in

7 Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia

Situs Lowongan Kerja Terbaik Mencari pekerjaan di Indonesia pada zaman sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Jika diibaratkan, rasanya seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Hal tersebut karena adanya saingan yang sangat banyak, standar perusahaan yang semakin tinggi, ditambah permainan orang dalam yang sering terjadi, membuat urusan mencari kerja jadi semakin rumit, terutama bagi mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah dan tidak memiliki gambaran sama sekali seputar ketatnya persaingan dalam dunia kerja.

Jangankan mereka yang lulusan SMA, tidak jarang orang dengan titel sarjana di belakang namanya saja masih susah untuk mencari pekerjaan. Untungnya, perkembangan teknologi membuat urusan mencari kerja jadi sedikit lebih efisien.

Jika dulu, para pelamar kerja harus mendatangi setiap perusahaan dengan amplop coklat di tangan, menandai kolom lowongan kerja di koran pagi, dan menghabiskan puluhan ribu rupiah untuk membuat surat lamaran kerja plus dokumen lainnya, hari ini Grameds tidak perlu sesusah itu lagi.

Sebagai gantinya, Grameds bisa mencari lowongan pekerjaan di situs pencari kerja yang ada di internet. Kelebihannya, selain tidak perlu membuang uang untuk ongkos, lowongan kerja di situs pencari kerja juga jauh lebih banyak. Mulai dari lowongan kerja di perusahaan besar yang sudah punya nama, hingga perusahaan kecil yang masih baru.

Namun di sisi lain, mencari kerja di situs mencari kerja di internet juga bukannya tidak berisiko. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali lowongan kerja palsu yang tersebar di internet. Di mana nantinya, para pelamar kerja akan dimintai uang sebagai syarat diterima kerja. Padahal, lowongan kerja yang asli tidak memungut biaya sepeser pun.

Nah, untuk Grameds yang tengah berjuang mencari pekerjaan dan tidak ingin mengalami penipuan serupa, berikut 7 situs lowongan kerja terbaik di Indonesia!

https://www.pexels.com/

7 Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia

Ada banyak situs lowongan kerja yang tersebar di internet. Tidak semuanya palsu, tetapi tidak semua situs tersebut memberikan informasi seputar lowongan kerja yang asli dan terpercaya. Supaya Grameds tidak salah pilih dan tertipu saat mencari lowongan kerja, dapat mencari informasi seputar lowongan kerja di situs terbaik berikut ini!

1. LinkedIn

https://www.linkedin.com/

Bisa dibilang, LinkedIn adalah situs wajib bagi para pencari kerja. Di situs ini, kamu bukan hanya bisa menampilkan profil, dan semua riwayat pekerjaan kamu, tetapi juga menghubungkan kamu dengan para profesional dari berbagai bidang yang bekerja di perusahaan besar.

Tidak hanya berhenti disitu, dengan mendaftar dan memiliki akun LinkedIn, kamu bisa menemukan banyak informasi seputar lowongan kerja yang sesuai dengan bidang juga kriteria yang sesuai denganmu. Lebih pentingnya lagi, semua informasi lowongan kerja yang muncul adalah informasi lowongan kerja yang valid dan bukan penipuan.

2. Jobstreet

https://www.jobstreet.co.id/

Dalam situs ini, menyediakan ribuan informasi seputar lowongan kerja di Indonesia. Jobstreet adalah salah satu situs lowongan kerja terbaik yang dapat kamu percaya. Selain itu, yang perlu kamu lakukan hanya mendaftar, melengkapi biodata, menuliskan riwayat pekerjaanmu, dan melengkapinya dengan CV.

Selanjutnya, kamu bisa mencari lowongan kerja yang sesuai dan mengirimkan CV-mu ke perusahaan tersebut melalui situs Jobstreet ini. Menariknya, situs ini bukan hanya menyediakan informasi seputar lowongan kerja. Lebih dari itu, di situs ini kamu juga bisa memantau perkembangan CV-mu. Mulai dari CV diterima, jadwal wawancara, hingga diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut.

Menarik sekali bukan?

3. Glints

https://glints.com/

Glints menjadi situs lowongan kerja terbaik selanjutnya yang bisa kamu coba. Selain penampilan situsnya yang menarik, Glints juga memiliki ribuan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan bidangmu. Menariknya, di Glints kamu juga bisa bertanya, berdiskusi, dan bertukar pengalaman dengan para pencari kerja lain melalui fitur komunitas.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah, Glints rajin memberikan tips dan trik seputar melamar pekerjaan, plus mereka juga membuka kelas dalam berbagai bidang agar para pekerja bisa meningkatkan skill dalam bidang masing-masing.

tombol beli buku

4. Karir.com

https://karir.com/

Situs lowongan kerja Karir.com bukan lagi situs lowongan kerja yang asing bagi para pencari kerja di Indonesia. Situs ini memiliki ribuan informasi sesuai lowongan kerja, dan lowongan kerja terbaru yang di update setiap harinya. Dibanding situs lainnya, mencari lowongan kerja di Karir.com jauh lebih mudah karena mereka sudah membaginya menjadi tiga kategori.

Dimulai dari lowongan kerja terpopuler, lowongan kerja yang sesuai dengan profil, hingga lowongan kerja terbaru. Kelebihan lainnya, kamu juga bisa menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan domisili tempat tinggal kamu saat ini.

Terakhir, dalam situs ini juga memberikan informasi seputar status lowongan tersebut. Apakah masih buka atau sudah penuh sehingga kamu tidak perlu membuang-buang waktu dan tenaga untuk melamar ke perusahaan yang sudah menutup lowongan kerjanya.

5. Kalibrr

https://www.kalibrr.id/

Kalibrr menjadi situs lowongan kerja terbaik lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satu hal yang menarik dari situs ini adalah, mereka sudah bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Bank BCA, Mandiri, Gojek, Tokopedia, juga universitas-universitas di Indonesia untuk memberikan akses bagi para pelamar kerja.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Kalibrr adalah, tes pengembangan bakat yang mereka miliki. Tidak main-main, hasil tes ini nantinya akan menjadi salah satu penilaian perusahaan untuk mempertimbangkan kamu menjadi salah satu kandidat pegawai baru di tempat mereka.

 

6. TechInAsia Jobs

https://www.techinasia.com/

Selanjutnya, ada TechInAsia Jobs yang juga bisa kamu percayai dalam urusan mencari lowongan kerja. Di situs ini, kamu bukan hanya bisa menemukan lowongan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Mayoritas lowongan di situs ini diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin bekerja di bidang IT, management, customer service, dan beberapa bidang lain. Bukan hanya sekedar informasi lowongan, TechInAsia Jobs juga memberikan informasi seputar gaji yang ditawarkan untuk setiap jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

7. KarirHub Kemenker 

https://karirhub.kemnaker.go.id/

Nah, situs yang satu ini jauh lebih istimewa dan sangat terpercaya karena dikelola langsung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia. Di situs ini terdapat banyak informasi lowongan kerja dalam berbagai bidang seperti IT, manufaktur dan produksi, marketing, analis keuangan, hingga ilmuwan.

Sama seperti kebanyakan situs lowongan kerja di daftar ini, KarirHub Kemenker juga menyediakan lowongan kerja sesuai domisili, bahkan mencantumkan gaji yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelamar jika diterima bekerja sebagai karyawan mereka.

tombol beli buku

Tips mencari kerja di internet

Mencari kerja di internet memang lebih efisien, ya setidaknya kamu tidak akan mengeluarkan uang terlalu banyak hanya untuk memasukkan satu lowongan kerja. Sayangnya,masih banyak orang kesulitan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja impian mereka di internet, kalau kamu adalah salah satunya, berikut tips mencari kerja di internet yang bisa kamu coba!

1. Cari informasi lowongan kerja di mesin pencari

Buat kamu yang masih awam dalam urusan mencari lowongan kerja di internet, dan bingung dimana harus mencari, kamu bisa memulainya dengan mencari informasi lowongan di mesin pencari seperti Google. Kamu tinggal mengetikkan jenis pekerjaan yang ingin kamu cari. Nantinya, mesin pencari akan bekerja untuk menemukan lowongan yang sesuai dengan kata kunci yang kamu ketik.

Supaya hasilnya lebih akurat, kamu bisa mengetikkan kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya kamu ingin bekerja sebagai customer service di Jakarta, maka kamu bisa mengetikkan “Lowongan Kerja customer service di Jakarta terbaru“. Tidak butuh waktu lama, mesin pencari akan menampilkan daftar lowongan kerja customer service terbaru dari berbagai perusahaan di Jakarta.

2. Menggunakan jasa situs pencari kerja

Selain mencari di mesin pencari, kamu juga boleh banget mencari informasi seputar lowongan kerja di situs lowongan kerja terbaik di Indonesia seperti LinkedIn, Jobstreet, Glints, atau KarirHub Kemenker. Selain lebih terpercaya, informasi lowongan kerja di situs seperti ini juga lebih beragam dan lengkap.

Setiap lowongan yang muncul akan disertai dengan informasi seputar kriteria yang dibutuhkan, domisili yang dibutuhkan, plus gaji yang ditawarkan kepada para pelamar jika diterima nanti. Kamu tinggal mendaftar, mencari lowongan yang sesuai, dan mengirimkan CV kamu ke perusahaan tersebut.

Mudah sekali bukan?

tombol beli buku

3. Manfaatkan sosial media

Saat ini, semua orang memiliki sosial media, baik itu Twitter, Instagram, atau Facebook. Nyatanya bukan hanya manusia saja yang punya sosial media, para perusahaan besar ternyata juga memilikinya.

Menariknya, tidak jarang para perusahaan ini memposting informasi seputar lowongan pekerjaan di sosial media mereka, lengkap dengan kriteria, dan link yang bisa diakses oleh para pelamar kerja. Jadi buat kamu yang biasanya hanya menggunakan media sosial untuk ngobrol sama teman-teman atau posting foto, kamu bisa banget nih memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan.

Asyiknya lagi, pekerjaan yang ditawarkan juga beragam, bukan hanya dari segi bidang tetapi juga posisinya. Mulai dari pekerja penuh, part time, freelance, bahkan banyak akun produk yang membuka lowongan untuk menjadi reseller atau dropship mereka.

4. Mengecek langsung situs perusahaan

Selain media sosial, mayoritas perusahaan besar juga memiliki situs website resmi sendiri. Di sana, perusahaan bukan hanya menampilkan profil mereka, tetapi juga informasi seputar lowongan kerja. Biasanya informasi satu ini berada di bagian bawah website, di tab “Karir“.

Di tab satu inilah perusahaan memberikan informasi lowongan kerja lengkap dengan kriteria yang harus dipenuhi oleh para pelamar, plus email untuk mengirimkan CV. Beberapa perusahaan tertentu bahkan berbaik hati menjelaskan seputar tugas yang akan dikerjakan, dan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelamar jika diterima.

5. Mencari pekerjaan sampingan di situs freelance

Mengirimkan lamaran lewat situs perusahaan sudah, begitu juga dengan situs lowongan kerja. Nah sambil menunggu panggilan, tidak ada salahnya kalau kamu mencari pekerjaan sampingan di situs freelance seperti Upwork, Freelance Indonesia, atau project.co.id.

Sesuai dengan namanya, di situs ini kamu bisa menemukan ribuan lowongan pekerjaan freelance dari berbagai bidang. Tentu saja yang namanya freelance tidak sama seperti bekerja di perusahaan besar, tetapi setidaknya menjadi freelance sambil menunggu panggilan kerja memiliki sejumlah manfaat.

Mulai dari menambah skill, menambah pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya, hingga bayaran yang lumayan untuk setiap proyek yang sudah selesai kita kerjakan. Oh ya, kamu juga bisa menambahkan pengalaman kerja freelance ini di CV kamu. Percaya atau tidak, pengalaman sebagai pekerja freelance ini dapat menjadi nilai plus di mata perusahaan untuk mempekerjakan kamu sebagai salah satu karyawan mereka.

tombol beli buku

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melamar Kerja di Internet

Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk untuk urusan melamar pekerjaan. Sebelum kamu memutuskan untuk mulai mencari kerja, pastikan kamu sudah menyiapkan segalanya yang kamu butuhkan. Berikut hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum melamar lowongan kerja di internet!

1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Sama seperti saat kamu melamar kerja offline, melamar kerja secara online di internet juga membutuhkan sejumlah dokumen seperti CV, ijazah, dan transkrip nilai. Nantinya dokumen ini akan menjadi pertimbangan utama perusahaan untuk memilih kamu atau tidak.

Hal yang membuat proses lamaran kerja online berbeda adalah, bentuk dokumen yang harus kamu kirimkan. Berbeda dengan melamar kerja secara offline yang membutuhkan dokumen secara fisik, ketika melamar kerja online, kamu hanya perlu mengirimkan berbagai dokumen ini dalam bentuk file berformat pdf.

Jadi buat kamu yang baru lulus sekolah dan mau mencari kerja secara online, kamu harus mulai mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan, sehingga saat kamu sudah menemukan lowongan yang sesuai, kamu tinggal mengirimkannya melalui email.

2. Asah skill kamu

Nilai yang bagus memang menjadi nilai plus di mata perusahaan. Namun nilai bagus saja tidak cukup untuk membuat perusahaan jatuh hati padamu. Selain nilai, mereka juga menyukai kandidat yang memiliki skill yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk mendapatkan skill tersebut, kamu bisa mengikuti berbagai kelas di situs pencari kerja atau situs lain di internet.

Misalnya kamu ingin menjadi programmer di sebuah perusahaan, maka kamu bisa mendaftar kelas coding atau programmer yang tersedia secara online. Selain membuat skill kamu makin terasah, mengikuti kelas seperti ini juga akan membantu kamu memperluas jaringan. Bagaimana tidak, disini kamu akan berkenalan dengan mentor dan teman-teman baru dari bidang yang sama. Terakhir, kelas seperti ini juga akan memberikan sertifikat di akhir proses belajar yang bisa kamu cantumkan di CV.

tombol beli buku

3. Cari tahu informasi seputar perusahaan yang dituju

Kebanyakan orang hanya semangat untuk mengirimkan lamaran kerja, tetapi malas mencari informasi seputar perusahaan yang mereka tuju. Padahal, sebagai seorang pelamar kerja, kamu wajib banget kenalan dengan perusahaan impianmu ini.

Kenapa berkenalan dengan perusahaan tujuan itu penting?

Jawabannya adalah karena saat proses wawancara, pihak HRD akan mencari tahu seberapa mengenal kamu dengan perusahaan mereka. Jika kamu tidak mengetahui apapun atau menjawab asal-asalan, bukan tidak mungkin pihak HRD akan berpikir kalau kamu tidak benar-benar tertarik untuk bergabung bersama mereka, dan memutuskan untuk mencari kandidat lain. Alhasil, lamaran yang sudah kamu kerjakan sebaik mungkin itu akan sia-sia karena kamu ditolak perusahaan. Jika sudah begitu, yang rugi kamu juga kan?

Mencari pekerjaan memang sulit, namun bukan berarti kamu tidak akan bisa mendapatkan satu pekerjaan pun. Selain mengirimkan lamaran kerja secara offline dengan mendatangi langsung perusahaan yang dituju, kamu juga bisa mencari lowongan kerja di situs lowongan kerja terbaik di atas. Tentu saja, kamu juga tidak boleh lupa mempersiapkan diri beserta dokumen yang kamu butuhkan.

tombol beli buku

Buat para Grameds yang sedang mencari kerja, kamu bisa banget mengunjungi www.gramedia.com. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai buku seputar topik dan tips mencari pekerjaan baik itu secara offline dan online. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Selamat berjuang buat kamu yang sekarang sedang mencari kerja, semoga berhasil!

Penulis: Siti Marliah

Artikel terkait:

  1. Tips Mengikuti Job Fair
  2. Tips Bekerja di Singapura
  3. Contoh Surat Lamaran Kerja
  4. Cara Menjawab Wawancara Kerja
  5. Contoh Resume Lamaran Kerja
  6. Pertanyaan Saat Interview Kerja
  7. Contoh CV Yang Menarik


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum