in

Contoh CV ATS Friendly dan Tips yang Bisa Kamu Ikuti

Contoh CV ATS friendly – Bekerja di perusahaan besar adalah impian hampir semua orang. Selain mendapatkan gaji dan tunjangan yang menggiurkan, bekerja di perusahaan besar juga akan menjadi kebanggaan tersendiri karena sudah melewati proses masuk yang sulit karena banyaknya pesaing.

Karena banyaknya pesaing yang ingin masuk ke perusahaan, biasanya juga perusahaan besar akan menerapkan sistem ATS atau Applicant Tracking System untuk lebih mudah dan mempercepat proses lamaran kerja. ATS akan memindai dan memproses secara otomatis setiap lamaran pekerjaan yang dikirim ke perusahaan, kemudian menyeleksi pelamar yang memenuhi kualifikasi dan yang tidak.

Oleh karena itu, penting untuk kamu yang sedang mencari kerja untuk membuat CV yang ramah ATS alias ATS friendly, sehingga cv kamu akan mudah terbaca oleh sistem. Nah bagaimana sih cara membuat CV yang ATS friendly ini? Simak penjelasannya dibawah ini

Apa itu ATS?

CV merupakan dokumen yang berisi rangkuman riwayat hidup yang memberikan gambaran mengenai kompetensi seseorang. Ada banyak jenis format yang biasanya digunakan, salah satu yang cukup populer adalah CV format ATS.

ATS (Applicant Tracking System) merupakan software atau sistem yang membantu HRD dalam proses lamaran kerja tahap screening. ATS akan mencatat, memilah dan merekap serta memberi nilai setiap CV pelamar kerja yang masuk. Semakin tinggi skornya, maka tandanya CV itu lebih direkomendasikan oleh sistem dan merupakan CV yang ATS friendly.

Namun, jika skornya tidak memenuhi standar, maka CV akan secara otomatis tertolak oleh sistem. Nah, CV ATS ini adalah CV yang dibuat khusus dengan format standar ATS agar dapat mudah dibaca oleh software ATS dan dapat diterima oleh sistem.

Alur Kerja ATS

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa CV ATS friendly ini diproses dengan mesin ATS bukan oleh manusia. Oleh sebab itu, kamu juga perlu paham bagaimana cara kerja mesin ATS ini saat menyeleksi CV. Berikut ini adalah alur kerja sistem ATS.

  1. HR memasukkan kriteria kandidat karyawan ke mesin ATS dalam bentuk keyword, mulai dari jurusan, skill, pengalaman kerja, dan semacamnya.
  2. HR memasukkan data kandidat karyawan berupa CV ke dalam sistem deteksi ATS.
  3. Mesin ATS akan mendeteksi kandidat karyawan berdasarkan kriteria yang ditentukan di awal.
  4. Usai proses deteksi, mesin ATS akan mengirim notifikasi bahwa proses deteksi selesai, dan menunjukkan CV yang sudah ter-screening ke HR untuk diproses ke tahap selanjutnya.

Manfaat ATS 

Bagi perusahaan menerapkan sistem pelacakan pelamar dalam rekrutmen bisa menghasilkan berbagai benefit seperti:

1. ATS dapat mempercepat proses rekrutmen perusahaan

Di dalam sistem ini terdapat Artificial Intelligence (AI) yaitu kecerdasan buatan yang mampu mencocokan kriteria semantik, penguraian yang efektif dan pencarian secara cerdas. Hal ini membuat ATS bisa menilai apakah CV pelamar sesuai dengan kriteria lowongan yang sedang dibuka. ATS juga bisa menyeleksi dalam waktu milidetik tanpa dipengaruhi sebanyak apapun database kandidat yang masuk. Hanya dalam hitungan detik, kamu akan mendapatkan daftar lengkap kandidat yang ATS sarankan.

2. Biaya lebih rendah untuk proses perekrutan

Menggunakan sistem pelacakan pelamar bisa juga mengurangi pekerjaan kamu secara manual. SIstem ini akan menjadi alat yang dapat membantu perusahaan merekrut SDM lebih ekonomis.

3. Memiliki eksistensi yang lebih menonjol

Fitur utama yang ada pada ATS adalah memiliki platform pencarian kerja yang beragam. Ketersediaan perangkat lunak di media sosial merupakan keuntungan bagi perusahaan agar lebih eksis. Jadi, dengan adanya sistem pelacakan pelamar dengan sosial media seperti facebook dan LinkedIn akan mampu mengungguli eksistensi perusahaan kamu dengan yang lainnya.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. CV kamu tampak lebih profesional dan rapi

Jika kamu menggunakan format ATS friendly, maka CV kamu juga akan terlihat lebih profesional. Hal ini karena tidak banyak ornamen atau warna yang ada di CV kamu sehingga akan lebih rapi.

5. CV kamu akan langsung dikenali oleh sistem

Jika kamu menggunakan CV ATS friendly, maka akan langsung dikenali oleh sistem karena sangat mudah dibaca, singkat dan jelas.

6. Potensi CV kamu masuk lebih besar

Jika kamu menggunakan CV ATS friendly kemungkinan kamu masuk juga akan lebih besar karena berhasil melewati sistem ATS itu sendiri.

 

Mengapa CV Harus ATS Friendly?

Beberapa akan bertanya mengapa CV harus dibuat ATS friendly. Berikut adalah alasannya:

1. Banyak perusahaan besar menggunakan mesin ATS untuk screening CV

Pada perusahaan-perusahaan besar, yang pertama kali melihat dan menentukan kamu lolos pada tahap screening bukan lah seorang HRD dari perusahaan itu melainkan mesin ATS. Jadi, sangat penting untuk kamu membuat CV yang ATS friendly agar CV kamu lolos ATS dan kamu juga bisa melewati tahap seleksi berikutnya.

  1. Informasi CV ATS ringkas dan jelas

Setelah CV kamu lolos screening mesin ATS, maka HRD tidak memiliki banyak waktu untuk membaca CV jadi CV juga harus ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Informasi yang disampaikan juga harus tepat pada sasaran.

Tips Lolos Screening ATS

Sistem ATS hanya akan merekomendasikan kepada HR, CV mana yang layak untuk di review. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly kamu bisa mencermati tips dibawah ini:

  1. Menggunakan bahasa Inggris akan lebih baik. Hal ini disebabkan karena sistem dan softwarenya masih mendeteksi bahasa inggris, kecuali diinformasikan pakai CV ATS bahasa indonesia.
  2. Panjang CV maksimal adalah 2 lembar, tapi jika 1 lembar lebih baik.
  3. Jenis Font standar misalnya Arial, Helvetica, Calibri dan Times New Roman. Font jenis ini lebih mudah terbaca ATS scanner.
  4. Letakkan kontak, tepatnya nomor ponsel dan juga email, wajib pada body CV. Jangan sampai berada di bagian header atau footer. Hal ini menghindari tidak terdeteksinya informasi penting tersebut.
  5. Meskipun  terlihat sangat sederhana, justru inilah poin penting dari CV ATS. Memang sengaja dibuat untuk dibaca oleh mesin dan hanya menyortir informasi-informasi yang dibutuhkan recruiter saja. Jangan sampai poin-poin penting tidak terbaca dan hindari memuat hal yang tidak penting dan tidak mungkin terbaca.
  6. Untuk fresh graduate, bagian pengalaman bisa kalian isi dengan magang atau portofolio project kalian.
  7. Gunakan keyword yang tepat. Misal untuk Front-End Developer, gunakan kata CSS, Javascript, Collaborative, Analytical Thinking, karena mempengaruhi score ATS Screening. Untuk posisi lain tinggal disesuaikan aja sama daftar kualifikasi yang diminta di info lokernya.
  8. Menggunakan template CV untuk memudahkan membuat CV ATS.
  9. Tulis riwayat dengan kronologis terbalik (mulai dari yang terakhir dicapai)
  10. Simpan file dalam format .doc atau .pdf. File dengan format ini lebih mudah dibaca oleh sistem.
  11. Konsultasikan dengan HR profesional agar CV kamu bisa diperbaiki dan sesuai dengan sistem ATS scanner.

Desain CV ATS yang Harus Dihindari

Selain harus tahu cara membuat CV yang ATS friendly, kamu juga perlu mengetahui nih apa saja yang harus dihindari dalam membuat CV ATS Friendly, di antaranya:

1. Ornamen Desain

Hindari pemberian desain visual pada CV, karena gambar tidak terdeteksi oleh sistem

2. Penggunaan Tabel

Tabel juga merupakan unsur yang tidak bisa dibaca oleh sistem ATS, alihkan dengan menggunakan bulleting yang sederhana

3. Background Gelap

Ini bisa mengganggu kinerja sistem dalam nge-scan CV kamu loh. Jika warna background menghalangi pembacaan tulisan, justru kamu yang akan dirugikan

4. Ukuran Font

Ukuran font tidak boleh kurang dari 11. Ukuran tulisan yang terlalu kecil juga beresiko tidak terbaca oleh sistem.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Agar kamu tidak kebingungan lagi bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly berikut ini adalah cara-caranya:

1. Gunakan template CV yang ATS friendly

Gunakan template CV yang ATS friendly agar CV kamu bisa dibaca oleh mesin ATS. Template CV yang ramah ATS memiliki formatting yang sudah disesuaikan agar mesin ATS bisa membaca CV kamu.

2. Pelajari Posisi yang akan dilamar

CV ATS memang akan membantu kamu lebih mudah lolos seleksi berkas yang dilakukan oleh sistem, namun tidak berarti kamu memenuhi kriteria, bisa saja kamu tidak memenuhi kriteria. Maka dari itu, sebelum membuat CV ATS friendly kamu harus mempelajari dulu posisi yang kamu incar.

3. Hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan

Meskipun CV kamu lolos standar ATS, tetapi sistem ATS memungkinkan HRD untuk dapat melihat semua lowongan kerja yang kamu lamar dalam perusahaan. Kesalahan fatal yang biasanya dilakukan oleh pelamar kerja adalah melamar semua posisi dalam perusahaan itu.

Ini merupakan red flag di mata HRD karena dengan ini, HRD tidak tahu apa yang sebenarnya kamu minati. Ini juga akan membuat kamu tidak memiliki spesifikasi skill untuk satu pekerjaan.

4. Gunakan kata kunci untuk membuat CV

Sistem ATS akan membaca CV pelamar kerja seperti seorang recruiter. Sistem ATS ini akan menyaring kumpulan CV dengan mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan.

HRD tentunya bisa menentukkan kata kunci mana yang akan dicari, biasanya mereka menginginkan CV dengan kata kunci menjelaskan keterampilan, kualifikasi atau pengalaman yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Contohnya untuk lowongan kerja Digital Marketing mesin ATS akan mencari CV dengan kata kunci seperti Google Ads, Google Analytics, SEO, Email Marketing, Creative, Data-Driven dan lain-lain. Ketika Cv kamu mengandung kata kunci yang relevan, maka CV ATS akan memperoleh skor yang tinggi.

Tips penting dalam memasukkan kata kunci adalah dengan membaca ulang lowongan kerja dan mencantumkan kualifikasi skill yang tertera pada postingan lowongan kerja itu.

5. Gunakan simbol poin atau angka pada CV ATS

Tampilan yang sederhana, rapi dan sistematis adalah tampilan yang terbaik untuk CV ramah ATS. Dengan menggunakan simbol point dan angka, maka CV ATS kamu akan lebih mudah dibaca oleh sistem dibandingkan penjabaran dengan paragraf yang panjang.

6. Pakai format CV ATS yang benar

Bedakan format CV yang biasa dengan CV yang ATS friendly. CV ATS yang kamu buat harus mudah terbaca oleh sistem. format CV yang paling mudah dibaca oleh mesin ATS adalah format CV reverse-chronological, yaitu format CV yang menekankan pengalaman kerja kamu dari yang terbaru. Format CV ini juga merupakan format yg paling populer di kalangan recruiter.

7. Simpan CV dengan tipe file yang tepat

Hindari tipe file seperti JPG, JPEG, atau PNG karena pada sistem ATS tidak bisa membaca data berbentuk foto. Simpan dan kirim CV ATS kamu dengan tipe file .doc atau .pdf, sehingga sistem bisa membaca lamaran kamu.

Contoh CV ATS Friendly

Berikut ini adalah beberapa contoh CV yang ATS Friendly yang bisa kamu coba

sumber CV Ats: cakeresume.com, kumparan.com, makinmahir.id

Rekomendasi Website Buat CV Online Gratis

Kamu tidak perlu repot dan khawatir membuat CV dari nol. Saat ini kamu bisa menggunakan template yang ada untuk membuat cv online gratis. Berikut adalah rekomendasi Website untuk CV online.

1. Canva

Website satu ini mungkin sudah tak asing buat Kamu.Desain CV yang disediakan dikelompokkan menjadi berbagai tema. Mulai dari abstract, colorful, hingga profesional. Jadi, Kamu bisa buat CV online gratis bernuansa kreatif atau resmi.

Tak hanya itu saja, Anda bisa mengatur tata letak bagian CV dengan bebas. Misalnya, memindah posisi heading informasi, upload foto, dan copy paste teks. Semua itu juga bisa dilakukan lewat smartphone.

2. Novoresume

Template desain yang beragam dikelompokkan dalam berbagai kategori. Mulai dari basic, college, executive, hingga creative. Jadi, kamu bisa memilih desain CV resmi hingga kreatif.

Jika kamu ingin mengoptimalkan CV, Novoresume menyediakan fitur Live Content Feedback. CV kamu akan dikomentari langsung dari pakarnya. Tujuannya agar CV Anda lebih menarik dan sesuai dengan preferensi HRD perusahaan sasaran kamu.

3. CV Maker

CV Maker punya banyak template desain dengan nuansa bersih dan simpel. Tak hanya itu, alur pembuatan CV pun user friendly. Kamu cukup mengisi form informasi, memilih desain, dan mengunduh CV.

CV juga bisa diunduh dalam berbagai format juga. Mulai dari format PDF, HTML, hingga TXT. Jadi, Anda bisa menjadikan CV lebih ramah ATS.

4. Indeed

Kamu tidak perlu login atau registrasi untuk membuat cv online. kamu bisa langsung mengisi form informasi yang tersedia. Tabel informasi tambahannya pun cukup lengkap mulai dari penghargaan, sertifikasi, link, hingga grup.

Setelah isi data, kamu bisa memilih template desain dari 10 kategori. Mulai dari simple, minimalist, hingga kreatif. Namun, apapun kategorinya, nuansa desain Indeed memang bersih dan simpel.

5. Zety

Zety menyediakan berbagai contoh CV online yang bisa dimodifikasi. Baik dari segi desain, background warna, hingga template kalimat deskripsi diri.

Pengalaman saat membuat cv online yang menarik dan gratis di Zety pun sedikit berbeda. Anda akan menjawab pertanyaan terkait daftar riwayat hidup. Lalu, di bagian samping Anda bisa langsung melihat preview desain. Desain yang tersedia mayoritas bertema profesional. Jadi, sudah pasti contoh CV onlinenya ramah ATS.

Nah itu dia grameds penjelasan mengenai contoh CV ATS friendly dan penjelasan serta tips agar CV kamu lolos sistem. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang cv atau buku lainnya, maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Devina

Hai aku devina, bagi ku menulis adalah hal yang menarik untuk aku jalani. Dengan menulis aku bisa mengetahui banyak hal dan informasi yang tidak pernah aku tahu sebelumnya. Menulis juga membuatku bisa bercerita tentang banyak hal yang unik.

Kontak media sosial Instagram saya Christin Devina