Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Best Seller

Jelajahi Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Best Seller dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik

Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis, Konsep, Sejarah, Mo

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis, Konsep, Sejarah, Mo

Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Fungsional Te

Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Fungsional Te

Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia

Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia : Pendekatan Teoretik dan Praktik Untuk Organisasi Publik

Manajemen Sumber Daya Manusia : Pendekatan Teoretik dan Praktik Untuk Organisasi Publik

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia, Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi Sdm

Manajemen Sumber Daya Manusia, Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi Sdm

Orchestra - Bagaimana Pengelolaan Sumber Daya Manusia Menginspirasi dalam Menyatukan Irama Bisnis

Orchestra - Bagaimana Pengelolaan Sumber Daya Manusia Menginspirasi dalam Menyatukan Irama Bisnis

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Tetang Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Best Seller

Jelajahi Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Best Seller dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa didukung SDM yang memadai dan berkualitas unggul, kegiatan di dalam perusahaan tidak akan berjalan dengan baik dan efektif. Oleh sebab itu, dibutuhkan manajemen khusus untuk memastikan kualitas SDM di perusahaan. Lantas, apa itu pengertian manajemen sumber daya manusia?

     

    Pada kesempatan ini admin ingin mengajak Anda mempelajari lebih lanjut tentang pengertian manajemen sumber daya manusia, fungsi, manfaat, fokus dan ekspetasinya.

     

    Divisi yang bertanggung jawab terhadap manajemen SDM adalah HR (Human Resources). Setiap perusahaan pasti memiliki divisi HR mengingat pentingnya proses pengelolaan karyawan atau tenaga kerja.

     

    Kalau begitu, langsung disimak yuk pembahasan lebih lengkapnya dibawah.

     

    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Secara Umum

    Manajemen sumber daya manusia adalah proses menangani berbagai macam permasalahan di ruang lingkup tenaga kerja suatu perusahaan, lembaga atau organisasi demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien, sehingga tujuan perusahaan bisa segera diwujudkan.

     

    Pada dasarnya, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu fungsi perusahaan yang fokus pada kegiatan pengelolaan, rekrutmen dan pengarahan orang-orang yang bekerja di didalamnya.

     

    Divisi yang bertugas untuk mengelola manajemen SDM adalah divisi HR. Tim HR menyediakan semua peralatan yang dibutuhkan, pengetahuan (tentang perusahaan), layanan administrasi, pelatihan, saran hukum, pembinaan, manajemen talenta dan pengawasan.

     

    Tidak cukup sampai disitu, divisi HR juga bertanggung jawab dan bertugas menerapkan seluruh budaya dan nilai perusahaan untuk mengembangkan perusahaan. Fokus utama divisi HR adalah mengilhami pemberdayaan karyawan dan memastikan perusahaan mempunyai tim kerja solid.

     

    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

    Beberapa ahli terkemuka di dunia mempunyai pendapat masing-masing tentang pengertian manajemen sumber daya manusia. Diantaranya sebagai berikut:

     

    Menurut Achmad S.Rucky

     

    Manajemen sumber daya manusia adalah penerapan secara efektif dan tepat dalam proses pendayagunaan, akusisi, pemeliharaan dan pengembangan personil yang dimiliki oleh sebuah organisasi untuk mewujudkan tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang maksimal oleh organisasi tersebut demi mencapai setiap tujuannya.

     

    Melayu SP. Hasibuan

     

    Pengertian sumber daya manusia adalah seni dan ilmu yang mengatur peranan dan hubungan tenaga kerja agar efisien dan efektif dalam membantu mewujudkan tujuan karyawan, perusahaan dan masyarakat.

     

    Menurut Bohlarander dan Snell

     

    Manajemen SDM adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara memberdayakan tenaga kerja di dalam perusahaan, kelompok kerja, membuat pekerjaan, mengembangkan setiap karyawan yang berpotensi, mengidentifikasi suatu pendekatan demi bisa meningkatkan kinerja karyawan dan memberi imbalan terhadap setiap usaha mereka.

     

    Henry Simamora

     

    Pengertian manajemen sumber daya manusia adalah sebagai bentuk pengembangan, pendayagunaan, pemberian balasan jasa, pengelolaan dan penilaian terhadap kelompok kerja atau individu anggota organisasi.

    MSDM juga menyangkut implementasi dan desain system perencanaan, pengembangan karyawan, penyusunan personalia, evaluas kerja, pengelolaan karir, hubungan perburuhan dan kompensasi karyawan yang mulus.

     

    Menurut Desseler

    MSDM merupakan proses untuk menilai, memperoleh, mengompensasi dan melatih karyawan dan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, relasi tenaga kerja, sekaligus hal-hal yang berkaitan dengan keadilan.

     

    Amstrong

    Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Amstrong adalah suatu pendekatan manajemen tenaga kerja yang berlandaskan kepada empat prinsip dasar.

    1. Pertama, sumber daya manusia merupakan harta terpenting bagi sebuah organisasi dan manajemen secara efektif menjadi kunci bagi kesuksesan organisas tersebut.
    2. Kedua, keberhasilan organisasi sangat mungkin diwujudkan apabila kebijaksanaan atau peraturan dan prosedur yang berkaitan dengan manusia di organisas tersebut saling berhubungan dan memberi sumbangan atas pencapaian tujuan perusahaan serta perencanaan strategis.
    3. Ketiga, nilai dan kultur perusahaan, perilau manajerial dan suasana organisasi yang berasal dari kultur itu akan berpengaruh besar terhadap hasil pencapaian terbaik.

    Keempat, manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan integrasi seluruh anggota organisasi yang terlibat dan bekerja sama demi mewujudkan cita-cita bersama.

    Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

    Setelah memahami pengertian manajemen sumber daya manusia, Anda juga perlu mengetahui apa saja tujuan dari kegiatan ini. Sehingga lebih mudah menentukan target yang hendak dicapai, bagaimana cara mewujudkannya dan mengukur pencapaian Anda dalam selama periode tertentu.

    Berikut beberapa tujuan dari penerapan manajemen sumber daya manusia:

    1. Mengembangkan efektivitas kerja karyawan di dalam perusahaan atau organisasi
    2. Meningkatkan kualitas tenaga kerja di perusahaan, sehingga mampu memberi kontribusi lebih kepada perusahaan
    3. Menciptakan aturan kerja efisien dan efektif, sehingga memberikan produktivitas tinggi kepada perusahaan
    4. Menyeimbangkan dan menyelaraskan tujuan masing-masing karyawan sehingga bisa bergerak dengan satu irama secara kompak demi mewujudkan tujuan bersama perusahaan
    5. Membantu manajer lini dan manajer fungsioal mengelola seluruh karyawan dengan lebih efektif

     

    Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

    Selain mempunyai tujuan, manajemen sumber daya manusia juga memiliki beberapa fungsi penting bagi perusahaan. Dengan mengetahui ragam fungsi manajemen SDM, mungkin Anda bisa ikut mencoba mempraktekkannya. Yaitu:

     

    Rekrutmen (Recruitment)

     

    Menurut penjelasan Schermerhorn, rekrutmen adalah suatu proses dalam menarik kandidat berkualitas untuk mengisi posisi kosong di perusahaan atau organisasi. Sehingga, perekrutan yang dilakukan oleh perusahaan bisa memberi peluang kerja kepada masyarakat yang memenuhi spesifikasi dan kualifikasi keterampilan tertentu sesuai jenis pekerjaan.

     

    Timbal baliknya adalah perusahaan memiliki SDM berkualitas sehingga bisa mencapai tujuannya.

     

    Perencanaan (Planning)

     

    Sehubungan dengan perencanaan, manajemen sumber daya manusia berarti upaya kesadaran untuk mengambil keputusan yang didasarkan pada perhitungan yang matang, mengenai segala sesuatu yang bakal dilakukan di masa depan untuk mewujudkan cita-cita perusahaan.

     

    Seleksi

     

    Seleksi adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk menemukan karyawan atau tenaga kerja  paling tepat dan sesuai dari beberapa kandidat. Tahap pertama yang perlu dilakukan sesudah menerma surat lamaran adalah memeriksa CV (curriculum vitae) atau riwayat hidup para pelamar kerja.

     

    Dari riwayat hidup pelamar, maka disaring mana yang berhasil memenuhi standar kualifikasi dan gagal. Bagi pelamar yang memenuhi kriteria, kemudian dipanggil untuk mengikuti ujian. Baik itu model wawancara, ujian tertulis ataupun yang lainnya.

     

    Baru setelah itu ditentukan apakah pelamar layak menerima jabatan dan bekerja.