Buku Manajemen Keuangan Best Seller

Jelajahi Buku Manajemen Keuangan Best Seller dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Finon (Finance For Non Finance): Manajemen Keuangan Untuk Non Keuangan

Finon (Finance For Non Finance): Manajemen Keuangan Untuk Non Keuangan

Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya

Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya

Manajemen Keuangan Desa

Manajemen Keuangan Desa

Dasar2 Manajemen Keuangan Ed 7

Dasar2 Manajemen Keuangan Ed 7

Manajemen Keuangan Bisnis Konsep Dan Aplikasinya

Manajemen Keuangan Bisnis Konsep Dan Aplikasinya

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan Syariah Edisi Kedua

Manajemen Keuangan Syariah Edisi Kedua

Manajemen Keuangan Edisi Revisi: Kajian Praktik&Teori

Manajemen Keuangan Edisi Revisi: Kajian Praktik&Teori

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Tetang Buku Manajemen Keuangan Best Seller

Jelajahi Best Seller Buku Bahasa Sunda dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, dan Tujuannya Bagi Perusahaan

     

     

    Manajemen keuangan selalu identik dengan sebuah bisnis dan perusahaan. Hal ini sering dikaitkan dengan kegiatan mengelola modal usaha demi keberlangsungan bisnis di masa depan. Padahal, skill manajemen keuangan yang baik juga penting untuk mengelola dana pribadi, rumah tangga, sekolah dan organisasi. Cari tahu yuk apa itu pengertian manajemen keungan di bawah.

     

    Setiap orang sebenarnya perlu mempelajari dan memahami manajemen keuangan. Terlebih lagi bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Keuangan adalah pondasi utama yang menentukan bagaimana perkembangan bisnis ke depannya.

     

    Tanpa pondasi yang kokoh, bisnis berkembang lebih lambat dan bahkan merugi. Ini dia pengertian manajemen keuangan, manfaat, fungsi, konsep dan prinsipnya.

     

    Pengertian Manajemen Keuangan Secara Umum

    Manajemen keuangan adalah sebuah kegiatan yang terdiri dari serangkaian proses pencarian, perencanaan, penganggaran, pemeriksaan dan penyimpanan dana perusahaan. Ini merupakan definisi umum dari manajemen keuangan.

     

    Proses tadi juga berlaku untuk semua jenis dana, mulai dari uang rumah tangga sampai uang organisasi.

     

    Agar Anda lebih mudah memahami, pengertian manajemen keuangan bisa diartikan sebagai usaha mengumpulkan modal dan mengatur pengalokasiannya secara efisien.

     

    Masing-masing perusahaan memiliki strategi manajemen keuangan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Namun pada intinya tujuannya sama, yaitu memanfaatkan modal yang dimiliki perusahaan sebaik mungkin demi keberlangsungan bisnis dan menghasilkan keuntungan secara maksmal.

    Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

    Sejumlah ahli memiliki penjelasan masing-masing tentang definisi manajemen keuangan. Berikut selengkapnya:

     

    Weston dan Brigham

     

    Manajemen keuangan adalah kegiatan mengambil keputusan keuangan, demi menyesuaikan motif individu dan tujuan sebuah perusahaan.

     

    Agus Sartono

     

    Pengertian manajemen keungan menurut Agus Sartono adalah seluruh aktivitas yang berhubungan dengan mengalokasikan dana ke dalam berbagai bentuk investasi ataupun usaha mengumpulkan dana untuk pembelanjaan dan pembiayaan investasi secara efisien.

     

    S.C.Kuchal

     

    Manajemen keuangan adalah aktivitas yang berhubungan dengan mengumpulkan dana dan memanfaatkan secara efektif dalam bisnis.

     

    Bambang Riyanto

     

    Menurut pendapat Bambang Riyanto, manajemen keuangan adalah seluruh aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan upaya-upaya mengumpulkan pendanaan yang dibutuhkan sesuai biaya minimal dan persyaratan paling menguntungkan, sekaligus usaha memanfaatkan dana seefisien mungkin.

     

    Joshep dan Massie

     

    Pengertian manajemen keuangan adalah kegiatan yang bertanggungjawab terhadap pengumpulan dan pemanfaatan dana yang dibutuhkan untuk operasional bisnis secara efektif.

    Fungsi Manajemen Keuangan

    Pengelolaan keuangan memang tidak salah disebut sebagai pondasi bisnis. Karena jika sampai salah melakukannya, maka bisa berakibat fatal terhadap keberlangsungan perusahaan. Berikut beberapa fungsi manajemen keuangan:

     

    1. Merencanakan Keuangan Perusahaan

     

    Tugas seorang manajer keuangan adalah bertanggung jawab penuh terhadap perencanaan dan memperhitungkan jumlah modal yang dibutuhkan untuk operasional bisnis. Baik itu biaya modal kerja ataupun membeli beberapa aset tetap bagi bisnis. Semua biaya harus dituliskan secara rinci.

     

    Selain itu, manajer keuangan bertugas untuk menyusun rencana kedepan demi bisa mengumpulkan modal perusahaan. Ia juga mempertimbangkan bagian bisnis mana yang sekiranya perlu diberhentikan, dikembangkan dan direalisasikan.

     

    Ini merupakan fungsi manajemen keuangan yang paling mendasar.

     

    1. Menentukan Komposisi Modal

     

    Setelah berhasil menyusun rencana dan menghitung estimasi jumlah keuangan yang dibutuhkan, maka berikutnya adalah membuat struktur modal. Campuran antara hutang dan ekuitas yang dipakai sebagai dana untuk membiayai peluang investas menguntungkan bagi perusahaan di masa depan disebut struktur komposisi modal.

     

    1. Investasi Dana

     

    Manager keuangan harus bisa memastikan bahwa modal yang tersedia dialokasikan secara tepat untuk mendukung perkembangan bisnis. Biaya untuk mengumpulkan dana dan nilai pengembalian haruslah seimbang.

     

    Manager keuangan bekerja dengan memperbaiki lini bisnis yang performanya menurun dan meningkatkan lini bisnis yang mampu menghaslkan pengembalian lebih tinggi.

     

    1. Mempertahankan Likuiditas Secara tepat

     

    Sumber terbaik untuk mempertahankan likuiditas adalah kas. Bagian ini berfungsi sebagai persediaan dana untuk membayar gaji karyawan, membeli bahan baku dan menangani berbagai kebutuhan keuangan perusahaan yang lain.

     

    Manager keuangan perlu mengetahui dan menentukan seberapa banyak perusahaan membutuhkan aset likuid. Jika sudah mengetahui hal tersebut, Ia bertugas untuk mengontrol aset-aset tersebut sebaik mungkin sehingga bisnis tidak mengalami kelangkaan uang.

     

    1. Mengontrol Keuangan

    Fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah membantu mengontrol keuangan perusahaan. Yaitu menganalisis hasil perusahaan secara aktual. Perhitungan perolehan perusahaan didekati pada waktu berbeda dan perspektif yang berbeda pula. Ini tidak menggunakan tujuan jangka panjang, menengah dan jangka pendek dalam rencana bisnis.

     

    1. Pengelolaan Surplus

     

    Bagi yang belum tahu, surplus adalah kondisi ketika jumlah pemasukan lebih besar dibandingkan pengeluaran.

     

    Secara umum, manager keuangan meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan menjual beberapa aset surplus dan memindahkannnya ke sejumlah investasi lain yang dinilai lebih produktif.

     

    Prinsp-Prinsip Manajemen Keuangan

    Akuntabilitas

     

    Dalam sebuah perusahaan, wajib hukumnya memiliki sistem akuntansi. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan uang bisa dimonitor secara jelas dan terperinci. Mulai dari sumber modal, pengalokasian dana dan bagaimana perusahaan memanfaatkannya. Akuntabilitas merupakan hukum dan kewajiban moral di dalam perusahaan.

     

    Konsistens

     

    Pelaksanaan sistem keuangan perusahaan sudah seharusnya secara konsisten. Kendati demikian, bukan berarti tida boleh mengganti dengan strategi atau sistem keuangan baru. Selama kondisi keuangan perusahaan baik-baik saja, maka tidak perlu terlalu banyak melakukan perubahan.

     

    Beda lagi apabila strategi yang berjalan membuat kondisi keuangan perusahaan memburuk, baru diperlukan perubahan sistem.

     

     

    Kelangsungan Hidup

     

    Tugas seorang manajer keuangan adalah menyusun rencana sedemikian rupa sehinnga keuangan yang dimiliki bisa mendukung perusahaan tetap survive. Setiap keputusan harus diprioritaskan demi kelangsungan perusahaan.

     

    Transparans

     

    Pihak perusahaan tidak boleh menutupi informasi tentang aktivitas keuangan dan harus terbuka. Tentu bukan ke semua pihak, melainkan hanya beberapa saja yang berkepentingan. Informasi keuangan ditampilkan secara lengkap, rapi dan akurat.

     

     

    Standar Akuntansi

     

    Ada beberapa standar khusus yang membuat sistem akuntansi perusahaan di seluruh dunia sama. Setidaknya Anda harus memahaminya terlebih dahulu dan pastikan sistem akuntansi di bisnis sudah memenuhi standar ini.

     

    Integritas

     

    Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk menjaga integritas setiap catatan dan laporan keuangan sebaik mungkin. Laporan keuangan harus disusun seakurat dan selengkap mungkin.

     

    Pengelolaan

     

    Terkait prinsip pengelolaan, perusahaan harus bisa menjamin apabila dana yang dianggarkan untuk kegiatan operasional sesuai dengan rencana dan tujuan keuangan yang sudah dibuat sebelumnya. Perusahaan tidak boleh mengelola keuangan tanpa perencanaan matang, sehingga bisa mengambil keputusan-keputusan yang tepat.

    Manajemen Keuangan Bertujuan Untuk?

    Memperoleh Keuntungan Semaksimal Mungkin

     

    Dengan manajemen keuangan yang baik, keuangan perusahaan bisa diolah secara optimal dan diharapkan bisa memaksimalkan keuntungan. Baik itu keuntungan jangka panjang ataupun keuntungan jangka pendek.

     

    Kendati demikian, fokus utama perencanaan keuangan adalah setidaknya bisa menghasilkan laba yang cukup.

     

    Menjaga Arus Kas Perusahaan

     

    Untuk mencegah pengeluaran yang terlalu besar, maka dilakukan pemantuan terhadap keluar dan masuknya uang kas perusahaan secara berkala. Disinilah tujuan manajemen keuangan, yaitu mengetahui berapa banyak uang kas yang dikeluarkan untuk menggaji karyawan, membeli bahan baku dan berbagai pengeluaran lain.

     

    Menyiapkan Struktur Modal

     

    Melihat data arus kas perusahaan, seorang manajer keuangan bertugas untuk menyusun struktur modal dengan menyeimbangkan antara dana yang dipinjam dan anggaran yang dimiliki perusahaan.

     

    Meningkatkan Efisiensi

     

    Dari pengertian manajemen keuangan diatas, kita mengetahui bahwa proses ini meliputi banyak kegiatan. Mulai dari merencanakan, menganggarkan dan mengevaluasi keuangan perusahaan. Sehingga diharapkan bisa terus meningkatkan efisiensi dana perusahaan.

     

    Kelangsungan Hidup Perusahaan

     

    Pada intinya, manajemen keuangan dilakukan demi mempertahankan perusahaan agar tetap bisa bersaing di pasar. Mencegah pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan berpotensi membuat perusahaan mengalami kerugian.

     

    Baiklah, mungkin cukup sekian dahulu pembahasan ringkas tentang pengertian manajemen keuangan, fungsi, konsep, prinsip dan manfaatnya. Semoga artikel diatas bisa menjadi referensi bermanfaat untuk Anda.