in

Ketahui Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup dan Contohnya

Cara mengisi daftar riwayat hidup merupakan keahlian diperhatikan bagi semua orang bagi semua pekerja, terutama bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan. Daftar riwayat hidup menjadi salah satu dokumen yang harus ada pada saat melamar kerja. Hal ini dikarenakan ada beberapa perusahaan yang mewajibkan daftar riwayat hidup dalam persyaratan pendaftaran kerja, baik itu yang bertulis tangan maupun yang sudah dicetak.

Pada dasarnya, salah satu tujuan seseorang melamar pekerjaan diharuskan membuat daftar riwayat hidup yakni untuk mengetahui pengalaman hidup dari pembuat. Bahkan, ada juga bagian Human Resource and Development atau HRD yang ingin menilai niat dan karakteristik pelamar berdasarkan dari gaya tulis tangannya, tentu berdasarkan daftar riwayat hidup versi cetaknya.

Apabila kamu membutuhkan cara  mengisi daftar riwayat hidup, artikel ini akan sangat membantu kamu. Nah, agar kamu dapat memahami cara menulis daftar riwayat hidup,kamu dapat memahami contoh daftar riwayat hidup beserta tipsnya. Selain memahami keinginan HRD, daftar riwayat hidup juga harus disusun secara rapi, menarik, dan tentunya sesuai struktur yang tepat.

Yuk, langsung disimak hingga akhir!

Apa Itu Daftar Riwayat Hidup?

pixabay

Daftar riwayat hidup adalah suatu dokumen yang berisi tentang data diri seseorang, yakni seperti pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, hingga kelebihan yang dimilikinya. Secara umum, daftar riwayat hidup biasa ditulis dengan jumlah maksimal dua halaman. Namun, tentu ada baiknya daftar riwayat hidup akan lebih efektif dengan jumlah satu halaman saja.

 

Berdasarkan jenis penulisannya, ada dua cara menulis daftar riwayat hidup, yakni dengan cara menulis tangan dan diketik atau dicetak. Daftar riwayat hidup dalam bentuk soft file atau PDF dengan pengetikan komputer biasanya akan langsung dinilai kesesuaian dengan ATS. Sementara itu, daftar riwayat hidup dalam versi tulis tangan akan diminta perusahaan untuk dikirimkan melalui POS atau bisa juga  dengan scan yang dikirim dengan email.

Untuk daftar riwayat hidup dalam bentuk tulis tangan biasanya membutuhkan tanda tangan basah pelamar. Hal ini dikarenakan penulisan secara manual dapat digunakan HRD untuk mengetahui niat dan kesungguhan seseorang dalam melamar posisi tersebut. Jadi, kamu yang berniat melamar sebuah posisi atau pekerjaan, ada baiknya untuk menulis secara teliti agar HRD dapat membaca daftar riwayat hidup dengan lebih baik.

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup yang Benar

Apabila kamu mencari contoh daftar riwayat hidup di dunia maya, ada banyak sekali template untuk daftar riwayat hidup. Nah, berikut ini adalah cara mengisi daftar riwayat hidup agar kamu bisa lebih mudah dan tepat dalam membuat nanti.

1. Menulis Data Diri Secara Rinci

Hal yang paling vital dan utama sebelum mengisi daftar riwayat hidup, yakni menulis data diri. Data diri merupakan bagian wajib yang digunakan untuk memudahkan HRD mengetahui identitasmu. Adapun data diri berisi nama, tempat tanggal lahir, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi.

Namun, ada juga beberapa lowongan pekerjaan yang membutuhkan informasi tambahan terkait diri, seperti tinggi badan, berat badan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk mengisi daftar riwayat hidup sesuai target pembacanya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Nah, berikut ini adalah cara mengisi daftar riwayat hidup di bagian data diri ini harus kamu perhatikan susunan formalnya.

Contoh:

Nama : Nadine Lafina

Jenis kelamin : Perempuan

Tempat, tanggal lahir : Cilegon, 7 Januari 1999

Alamat : Jalan Dahlia, nomor 24, Boke 4, Cilegon.

Status : Belum Menikah

Nomor telepon : 081225236889

Email : nadinelafina@gmail.com

Bagian status biasanya juga tidak semua perusahaan mewajibkannya. Hanya saja, ada beberapa lowongan pekerjaan yang tidak membuka lowongan untuk seseorang yang sudah menikah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan.

 

2. Memasukkan Riwayat Pendidikan

Bagian selanjutnya, yaitu memasukkan riwayat jenjang pendidikan formal. Riwayat pendidikan biasanya  diisi lembaga pendidikan formal yang ditempuh sekaligus tahun awal masuk dan tahun selesainya. Maka dari itu, penulisan riwayat pendidikan sebaiknya ditulis dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Namun, bagi syarat yang harus menunjukkan pendidikan saja, maka hanya perlu diisi  pendidikan terakhir saja.

Bagian pendidikan pada dasarnya tidak perlu diisi secara lengkap, mulai dari TK hingga S-1. Syarat pelamar biasanya hanya memerlukan informasi terkait pendidikan terakhir. Oleh karena itu, kamu juga bisa menyertakan nilai akhir serta penjelasan singkat terkait kegiatan maupun judul tugas akhir yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Contoh Riwayat Pendidikan:

  • SD Negeri 2 Kramat Jati (2000 sampai 2006)
  • SMP Negeri 2 Cilegon (2006 sampai 2009)
  • SMA Negeri 2 Cilegon (2009 sampai 2012)
  • Universitas Indonesia Fakultas Teknik (2012 sampai 2015)

Contoh Pendidikan Terakhir:

S-1 Ilmu Komunikasi

IPK 3,7

Judul tugas akhir: Keterkaitan Marketing Komunikasi dengan Rancangan Konten Sesuai Trend di Tik Tok dan Instagram

 

3. Pengalaman Organisasi/Volunteer

Pada bagian ini, kamu dapat mencantumkan organisasi yang pernah kamu ikuti di masa kuliah atau sekolah. Cara mengisi daftar riwayat hidup bagian pengalaman organisasi ini dapat disusun berdasarkan informasi dari yang terkini hingga yang terlama. Ada baiknya kamu menuliskan pengalaman organisasi yang memiliki keterkaitan langsung dengan posisi yanng kamu lamar. Namun, bagi kamu yang tidak aktif dalam berorganisasi, kamu bisa mengosongkan kolom ini.

Contoh:

Jurnalis — Lembaga Pers Mahasiswa Universitas (2018–2022)

Wakil Ketua — Klub Film Fakultas (2019–2020)

Sekretaris — Bidang Peminatan Jurusan Ilmu Politik (2018–2019)

Selain organisasi formal, kamu juga bisa menambahkan penjelasan kegiatan yang kamu kerjakan selama mengikuti kegiatan organisasi atau volunteer dalam waktu singkat.

4. Pengalaman Kerja

Bagian ditulis bagi kamu yang sebelumnya sudah pernah melakukan pekerjaan. Pengalaman kerja ini dapat ditulis dan disusun berdasarkan yang terbaru hingga terlama sekaligus masa waktu kerja dan jabatan pekerjaan.

Apabila kamu seorang fresh graduate, kamu dapat mengisikan pengalaman kerja kamu sekali, seperti ketika praktik kerja lapangan maupun program magang. Penjelasan singkat tentang tugas pekerjaanmu dapat ditambahkan di bagian bawah setiap pengalaman kerja.

Contoh:

Marketing Communication & Community Officer, PT Putra Putri Pertiwi (Agustus 2020—Mei 2022)

Brand Communication, PT Regista Football Community – Internship (Januari—Juli 2020)

Social Media Officer, CV La Tansa – Internship (Oktober–Desember 2019)

5. Prestasi dan Penghargaan

Jika kamu pernah mendapat suatu prestasi maupun penghargaan tertentu, kamu bisa memasukkannya dalam daftar riwayat hidupmu. Prestasi maupun penghargaan ini bisa menjadi nilai tambah untuk kamu dalam penilaian HRD. Hal ini akan sangat mendukung apabila kamu memiliki prestasi yang benar-benar sangat luar biasa. Namun, ada baiknya tetap mencantumkan penghargaan yang sesuai pekerjaan saja.

6. Keahlian

Setelah semua sudah diisi, bagian ini bersifat tidak terlalu wajib, bergantung permintaan dari perusahaan. Maka dari itu, keahlian yang kamu cantumkan keahlian yang sesuai dengan posisi yang dilamar supaya mendukung penilaianmu.

Keahlian yang dimaksud bisa berupa soft skill atau hard skill sesuai persyaratan yang diminta perusahaan. Sebagai contoh, keahlian penguasaan bahasa. Apabila kamu memang memiliki kemampuan berbahasa asing lebih dengan baik, kamu dapat menambahkan pada bagian ini.

Contoh Keahlian:

  • Ms. Office
  • MySQL
  • MathLab
  • Adobe Photoshop
  • Adobe InDesign
  • Adobe Illustrator
  • Adobe Lightroom
  • Google Suite

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Dalam menulis daftar riwayat hidup tulis tangan, kamu tidak perlu cemas apabila merasa tulisan tanganmu tidak begitu bagus. Hal ini dikarenakan inti dari penulisan daftar riwayat hidup adalah untuk melihat kesanggupan, ketelitian, dan kerapian kamu ketika menyelesaikan sesuatu.

Nah, berikut ini adalah tips menulis daftar riwayat hidup tulis tangan yang bisa kamu coba.

1. Memilih Referensi Daftar Riwayat Hidup yang Disukai

Carilah contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang kamu sukai tata letaknya. Apabila telah mendapatkan referensi yang menurutmu bagus, pakai dan gunakan contoh itu sebagai patokan.

2. Siapkan Kertas Kosong

Setelah mendapatkan referensi terkait desain daftar riwayat hidup yang hendak kamu buat, selanjutnya adalah memilih kertas yang sesuai dengan ketentuan dari perusahaan. Misalnya saja, apakah harus kertas HVS polos atau boleh kertas folio bergaris. Selain itu, gunakan kertas yang bersih dan masih rapi.

3. Gunakan Pena Hitam

Pena yang digunakan diharuskan berwarna  hitam. Sebab, warna hitam cenderung lebih mudah dilihat oleh mata dan tampak profesional. Jangan pakai pena merah atau biru, dalam budaya perusahaan, hal itu memiliki kesan tidak sopan dan kurang nyaman ketika dilihat mata.

4. Pakai Penggaris dan Pensil sebagai Panduan Margin

Ketika kamu sudah mulai menulis kertas HVS polos maupun folio bergaris, pastikan kamu membuat margin samping kiri dan kanan secara mandiri. Hal ini dikarenakan biasanya kedua kertas  tersebut tidak dilengkapi margin.

Cara yang biasa digunakan adalah memakai garis bayangan terlebih dahulu. Pakailah penggaris untuk menentukan garis bayangan. Selain itu, garis dan pensil dapat dihapus dan tetap tampak rapi.

5. Tulis dengan Baik

Tulislah daftar riwayat hidup dengan baik. Kamu sangat tidak disarankan ada data yang yang terlewat atau bahkan tidak sesuai fakta.

6. Periksa dengan Teliti

Setelah semua sudah ditulis dengan baik, silakan periksa kembali dengan teliti dan seksama. Cek apakah semua data sudah terisi dan benar serta tidak ada yang salah ketik atau typo.

Contoh Daftar Riwayat Hidup 

1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Maya Yunka

Jenis Kelamin : Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir : Salatiga, 19 April 1999

Alamat : Jl. Cebolek No. 5, Tingkir Lor, Salatiga

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Nomor Handphone : 082213728676

E-mail : mayayunka@gmail.com

Pendidikan:

  • SD Negeri Salatiga 01 (2004 sampai 2010)
  • SMPIT Al Wahid (2010 sampai 2013)
  • SMA Negeri 1 Salatiga (2013 sampai 2016)
  • Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat (2016 sampai 2020)

Pengalaman Organisasi:

  • OSIS SMPIT Al Wahid Jabatan Bendahara (2012 sampai 2013)
  • ROHIS SMA Negeri 1 Salatiga (2013 sampai 2016)
  • BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (2017 sampai 2019)

Minat dan Keahlian :

  • Ms. Office
  • Desain Grafis
  • Penyuluhan kesehatan

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan fotokopi dokumen sebagai bahan pertimbangan.

Salatiga, 17 April 2021

Hormat Saya,

Maya Yunka

2. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                  : Lembu Wibowo

Jenis Kelamin                      : Laki-laki

Tempat, Tanggal Lahir       : Jakarta, 29 Juni 1995

Alamat                                : Jl. Imam Yusif No. 9, Jakarta Selatan

Kewarganegaraan              : Indonesia

Agama                                 : Islam

Nomor Handphone             : 081122334455

E-mail                                  : Lembuwirowo@gmail.com

Pendidikan:

  • SD Negeri 01 Jakarta Selatan Pagi (2000 sampai 2006)
  • SMP Negeri 03 Petang (2006 sampai 2009)
  • SMA Al Azhar (2009 sampai 2012)
  • Universitas Negeri Jakarta Fakultas Teknik (2012 sampai 2015)

Pengalaman Organisasi:

  • Ketua OSIS SMA Al Azhar (2010 sampai 2011)
  • BEM Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (2013 sampai 2014)
  • Tim Robotik Universitas Negeri Jakarta (2013 sampai 2014)

Minat dan Keahlian :

  • Ms. Office
  • Permesinan
  • Corel draw dan photoshop

Pengalaman Kerja :

  • PT. Teknik Maju Jaya sebagai Engineering (2017 sampai 2018)
  • PT. Wangunjaya Teknik sebagai Manajer Mesin (2018 sampai 2019)

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Nganjuk, 19 September 2022

Hormat Saya,

Lembu Wibowo

3. Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                  : Rafael Mura

Jenis Kelamin                      : Laki-laki

Tempat, Tanggal Lahir       : Sragen, 8 Oktober 1992

Alamat                                : Jl. Selatan Kanan No. 30, Sragen

Kewarganegaraan              : Indonesia

Agama                                 : Islam

Nomor Handphone             : 08122334452

E-mail                                  : rafamura@gmail.com

Pendidikan:

  • SD Negeri Sragen 05 Pagi (2000 sampai 2006)
  • SMP Negeri 08 Sragen (2006 sampai 2009)
  • SMA Negeri 5 Sragen (2009 sampai 2012)
  • Universitas Sebelas Maret Surakarta Fakultas Kedokteran (2012 sampai 2015)

Pengalaman Organisasi:

  • Ketua OSIS SMA Negeri 5 Sragen Merdeka (2010 sampai 2011)
  • BEM Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (2013 sampai 2014)
  • Tim Sehat Bersama Universitas Sebelas Maret Surakarta (2013 sampai 2014)

Pengalaman Kerja :

  • Magang di Rumah Sakit Yogyakarta Bersatu (2013 sampai 2014)
  • Asisten Dokter di Rumah Sakit Omna (2015 sampai 2019)
  • Dokter di Rumah Sakit Mitra Bersama (2020 sampai 2021)

Demikian CV ini saya buat sesuai sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Sragen, 17 Februari 2022

Hormat Saya,

Rafael Mura

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup Singkat

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : Ahmad Maarif

Tempat/Tanggal Lahir : Semarang, 11 Januari 1995

Alamat lengkap : Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang

Jenis Kelamin : Laki-laki

Warga Negara : Indonesia

No. Telp : 0812413169505

Pendidikan:

  • SD Negeri 1 Sekaran
  • SMP Negeri 41 Semarang
  • SMA Negeri 5 Semarang

Pengalaman kerja:

  • Teh Sosro bagian quality & control

Demikian curriculum vitae ini saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Hormat saya,

Ahmad Maarif

5. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                  : Sigit Wijoyo

Jenis Kelamin                      : Laki-laki

Tempat, Tanggal Lahir       : Semarang, 16 Januari 1990

Alamat                                : Jl. Kuning Jangka No. 42, Semarang

Kewarganegaraan              : Indonesia

Agama                                 : Islam

Nomor Handphone             : 08111234543

E-mail                                  : sigitwijoyo@gmail.com

Pendidikan:

  • SD Negeri 02 Pagi (2000 sampai 2006)
  • SMP Negeri 3 Semarang (2006 sampai 2009)
  • SMA Negeri 2 Semarang (2009 sampai 2012)
  • Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomi (2012 sampai 2015)

Pengalaman Organisasi:

  • BEM Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (2013 sampai 2014)

Pengalaman Kerja :

  • Bank ABC sebagai Marketing (2015 sampai 2016)
  • Bank BTI Staff Funding Officer ( Agustus 2018 sampai Juni 2019)

Demikian contoh curriculum vitae ini saya buat sesuai kenyataan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 12 November 2021

Hormat Saya,

Sigit Wijoyo

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan mengenai Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup. Dari contoh daftar riwayat hidup di atas, kamu dapat memilih tata letak yang paling menarik dan bisa coba ditambah aksen lain, tetapi jangan sampai mengubah penataan dokumen sehingga tampak berlebihan.

Demikian pembahasan cara mengisi daftar riwayat hidup. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang berbagai tips dan trik melamar kerja supaya lekas  diterima, kamu dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Rujukan:

  • https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/contoh-daftar-riwayat-hidup-tulis-tangan

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Devina

Hai aku devina, bagi ku menulis adalah hal yang menarik untuk aku jalani. Dengan menulis aku bisa mengetahui banyak hal dan informasi yang tidak pernah aku tahu sebelumnya. Menulis juga membuatku bisa bercerita tentang banyak hal yang unik.

Kontak media sosial Instagram saya Christin Devina