in

Ketahui 25 Urutan Film Marvel Berdasarkan Kronologi Cerita-Nya!

Sumber: Kompas.com

Urutan film Marvel – Film Marvel Cinematic Universe (MCU) memiliki lebih dari 30+ serial film dengan jalan cerita yang saling terkait satu sama lain. Meski memiliki hubungan, namun mungkin kamu masih kebingungan mengenai urutan ceritanya.

Hal ini sendiri dikarenakan, urutan film Marvel yang rilis tak dapat dilihat hanya dari tahun rilisnya saja, namun juga berdasarkan hubungan cerita yang dimiliki serta kronologi kejadiannya. Agar lebih memahami mengenai urutan film Marvel, berikut ini merupakan urutannya Berdasarkan Kronologi cerita.

Sebab terdapat beberapa film Marvel yang memuat peristiwa dalam waktu yang sama. Misalnya, saja pada peristiwa di film Thor, di mana Ragnarok berlangsung di kisaran waktu yang sama dengan peristiwa di film Ant-Man and the Wasp. Kedua film ini kemudian mengarah kepada film Avengers: Infinity War.

Cerita film Marvel Cinematic Universe juga terbagi menjadi tiga fase yang membentuk The Infinity Saga. Dimulai dari Iron Man untuk kemudian diakhiri dengan Film Avengers: Endgame.

Fase empat lalu dimulai dengan serial WandaVision, Black Widow, serta Shang-Chi. Simak Urutan film Marvel Cinematic Universe berdasarkan kronologi peristiwanya berikut ini.

Urutan Film Marvel Berdasarkan Kronologi Cerita

Captain America : The First Avenger

urutan film marvel
Sumber: imdb

Captain America : The First Avenger menjadi urutan film Marvel pertama jika berdasarkan kepada kronologi ceritanya. Film ini sendiri memiliki latar cerita pada tahun 1941, di mana dunia kemudian berada dalam suatu pergolakan perang.

Steve Rogers yang diperankan oleh Chris Evans sangat ingin melakukan bagiannya hingga akhirnya bergabung dengan angkatan bersenjata Amerika. Namun, ia kemudian ditolak oleh militer dikarenakan perawakannya yang kurus, kecil, serta tampak lemah.

Akhirnya, Steve kemudian mendapat kesempatan ketika ia diterima dalam program eksperimen yang mengubahnya menjadi seorang prajurit super bernama Captain America. Pada film ini kita dapat melihat bagaimana penciptaan Steve Rogers hingga super soldier.

Bergabung bersama Bucky Barnes (Sebastian Stan) serta Peggy Carter (Hayley Atwell), Captain America juga memimpin perang melawan organisasi HYDRA yang kemudian didukung Nazi Dengan menonton ini, kamu kemudian akan mengetahui mengenai asal-usul Tesseract, yang kelak menjadi Infinity Stone.

Captain Marvel

urutan film marvel
Sumber: Kompas.com

Captain Marvel sebagai urutan film Marvel pada kedua dari sisi kronologi. Dengan mengambil setting 1995, Captain Marvel ini kemudian bercerita mengenai Carol Danver yang turun ke bumi serta mengincar alien Skrull yang dapat berubah wujud.

Pada film ini kamu akan mengetahui mengapa Nick Fury bermata satu serta bagaimana Nick Fury kemudian meminta bantuan kepada Captain Marvel saat kedatangan Thanos ke bumi.

Iron Man

urutan film marvel
Sumber: imdb

Film selanjutnya kemudian ditempati oleh Iron Man yang tayang pada tahun 2008 lalu. Pada urutan film Marvel yang dilihat berdasarkan kronologinya, film ini kemudian menempati urutan ketiga. Pada film ini juga disajikan cerita awal Iron Man yang menjadi ide dari miliarder jenius, yaitu Tony Stark (Robert Downey Jr.).

Pada mulanya ia diculik oleh sekelompok teroris dan menginginkan sistem senjata tercanggih . Namun karena kejeniusan yang ia miliki Tony Stark kemudian berhasil membuat baju zirah yang kelak membuatnya dikenal sebagai Iron Man.

Iron Man 2

urutan film marvel
Sumber: imdb

Pada film Iron Man 2, Tony Stark kemudian dihadapkan dengan pemerintah yang meminta teknologinya dapat dikuasai negara karena dianggap cukup berbahaya. Film ini kemudian mengungkap adanya avenger lain yaitu Black Widow serta War Machine.

Incredible Hulk

urutan film marvel

Di film ini kamu kemudian akan melihat Bruce Banner sebagai The Hulk yang pergi dari General Thunderbolt Ross serta militer AS dan kemudian menganggapnya sebagai ancaman. Awalnya, film ini akan diperankan oleh Edward Norton namun kemudian digantikan oleh Mark Ruffalo pada tahun 2012 hingga saat ini.

Thor

Film ini bercerita mengenai Thor (Chris Hemsworth) yang kemudian diasingkan ke bumi oleh ayahnya yang bernama Odin. Ia juga berupaya Kembali ke asalnya. Pengasingan diri ini juga berkaitan dengan sang adik yaitu Loki, dan nantinya kemudian akan memiliki peran penting di kelanjutan cerita film Marvel Cinematic Universe.

The Avengers

Pada urutan film Marvel ketujuh jika berdasarkan kronologi film The Avengers yang rilis pada tahun 2012. Beberapa jagoan di film Marvel ini kemudian tergabung dalam satu tim yaitu Avengers. Pada awal film, musuh yang harus mereka lawan ialah Loki yang diperankan oleh Tom Hiddleston.

Adik dari Thor ini kemudian berhasil menguasai Tesseract yang dibantu juga oleh rombongan alien dan ternyata menjadi bagian dari kaumnya sendiri.

Iron Man 3

Kembali pada kisah Iron Man, film ini kemudian menempati urutan film Marvel selanjutnya. Tak semua jagoan selamanya akan tampil hebat. Pada film ini kamu akan melihat titik rapuh dari Iron Man.

Meski demikian dengan segala hal yang ia miliki, terdapat kejadian di mana ia cukup terpukul serta mempengaruhi mentalnya. Tony juga menjadi terobsesi membuat pasukan berbaju zirah yang dikomandoi dirinya. Film ini juga menarik karena ditambahkan dengan adanya konflik yang terjadi dengan Pepper Pots (Gwyneth Paltrow).

Thor: The Dark World

Dalam film ini, Thor kemudian menangani semua sisa kehancuran yang disebabkan oleh adiknya di daerah kekuasaan Asgard. Pada film marvel ini kamu akan melihat perebutan senjata dengan elemen Aether yang kelak kemudian menjadi salah satu Infinity Stone.

Captain America : The Winter Soldier

Setelah membantu Avengers, Steve Rogers kemudian resmi bergabung dengan SHIELD. Namun terdapat juga beberapa tokoh yang mencurigakan dibalik SHIELD. Ia juga bertemu dengan sahabatnya yang ia kira telah mati dalam beberapa tahun lalu, yaitu Bucky yang diperankan oleh Sebastian Stan dan Winter Soldier.

Guardian of The Galaxy

Guardian of The Galaxy sebagai film yang cukup penting karena turut menampilkan salah satu Infinity Stone. Dengan rakun yang dapat bicara, Rockets, serta pohon bernama Groot, Guardian of the Galaxy kemudian turut menawarkan atmosfer yang lebih berwarna di MCU.

Meski lawannya terdapat Ronan the Accuser, MCU juga secara gamblang menampilkan Thanos yang kelak menjadi tokoh terpenting dalam rangkaian film Marvel selanjutnya.

urutan film marvel
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Guardian of The Galaxy Vol. 2

Peter Quill atau Star Lord (Chris Pratt) dan Guardians of the Galaxy lainnya di sewa oleh Sovereign yang kemudian merupakan ras alien, dengan tujuan mendapatkan kembali baterai mereka yang dicuri dengan imbalan kemudian akan mendapatkan Nebula, anak buah Ronan yang menjadi tahanan.

Setelah menyelesaikan misinya, Rocket kemudian secara diam-diam akan mengambil beberapa baterai miliki Sovereign yang pada akhirnya dikejar-kejar oleh pasukan Sovereign.

Avengers: Age of Ultron

Pada Avengers age of Ultron 2015, Avengers kembali berkumpul untuk Bersama melawan AI bernama Ultron, buatan Tony Stark serta Bruce Banner yang berubah menjadi bencana.

Film ini juga memperkenalkan beberapa karakter penting, di antaranya The Scarlet Witch yang diperankan oleh Elizabeth Olson, Quicksilver yang diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson, dan Vision yang diperankan oleh Paul Bettany yaitu versi fisik Jarvis, AI yang selalu setia menemani Iron Man.

Ant-Man

Tak selalu jagoan harus memiliki tubuh yang besar, terdapat juga pahlawan dengan tubuh yang begitu mungil, yaitu Ant-Man. Film ini juga masuk ke urutan film Marvel selanjutnya.

Film yang dibintangi oleh Paul Rudd, seorang penjahat kelas teri yang direkrut oleh Hank Pym diperankan oleh Michael Douglas untuk kemudian menggunakan baju Ant-Man, agar teknologi ini tidak jatuh ke orang yang salah.

Captain America: Civil War

Selain menampilkan Avengers, terdapat tambahan karakter Black Panther yang diperankan oleh Chadwick Boseman dan Spiderman yang diperankan oleh Tom Holland di film ini.

Captain America juga kembali menunjukkan sisi emosionalnya kepada para sahabat baiknya, Bucky Barnes, yang juga diklaim bertanggung jawab terhadap ledakan yang terjadi di kantor PBB, hingga membuat ayah Black Panther tewas. Akibatnya para Avengers kemudian terbagi dalam dua kubu, yang pro dan kontra dengan Captain America.

urutan film marvel
Sumber: orgoglionerd.it

Spider-Man: Homecoming

Film yang dibintangi oleh Tom Holland dan harus diakui karakter yang dimainkannya kemudian sangat merepresentasikan versi komik Spiderman khas anak SMA yang ceroboh. Spider-Man juga harus melawan The Vultures yang diperankan oleh Michael Keaton yang mengumpulkan barang-barang alien bekas pertempuran New York sebagai senjata.

Doctor Strange

Film ini membawa kesegaran tersendiri di antara urutan film Marvel lainnya karena turut menampilkan kekuatan unik serta berbeda dari jagoannya. Stephen Strange sebagai seorang ahli bedah terkenal di dunia. Namun, sebuah kecelakaan terjadi dan membuat tangannya terluka parah serta tidak dapat berfungsi seperti sedia kala.

Dalam perjalanan menemukan obat untuk menanganinya, ia kemudian menemukan kekuatan magis kuno yang dapat digunakan untuk kebaikan. Di film ini kamu akan menemukan kekuatan salah satu Infinity Stone, yaitu Time Stone.

Black Panther

Black Panther yang diperkenalkan secara khusus di film ini. T’Challa kemudian langsung menjadi karakter favorit para pecinta film Marvel Cinematic Universe. Di film ini, ia diharuskan untuk melawan Eric Killmonger sebagai villain hasil dari kesalahan ayahnya di masa lalu.

Thor: Ragnarok

Thor: Ragnarok jadi urutan film Marvel selanjutnya berdasarkan kronologi. Film ketiga Thor ini kemudian menampilkan Hella. Pasca Kematian Odin, Hella saudari Thor yang telah lama hilang dan ingin merebut tahta Asgard.

Ant-Man and The Wasp

Kisah Scott Lang kemudian berlanjut setelah di Civil War dia memihak Captain America. Akibatnya dia kemudian harus menjalani hukuman sebagai tahanan rumah dan tidak bisa bertemu dengan Hank Pym dan anaknya, Hope.

Pada film ini terjadi konflik antara ibu Hope yang berada di Quantum Realm, yaitu dunia yang tak mengenal ruang dan waktu serta akan membuat seseorang terjebak selamanya.

Urutan Film Marvel Selanjutnya adalah Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame, Spider-Man: Far from Home, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021), Eternals (2021) Spider-Man: No Way Home, dan ditutup dengan Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022) yang rilis pada 5 Mei 2022.

Buku-Buku Terkait

Amazing Fantastic Incredible : A Marvelous Memoir

https://www.gramedia.com/products/amazing-fantastic-incredible-a-marvelous-memoir?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Siapa yang tidak kenal Stan Lee, sosok kreatif di balik Marvel Comics? Salah satu nama paling legendaris dalam sejarah komik ini merupakan otak yang menghadirkan Spider-Man, X-Men, The Avengers, Fantastic Four, dan para pahlawan paling terkenal di dunia.

Ciri khas karya Stan Lee adalah pahlawan super yang manusiawi dan punya cela serta tokoh lawan dengan latar belakang kompleks—bukan semata-mata pertarungan si baik versus si jahat yang sempat menjadi formula utama di komik pada umumnya.

Lewat komik memoar ini, Stan Lee menceritakan kisah hidupnya dengan semangat yang sama ketika ia menulis komik. Dari masa kecil yang serba sulit, perjuangan merintis karier kepenulisan, pelatihan militer semasa Perang Dunia II, kebangkitan Marvel pada era 1960-an, kisah cinta yang unik, hingga jatuh bangun Marvel menuju layar bioskop.

Amazing Fantastic Incredible merupakan dokumentasi lengkap jejak langkah seorang manusia dan warisan yang ia tinggalkan bagi industri yang ia tekuni sepanjang kariernya. Menghibur, mengharukan, dan apa adanya, buku ini merupakan bacaan wajib bagi para penggemar dan kolektor komik segala usia.

Aktivitas Spiderman: Pintar & Paham Penambahan

Peter Parker punya sebuah rahasia. Pada malam hari ia berganti pakaian sehari-harinya dan menjadi pelindung kota yang misterius; Amazing Spider-Man! Spider-Man akan merayap di jaring laba-labanya ke setiap halaman dalam buku ini, dan kamu boleh bergabung dengannya.

Di buku ini kalian bisa belajar dan berlatih penambahan. Ada banyak sekali latihannya. Kalian juga bisa mencari tahu seberapa cepat kalian menyelesaikan soal dengan benar.

Apakah kalian setangkas dan secepat Spider-Man? Nyalakan stopwatch kalian! Ambil pensilmu dan ayo, kita mulai mengerjakan soal-soal penambahan bersama Spider-Man.

Marvel Avengers: Infinity War

Marvel Avengers: Infinity War mengungkapkan banyak hal mengenai film Marvel yang paling ditunggu oleh para penggemarnya. Pada edisi ini diungkap mengenai perjalanan para tokoh superhero Marvel sampai ke Infinity War.

Sebuah perjuangan para superhero Marvel untuk menyelamatkan Bumi dari kehancuran yang akan dibuat Thanos, penjahat terkuat di alam semesta. Edisi ini memuat wawancara para pemeran superhero Marvel, komik eksklusif, dan juga poster.

Spiderman Effect: Mentransformasi Pikiran Melalui Self Coach

https://www.gramedia.com/products/spiderman-effect-mentransformasi-pikiran-melalui-self-coach?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Saat apa seseorang berpikir? Jawabnya, ketika ada “pertanyaan” dan Anda ingin “menjawab fix mindset dimulai ketika seseorang tidak lagi mau berpikir, seseorang berada pada posisi nyaman dan dalam kondisi pasti.

Powerful questioning (pertanyaan berdaya) mampu memantik pikiran seseorang dan membuat dirinya. terus melakukan perubahan (ketidakpastian) atau disebut growth mindset. Self coaching akan mengubah cara berpikir, bertindak dan hidup Anda, sedangkan masalah yang Anda hadapi tidak akan berubah.

Setelah Peter Parker digigit laba laba, dia tidak secara otomatis mengetahui semua hadiah yang. diberikan oleh gigitan laba-laba radioaktif tersebut. Dia mulai mempertanyakan dan mengujinya, kemudian terjadi peningkatan kekuatan, stamina, kelincahan, dan kemampuan untuk melekat pada hampir semua permukaan dengan tangan, kakinya, dan memiliki semacam “alarm” internal yang memperingatkannya tentang bahaya yang akan datang.

Saat mengenakan kostum, dia menjadi sosok yang bergerak, melompat dengan tariannya yang lincah. Kesadaran Peter dimulai dari pertanyaan dalam dirinya dan berubahlah hidupnya. Paman Ben mengatakan “Dengan kekuatan besar, datanglah tanggung jawab yang besar.”

Jika Anda ingin berkontribusi besar pada dunia ini, Anda harus menyadari begitu banyak talenta yang Tuhan berikan, panteklah diri Anda dengan pertanyaan-pertanyaan yang berdaya, sehingga Anda mampu mewujudkan sesuatu yang melampaui implan Anda. Self coaching akan membantu mentransformasi dan menemukan jati diri Anda.

Aktivitas Marvel Avengers: Pintar Pengurangan

Yuk, belajar pengurangan bersama karakter-karakter superhero Marvel yang keren dan gagah: Thor, Captain America, Iron Fist, Nova, Power Man, White Tiger, dan lainnya. Di buku ini kalian bisa belajar dan berlatih pengurangan. Ada banyak sekali latihannya.

Kalian juga bisa mencari tahu seberapa cepat kalian menyelesaikan soal dengan benar. Apakah kalian setangkas dan secepat the avengers? Nyalakan stopwatch kalian!

Itulah urutan film Marvel berdasarkan kronologi ceritanya. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi