Best Seller Buku Tutorial Belajar Photoshop

Jelajahi Best Seller Buku Tutorial Belajar Photoshop dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Belajar Kilat Adobe Photoshop Langsung Bisa!

Belajar Kilat Adobe Photoshop Langsung Bisa!

Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto

Tutorial Photoshop: Penerapan Efek pada Foto

Adobe Photoshop Komplet

Adobe Photoshop Komplet

Belajar Sendiri Adobe Photoshop CC 2015-2019

Belajar Sendiri Adobe Photoshop CC 2015-2019

101 Tip & Trik Photoshop CC 2018

101 Tip & Trik Photoshop CC 2018

Photoshop dan CorelDraw Edisi Revisi dan Update

Photoshop dan CorelDraw Edisi Revisi dan Update

Belajar Sendiri Adobe Photoshop Cc 2020

Belajar Sendiri Adobe Photoshop Cc 2020

Ragam Desain Grafis Photoshop untuk pemula

Ragam Desain Grafis Photoshop untuk pemula

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tentang Best Seller Buku Tutorial Belajar Photoshop by Gramedia

Jelajahi Best Seller Buku Tutorial Belajar Photoshop. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Adobe Photoshop dibuat oleh kakak beradik Thomas Knoll dan John Knoll pada tahun 1987. Dahulu namanya adalah Display, kemudian berganti menjadi Image Pro hingga kini berubah dan tetap bernama Photoshop. Photoshop merupakan aplikasi yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional, baik meliputi modifikasi objek yang sederhana bahkan hingga yang sulit sekalipun. Aplikasi ini adalah salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap. Sehingga foto yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi. Software ini banyak sekali digunakan oleh desainer grafis profesional karena memiliki fitur yang lengkap. Dan kemungkinan sampai saat ini belum ada software yang bisa menyamai kelengkapan fitur yang ada pada photoshop. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini:

     

    Apa Itu Photoshop

    Adobe Photoshop merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah (edit) foto atau gambar berkualitas tinggi. Adobe Photoshop ditujukan untuk berbagai kalangan, baik perorangan hingga perusahaan. Pertama kali dirilis pada tahun 1990 dan pengembangannya hingga kini masih terus dilakukan. Secara garis besar, setidaknya ada 2 sistem operasi yang mendukung Photoshop yaitu Windows dan MacOS. Meski dapat digunakan juga di sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan aplikasi tertentu. Fungsi Photoshop untuk mempercantik gambar yaitu dengan cara menghaluskan atau objek, dimana hal ini dilakukan agar gambar tersebut terlihat lebih menarik dan indah. Fungsi Photoshop untuk merekayasa gambar yaitu dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar gambar tersebut terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya. Fungsi Photoshop untuk membuat desain gambar yaitu dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, brosur, spanduk, dan poster. Dan Fungsi Photoshop untuk membuat video dasar yaitu untuk memciptakan video-video kecil seperti GIF. Ada juga fungsi Photoshop secara luas yaitu: 

    • Mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru. 
    • Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar. 
    • Memberi atau merubah warna 
    • Merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar 
    • Mempertajam warna dan kualitas gambar 
    • Membersihkan atau memperindah gambar 
    • Mengaburkan gambar agar terlihat samar-samar 
    • Meningkatkan intensitas cahaya gambar agar terlihat lebih terang. 
    • Memotong gambar
    • Melakukan pengaturan dan crop pada foto. 

    Photoshop juga dapat digunakan untuk membuat Font dengan berbagai bentuk dan ukuran yang kemudian dapat dikustomisasi dengan mudah. Serta beragam fitur yang bermanfaat untuk keperluan lainnya.

     

    Sejarah Photoshop 

    Sejarah photoshop dimulai dengan seorang profesor dari Universitas Michigan, United State (Amerika Setikat), bernama Glenn Knoll yang membuat sebuah software untuk mengolah photo digital. Glenn Knoll juga memiliki dua anak bernama Jon Knoll dan Thomas Knoll, setelah meninggal eksperimen Glenn dilanjutkan dan dikembangkan oleh putranya. Pada tahun 1987, Thomas Knoll yang juga merupakan mahasiswa PhD di Universitas Michigan menulis sebuah perogram pada PC Macintosh Plus, untuk menampilkan gambar gray scale pada monokrom yang ada pada PC-nya, dan diberi nama Display. Program yang dibuat oleh Thomas menarik perhatian saudaranya Jhon Knoll, yang juga bekerja sebagai karyawan di industry Light & Magic. Jhon Knoll melihat peluang keberhasilan dari program buatan Thomas kemudian menyarankan untuk mengembangkan programnya menjadi program penyuntingan gambar penuh. Pada tahun 1988, Akhirnya Thomas mengambil cuti 6 bulan dari kuliahnya, dan ia berkolaborasi dengan saudaranya untuk mengembangkan program itu. Nama awal program mereka adalah ImagePro, namun setelah itu Thomas mengganti namanya menjadi PHOTOSHOP. Photoshop menjadi terkenal ketika Jhon kemudian pergi menemui Russell Brown, Direktur Seni di perusahaan Adobe, kemdudian menerima program Photoshop dan perusahaan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi kemudian mendistribusikan Photoshop pada bulan September 1988. Photoshop 1.0 pertama dirilis khusus untuk Macintosh pada tahun 1990, hingga saat ini adobe photoshop sudah mencapai versi lengkapnya. Beberapa versi terbaru di Adobe Photoshop yaitu Cerative Suite (CS) diantaranya: 

    • Adobe Photoshop CS versi 8 
    • Adobe Photoshop CS2 versi 9 
    • Adobe Photoshop CS3 versi 10 
    • Adobe Photoshop CS4 versi 11 
    • Adobe Photoshop CS5 versi 12 
    • Adobe Photoshop CS6 versi 13 
    • Adobe Photoshop CS7 versi 14 

     

    Fitur-fitur Adobe Photoshop

    Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi dan authoring buatan Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur dan lain-lain. Berikut adalah beberapa bagian penting dari Photoshop dan fitur-fiturnya :

    Format

    Format Khas Adobe Photoshop mendukung png, jpg, jpeg, gif dan format lainnya. Yang unik dari Photoshop adalah software ini juga memiliki format ciri khas, yaitu : 

    • PSD: PSD merupakan singkatan dari Photoshop Document, format ini berguna untuk menyimpan hasil kerja kita yang belum selesai. Termasuk layer, teks, mask dan lain-lain, hasil kerja tersebut tersimpan dalam format ini. Maka dari itu, ketika ingin melanjutkan hasil kerja, dapat di save ke format ini serta dapat dilanjutkan lagi dilain waktu. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka. 
    • PSB Merupakan format lain dari .PSD namun format .PSB ini digunakan untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB.
    • PDD Adalah format .PSD yang hanya bisa digunakan untuk Photoshop Deluxe.

    Layer 

    Sebagai kanvas untuk mendesain gambar. Di Photoshop, kita dapat menggunakan lebih dari satu layer. Manfaat menggunakan banyak lapisan adalah bahwa setiap desain di satu tingkat tidak mempengaruhi desain di tingkat lain. Semua desain pada lapisan yang ada dapat digabungkan menjadi satu gambar. 

    Menu 

    Menu utama di Photoshop: File, Edit, Gambar, Layer, Pilih, Filter, Analisis, 3D, Tampilan, Jendela, dan Bantuan. 

    Tools

    Tools pada photoshop merupakan bagian terpenting dalam Fitur Photoshop, tanpa tools kita tidak dapat mengolah, atau mengedit gambar, dan juga tanpa tools eksistensi tujuan photoshop percuma.

    Color Mode (Model Warna) untuk Gambar

    Selain medukung format – format seperti di atas, perangkat lunak ini juga mendukung beberapa model warna seperti : 

    • RGB color mode 
    • Lab color mode 
    • CMYK color mode 
    • Grayscale mode 
    • Bitmap mode 
    • Duotone mode 
    • Indexed Color mode

    Tools

    Salah satu fitur pada photoshop adalah kemampuan untuk mengubah foto menjadi grafis. Dengan menggunakan filters, user dapat memilih elemen-elemen dalam foto dan menggubahnya menggunakan opsi painting atau drawing. Dengan opsi painting, pengguna dapat menggunakan tool virtual paint brush untuk mengubah foto tersebut. Nah, fitur tersebut dapat memberikan efek karikatur pada foto yang digunakan untuk proyek desain grafis. Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah atau mengedit gambar tentu memerlukan tools, untuk Adobe Photoshop memiliki beberapa tools antara lain: 

    • Selection Tools berguna untuk menyeleksi objek terdiri dari beberapa tools seperti Move, Rectangular Marquee, Magic Wand, dan lainnya 
    • Crop & Slice Tools berguna untuk memotong bagian dari objek yang terdiri dari Crop Tools, dan Slice Tools 
    • Annotation, Measuring and Navigation Tools berguna untuk memberi catatan, mengukur, serta untuk navigasi, terdiri dari beberapa tools seperti Eyedropper, Note, dan lainnya 
    • Painting Tools berguna memberi warna pada objek, dengan tools seperti Paint Bucket, Gradient, Brush dan lainnya 
    • Drawing and Type Tools berguna untuk menggambar serta membuat teks 
    • Retouching Tools berguna untuk me-retouch atau mengedit suatu gambar menjadi lebih menarik. 

    Toolbox

    Tempat khusus yang menyediakan tool-tool penting agar lebih mudah dilihat dan dipakai. 

    • Crop Tool Digunakan untuk memotong gambar, foto ataupun canvas (kertas kerja). Pemotongan dengan alat ini dilakukan secara permanen mengubah bentuk dimensi lebar dan tinggi foto. Pemotongan dilakukan dengan menentukan area potong berbentuk kotak dari sebuah foto. Misalnya yang tadinya halaman kerja kita 400 x 200 di crop menjadi 200 x 200 dengan pemotongan yang berbentuk persegi atau persegi panjang (Shortcut C). 
    • Slice Tool Biasanya digunakan untuk kebutuhan website dengan cara memotong hasil desain yang telah dibuat di Photoshop menjadi potongan yang lebih kecil. 
    • Slice Select Tool Digunakan untuk memilih potongan pada sebuah desain yang telah dipotong sebelumnya dengan menggunakan slice tool.

     

    Hal-hal yang Bisa Dilakukan dengan Adobe Photoshop

    Photoshop dapat digunakan untuk menghasilkan gambar yang lebih memuaskan, ia juga mudah dipelajari dan dioperasikan. Photoshop dilengkapi dengan banyak fitur-fitur yang unggul, Dapat digunakan untuk membuat tulisan dengan tampilan yang berbeda, berguna untuk mengedit gambar, Sistem kinerjanya lebih cepat dan masih banyak lagi. Photoshop sendiri akan memudahkanmu dalam:

    Editing Video

    Tak hanya editing photo atau membuat desain grafis saja. Photoshop juga dapat digunakan untuk melakukan editing video seperti membuat gambar hitam putih, melakukan konversi format dari video ke gif dan lain-lain melalui fitur layernya. Jadi software Photoshop termasuk multifungsi, meskipun tujuan utamanya tidak diperuntukan untuk hal tersebut.

    Digital Painting

    Hampir mirip dengan kanvas serta tool lainnya seperti kuas. Kamu juga dapat membuat sebuah lukisan namun dalam format digital, kamu juga dapat  memanfaatkan berbagai macam tool seperti pensil, kuas, penghapus, dan tool pendukung lainnya untuk menghasilkan karya lukisan digital. Namun untuk bisa maksimal dalam membuat digital painting, Kamu harus memiliki alat tablet grafis dengan pen stylush-nya. Karena jika hanya menggunakan mouse karya yang dihasilkan kurang maksimal.

    Desain Grafis

    Photoshop dapat digunakan untuk membuat brosur, spanduk, desain logo, sticker, kartu nama, pamflet, dan masih banyak lagi. Photoshop sangat baik dalam mendukung kebutuhan tool desain untuk marketing dan juga branding.

    Mockup Web 

    Photoshop dapat dimanfaatkan untuk membuat desain web. Pertama-tama seorang front end web developer akan membuat rancangan, baik itu wireframe atau mockup pada Photoshop, kemudian mengimplementasikannya pada coding. Sehingga workflow dalam membuat design menjadi lebih mudah dan tinggal mengikuti struktur dan tata letak dari mockup tersebut.

    Pola dan Desain Tekstur 

    Umumnya untuk membuat pola dan desain tekstur software yang kerap digunakan adalah Adobe Illustrator, namun hal ini juga dapat dilakukan di Adobe Photoshop. Namun dengan syarat harus membuat resolusi gambar yang lebih besar, misalnya 4000 pixels keatas,