in

10+ Hobi Ini Bisa Menjadi Ladang Penghasil Uang

10+ Hobi Ini Bisa Menjadi Ladang Penghasil Uang – Punya hobi? Tentu sangat mengasyikan ketika kamu memiliki cukup waktu untuk melakukan hobimu, apalagi ketika hobi yang kamu gemari rupanya dapat menambah uang jajan bulanan! Tentu hal tersebut akan membuatmu semakin semangat melakukannya.

Setidaknya setiap orang pasti memiliki satu atau beberapa aktivitas yang disukai, atau sering dilakukan. Selama pandemi dan stay at home kita akan memutar otak untuk melakukan hal-hal yang dapat menjadi kesibukan baru saat di rumah. Salah satu cara ampuhnya yaitu dengan melakukan hal yang kita sukai, atau hobi kita.

Menonton film, drama korea, bermain game online, membaca ebook atau e-komik juga merupakan bagian dari hobi seseorang. Tapi ketika melakukannya terlalu sering, kita menyadari bahwa hal tersebut juga akan menghabiskan banyak waktu serta kuota internet.

Pada akhirnya hobi tersebut akan membuatmu menambah angka pengeluaran bulanan. Kalau sudah begitu, sebaiknya kamu mulai melihat peluang di balik hobi yang sering kamu lakukan itu. Alih-alih menghabiskan uang, lebih baik kamu merubahnya supaya dapat menambah pemasukan misalnya dengan menulis ceritamu sendiri atau menekuni dunia e-sport.

Hobi Yang Dapat Kamu Kembangkan Supaya Menghasilkan Uang

Ada banyak peluang yang bisa kamu ambil dari sebuah hobi, jika selama ini kamu menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai seperti hobi. Maka ulasan kali ini akan membahas bagaimana kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Sehingga waktu yang kamu gunakan untuk melakukan hobimu pun semakin efektif lagi. Berikut ini beberapa hobi yang mungkin bisa kamu manfaatkan untuk meraih cuan lebih banyak.

1. Menulis

hobi MenulisBagi mereka yang suka membaca buku, novel, artikel dan lain sebagainya, pada umumnya mereka juga akan memiliki minat di bidang kepenulisan. Jika kamu suka menulis, maka hobi yang satu ini dapat menjadi peluang untuk menambah pemasukan bulanan kamu.

Menulis pun memiliki begitu banyak jenis yang berbeda. Suka menulis cerita fiksi ataupun non fiksi? Kamu dapat membuat novel karyamu sendiri, jika sebelumnya kamu sudah membuah sejumlah draft cerita, jangan biarkan ceritamu hanya berhenti di folder laptop saja. Kamu bisa memberanikan diri untuk mempublikasi karyamu.

Saat ini semua sudah serba mudah, sehingga untuk mengirimkan naskah ke penerbit tidak perlu datang atau mengirimkan hard printnya ke penerbitan, kamu dapat mengirimkannya menggunakan email atau sesuai prosedur perusahaan penerbitan tersebut.

Selain itu kamu juga dapat mempublishnya di kanal baca online seperti Wattpad, Dreame, Cabaca dan masih banyak lainnya. Jika kamu beruntung dan ceritamu ramai dibaca, bisa jadi agensi penerbitan akan melirik naskahmu.

Lebih suka menulis artikel? Maka kamu dapat mulai mencoba bekerja sebagai content writer dan copywriter. Bagi kamu yang lebih suka menuliskan tentang banyak hal dan suka mengutarakan ide serta pendapatmu sendiri, maka pekerjaan tersebut mungkin akan cocok dengan hobimu. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa menambah pengalaman kerja untuk memenuhi pengalaman di CV kamu.

2. Memasak

hobi MemasakKamu suka memasak dan percaya diri dengan masakanmu? Ada seribu jalan untuk kamu mendapatkan uang tambahan dari bidang kuliner ini. Jika kamu suka memasak, maka sekarang saatnya kamu untuk percaya diri dengan membuka bisnis kuliner sendiri.

Tidak perlu besar-besaran, kamu dapat memulainya secara sederhana dulu dengan membuka bisnis kuliner online. Apapun bentuk kulinernya, saat ini bisnis waralaba menjadi salah satu bisnis paling aman dikala pandemi. Sebagai kebutuhan pokok makanan akan selalu dicari dan dibutuhkan.

Apalagi luasnya jenis kuliner saat ini dapat membuat kamu memiliki segudang pilihan makanan entah makanan berat, snack, minuman, kue dan masih banyak lainnya. kamu dapat memulainya dengan menggunakan sistem Pre Order terlebih dahulu, jika dirasa bisnis semakin membaik kamu dapat mencoba berjualan dengan online atau bekerja sama dengan jasa pesan-antar makanan.

banner-promo-gramedia

3. Editing Foto / Video

hobi Editing Foto dan VideoGemar mengedit foto supaya estetik ketika diunggah ke instagram, atau sering mengedit video? Kalau begitu jangan sia-siakan bakat editing kamu sebatas untuk media sosial pribadi saja. Kamu dapat menekuni dunia editing yang lebih dalam dan menjadikannya lahan pendapatan kamu.

Jika kamu mampu merubah foto-foto sederhana menjadi tampak menakjubkan maka kamu bisa percaya diri dengan menawarkan jasa editing foto atau video. Saat ini jasa-jasa editing foto juga sedang marak di media sosial.

Jika dirasa kamu memiliki cukup banyak kemampuan menggunakan software editing kamu bisa mendaftar pekerjaan sebagai foto atau video editor yang biasanya dibutuhkan di beberapa perusahaan.

Jika kamu pernah tergabung dalam project fotografi, jangan lupa menambahkannya di portofolio.

4. Menggambar

hobi MenggambarSuka menggambar? Saat ini hobi menggambar juga dapat membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Menggambar ini dapat bisa berupa lukisan, atau gambar digital seperti ilustrasi. Jika karya-karya kamu  cukup menarik, kamu dapat menjual karyamu dengan memajangnya di web portofolio.

Serta kamu juga bisa menawarkan jasa gambar bagi mereka yang tertarik. Lebih suka karya seni digital? Tentu saat ini juga ada banyak orang atau perusahaan yang tertarik di industri kreatif termasuk digital art.

Jangan lupa persiapkan portofolio sebagai bukti karya-karyamu selama ini. Kamu bisa mendaftar di perusahaan yang berhubungan dengan industri kreatif dengan lukisan-lukisanmu.

Lebih suka menggambar kartun / komik? Mungkin kamu perlu mendaftar sebagai komikus. Layaknya novel, saat ini terdapat beberapa platform baca komik digital yang ramai dicintai seperti Webtoon, Manga toon dan lainnya. Perusahaan seperti ini biasanya juga akan membuka lowongan sebagai komikus, atau staf komikus untuk sebuah judul cerita.

5. Desain Grafis

hobi desain grafisTertarik menggunakan tools desain? Jika kamu memiliki hobi mengutak-atik software design seperti Photoshop, Illustrator, Figma dan lainnya maka kamu memiliki kesempatan besar untuk menjadi seorang desainer grafis.

Desain grafis sendiri juga memiliki begitu banyak jenis pekerjaan, tergantung kemampuan kamu menggunakan tools. Bagi  kamu yang lebih tertarik membuat sebuah desain template, baik di sosial media, presentasi maka content creator bisa menjadi pekerjaan yang tepat.

Jika kamu lebih suka membuat sebuah ilustrasi, menggambar icon digital maka pekerjaan yang tepat untukmu yaitu sebagai seorang desainer grafis atau desainer logo. Tapi jika kamu lebih tertarik mendesain website ataupun mengembangkan sebuah aplikasi maka kamu perlu mendaftar sebagai UI designer.

Luasnya dunia desain ini memberikan para desainer pilihan yang banyak untuk fokus di bidang mana. Semuanya tergantung tools serta kemampuan kamu menggunakan software. Kamu juga dapat membaca buku referensi sebagai salah satu cara untuk menguasai skill desain.

Instagram Untuk Bisnis, Hobi dan Desain Grafis

Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan Desain Grafis
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan Desain Grafis

tombol beli buku

Bagi kamu yang tertarik menekuni bidang desain grafis, maka buku ini dapat menjadi panduan yang tepat untuk mengembangkan hobi dan kemampuan kamu. Tertarik? yuk dapatkan bukunya segera!

6. Berkebun

hobi BerkebunSuka berkebun? Dewasa ini ada beberapa tren bermunculan selama pandemi, berubahnya kebiasaan semua orang membuat begitu banyak hal baru atau hal yang sudah lama ditinggalkan menjadi aktivitas favorit mereka.

Salah satu tren yaitu tren menanam tanaman. Jika kamu salah satu yang suka dengan tanaman, dan memiliki banyak pengetahuan dalam bidang cocok tanam, maka kamu bisa membuka peluang bisnis hanya dari halaman rumahmu.

Bagi para pecinta tanaman, tentu akan memiliki sejumlah koleksi bunga dan tanaman di rumah mereka. Tidak terasa tanaman tersebut semakin banyak, maka kamu dapat menjual koleksi-koleksi tanaman di rumah kamu.

Mulai dari bibit, hingga yang sudah tumbuh. Meningkatnya minat masyarakat akan tanaman juga membuat kolektor tanaman semakin untung sebab harga tanaman tergantung besar-kecilnya serta langka-tidaknya tanaman tersebut. Jika hobimu membudidayakan tanaman dapat menjadi ladang uang, kenapa tidak?

Baca Juga:

banner-promo-gramedia

7. Bermain Media Sosial

hobi Bermain Media SosialSalah satu waktu killing time terbaik yang sering dilakukan generasi Z ini adalah bermain media sosial. Tapi ketika bermain media sosial hanya akan menghabiskan kuota internet, maka dari itu saatnya kamu merubah hobimu supaya dapat menghasilkan uang lagi.

Melalui hobimu bermain media sosial, kamu akan cenderung lebih up to date dengan tren yang ada di sosial media. Dengan semua kemampuanmu menyerap informasi, memperhatikan pasar online kamu dapat menjadi seorang admin sosial media, online marketing, UX researcher bahkan menjadi influencer.

8. Bermain Game

Bermain game terutama game online memang menyenangkan, sehingga tidak heran jika banyak dari kita yang senang menghabiskan waktu lama-lama bermain game. Jika kamu memiliki hobi bermain game maka kamu dapat menekuni hobi tersebut dan kamu bisa mengikuti kompetisi e-sport yang kini mulai banyak dikenal masyarakat.

Selain esport, hal lain seperti menjadi seorang influencer game, atau membuka saluran Youtube tentang game juga akan menghasilkan pundi-pundi uang tambahan untuk kamu. Ada banyak Youtuber yang memfokuskan chanel mereka dalam bidang game dan mendapatkan banyak respon positif dari subscriber mereka.

9. Fotografi

hobi FotografiSejak dahulu bidang fotografi ini masih menjadi hobi yang berpeluang bisnis. Jika kamu memiliki ketertarikan serta bakat dalam memotret kamu dapat menekuninya dan menjadi seorang fotografer. Sebagai seorang fotografer perlu memiliki portofolio fotografi yang dapat menjadikan bukti karyamu. Kamu juga bisa mengunggah hasil fotomu di platform foto berbayar seperti istock.

Tertarik menjadi fotografer? Kamu dapat memulai membuka jasa foto seperti foto prewedding, mendaftar sebagai fotografer di sebuah perusahaan atau brand. Biasanya brand-brand coffee shop, atau makanan sering membuka jasa fotografi.

10. Berbelanja

hobi BerbelanjaSiapapun yang memiliki hobi berbelanja, tentu akan menaruh sejumlah budget untuk berbelanja demi memuaskan diri. Akan tetapi ketika pandemi seperti ini, berkurangnya aktivitas tentu juga akan mempengaruhi intensitas penggunaan barang-barang seperti pakaian, celana, sepatu dan aksesoris.

Supaya barang belanjaan tidak mubazir kamu bisa menghasilkan uang dengan hasil belanjaan tersebut. Alih-alih membeli tapi tidak pernah dipakai, lebih baik kamu menjadi content creator dan membuka saluran fashion di Youtube atau haul yang sedang tren. Misalnya seperti haul hiasan kamar estetik murah, atau haul outer musim panas murah.

Sebagai seseorang yang senang berbelanja tentunya kamu paham sekali mengenai barang-barang yang dibeli, sehingga kamu juga bisa membagikan tips dalam memilih barang, atau tips lainnya. Ada banyak konten yang bisa kamu siarkan di saluran Youtube nantinya, dan apabila konten memiliki viewer yang banyak kamu dapat mulai menghasilkan uang dari sana.

Buku Pintar Monetisasi Youtube

Buku Pintar Monetisasi YouTube
Buku Pintar Monetisasi YouTube

tombol beli buku

Jika kamu sudah menentukan niat untuk menjadi Youtuber maka penting untuk kamu memahami caranya supaya channel kamu menjadi channel yang dilirik oleh banyak viewers. Dalam buku ini menjelaskan sejumlah tips supaya kamu dapat monetisasi Youtube dengan sukses, berdasarkan pengalaman sang penulis.

11. Public Speaking

hobi Public SpeakingSuka bercerita? Atau merasa memiliki skill komunikasi yang baik dan menarik? hobi berbicaramu ini mungkin merupakan sebuah skill public speaking. Tidak semua orang merasa percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik pada semua orang dan setiap situasi.

Akan tetapi jika kamu merasa percaya diri, dapat berkomunikasi dengan baik dan banyak orang yang merasa senang ketika mendengar kamu berbicara mungkin saatnya kamu menjadi podcaster. Saat ini ada banyak orang yang juga mulai membuka podcast baik di Youtube maupun di Spotify.

banner-promo-gramedia

Podcast yang berfokus pada audio membuat kamu tidak dituntut untuk memikirkan visual, animasi gambar serta konten apapun sebab yang diperlukan hanyalah audio dan topik pembahasannya saja.

Secara sederhana, menjadi podcaster mampu membuat skill komunikasi semakin baik. Apalagi kamu juga bebas untuk memilih konten podcast, apakah ingin podcast yang mengundang seseorang narasumber, atau podcast monolog seperti podcast horor.

Siapa tahu, ketika kamu beruntung menjadi podcaster akan membuat peluang usaha lain datang kepadamu seperti menjadi host atau penyiar radio. Selain itu, memberanikan diri untuk mengasah skill berbicara juga akan banyak memberikan manfaat lain kedepannya. Kamu akan lebih mengenal banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda, serta tahu bagaimana cara menghadapinya.

10 Juta Pertama Dari Youtube

10 Juta Pertama Dari Youtube
10 Juta Pertama Dari Youtube

tombol beli buku

Tertarik membuka saluran Youtube sendiri? maka kamu perlu membaca buku ini terlebih dahulu sebelum mulai membuat channel. Sesuai judulnya, buku ini akan memberikan tips supaya kamu dapat mencetak pemasukan pertamamu dari Youtube.

Yang Mana Hobimu?

Sudah menemukan hobimu dari ulasan diatas? Selain yang telah disebutkan, masih ada banyak peluang kerja dari sebuah hobi seperti menekuni kerajinan tangan mulai dari aksesoris, hiasan ruangan, tas, sepatu dan lainnya yang akan memberikan kesan ekslusif.

Melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti hobi, dapat membuatmu merasa nyaman dan senang hati ketika melakukannya sekalipun kadang terasa lelah. Sehingga jika kamu menemukan sebuah peluang usaha yang merupakan hobimu sendiri maka kamu tidak boleh menyia-nyiakannya.

Jika kamu masih belum menemukan salah satu hobimu dalam ulasan ini, berikut rekomendasi buku yang akan membantu kamu menemukan peluang dalam semua hobi.

Temukan artikel menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih