Best Seller Buku Panduan Belajar Autocad

Jelajahi Best Seller Buku Panduan Belajar Autocad dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

AutoCAD untuk Teknik (Edisi Revisi)

AutoCAD untuk Teknik (Edisi Revisi)

Desain 2D Dengan Autocad

Desain 2D Dengan Autocad

Menjadi Desainer Profesional Autocad 2018

Menjadi Desainer Profesional Autocad 2018

Aplikasi AutoCAD untuk Desain Rancang Bangun 3D

Aplikasi AutoCAD untuk Desain Rancang Bangun 3D

3D Modeling Kreatif Dengan Autocad

3D Modeling Kreatif Dengan Autocad

3D Modeling Profesional dengan AutoCAD

3D Modeling Profesional dengan AutoCAD

Teknik Desain Fasad Rumah Dengan Autocad & Google Sketchup

Teknik Desain Fasad Rumah Dengan Autocad & Google Sketchup

AutoCAD 2014 untuk Pemula

AutoCAD 2014 untuk Pemula

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tentang Best Seller Buku Panduan Belajar Autocad by Gramedia

Jelajahi Best Seller Buku Panduan Belajar Autocad dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    AutoCAD  sebagai perangkat lunak yang memudahkanmu dalam  membuat denah atau sket rumah, membuat desain bangunan atau Gedung dan booth baik interior maupu  eksterior, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini. 

     

    Mengenal Lebih Dekat Autocad dan Sejarah Singkatnya

    AutoCAD merupakan aplikasi perangkat lunak yang akan memudahkanmu untuk mendesain baik dalam format 2D maupun 3D. Dengan Autocad kamu dapat menggambar berbagai macam objek seperti desain lampu, kursi, meja, pipa dan lain sebagainya. AutoCAD bahkan dapat digunakan untuk membuat desain mobil, pesawat, mulai dari kerangka hingga jadi, memudahkan membuat gambar mulai dari 1 – 3 dimensi (3D) dan masih banyak lagi. Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Kini AutoCAD sudah mendukung DWF. Autocad sebagai produk andalan dari perusahaan Autodesk dengan berbagai program desain yang dapat melakukan fungsi-fungsi seperti “polyline” dan “curve fitting”. Produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia, dan digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Sejarah Autocad sendiri dikembangkan oleh Autodesk, Inc, perusahaan desain otomatisasi terbesar di dunia, dengan kantor pusatnya yang berada di kota California dari Sausalito. AutoCAD berasal dari sebuah program yang disebut Berinteraksi, yang ditulis dalam bahasa berpemilik (SPL) oleh Riddle Michael. Versi awal AutoCAD hanya mampu beroperasi di komputer Sistem Marinchip 9900. Namun Sejak pertengahan 1990-an AutoCAD kemudian didukung objek kustom melalui program C++ Application Programming Interface (API). AutoCAD modern meliputi set lengkap pemodelan solid dasar dan peralatan 3D. 

     

    Kelebihan dan Kekurangan Autocad

    Kelebihan AutoCAD

    AutoCAD mampu menangani beragam pekerjaan interior dan eksterior dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan dengan kualitas yang dapat diandalkan. Program ini menyediakan banyak sekali tekstur, material, warna dan efek-efek yang bisa digunakan dengan mudah. Untuk tampilan (view) objek atau bangunan dari berbagai sudut sangat mudah dilakukan. Keunggulan lainnya dari Autocad diantaranya:

    Dokumentasi Mumpuni

    Dilengkapi dengan fitur yang akan memudahkan para pengguna ketika hendak mendokumentasikan hasil gambarnya. Fitur tersebut akan mempermudah proses plotting sehingga nanti gambar yang kamu buat bisa langsung disimpan di dalam sebuah folder dengan nama file atau folder seperti yang diinginkan. AutoCAD dapat menjadi database yang menyimpan berbagai informasi penting yang dibuat oleh drafter dan dapat diakses langsung oleh pengguna lain. AutoCAD memudahkan dalam pembuatan library untuk komponen-komponen standar atau komponen yang Digambar atau dipergunakan berulang-ulang dalam gambar (misalnya: baut, mur, simbol-simbol, dan lain-lain.) sehingga mempermudah dalam proses pembuatan gambar berikutnya.

    Memudahkan Editing

    Autocad juga merupakan aplikasi desain yang menawarkan kemudahan dalam proses editing. Penggunanya tidak akan kesulitan ketika menjalankan proses editing yang mana mereka bisa mengedit gambar sesuai dengan keinginan mereka.

    Tingkat Akurasi Tinggi 

    Mampu digunakan untuk menggambar sebuah objek dalam waktu singkat. Dengan menggambar menggunakan Autocad, proses yang dilakukan tidak memakan waktu lama. Selain itu Autocad juga akan memudahkanmu dalam menggambar atau mendesain suatu objek dengan presisis yang sangat pas. Gambar yang dihasilkan memiliki tingkat akurasi tinggi, bahkan mendekati gambar aslinya. Kualitas gambar juga konstan, tidak terlalu tergantung pada skill penggambar sebagaimana gambar manual. Relatif lebih akurat dan cepat pengerjaannya karena menggunakan komputer. Dapat diedit, ditambah-kurang tanpa harus memulai dari awal.

    Kekurangan AutoCAD

    Sebab kompleks. Kebutuhan hardware untuk mendukung Software ini juga lebih tinggi. Infrastruktur pendukungnya harus memadai, seperti penggunaan printer atau plotter untuk mencetak gambar dalam ukuran yang besar. Selain itu Software ini juga prabayar. Struktur file hasil penggambaran, definisi database dan file database dari AutoCAD lebih rumit, Alur dari proses pekerjaan desainnyapun demikian karena software tersebut terbagi atas beberapa software lagi sesuai dengan bagian konstruksi mana yang akan dibuat. Terakhir software ini kurang familiar diantara para drafter dan desainer kapal, hanya orang yang pernah diberi pelatihan saja yang bisa, kendati pelatihan software tersebut sangat mahal.

     

    Fitur Autocad

    AutoCAD saat ini hanya dapat berjalan pada sistem operasi Microsoft. AutoCAD secara khusus dibuat untuk Windows dan biasanya versi AutoCAD terbaru mendukung versi Windows terbaru dan mungkin beberapa versi windows pendahulu, seperti windows xp, windows 7, windows 8, dan windows 10. Meski demikian beberapa alternatif CAD yang digunakan di OS Linux seperti Draftsight, Briscad, Caduntu, dan BRL-CAD. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. Ada versi kompatibel untuk komputer Macintosh yang dirilis, namun pada tahun 2010 Autodesk mengumumkan bahwa mereka akan sekali lagi mendukung Apple Mac OS X dengan merilis AutoCAD 2012. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine. AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Autocad? Berikut diantaranya:

    Tools 2D dan 3D drafting 

    Aplikasi ini menyediakan sebuah tool yang digunakan untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi. Beberapa perintah yang ada di dalam tools tersebut antara lain: circle, line, polygon, chamfer, trim, fillet, loft, presspull, dan berbagai fitur lainnya yang dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing

    Opsi Rendering 

    Fitur kedua yang ditawarkan oleh Autocad adalah 3 opsi rendering. Proses yang dijalankan pun tidak sulit. Sebelum melakukan rendering, pastikan spesifikasi komputer atau laptop sudah memadai. 

    Konversi Pdf ke Dwg 

    Autocad juga menawarkan fitur yang bisa digunakan untuk mengubah atau menkonversi draf yang berformat pdf ke dwg. Hal ini ditujukan ketika para drafter memperoleh gambar yang berformat pdf. Jadi, dibanding harus menggambar ulang pengguna dapat langsung mengkonversi gambar tersebut ke format dwg. Proses perubahannya pun tidak membutuhkan waktu lama dengan cara yang mudah.

     

    Versi AutoCAD

    AutoCAD 

    AutoCAD merupakan varian utama produk Autodesk dan Ideal untuk digunakan oleh para arsitek dan teknisi desain professional. Autocad dengan Pemodelan 3D yang powerful. Kostumisasi alur kerja dengan Pertukaran Aplikasi. 

    AutoCAD LT 

    AutoCAD LT merupakan varian yang lebih ringan dengan harga yang lebih murah dari varian AutoCAD. ideal  digunakan oleh drafter dan designer yang hanya membutuhkan pendesainan 2 dimensi. Varian ini tidak dapat digunakan untuk modeling 3D sehingga hanya mendukung drafting gambar 2D saja. AutoCAD 360 

    Aplikasi mobile resmi AutoCAD yang dikhususkan untuk penggunaan pada perangkat mobile baik pada smartphone maupun tablet. Tersedia untuk sistem operasi Android, Windows Phone dan iOS. Ketiga varian diatas merupakan varian yang bisa digunakan oleh semua bidang industri atau profesi yang membutuhkan software aplikasi Desain Dibantu Komputer (CAD). Adapun varian lainnya merupakan varian yang dikhususkan untuk bidang industri atau profesi tertentu seperti AutoCAD Architecture, AutoCAD Civil 3D, AutoCAD Electrical, AutoCAD P&ID, AutoCAD Plant 3D, AutoCAD Map 3D, AutoCAD Mechanical, AutoCAD MEP dan lainnya.

    Varian Student 

    Varian student merupakan versi produk AutoCAD yang dikhususkan untuk para pelajar. Terdapat pengurangan spesifikasi atau fitur asli serta batas waktu penggunaan untuk versi pelajar, karena memang varian ini dikhususkan untuk pembelajaran atau pengenalan kepada siswa untuk menjalankan program AutoCAD.

     

    Spesifikasi Minimum untuk setiap versi AutoCAD

    Sejatinya spesifikasi minimum untuk setiap versi AutoCAD ditentukan oleh banyaknya fitur yang dijalankan dalam aplikasi tersebut dan akan semakin kompleks seiring waktu. Di bawah ini adalah daftar spesifikasi minimum untuk setiap versi AutoCAD:

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2020 Operating System: 

    • Microsoft Windows 10 (64-bit only), 8.1 (64-bit only), or 7 SP1 (64-bit only) 
    • Processor: 2.5 GHz (3+ GHz recommended) 
    • Memory: 8 GB (16GB recommended) 
    • Disk space: 6.0 GB 
    • Display: 1920 x 1080 resolution with True Color 

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2019 

    • Operating System: Microsoft Windows 10 (64-bit only), 8.1 (32-bit & 64-bit), or 7 SP1 (32-bit & 64-bit) 
    • Processor: 2.5 GHz (3+ GHz recommended) 
    • Memory: 8 GB (16GB recommended) 
    • Disk space: 6.0 GB 
    • Display: 1920 x 1080 resolution with True Color

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2018 

    • Microsoft Windows 10 (64-bit only), 8.1 (32-bit & 64-bit), or 7 SP1 (32-bit & 64-bit) 
    • 1 GHz or faster processor 
    • RAM 32-bit: 2 GB 64-bit: 4 GB 
    • Disk space: 4.0 GB 
    • 1360 x 768 display resolution with True Color

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2017 

     

    • Microsoft Windows 10, 8.1 or 7 SP1
    • Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon™ 64 processor 
    • RAM 32-bit: 2 GB 64-bit: 4 GB 
    • Disk space: 6.0 GB 
    • 1360 x 768 display resolution with True Color 

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2016 

    • Microsoft Windows 8 or 7
    • Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon™ 64 processor 
    • RAM 32-bit: 2 GB 64-bit: 4 GB 
    • Disk space: 6.0 GB 
    • 1024 x 768 display resolution with True Color

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2015 

    • Microsoft Windows 8 or 7 
    • Processor 32-bit: Pentium 4 or AMD Athlon Dual Core, 3.0 GHz or greater with SSE2 technology 64-bit: Athlon 64 or Opteron with SSE2 technology, or Intel Xeon or Pentium 4 with EM64T support and SSE2 technology 
    • 2 GB RAM 
    • Disk space: 6.0 GB 1024 x 768 display resolution with True Color

    Spesifikasi Minimum untuk AutoCAD 2014 

    • Microsoft Windows 8, 7, or XP SP3 
    • Processor 32-bit XP: Pentium 4 or AMD Athlon Dual Core, 1.6 GHz or greater with SSE2 technology 32-bit 
    • Windows 7 or 8: Pentium 4 or AMD Athlon Dual Core, 3.0 GHz or greater with SSE2 technology 64-bit: Athlon 64 or Opteron with SSE2 technology, or Intel Xeon or Pentium 4 with EM64T support and SSE2 technology 
    • 2 GB RAM 
    • Disk space: 6.0 GB 1024 x 768 display resolution with True Color