in

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Cara menulis surat lamaran kerja – Setelah menempuh pendidikan bertahun-tahun, mendapatkan kerja adalah salah satu tujuan banyak orang. Dari pekerjaan tersebut, nantinya kita akan mendapat gaji hingga jabatan. Tentu saja, dengan memberikan kualitas yang bagus bisa membawa masa depan kita menjadi lebih baik dan cerah bukan?

Ketika melamar kerja, pastinya pelamar kerja akan menulis surat lamaran kerja. Namun, terkadang ada sebagian orang yang belum mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang menarik. Jangan khawatir, karena pada artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang surat lamaran kerja. Jadi, tetap simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Apa Itu Melamar Pekerjaan Dan Lamaran Pekerjaan?

Bagi Grameds yang baru saja lulus sekolah dan masih belum paham, melamar pekerjaan sebagai sebuah kegiatan yang sudah pasti dilakukan oleh orang yang sedang mencari pekerjaan. Calon pekerja akan melakukan penawaran diri terhadap kompetensi yang dimiliki atau pada sebuah perusahaan. Hal ini dapat dituangkan dalam sebuah kertas resmi atau dokumen resmi yang ditandatangani dan proses wawancara.

Secara umum, lamaran pekerjaan diberikan kepada perusahaan yang ingin dituju atau perusahaan di mana kamu ingin bekerja. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum bisa mendapatkan pekerjaan. Salah satu alasannya mungkin bisa saja terkendala akan lamaran atau proses dalam melamar pekerjaan.

Wulandari Setyaningrum dan RN Superteam 13 Cara Menyusun Cv dan Surat Lamaran Kerja

 

Surat lamaran kerja merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam proses melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, akan ada banyak trik dan tips yang bisa dilakukan, salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan surat lamaran pekerjaan yang menarik dengan informasi yang bagus.

Dikarenakan pegawai perusahaan belum pernah bertemu dengan Grameds, maka akan lebih baik jika dapat membuat contoh surat lamaran kerja lebih dari sebuah informasi menjadi lebih bagus dan berkualitas. Selain itu, surat lamaran juga bisa menunjukkan karakter dan kualitas yang dapat menambah nilai jual seseorang.

Poin Penting Menulis Surat Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja.

  1. Gunakan kertas bergaris. Ketika menulis surat lamaran kerja tulis tangan disarankan menggunakan kerta folio bergaris. Hal ini akan memudahkan saat menulis sehingga hasilnya akan lebih rapi.
  2. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan bahasa yang resmi.
  3. Gunakan kata-kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena Grameds akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul maupun bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.
  4. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi, sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja. Jadi, pastikan tulisan Grameds rapi dan tidak berantakan, karena tulisan tegak bersambung juga lebih dianjurkan.
  5. Usahakan tidak ada tulisan yang salah. Sebaiknya berhati-hati dan pelan-pelan saja saat menulis surat lamaran kerja. jika buru-buru, tulisan Grameds bisa jadi keliru dan tidak rapi, maka Grameds perlu menulisnya di lembar baik. Sebab, kurang elok jika terdapat bekas penghapus atau correction pen di surat lamaran kerja yang Grameds buat.
  6. Warna pena. Meskipun terlihat sepele, tapi warna pulpen yang digunakan juga berpengaruh. Alih-alih memilih warna aneh, dianjurkan menggunakan pulpen hitam saja.
  7. Hendaknya ditulis secara manual, agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan kamu, ya Grameds. Namun sekarang surat lamaran kerja juga bisa disertakan di email, maupun berbentuk dokumen digital.
  8. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan, sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat Grameds melamar kerja.
  9. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu, Grameds menunjukkan mempunyai kelebihan yang orang lain tidak miliki.
  10. Tata bahasa juga penting dalam menulis surat lamaran kerja. Karena surat lamaran kerja terbilang formal, maka Grameds harus menuliskan dengan bahasa baku dan ejaan yang benar. Perhatikan penggunaan tanda baca, penggunaan huruf kapital serta pemilihan bahasanya. Sebab, jika tidak bisa jadi lamaran kamu ditolak.
  11. Pastikan ada jabatan yang dilamar dan nomor yang dapat dihubungi. Hal ini yaitu tentang identitas diri lengkap dengan nomor yang dapat dihubungi. Selain itu, Grameds juga wajib menuliskan posisi yang dilamar sehingga perusahaan tahu maksud dan tujuan kamu mengirimkan surat tersebut.

Heriyati Sukses Wawancara Kerja

 

Langkah-Langkah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRDKompas.com

Semakin berkembangnya zaman, cara mengirim surat dapat melalui email. Namun, ada juga yang menuliskan surat lamaran kerja dengan menggunakan tangan. Nah, berikut ini langkah membuat surat lamaran kerja yang dapat Grameds ikuti, yaa:

  1. Siapkan kertas folio bergaris yang masih bersih dan rapi. Selain itu, siapkan juga bulpoin yang tintanya semakin nyata.
  2. Mulailah dengan menulis contoh surat lamaran kerja yang telah dipelajari. Sebelumnya, dapat berlatih terlebih dahulu. Agar tidak salah dan tidak perlu menghapuskan.
  3. Apabila persiapan sudah matang, sekarang saatnya menulis suratnya. Jangan lupa cantumkan kalimat sapaan sebelum membuka isi suratnya.
  4. Perkenalkan diri secara singkat, kemudian jelaskan latar bebelakang pendidikan dan referensi kerja jika ada.
  5. Tulis kemampuan diri secara singkat dan sebutkan posisi yang akan dilamar.
  6. Tulis juga lampiran di didalam suratnya.
  7. Jika sudah, kalimat penutup yang baik dan harapan supaya kamu bisa bergabung di perusahaan tersebut.
  8. Tulisa salam, nama lengkap dan tanda tanganmu.
  9. Jika sudah, koreksi kembali dan pastikan tidak ada  yang keliru. Jika menemukan penulisan yang keliru, baiknya membuat baru di kertas lain.

Langkah menulis surat lamaran kerja di atas bisa digunakan untuk menulis surat lamaran kerja melalui email atau dalam bentuk dokumen. Hal ini karena hanya media membuat surat lamaran kerjanya saja yang berbeda, tetapi tata bahasa, pola kalimat, dan urutannya tetap sama.

 Joko Salim, S.kom, Se, Joko Salim, S.Kom, SE Membangun Website Bisnis Online dalam Sehari Kerja

Format Surat Lamaran Kerja

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRDKompas.com

Dengan adanya surat lamaran kerja, maka akan mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali para pelamar. Nah, dalam membuat format penulisan resume Grameds perlu memastikan hal-hal berikut ini :

1. Tempat dan tanggal penulisan

Pertama, Grameds dapat menuliskan dengan lengkap tempat dan tanggal surat lamaran kerja yang akan ditulis. Posisikan pada bagian kanan atas atau kiri surat dan tidak menyingkat apapun, baik dari tempat maupun tanggal.

2. Tujuan surat serta nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju

Menulis tujuan surat cukup tulis yang terhormat atau “Yth.” Kemudian, lanjutkan dengan jabatan penerima surat. Akan lebih baik, jika Grameds sudah mengetahui dengan jelas siapa yang menerima resume agar lebih personal. Setelah itu, tepat di bawah tujuan surat tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam hormat atau salam pembuka dan kata pengantar

Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan yang dilamar, sekarang saatnya merancang surat lamaran kerja yang menarik. Namun, sebelum memulai membuat bagian isi sebaiknya Grameds menulis salam hormat atau salam pembuka.

Grameds dapat menggunakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” karena bersifat universal dan memang umum digunakan. Setelah menulis salam pembuka, Grameds dapat langsung menjelaskan sumber informasi lowongan pekerjaan yang sedang dilamar.

4. Biodata pribadi

Kemudian, Grameds perlu menulis identitas diri. Informasi seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir (TTL), pendidikan terakhir, alamat email dan nomor HP sebaiknya Grameds cantumkan.

5. Pengalaman kerja, kelebihan atau keahlian lain

Setelah mencantumkan data diri, Grameds dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Usahakan merinci kemampuan yang memang relevan terhadap pekerjaan yang Grameds lamar agar meningkatkan kemungkinan diperhatikan oleh tim rekrutmen.

6. Penutup

Pada bagian penutup sebaiknya ditulis harapan Grameds agar diterima dan ditutup dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap Grameds tepat di bawah penutup, ya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRDKompas.com

Berikut ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat dijadikan sebagai inspirasi, yaitu:

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk umum

Jakarta, 6 Januari 2022

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan

  1. Maju Terus Pantang Mundur

Jl. Medan Merdeka no 15, Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja yang saya lihat pada sosial media Linkedin pada 30 Desember 2019, yang dimana menunjukkan jika saat ini perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin.

Bersama ini saya sampaikan biodata diri :

Nama : Anita Hartanti

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 3 Juli 1995

Pendidikan terakhir : S1- Hukum

Alamat : Jl. KH. Moh Mansyur 11276

Untuk bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup/ CV
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy Bahasa Inggris
  6. Fotocopy KTP
  7. Pas Foto 4×6
  8. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Ttd.

Anita Hartanti

Contoh surat lamaran kerja untuk bank

Jakarta, 10 Maret 2022

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan

  1. Bank ABC

Cabang Kab. Jakarta

Jl. Kebon Jeruk no 20, Meruya Utara

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di Bank ABC yang terpasang pada website lowongan kerja Jojo.id, tanggal 7 Maret 2020 maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin.

Biodata diri saya :

Nama : Marry Jane

Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 20 April 1997

Pendidikan : S1- Pendidikan Bahasa Inggris

Alamat : Jl. Rembulan No.2, Surabaya

Sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa dokumen terbaru sebagai bahan pertimbangan :

  1. Daftar Riwayat Hidup/ CV
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy Bahasa Inggris
  6. Fotocopy KTP
  7. Pas Foto 4×6
  8. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd.

Marry Jane

Contoh surat lamaran kerja untuk copywriter

Jika Grameds ingin melamar sebagai copywriter, berikut ini contoh surat lamaran kerjanya :

Bandung, 10 Juni 2022

Hal     : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 8 Lembar

Kepada

Yth. Bapak/ Ibu HRD

WINS GROUP

Jl. Malaka 29, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Menurut informasi yang terdapat pada media sosial Linkedin, pada tanggal 8 Juni 2022 dimana PT. WINS GROUP membuka lowongan pekerjaan sebagai copywriter. Maka melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi tersebut.

Berikut ini, biodata diri saya :

Nama : James Bonsai

Tempat dan Tanggal lahir : Pandeglang, 11 Mei 1996

Pendidikan akhir : S1 Ilmu Komunikasi

Alamat : Jl. Sudirman Raya No 10, Jakarta Barat

HP : 0812345678

Email : James.Bonsai@gmail.com

Saya mempunyai kesehatan yang prima, mempunyai penampilan yang menarik. Namun terlebih dari itu saya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dimana saya mempelajarinya selama menempuh pendidikan sebelumnya serta pernah menjadi bagian dari tim digital marketing untuk organisasi kampus.

Dalam kesempatan yang diberikan saya juga belajar untuk bekerja sama dengan tim serta dapat memahami perbedaan. Mampu bekerja menggunakan aplikasi seperti photoshop dan wordpress.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen-dokumen terbaru :

  1. Daftar Riwayat Hidup/ CV
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy Bahasa Inggris
  6. Fotocopy KTP
  7. Pas Foto 3×4
  8. Surat Pengalaman Kerja
  9. Fotocopy Sertifikat Toefl

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Ttd.

James Bonsai

Surat lamaran kerja fresh graduate

Bagi Grameds yang baru saja lulus sekolah atau kuliah, baik dari tingkat SMK, SMA, D3, S1 atau S2. Grameds bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja di bawah ini untuk melamar pekerjaan yang diinginkan.

Jakarta, 22 Mei 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu HRD PT. Rezeki Jaya Maya

Jl. Astana Brava No. 1 Jawa Tengah

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya temukan dari surat kabar Sinar Fajar pada tanggal 20 Mei 2022 mengenai lowongan pekerjaan pada PT. Rezeki Jaya Maya saya akan melamar pekerjaan pada bagian staf administrasi. Maka melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi tersebut.

Berikut ini, biodata diri saya :

Nama : Agus Suprapto

Tempat dan Tanggal lahir : Semarang, 21 September 1993

Pendidikan akhir : S1 Administrasi Bisnis

Alamat : Jl. Sudirman No 30, Semarang

HP : 0812345678

Email : agussuprapto@gmail.com

Untuk bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup/ CV
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy Transkip Nilai
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Ttd.

Agus Suprapto

Pada dasarnya, setiap lamaran kerja yang sudah dikirimkan, tidak selalu diterima. Oleh sebab itu, sudah seharusnya untuk selalu berusaha berdoa agar surat lamaran yang dikirimkan bisa diterima oleh HRD, sehingga pelamar kerja bisa diterima di perusahaan yang dilamar.

Nah, itulah berbagai contoh surat-surat lamaran kerja yang menarik ya, Grameds. Pastikan sebelum melamar Grameds dapat memenuhi poin-poin yang ada di surat lamaran kerja ya. Selain itu, semua tips di atas bisa juga diterapkan dalam surat lamaran kerja yang dibuat dengan format dokumen atau diketik. Semoga artikel ini menginspirasimu ya! Selamat mencoba!

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang contoh surat-surat lamaran kerja yang menarik secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy