in

15 Cara Menjadi Selebgram Agar Sukses dan Dicintai Followers

Pixabay.com/geralt

Cara Menjadi Selebgram – Apakah Grameds tertarik menjadi seorang selebgram? Perkembangan media sosial saat ini memang membuat mereka sangat potensial untuk menghasilkan uang dan dijadikan sebagai profesional. Itulah sebabnya mungkin banyak sebagian orang yang ingin menjadi selebgram. Dalam praktiknya, ada beberapa cara menjadi selebgram yang bisa Grameds lakukan.

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal tentang cara menjadi selebgram agar bisa benar-benar sukses menarik perhatian audiens. Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak selebgram atau influencer yang sangat sukses karena kiprahnya di media sosial. Agar sukses memulainya, simak penjelasan tentang selebgram dan cara menjadi selebgram berikut ini.

Mengenal Apa Itu Selebgram

Selebgram adalah singkatan untuk Selebriti Instagram yang merupakan salah satu platform media sosial yang populer. Sederhananya, selebriti Instagram adalah orang yang menjadi terkenal di platform Instagram karena berbagai alasan. Beberapa orang dikenal cantik dan tampan, memiliki kemampuan akting, memiliki suara yang bagus, pkamui memasak, dan bahkan bisa membuat mereka tertawa.

Ketenaran yang mereka peroleh menyebabkan peningkatan jumlah pengikut yang mengikuti akun media sosial. Dengan jutaan pengikut, mudah bagi selebritas ini untuk mengubah akun mereka menjadi bisnis. Beberapa menerima rekomendasi produk, sementara banyak yang akhirnya memproduksi dan menjual produk dengan merek mereka sendiri.

Kedengarannya menyenangkan. Siapa yang tidak mau, apalagi ujung-ujungnya menghasilkan bisnis dan menghasilkan uang? Namun ternyata menjadi seorang selebriti tidaklah mudah. Banyak tahapan yang harus dilalui. Apakah kamu mungkin menjadi bintang di Instagram dan platform media sosial lainnya? Tentu saja kamu bisa.

[algolia_carousel]

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), selebritis berarti orang yang terkenal atau terkenal (biasanya melalui artis). Jadi jika ada orang yang benar-benar terkenal di Instagram, itu adalah selebgram. Jika kamu memiliki setidaknya 20.000 pengikut, orang itu dapat disebut selebgram. Sedangkan follower adalah seseorang yang secara sukarela mengikuti akun Selebgram.

Mereka mungkin tertarik dengan konten yang diunggah selebgram tersebut. Semakin banyak pengikut yang kamu miliki, seseorang akan semakin terkenal. Itulah konsepnya. Ada banyak cara untuk meningkatkan pengikut kamu, mulai dari mengunggah konten unik hingga membuat teks Instagram menarik yang dapat mendorong keterlibatan dan mengikuti tren dengan tagar.

Sangat penting untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang mengorbankan waktu untuk mengikuti akun kamu. Mereka cenderung lebih loyal kepada mereka yang rela mengorbankan waktu hanya untuk membalas pesan atau memberikan respon positif. Selain itu ada banyak tips dan cara menjadi selebgram yang terkenal dan dicintai followersnya karena mereka akan benar-benar menyukainya seperti seorang idola.

Cara Menjadi Selebgram

Berikut ini cara menjadi selebgram yang bisa Grameds praktikan jika ingin menjadi selebgram sukses dan dicintai followersnya.

1. Memilih Niche yang Sesuai

Cara Menjadi Selebgram
unsplash.com

Hal pertama yang harus dipikirkan dan diputuskan adalah topik yang tepat untuk konten yang ingin kamu unggah ke akun pribadimu. Pastikan topik yang kamu pilih sesuai dengan minat, hobi, dan disiplin ilmu yang Grameds miliki. Hal ini untuk memudahkan dalam memvisualisasikan karena Instagram sangat erat kaitannya dengan apa itu visual. Jadi topik mana yang dapat kamu pilih dari perspektif konten? ada banyak.

Misalnya, untuk tata rias, kamu dapat memberikan referensi tentang gaya pakaian, atau melihat alat kosmetik dan tata rias. Jika kamu suka memasak, cobalah membuat konten untuk menyiapkan berbagai jenis hidangan, mulai dari makan siang kantor hingga hidangan khusus untuk perayaan tertentu. Niche atau topik ini adalah topik tertentu yang kamu posting di media sosial.

Niche yang kamu tetapkan memudahkan pembuatan konten dan membuat keputusan tentang apa yang selanjutnya (sedang berlangsung). Contoh topik seperti fashion, perjalanan, memasak dan kecantikan. Selain itu, niche yang kamu minati akan memudahkan kamu untuk disetujui oleh brand yang terkait dengan niche kamu.

2. Bangun Personal Branding

Selebgram adalah seorang selebriti yang berjuang dengan kontennya di Instagram. Tentu saja personal branding diperlukan dalam hal ini. Personal branding yang digunakan oleh selebgram adalah biasanya berkaitan dengan kecantikan, keterampilan dan kemampuan khusus lainnya hingga terus menunjukan kreativitas dan ide yang menarik.

Kamu dapat melihat merek atau properti yang ditampilkan oleh selebgram melalui konten yang ditampilkannya. Selebriti Instagram biasanya menekankan manfaatnya untuk ditampilkan sebagai konten. Tentukan pasar atau segmen audiens media sosial kamu yang mengetahui karakteristik kamu dan memungkinkan orang untuk mengikuti kamu.

3. Menentukan Target Audiens

Setelah kamu memutuskan niche dan personal branding kamu, langkah selanjutnya untuk cara menjadi selebgram adalah memutuskan siapa audiens target kamu. kamu bisa mulai dengan menentukan rentang usia audiens target kamu untuk konten kamu. Mengidentifikasi audiens kamu membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi jenis konten yang akan dibuat.

Misalnya, kamu adalah seorang konten kreator kecantikan, tetapi tentu saja audiens kamu sebagian besar terdiri dari wanita dari berbagai usia. Untuk menjadi seorang selebgram, kamu perlu menetapkan target pasar. Target pasar adalah orang-orang yang tertarik dengan konten yang selebgram buat dan pada akhirnya memilih untuk menjadi pengikut setia.

Pertama, kamu dapat menentukan kelompok usia audiens kamu. Misalnya konten apa yang cocok untuk audiens remaja, ibu rumah tangga, atau semua kelompok umur. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah membuat konten yang menarik bagi para followersmu.

4. Mengatur Profil Akun Instagram

Jika kamu tetap terhubung dengan Personal Branding, profil Instagram kamu adalah hal pertama yang akan dilihat orang lain di akun kamu. Jadi cobalah membuat profil yang keren dan menarik. Gunakan gambar profil yang menarik dan berkualitas, tulis biografi sederhana dan keren, serta tambahkan nomor kontak atau tautan ke akun media sosial dari platform lain seperti Facebook, blog pribadi YouTube, Twitter, dll.

Selain itu salah satu yang penting adalah Instagram sudah menawarkan fitur pemilihan akun bisnis, jadi boleh saja menggunakannya. Beralih dari akun pribadi ke akun bisnis memudahkan untuk memantau kemajuan dan keterlibatan akun kamu.

5. Posting dan Bagikan Konten Menarik

Cara Menjadi Selebgram
istockphoto

Seperti disebutkan di atas, selebgram adalah seseorang yang dikenal karena konten akun Instagramnya. Oleh karena itu, setelah kamu memutuskan suatu topik, buat konten yang sesuai dan cocok dengan topik tersebut. Gambar atau video yang kamu unggah harus berkualitas tinggi sehingga banyak orang dapat melihatnya dengan nyaman.

Tambahkan audio dan keterangan yang terkait dengan gambar untuk mendapatkan lebih banyak perhatian. Konten adalah kunci untuk menarik perhatian followers dan merupakan faktor mengapa orang menyukai dan mengikuti akun kamu. Pastikan foto dan video yang kamu unggah menarik dan berkualitas tinggi.

Dalam hal ini visual sangat lah penting. Kalau visualnya bagus, isinya menarik, maka akan mempengaruhi minat orang. Jangan lupa caption atau keterangan postingannya. Buat teks yang menggambarkan konten kamu dengan jelas setelah foto dan video menarik tersebut terunggah. Pastikan teksnya benar tanpa ada kesalahan ketik atau typo.

6. Pakai Hashtag

Dalam praktiknya, tagar atau hastag memengaruhi jumlah penayangan atau keterlibatan unggahan kamu. Dengan menggunakan tagar yang tren, unggahan kamu lebih mungkin dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu kemungkinan bertambahnya jumlah followers juga semakin meningkat.

Kamu dapat meningkatkan jumlah orang yang melihat konten kamu dan meningkatkan pengikut kamu dengan menambahkan tagar dan tagar tren yang relevan. Pastikan kamu tidak hanya membuat tagar yang kamu inginkan agar relevan dengan konten kamu.

7. Membangun Engagement

Pengikut atau followers adalah orang yang menyukai konten instagram kamu maka mereka harus diapresiasi. Mereka telah meluangkan waktu untuk menilai waktu dan melihat konten yang kamu unggah. kamu dapat membalas pesan yang mereka kirim, membuat balasan yang baik, dan menyapa mereka secara langsung dengan mempertahankan agenda langsung di Instagram.

Kamu juga dapat memprovokasi interaksi dari mereka dengan menanyakan tentang konten dan unggahan yang telah kamu buat. Ingatlah bahwa berinteraksi dengan followers ini dapat meningkatkan keterlibatan akun kamu.

Memiliki banyak followers saja tidaklah cukup. Followers itu harus diberi umpan balik tentang konten misalnya tanggapan mereka atau komentar. Semakin banyak pengikut yang terlibat dalam konten dan akun kamu, maka akan semakin besar engagement akun instagram kamu. kamu dapat mendorong pengikut kamu untuk berkomentar dengan mengajukan pertanyaan tentang konten dan teks caption yang kamu buat.

8. Menjadwalkan Waktu untuk Posting

Salah satu cara menjadi selebriti yang tidak boleh kamu lewatkan adalah dengan menjadwalkan postingan. Ini penting untuk mempublikasikan konten kamu secara konsisten. Kamu dapat merencanakan konten kamu sesuai dengan keahlian dan niche yang kamu pilih. Misalnya, membuat konten untuk niche kesehatan dan keuangan tentu akan memakan waktu lebih lama, bukan?

Cobalah untuk mencari waktu yang tepat untuk mengunggah konten kamu. Menurut survei, waktu terbaik untuk memposting di Instagram adalah waktu makan siang (sekitar pukul 13:00) dan pulang kerja (sekitar pukul 19:00). kamu juga dapat memposting dan bereksperimen dengan konten yang sama pada waktu yang berbeda, mulai pagi, siang, sore, dan malam. Selanjutnya, perhatikan postingan mana yang paling banyak disukai.

[algolia_carousel page=2]

9. Pilih Secara Selektif Produk Endorse

Ketika kamu akhirnya mencapai jumlah pengikut tertentu atau followers yang banyak, beberapa produk mungkin ditawarkan dalam bentuk nominasi. Hal ini biasanya dilakukan oleh pemilik toko online. Ada dukungan yang hanya menawarkan “pembayaran” untuk produk yang dikirim, tetapi seringkali mereka menawarkan jumlah tertentu.

Kamu dapat mengatur tarif kamu sendiri sehubungan dengan persetujuan ini, tetapi berhati-hatilah untuk tidak menetapkan tarif terlalu tinggi sejak awal. Yang terpenting adalah jangan meremehkan produk. Jika memungkinkan, pilih produk yang direkomendasikan yang sesuai dengan tema konten kamu untuk membuat konten kamu lebih relevan.

Pastikan produk kamu juga dijamin aman dan legal. Jika kamu menerima produk yang direkomendasikan dengan tergesa-gesa, kamu tidak hanya akan kehilangan kepercayaan dari pengikutmu dan juga akan menghadapi masalah. kamu juga perlu membatasi jumlah konten yang direkomendasikan untuk membuat pengikut kamu tidak bosan.

10. Tidak Berlebihan Saat Posting Endorsement

Cara Menjadi Selebgram
jojonomics

Mendapatkan terlalu banyak referral tentu sangat informatif. Namun, memposting terlalu banyak konten promosi tidak terlalu baik. Pengikut kamu bisa bosan dan membuat kamu berpikir bahwa semua konten kamu hanyalah sebuah iklan.

Selain itu, pemilik bisnis tidak selalu menyukainya dan berpikir dua kali untuk membantu kamu. Jika ada terlalu banyak pos yang disetujui, pos tersebut dapat dikubur di pos lain yang disetujui. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi jumlah postingan yang endorse atau iklan. Jangan lupa untuk menyertakan atau menyisipkan konten posting diri kamu.

11. Tidak Masalah Jika tidak Upload tentang Kehidupan Pribadi

Pengikut kamu akan senang melihat aktivitas dan pengalaman sehari-hari kamu. Tetapi menjadi seorang selebgram tidak berarti bahwa kamu benar-benar harus memposting setiap aspek kehidupan kamu. Apalagi jika kamu merasa tidak nyaman dengan hal tersebut, maka kamu bisa membatasinya.

12. Berkolaborasi dengan Selebgram Lainnya

Jika ternyata ada selebgram lain yang tertarik pada bidang yang sama dengan kamu, maka tidak ada masalah jika kalian berkolaborasi. Apalagi jika selebgram tersebut sudah memiliki followers lebih banyak dari kamu. Ini dapat mempengaruhi ketenaran kamu. kamu dapat berkolaborasi dengan selebriti lain yang mungkin memiliki niche yang mirip dengan kamu. Ini akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak eksposur dan akun kamu akan dilihat oleh banyak orang.

13. Konsisten Mengunggah Konten

kamu perlu merencanakan jumlah konten yang kamu unggah setiap hari untuk konten postingan Instagram dan cerita kamu. Temukan waktu yang tepat untuk mengunggah dan biarkan banyak orang melihatnya. Misalnya, saat istirahat atau saat orang tidak melakukan apa-apa. Kunci kepopuleranmu di Instagram adalah kekonsistenan untuk ngonten.

14. Tetap Jadi Diri Sendiri

Cara menjadi selebgram yang terakhir adalah jadilah dirimu sendiri meskipun kamu tidak menyukainya. kamu harus terus mempraktekkan profesi kamu secara profesional sebagai selebriti Instagram. Semua ini adalah jalan yang bisa kamu ambil untuk menjadi seorang selebriti. Oleh karena itu, selebgram pasti tidak akan pernah lepas dengan seseorang yang tidak menyukaimu atau para haters.

Namun demikian, kamu harus menjalankan profesi kamu secara profesional. Jika orang yang tidak menyukai kamu sejauh ini sangat mengganggu, kamu dapat menonaktifkan kotak komentar untuk sementara. Atau kamu dapat memposting foto dan keterangan yang menginspirasi agar tetap positif.

Nah, itulah beberapa cara menjadi selebgram. Pada dasarnya, Instagram adalah salah satu area yang bisa kamu gunakan untuk menjadi lebih bersinar. Pendapatan selebgram sangat tinggi sehingga pemerintah bahkan mempertimbangkan untuk memberlakukan tarif pajak khusus untuk mereka.

Rekomendasi Buku tentang Selebgram dan Media Sosial

Dari penjelasan apa itu selebgram dan cara menjadi selebgram di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mengelola akun dan menjadi selebgram pada dasarnya sama dengan menjalankan bisnis. Apalagi jika kamu memutuskan untuk menawarkan dan menjual produk kamu sendiri dengan menggunakan status selebriti.

Kamu perlu memikirkan matang-matang setiap langkah yang dimulai dengan branding, pola periklanan, strategi pemasaran, dan manajemen layanan penjualan. Ingatlah untuk mengelola keuangan kamu dengan baik. Kita sering mendengar pesan dari selebgram yang kehilangan proyek pekerjaannya selamanya atau yang perusahaannya bangkrut karena salah urus keuangan.

Berikut ini adalah rekomendasi buku-buku yang bisa Grameds baca untuk mempelajari lebih jauh tentang selebgram dan dunia media sosial.

1. Analisis Jaringan Media Sosial

Cara Menjadi Selebgram

2. Media Sosial, Suatu Alternatif

Cara Menjadi Selebgram

3. Media Sosialita

Cara Menjadi Selebgram

4. Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media

Cara Menjadi Selebgram

5. Komik Next G: Selebgram

Cara Menjadi Selebgram

Nah, itulah beberapa cara menjadi selebgram dan pentingnya memahami media sosial agar bisa bergerak dalam sistem tersebut dengan baik, termasuk menjadi selebgram. Berdasarkan cara menjadi selebgram di atas, Grameds bisa menambah pengetahuan tentang media sosial melalui koleksi buku Gramedia yang bisa diakses di www.gramedia.com, selamat belajar. #SahabatTanpaBatas.

Penulis: Lala

BACA JUGA:

  1. Cara Mendapatkan Endorse dan Tarif Harga Endorse
  2. Pengertian, Prosek Kerja dan Cara Menjadi Content Creator
  3. Pose Foto Ala Selebgram di Instagram yang Bisa Ditiru
  4. Ide Pose Foto Kekinian: Dijamin Cocok untuk Feed Instagram
  5. 11 Ide Pose Foto Aesthetic untuk Kamu yang Wajib Dicoba 
  6. 7 Youtuber Terkaya di Dunia, Siapa Dia?
  7. Gaji Youtuber Pemula: Konten, Tujuan, dan Subscriber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda