelah formula yang teruji kamu dapatkan, kamu dapat bekerja sama dengan jasa maklon produk kecantikan untuk produksi massal. Pada umumnya, jasa maklon produk kecantikan telah mengantongi sertifikat sebagai syarat produsen. Setelah produk jadi, kamu dapat memasarkannya melalui media sosial, marketplace, dan offline.

Laundry

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Usaha kecil yang lagi trend lainnya adalah usaha laundry. Bagi kamu yang lokasinya dekat dengan keramaian kota, seperti kampus, komplek perumahan, apartemen, dan perkantoran, membuka usaha laundry bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Para pekerja kantoran, mahasiswa, pasangan muda, dan penghuni di dekat daerah tersebut memiliki kesibukan yang padat, sehingga lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Agar usaha laundry yang kamu jalankan mampu mendatangkan banyak pelanggan, pastikan hasil laundry benar-benar bersih, harum, dan sesuai dengan permintaan pelanggaan. Selain itu, pelayanan yang ekstra seperti fast response, layanan antar jemput pakaian, promo, diskon, hadiah khusus, ramah, dan dapat dihubungi melalui media sosial akan menjadi nilai plus.

https://www.gramedia.com/products/conf-mengelola-usaha-dengan-tepat-seri-keempat-manual-usaha-praktis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-mengelola-usaha-dengan-tepat-seri-keempat-manual-usaha-praktis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jasa Penitipan Anak

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Sebelum CoVid 19 mewabah, kehidupan manusia banyak dipenuhi dengan tuntutan. Salah dari tuntutan tersebut adalah kebutuhan dan lifestyle yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi itu semua, tidak sedikit pasangan suami-istri yang keduanya sama-sama meniti karier.

Konsekuensi dalam berkarir adalah sikap profesional ketika bekerja. Bagi mereka yang telah dikaruniai momongan, daycare bisa menjadi alternatifnya. Daycare sendiri merupakan tempat penitipan anak.

Jasa ini sempat sepi saat wabah corona menghantui bumi kita. Hal ini dikarenakan para orang tua bekerja secara WFH dan dapat menjaga putra-putri mereka sendiri. Namun, setelah CoVid 19 mereda, aktivitas para orang tua kembali normal. Otomatis usaha daycare kembali menjadi alternatif.

Jika kamu ingin memulai usaha jasa penitipan anak, ini adalah momentum yang tepat. Daycare yang sebelumnya telah beroperasi lebih dulu juga baru memulai lagi setelah vakum. Pastikan layanan yang kamu tawarkan tidak kalah baik dibanding daycare lainnya.

Sebagai inspirasi, kamu dapat menyediakan ruang bermain anak-anak. Tidak ada salahnya jika kamu melengkapi ruangan tersebut dengan berbagai macam mainan, buku, camilan, gambar, alat tulis, dan apapun yang disukai anak-anak. Agar orang tua semakin nyaman dan percaya pada daycare yang kamu rintis, kamu bisa melakukan update kabar mengenai si kecil pada mereka.

Dropshipper

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Usaha dengan sistem dropshipping saat ini sedang menjadi primadona bagi pelaku usaha pemula. Pasalnya, dropshipping menawarkan banyak kemudahan untuk kamu. Dengan sistem ini, kamu dapat menjualkan produk tanpa harus mempunyai stok. Penjual pertama akan mengirimkan barang kepada pelangganmu atas nama kamu.

Untuk menjadi dropshipper, di samping memiliki kemampuan menjual yang baik, kamu juga perlu memiliki kemampuan komunikasi dengan supplier maupun dengan customer. Pasalnya, peran kamu di dalam sistem ini sebagai penghubung antara penjual dengan pembeli. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kemungkinan terjadinya miss komunikasi dapat diminimalisir.

Misskom atau kesalahpahaman dapat menyebabkan pelanggan kecewa dan tidak akan memesan barang melalui kamu lagi. Oleh karena itu, pastikan supplier yang kamu ajak kerja sama memiliki pelayanan yang baik karena barang akan dikirim langsung dari supplier ke customer.

Apa saja yang bisa kamu jual melalui sistem ini? Apapun bisa kamu jual. Jadi nggak terbatas barang tertentu saja.

https://www.gramedia.com/products/peluang-usaha-camilan-dan-minuman-ala-internasional?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/peluang-usaha-camilan-dan-minuman-ala-internasional?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Katering

Usaha Kecil yang Lagi Trend
Sumber: Pixabay

Kantor, pabrik, sekolah, kampus, dan segala pusat aktivitas telah berjalan dengan normal lagi. Artinya, kebutuhan akan makanan harian meningkat kembali. Dalam hal ini, catering harian memiliki peluang untuk kembali melakukan suplai ke kantor, sekolah, kampus, dan lainnya.

Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu membekali diri dengan kemampuan memasak. Jika masih belum percaya diri, kamu bisa mempekerjakan seorang yang ahli dalam memasak untuk membantu proses produksi. Tidak sedikit pengusaha catering yang sebenarnya tidak begitu mahir dalam memasak.

Untuk melakukan usaha catering, kamu perlu memastikan supplier bahan makanan yang bagus dengan harga yang terjangkau. Karena harapan melakukan usaha adalah mendapatkan keuntungan. Tentu kamu tidak ingin mengalami kerugian bukan?

Penulis Online

Usaha Kecil yang Lagi Trend

Ketatnya persaingan dalam dunia usaha terkadang memerlukan talenta-talenta unggul yang dapat membantu jalannya operasional usaha kita. Salah satu talenta yang saat ini dibutuhkan adalah penulis online. Kalau kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, maka kamu dapat menjadikan peluang tersebut sebagai lahan untuk menghasilkan uang.

Dalam menjalankan usaha sebagai penulis online, kamu bisa mengerjakannya di manapun. Jam kerja juga biasanya tidak terikat. Selama tulisan yang dihasilkan sesuai dengan harapan dan target, tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Beberapa platform menyediakan ruang bagi orang-orang yang menjual jasanya di bidang penulisan, sebut saja upwork, freelancer.id, sribulancer, dan lain sebagainya. Kamu bisa menjadi penulis paruh waktu atau penuh waktu.

Jika kamu terbiasa menulis fiksi, kamu bisa mengunggahnya di Wattpad. Di platform tersebut, seringkali karya fiksi dijadikan buku oleh penerbit kemudian kamu mendapatkan komisi dari penjualan novel atau buku tersebut.

https://www.gramedia.com/products/conf-rencana-usaha-seri-ketiga-manual-usaha-praktis-seri-keempat-manual-usaha-praktis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-rencana-usaha-seri-ketiga-manual-usaha-praktis-seri-keempat-manual-usaha-praktis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Grameds, masih ada banyak contoh lain usaha kecil yang lagi trend. Namun perjumpaan kali ini, rasanya cukup sampai di sini dulu. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia berharap agar kamu dapat menjadi #LebihDenganMembaca dan menemukan usaha yang mengantarkanmu pada kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan, kamu memerlukan ilmu baru. Dengan buku-buku terbaik kami, Gramedia siap menemani perjuanganmu dalam menjalankan usaha kecil.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi