Marketing

13 Tujuan Promosi dan Cara Ampuh untuk Mewujudkannya

Written by Wida Kurniasih

Tujuan Promosi – Promosi adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang, hingga bisa menarik minat masyarakat. Kamu yang berjualan atau memiliki usaha sendiri, pastinya sering melakukan hal ini untuk menarik lebih banyak pembeli. Namun, tidak hanya itu saja karena promosi juga memiliki tujuan lainnya yang dapat diketahui melalui ulasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Promosi?

Banyak yang menganggap bahwa promosi sangat sulit dilakukan, tetapi tidak dengan mereka yang sudah terbiasa untuk melakukannya. Mengapa kita harus melakukan promosi? Jadi, promosi merupakan suatu istilah yang sangat sering digunakan dalam aktivitas pemasaran.

Dalam dunia kerja, promosi juga dikenal sebagai pengikatan pangkat karyawan atau pekerja dalam mempertahankan posisinya di sebuah perusahaan. Berbeda dengan dunia pemasaran yang mengartikan promosi sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan atau mengembangkan sesuatu ke arah yang lebih baik.

Sesuatu yang dimaksud bisa berupa produk, barang, atau perusahaan. Namun, promosi yang sering dilakukan atau dilakukan ada di bidang promosi. Bicara tentang dunia pemasaran, seseorang melakukan promosi dengan berkomunikasi terhadap seseorang ataupun masyarakat yang memiliki hubungan secara luas.

Tujuannya adalah tetap untuk memperkenalkan produk yang baru dirilis dan mempengaruhi mereka supaya mau membeli, bahkan memakainya. Para marketer adalah sebutan untuk orang-orang yang melakukannya, di mana mereka sudah biasa melakukan hal tersebut sehari-hari.

[algolia_carousel]

Kegiatan yang mereka lakukan biasanya akan menggabungkan sejumlah bentuk promosi, seperti menggunakan iklan, potongan harga, atau merek perusahaan untuk suatu barang. Misalnya, terdapat produk sepatu yang memasang iklan di televisi untuk memperkenalkan keluaran terbaru mereka dengan potongan harga. Mereka dapat menginformasikannya kapan saja dan melakukan penjualan dari manapun.

Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran, serta media yang akan digunakan. Dalam beberapa metode, promosi sudah mengalami perkembangan pesat melalui media cetak, baliho, radio, televisi, billboard, dan yang paling terutama adalah media sosial.

This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat

This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat

Beli Buku di GramediaPengertian Promosi Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pendapatnya sendiri mengenai promosi yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Karena fungsinya yang ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, orang-orang juga pasti sudah pernah melakukan hal tersebut.

1. Fandy Tjiptono

Menurut Fandy, promosi adalah komunikasi pemasaran yang dikerjakan untuk mempengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, serta meningkatkan pasar sasaran dari suatu perusahaan. Promosi juga dilakukan supaya produk yang dijual dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga mereka dapat ikut membeli dan menggunakannya.

2. Zimmerer

Segala macam bentuk komunikasi persuasi yang bersifat membujuk dan dapat mempengaruhi konsumen. Rancangan dari pengomunikasian tersebut bertujuan untuk menginformasikan barang atau jasa kepada para pelanggan supaya mereka menjadi lebih tertarik, bahkan dalam cangkupan publisitas, periklanan, serta tujuan perorangan.

3. Rambat Lupiyoadi

Promosi dikatakan sebagai suatu variabel yang dapat mencukupi pemasaran produk dari suatu perusahaan. Kegiatan promosi juga bukan hanya sekedar bentuk komunikasi antara penjual dengan calon pembeli, tetapi alat untuk mempengaruhi konsumen dalam menggunakan barang maupun jasa supaya hidupnya jadi lebih mudah.

4. Indriyo Gitosudarmo

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh marketer untuk mempengaruhi calon konsumen supaya dapat lebih mengenal sebuah produk. Berkat penawaran tersebut, mereka akan senang dan memiliki keinginan untuk memilikinya dalam waktu yang lama.

5. Philip Kotler

Promosi merupakan strategi pemasaran yang melibatkan strategi dengan berkomunikasi dengan target pasar melalui metode marketing mix. Anda akan sering mendengar istilah ini ketika mempelajari metode pemasaran.

Marketing mix atau bauran pemasaran memiliki 12 konsep yang terdiri atas product planning, hingga display. Namun, kedua belas konsep tersebut disederhanakan dari waktu ke waktu menjadi empat konsep saja yang terdiri atas product, promotion, price, dan place.

Tujuan diadakannya marketing mix ini adalah untuk mewujudkan maksud tertentu ketika pemasaran dilakukan. Jadi, perusahaan mempunyai tujuan tertentu, selain ingin mengembangkan bisnisnya untuk menjadi lebih maju.

Tujuan Promosi untuk Membangkitkan Bisnis

Beberapa tujuan promosi lainnya yang perlu kamu ketahui, nyatanya sangat berperan besar untuk kemajuan bisnis. Semakin maju bisnis kamu, maka keuntungan yang akan didapatkan akan semakin berlimpah. Berikut adalah beberapa tujuan promosi jika usaha dapat dijalankan dengan baik.

1. Mampu Mendapatkan Perhatian Pasar dengan Cepat

Dari mana biasanya kamu mendapatkan informasi terkait brand-brand baru? Tentu saja, dari program promosi yang sudah mereka lakukan.

Meskipun jenis kegiatan yang dijalankan bisa bervariasi atau beragam, promosi yang baik tentunya tidak akan luput dari perhatian masyarakat. Saat seorang driver ojek mendapatkan hadiah mobil mewah, masyarakat akan semakin penasaran dan ingin mendapatkan hadiah yang serupa.

2. Menjaga Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen adalah keuntungan besar bagi seorang pelaku usaha, tetapi para kompetitor selalu ada untuk merebut pelanggan dengan cara promosi lainnya. Lain halnya jika kamu selalu rajin untuk melakukan promosi dengan berbagai penawaran menarik, pasti konsumen akan tetap setia untuk menggunakan produk kamu.

Bagi kamu yang memiliki bisnis, menjual produk kepada konsumen yang setia tentunya akan terasa lebih mudah. Kemungkinan keberhasilannya, bahkan bisa mencapai 60-70%.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness menjadi hal yang sangat penting dan berperan besar bagi bisnis online. Hal tersebut dapat menguatkan hubungan antara produk dengan konsumen dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, jika ingin membeli air mineral, orang-orang akan menyebutnya sebagai Aqua. Begitupun dengan mie instan karena orang-orang lebih terbiasa memanggilnya sebagai indomie. Branding yang kuat akan membuat produk Anda selalu melekat dan diingat oleh konsumen.

150 Brand Awareness Ideas : Metode Sukses Dan Praktis Memban

150 Brand Awareness Ideas : Metode Sukses Dan Praktis Memban

Beli Buku di Gramedia4. Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Kuncinya, promosi yang baik sudah pasti dapat mendongkrak penjualan, bahkan mencapai persentase sebesar 100%. Perusahaan melakukan pendekatan yang kreatif dan berinovasi terhadap produknya supaya berbeda dari kompetitor.

BACA JUGA: Affiliate Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Efektif untuk Mencapai Tujuan Promosi

Kamu yang memiliki bisnis, baik itu dengan pengembangan secara online atau pemasaran langsung dapat menggunakan strategi atau tips jitu untuk membuatnya menjadi lebih efektif. Kuncinya, bisnis kamu akan mendatangkan keuntungan menjanjikan jika promosi dilakukan dengan benar.

Nah, karena manfaat dari promosi benar-benar menjanjikan, berarti kamu harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, bukan? Ada banyak promosi yang dapat dilakukan untuk produk online atau nyata milik kamu.

1. Memberikan Diskon atau Potongan Harga

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen maupun penjual yang ingin melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, promo atau potongan harga pastinya akan selalu ditunggu-tunggu oleh para customer.

Mengapa mereka selalu menunggu diskon atau potongan harga? Tentu saja karena diskon dapat membuat harga murah. Di luar negeri, sering diadakan sebuah event atau acara yang menghadirkan potongan khusus pada hari itu juga. Jika memiliki toko sendiri, tentunya kamu bisa memberikan potongan harga sesuka hati.

Potongan harga tentunya dapat diberikan untuk segala jenis bisnis online, seperti bisnis thrifting, jual makanan, snack, pakaian, hingga furniture.

2. Memberikan Gratis Ongkir

Kamu yang menggunakan aplikasi online shop untuk mencukupi kebutuhan dengan membeli sejumlah produk, pastinya selalu menantikan adanya free ongkir. Meningkatnya transaksi di e-commerce juga didukung oleh kemudahan dalam pengiriman barang. Tanpa menunggu lama atau tanpa berjalan kaki keluar rumah, barang kamu bisa tiba di rumah dengan selamat dan cepat.

Sudah banyak ekspedisi pengiriman barang yang memberikan pelayanan terbaiknya. Hanya saja, tarif yang tinggi masih menjadi hambatan untuk mereka yang ingin berbelanja online atau membeli barang dari suatu tempat.

Padahal, harga produk yang diinginkan sudah mendapatkan diskon dan menjadi sangat murah, tetapi apa artinya jika biaya pengiriman sangat mahal? Maka dari itu, kamu sebagai marketer dapat menawarkan free ongkir untuk memikat lebih banyak pembeli. Tidak hanya konsumen saja yang akan mendapatkan keuntungan, tetapi juga value lebih saat membeli produk.

Anti-Mainstream Marketing

Anti-Mainstream Marketing

Beli Buku di Gramedia

3. Menawarkan Cashback

Siapa yang tidak menginginkan cashback saat membeli suatu produk? Cashback atau uang kembali menjadi incaran para pembeli. Cashback tidak bisa diberikan secara cuma-cuma kepada semua pembeli sebab terdapat syarat dan ketentuan tertentu yang harus diikuti. Misalnya, minimal pembelian pada sebuah nominal tertentu.

Meskipun begitu, cashback tetap dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah pembelian pada produk kamu. Ketika kamu mengunjungi marketplace besar atau online shop, cashback yang ditawarkan pastinya ada.

4. Mengadakan Flash Sale

Flash sale merupakan metode penjualan yang dilakukan dalam waktu singkat, seperti namanya. Jumlah barang terbatas dengan harga yang murah. Sebagian dari kamu pasti sudah mengenal flash sale dari salah satu marketplace terbesar di Indonesia karena memang, strategi promosi ini sudah terbukti bermanfaat.

Karena sistemnya adalah siapa cepat dia dapat, banyak calon konsumen yang tentunya tidak ingin melewatkan hal tersebut. Buktinya, flash sale benar-benar berhasil menggebrak pasar dan membuat produk selalu diminati layaknya kacang goreng.

5. Buy One Get One

[algolia_carousel page=2]

Pastinya, kamu akan merasa senang ketika mengeluarkan uang untuk membeli satu produk saja, tetapi justru mendapatkan tambahan satu produk lagi. Keuntungan menjadi dua kali lipat, bahkan dapat menghemat pengeluaran.

Konsumen akan untung jika membeli produk beli satu gratis satu, tetapi apa kabar dengan penjual? Tidak masalah saat penjual menggunakannya untuk memperkenalkan produk baru sambil mendapatkan profit yang lebih baik di waktu mendatang. Sebenarnya, konsumen sudah membeli dua produk sekaligus yang membuat kegiatan produksi akan semakin meningkat.

6. Memberikan Hadiah

Hadiah adalah sesuatu yang istimewa dan dapat membuat seseorang bahagia saat menerimanya. Cara promosi ini adalah dengan memberikan gift sebagai gandengan untuk produk yang akan dijual.

Sebenarnya, banyak sekali jenis gift atau hadiah yang dapat dijadikan gandengan suatu produk. Misalnya, kamu membeli HP dan mendapatkan softcase sebagai hadiah yang dapat melindungi barang tersebut dari goresan atau keretakan.

Toko busana, aksesoris, atau produk-produk kecantikan biasa memberikan souvenir cantik untuk mereka yang sudah memutuskan untuk membeli. Pastinya, waktu berbelanja akan terasa lebih menyenangkan dan berharga.

7. Mengumpulkan Poin Rewards

Bagaimana jika setelah belanja, kamu akan mendapatkan banyak poin berhadiah? Promosi ini dapat dilakukan melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen loyal yang membeli produk kamu harus mendapatkan penawaran khusus terkait reward ini.

Strategi promosi ini sudah dilakukan oleh pelaku bisnis. Misalnya, Anda yag memiliki usaha pencucian mobil. Kamu bisa membagikan kartu promo khusus, sehingga setiap kali pelanggan, mereka akan mendapatkan stiker khusus untuk dikumpulkan.

8. Memakai Voucher dan Kode Promo

Kamu mungkin pernah mendapatkan voucher makan ketika membeli buku tertentu atau memperoleh voucher saat belanja dalam nominal yang tidak sedikit. Di era yang semakin modern ini, e-voucher mulai digunakan untuk menggantikan voucher bisnis. Ini dapat dibuktikan dari pelaku bisnis yang membagikan voucher dari tokonya melalui email.

Dengan memanfaatkan strategi promosi ini, kamu akan memiliki peluang tinggi untuk meningkatkan pendapatan (revenue). Apapun bisnis yang dijalankan, peluang tinggi tersebut tetap bernilai besar dan berperan penting.

9. Memberikan Garansi

Ketika membeli barang-barang elektronik, kamu pastinya sudah sering dipertemukan dengan istilah garansi. Mengapa selalu ada garansi pada suatu produk tertentu? Garansi dapat membuat konsumen merasa lebih aman dan tenang saat membeli suatu produk.

Jenis garansi yang ditawarkan memiliki bermacam-macam jenis, yakni kualitas barang, keaslian barang, hingga harga yang bersaing. Upaya ini dapat dilakukan sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan.

Pada jenis bisnis yang menawarkan produk dengan jenis yang sama, persaingan di kompetitor dalam perihal harga memang bisa saja terjadi. Tidak jarang konsumen akan mendengar pernyataan penjual yang akan membayar selisih harga jika harga dari kompetitor ternyata lebih murah.

Di samping itu, toko yang selalu mengutamakan kualitas produk akan menggunakan tagline promosi layaknya ‘dijamin ori!’ atau ‘dapatkan produk terbaik hanya dari toko kami’.

10. Memberikan Promo Liburan

Liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang, di mana mereka bisa menyegarkan pikiran, bahkan melihat pemandangan menakjubkan. Setiap orang akan melaksanakan rencananya untuk mengunjungi destinasi wisata sesuai dengan keinginan.

Inilah yang membuat promosi liburan juga ditawarkan oleh penjual atau pemilik bisnis, disertai akomodasi dan transportasi sebagai fasilitasnya. Promo liburan bisa berupa diskon atau potongan harga, tergantung pada keinginan berlibur.

Namun, promosi liburan juga dapat Anda terapkan pada jenis usaha lain supaya bisa menarik lebih banyak peminat. Sebagai contoh, bisnis online di bidang pendidikan yang menawarkan gratis pendaftaran.

11. Menawarkan Tester

Pernahkah kamu menerima tawaran untuk mencicipi secuil makanan ketika sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan? Atau, pernahkah kamu memesan kopi dan memperoleh bonus krimer untuk mendapatkan rasa yang lebih berkualitas?

Cara promosi dengan memberikan tester bertujuan untuk melihat reaksi konsumen saat mencicipinya. Pada setiap pembelian yang telah dilakukan oleh customer, kamu bisa menyertakan sedikit produk baru dalam kemasan kecil.

Berbeda dengan souvenir atau hadiah, tester dibuat untuk memperkenalkan produk baru kepada calon pembeli. Jika respon konsumen terlihat positif, kamu bisa melanjutkan promosi untuk menggebrak pasar dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

12. Harga Khusus untuk Pembelian Grosir

Harga grosir adalah harga khusus yang diberikan kepada konsumen saat membeli produk dalam jumlah tertentu. Promosi dengan harga grosir lebih menguntungkan dua pihak sekaligus, baik itu dari penjual atau pembeli.

Jika kamu ingin produk terjual lebih cepat, strategi untuk barang grosiran ini wajib untuk dicoba. Promosi dengan harga grosir umumnya digunakan oleh bisnis alat tulis maupun fashion.

13. Memberikan Giveaway

Giveaway merupakan cara promosi dengan memberikan produk secara gratis atau cuma-cuma. Produk yang dibagikan untuk giveaway ini bisa berupa produk sendiri atau produk orang lain, sehingga konsumen harus mengikuti segala ketentuan untuk mengikutinya.

Sesuatu yang baik akan berbuah manis, begitupun dengan promosi yang kamu lakukan. Jangan sia-siakan kesempatan karena banyak cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan promosi dalam waktu singkat.

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien