in

21 Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert

Pekerjaan yang cocok untuk introvert – Mempunyai pekerjaan yang cocok menjadi salah satu hal yang diharapkan oleh setiap manusia. Bekerja tidak selalu harus banyak berinteraksi dan bergaul dengan banyak orang, karena bagi seorang introvert bekerja dikelilingi banyak orang dapat menguras banyak tenaga.

Secara umum, pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert adalah profesi yang minim berinteraksi dengan banyak orang dan di lingkungan yang lebih tenang. Lalu, apa saja pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert?

Contoh Pekerjaan Untuk Introvert

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvertpixabay

Tidak semua jenis pekerjaan cocok dengan orang bersifat pendiam atau pemalu, lingkungan dan cara kerja sangat mempengaruhi apakah pekerjaan tersebut cocok dengan sifat introvert. Berikut ini jenis pekerjaan atau contoh pekerjaan yang dicari seorang introvert, antara lain:

1. Penerjemah

Jika Grameds fasih lebih dari satu bahasa dan ingin mencari pekerjaan yang memungkinkan untuk bekerja dari rumah, penerjemah bisa menjadi opsi yang baik diantara yang lain. Pekerjaan satu ini mempunyai sifat yang fleksibel, sebab Grameds akan bekerja untuk menerjemahkan dan mengubah informasi ke dalam bahasa lain yang kerap berubah kaidah di dalamnya.

Hal ini sangat cocok bagi para introvert yang gemar berpikir kritis, mengikuti tren kebudayaan dan menerima tugas yang menantang.

 

AMIR UBAIDILLAH Introvert And Extrovert Is Fine

 

2. Graphic Designer

Graphic designer merupakan salah satu profesi bidang kreatif yang tidak mengharuskan pekerja untuk hadir ke kantor. Mereka dapat menyelesaikan tugas secara remote tanpa perlu banyak interaksi dengan teman kerja maupun atasan. Selain itu, karier graphic designer juga memerlukan keahlian kreativitas dari pekerja yang umumnya dikuasai dengan baik oleh para introvert.

3. Content Editor

Content editor juga sebagai salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk para introvert. Hal ini karena tugas-tugas mereka dapat dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah. Selain itu, content editor juga tidak perlu sering-sering berinteraksi dengan pekerjaan lainnya. Sebab, tanggung jawab mengedit teks dan analisis sumber perlu dilakukan secara mandiri.

4. Software Engineer

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvertpixabay

Software engineer menjadi opsi pekerjaan lainnya yang sering dianggap cocok untuk mereka yang mempunyai kepribadian introvert. Karier ini sangat cocok karena sebagian besar pekerjaannya adalah menulis kode, menguji sistem dan memperbaiki bug.

Semua tugas di atas menggambarkan bahwa pekerjaannya mandiri dan tidak harus sering berkolaborasi dengan tim lain.

5. Social Media Manager

Apakah Grameds mempunyai latar belakang studi marketing, sosial media manager? Hal ini bisa menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Sebab, profesi yang satu ini mendorong pekerjaan untuk berkontribusi bagi branding perusahaan tanpa harus tampil di depan layar.

Tidak hanya itu, meskipun social media manager harus bekerja dengan atasan dan para kolega, tetapi mereka biasanya tidak harus terlibat secara langsung dengan klien. Selain itu, pekerjaan ini juga dapat dilakukan secara remote, sehingga dianggap lebih nyaman untuk para karyawan dengan kepribadian introvert.

TONY IBRAHIM Book Of Introvert

6. Video Editor

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvertpixabay

Video editor sebagai pekerjaan yang cocok untuk dipilih oleh para introvert. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, industri kreatif kini mulai menerapkan metode remote working untuk departemen kreatif mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa letih, tugas menumpuk serta meningkatkan kreativitas para pekerja.

Oleh sebab itu, karier video editor semakin cocok untuk dijajal oleh para introvert. Profesi yang satu ini juga membutuhkan sentuhan kreativitas dan inovasi yang biasanya dimiliki oleh hampir semua pekerja dengan kepribadian introvert. Bagaimana? Apakah Grameds tertarik untuk bekerja sebagai video editor?

7. Arsiparis

Arsiparis juga menjadi pilihan pekerjaan yang dinilai sangat cocok untuk karyawan dengan kepribadian introvert. Pekerjaan ini mendorong karyawan untuk bekerja secara mandiri tanpa harus sering berinteraksi dengan rekan kerja. Arsiparis juga harus menata dan mengelola berbagai dokumen secara rapi. Keahlian organisasi dan manajemen seorang introvert yang tinggi juga akan cocok untuk keperluan tersebut.

8. Aktuaris

Aktuaris sebagai jenis pekerjaan yang sering dinilai cocok untuk sosok dengan kepribadian introvert. Sebab, proses pekerjaannya dianggap sesuai bagi individu yang bisa berkembang dalam lingkungan kerja mandiri.

Tidak hanya itu, aktuaris juga memerlukan skill analisis dan riset tinggi. Kedua hal tersebut merupakan kemampuan yang biasanya dimiliki oleh para introvert. Aktuaris mempunyai tugas sebagai menganalisis risiko untuk agen asuransi dan lembaga keuangan lainnya. Dengan menggunakan program software khusus, para pekerja akan menentukan berbagai hasil yang kemungkinan berlaku untuk kondisi finansial klien dan investor.

 

Hardy Zhu, dkk Diary Introvert

9. Dokter Gigi

Tidak seperti dokter pada umumnya, dokter gigi biasanya dapat membuka praktiknya sendiri. Kedokteran gigi juga dirasa cocok untuk introvert karena mereka hanya akan berinteraksi secara profesional dengan satu pasien per sesi.

Mereka tidak perlu mengkhawatirkan urusan berbicara di depan publik, seperti pekerjaan lainnya di bidang medis. Dunia kesehatan gigi juga membutuhkan pekerja yang mempunyai kemampuan analisis dan focus dari seorang introvert yang dinilai luas biasa.

10. Market Analyst

Pekerjaan Yang Cocok Untuk IntrovertKompas.com

Market analyst dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para introvert tangguh yang suka bekerja dalam tekanan. Tidak hanya itu profesi market analyst juga cocok bagi seorang introvert yang mampu bersaing dalam pasar yang terus bergerak. Pekerjaan ini pun banyak memakan waktu untuk bekerja secara mandiri.

11. Fotografer

Introvert mempunyai ciri khas kreativitas. Namun, hal ini susah untuk disorot dalam ruang meeting yang dipenuhi oleh banyak orang. Dengan menjadi fotografer, seorang introvert dapat berekspresi dengan mudah. Karena mereka mempunyai fleksibilitas dan ruang lebih untuk berkarya tanpa gangguan pihak lain.

Selain itu, seorang fotografer juga mempunyai banyak cabang termasuk fotografer pernikahan, ahli fotografi komersil hingga seni murni fotografi. Tidak terikat jam kerja, fotografer dapat mencari inspirasi di luar hiruk pikuk kesibukan di kantor. Apakah kamu tertarik untuk menjadi fotografer?

12. Konselor

Bekerja sebagai seorang konselor memerlukan kemampuan empati dan mendengarkan yang baik. pekerjaan ini akan cocok untuk introvert berdasarkan bentuk pemikiran dan kemampuan mereka untuk membaca orang.

Tidak hanya itu, kemampuan empati seorang introvert yang tinggi juga akan sangat berguna ketika mereka sedang membantu pasien. Oleh sebab itu, buat Grameds yang introvert dan mempunyai latar belakang studi psikologi disarankan untuk berkecimpung dalam bidang ini, ya.

13. Content Writer

Preferensi untuk bekerja lepas sedang menjadi topic yang hangat sekarang ini. Beberapa industri kreatif telah mengikis banyak jam kantor untuk departemen kreatifnya. Hal ini dilakukan karena karya dinilai lebih bagus saat penulis bekerja secara mandiri.

Oleh sebab itu, bagi kamu seorang introvert dengan jiwa yang kreatif pekerjaan ini sebagai content writer akan cocok untuk kamu ya Grameds. Introvert pun sejatinya lebih mahir untuk mengekspresikan diri dan berkarya dalam bentuk tulisan dibandingkan secara verbal.

14. Research Analyst

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvertpixabay

Research analyst diperlukan ketika sedang menjadi riset, maka ilmuwan dan pebisnis memerlukan bantuan research analyst untuk menganalisis sumber dan menyiapkan rencana pengkajian. Pekerjaan ini dinilai cocok untuk para introvert yang gemar mengkaji hal baru dan mempunyai latar belakang penelitian yang kuat.

Pekerjaan ini juga mengutamakan metode kerja mandiri atau dalam grup yang kecil. Hal tersebut diterapkan untuk meredam perbedaan opini yang berlebihan. Selain itu, research analyst juga biasanya dapat menyelesaikan pekerjaan mereka secara mandiri tanpa pengawasan yang ketat dari atasan. Hal ini merupakan keuntungan bagi para introvert yang biasanya memilih kondisi lingkungan fleksibel untuk menunjukkan kemampuannya secara menyeluruh.

15. Paralegal

Para pengacara keren yang sering Grameds dengar namanya itu tidak bekerja secara sendiri. Mereka mempunyai seorang paralegal yang siap membantunya. Oleh sebab itu, pekerjaan yang satu ini juga sangat cocok untuk para introvert yang tertarik mendalami karier di bidang legal atau hukum.

Mereka bertugas untuk menyusun hasil riset, mendokumentasikan data serta membantu pengacara mempersiapkan argumen kasus. Profesi ini mempunyai segala hal yang Grameds gemari tentang dunia hukum tanpa memberikan sorotan lebih dari public.

16. Programmer

Seiring berkembangnya zaman, banyak perusahaan teknologi informasi yang membutuhkan seorang programmer. Profesi ini dinilai cocok untuk pekerja introvert, sebab tidak seperti banyak pilihan karir lainnya, programmer dapat melaksanakan tugas mereka di rumah.

Dengan luasnya ruang untuk bekerja secara mandiri, pekerjaan ini juga dapat mendorong para introvert untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif dan inovatif. Menjadi seorang programmer tidak mengharuskan pekerja untuk sering-sering berinteraksi dengan rekan kerja. Bahkan tugas mereka biasanya sudah tersedia dalam brief harian yang singkat.

17. Personal Chef

Apakah Grameds gemar memasak? Jika iya, personal chef sebagai pekerjaan yang cocok untuk Grameds coba apabila mempunya kepribadian introvert. Tidak seperti chef profesional yang harus bekerja di dapur besar, personal chef dapat berkarya pada lingkungan yang lebih tenang.

Mereka biasanya bekerja di dapur pribadi milik klien dengan bantuan 1 hingga 2 chef lain. Selain itu, chef personal juga mempunyai wewenang lebih untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan yang mereka miliki. Kedua hal ini sangat diperlukan seorang introvert agar bisa merasa nyaman dan berkembang dengan pesat dalam kariernya.

18. Accounting Manager

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvertpixabay

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert berikutnya yaitu accounting manager. Karier satu ini cukup sesuai dengan kebutuhan introvert, di mana mereka dapat memegang kendali pekerjaan tanpa banyak intervensi rekan kerja.

Sebagai accounting manager, tugas utamanya adalah menganalisis data, angka-angka dan menggunakan keterampilan organisasi untuk memastikan seluruh proyek berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, Grameds juga bisa bekerja secara remote sehingga tidak perlu sering-sering ke kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja.

19. Administrator Online Sekolah

Dalam lingkungan kerja memungkinkan orang introvert menikmati kesendirian di meja kerjanya sepanjang hari. Karena perkembangan zaman yang sudah berbeda, menurut penelitian menjadi administrator online sekolah akan cocok bagi mereka yang mempunyai jiwa introvert.

20. Mekanik

Meskipun seorang mekanis biasanya bekerja dalam sebuah tim, mereka juga menghabiskan banyak waktu untuk bekerja secara mandiri terutama ketika memperbaiki mesin atau kendaraan. Tugas dari seorang mekanik yaitu memperbaiki, memeriksa dan melakukan perawatan serta menggunakan alat dan teknologi untuk merawat dan memodifikasi mesin atau kendaraan.

21. Pustakawan

Lingkungan kerja yang tenang dan minimnya interaksi seperti pustakawan menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk pribadi introvert. Tugas dari pustakawan meliputi membantu pengunjung menemukan dan memeriksa buku, menyiapkan buku katalog dan majalan, serta mengelola anggaran perpustakaan dan mengawasi acara.

Karakteristik Introvert

Berikut ini beberapa karakteristik introvert.

  1. Memilih pertemanan kecil.
  2. Menyukai waktu untuk sendiri.
  3. Tidak suka menjadi pusat perhatian.
  4. Merasa lelah setelah bertemu banyak orang.
  5. Lebih memilih pekerjaan yang memberikan kebebasan.

Ciri-Ciri Orang Introvert

Pekerjaan Yang Cocok Untuk IntrovertKompas.com

Berikut ini ciri-ciri orang introvert, antara lain:

1. Belajar dengan cara observasi

Cara belajar seorang introvert yaitu dengan melakukan observasi terlebih dahulu. Sebelum melakukan sesuatu, mereka akan cenderung mempelajari terlebih dahulu baru mempraktikannya secara langsung. Apabila harus latihan, orang introvert juga lebih suka melakukannya di tempat yang tidak diketahui banyak orang.

Menurut studi, orang introvert akan cenderung lebih dalam dalam memproses informasi dibandingkan dengan orang extrovert. Oleh sebab itu, mereka juga membutuhkan waktu lebih lama dalam memproses suatu ide lebih serius sebelum berpindah ke ide lainnya.

2. Lebih sadar akan dirinya sendiri

Orang introvert akan cenderung lebih sadar atau paham mengenai dirinya sendiri. Karena saat sedang sendiri mereka sering menyelami pikiran dan perasaannya, sehingga bisa lebih banyak belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan dirinya.

Mereka juga senang memikirkan hidup yang sedang dijalani. Ada juga yang senang membaca buku-buku dan menonton film yang berkaitan dengan suasana dirinya sendiri untuk refleksi diri.

3. Lebih mudah terdistraksi

Orang introvert sering merasa kewalahan jika harus berada di keramaian dan bertemu dengan banyak orang. Hal ini membuat mereka sering terdistraksi. Ketika terdistraksi mereka akan sulit fokus dan berkonsentrasi. Jadi, jika mereka merasa harus focus akan lebih senang jika berada di tempat sepi dan tenang ya, Grameds.

4. Lebih tertarik dengan pekerjaan yang sifatnya mandiri

Seorang introvert akan cenderung lebih tertarik dengan pekerjaan yang dilakukan sendirian. Hal ini karena mereka tidak harus dituntut untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

5. Teman sedikit namun berkualitas

Salah satu kesalahpahaman tentang introvert adalah mereka yang antisosial dan tidak senang berteman dengan orang lain. Hal ini jelas salah, orang introvert juga sama seperti extrovert yang suka berteman. Bedanya, orang introvert lebih selektif dalam memilih teman dekat. Jumlah teman mereka juga tidak banyak, namun pertemanan yang dimiliki oleh orang introvert sangat berkualitas.

6. Menikmati kesendirian

Grameds akan senang saat menghabiskan waktu sendiri. Karena dengan kesendirian dapat mengisi kembali energi yang terkuras setelah menjalani hari-hari. Namun, bukan berarti orang introvert akan menyendiri 24 jam, ya. Orang introvert juga senang menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat misalnya teman atau keluarga.

7. Merasa lelah saat menghabiskan waktu dengan banyak orang

Bagi Grameds yang introvert, bertemu banyak orang bisa menjadi hal yang melelahkan. Karena harus menyesuaikan diri dengan orang disekitarnya, mulai dari topik pembicaraan, lawakannya hingga pola pikir mereka yang mungkin berbeda dari dirimu ya Grameds.

Jika Grameds terlalu lama menghabiskan waktu dengan orang lain, energinya akan mudah terkuras habis. Apalagi jika harus berinteraksi dengan banyak orang dalam satu waktu. Inilah mengapa orang introvert suka berdiam diri dan menjaga jarak dari keramaian.

Nah, itulah berbagai contoh-contoh pekerjaan seorang introvert ya, Grameds. Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang contoh-contoh pekerjaan seorang introvert secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Semoga artikel ini menginspirasimu ya! Selamat mencoba!

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy