in

10 Tipe Cowok yang Wajib Kamu Hindari!

tipe cowok yang harus dihindari

Sumber Gambar: Freepik

Tipe Cowok yang Wajib Dihindari – Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Kebutuhan seperti kasih sayang, perhatian, dan cinta bisa kamu dapatkan dengan cara membangun sebuah hubungan. 

Dalam sebuah hubungan tentunya kamu ingin merasakan perasaan menyenangkan dan tentram dalam benak kamu, bukan? Banyak sekali cewek  yang terjebak dalam hubungan yang kurang sehat. Hal ini berbeda dengan ekspektasi pertama ketika kamu ingin membangun sebuah hubungan. 

Diantara banyaknya pasangan di luar sana, banyak sekali dari merak yang tidak merasakan sesuatu yang ganjal dalam hubungannya. Parahnya lagi, mereka bahkan tidak sadar bahwa semakin lama hubungan tersebut akan semakin membahayakan mereka.

Jika dirimu sudah mulai muncul keraguan untuk berpisah dengan pasangan. Lihatlah beberapa faktor yang ada di dalam diri pasangan kamu. Apakah cowok tersebut adalah seseorang yang benar-benar baik, sayang, dan tulus kepada kamu? Pertimbangkanlah hal tersebut untuk keamanan dan kenyamanan dirimu. 

Kali ini kita akan membahas tentang tipe cowok yang harus kamu hindari saat ingin menjalin hubungan. Jika sudah dalam status komitmen, apa yang harus dilakukan? 

Jika cowok tersebut sesuai dengan kriteria di bawah ini, maka yang harus kamu lakukan adalah pergi menjauh dari cowok ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu waspadai dan menjadi sebuah peringatan bahwa pasangan kamu berbahaya dan kamu harus meninggalkannya.

1. Pemarah

Apakah pasangan kamu adalah cowok yang mudah marah? Biasanya sifat ini digambarkan seperti sebuah granat di ladang yang membentang luas. Tidak ada yang mengetahui lokasi dari granat tersebut. Namun, jika tersentuh sedikit saja, granat akan langsung meledak. 

Granat itu adalah sifat dari cowok pemarah. Cowok pemarah juga ditandai dengan perasaan yang selalu menggebu-gebu dan tidak sabar. Cowok ini akan langsung marah dan kesal jika apa yang diinginkan dan diharapkan olehnya tidak terkabul. 

Perasaan marah yang selalu dirasakan inilah yang menjadi alasan mengapa kamu harus menjauhi cowok ini.

Kamu harus mulai mempertimbangkannya. Apalagi jika kamu selalu kena imbasnya jika cowok kamu sedang meledak dan marah karena sesuatu hal yang tidak kamu lakukan. 

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sampai sejauh mana dia tidak akan menyakiti kamu? Berapa lama lagi dia akan bisa mengontrol perasaannya? Hati-hatilah, sebab kamu tidak akan tahu apa yang terjadi jika seseorang lost control saat sedang marah.

Bisa saja tanpa sengaja dia menyakiti dirimu karena kemarahannya. Marah adalah pintu pertama sebelum pintu buruk lainnya. Seperti gerbang dalam rumah.

2. Main Tangan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Sifat marah yang ada pada diri seseorang bisa menjadi pintu pertama sebagai gerbang kepada tindakan buruk lainnya. Saat sedang dalam kondisi marah, emosi seseorang sangat tidak stabil. 

Salah satu cara melepaskan marah dan meredakan emosi tidak stabil adalah dengan memukul, membanting, atau menyakiti orang lain. Inilah yang disebut dengan pintu berikutnya dari kemarahan. 

tipe cowok yang harus dihindari

Seseorang yang marah tanpa control yang baik dari dirinya bisa membuat kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa saja cowok tersebut memukul kamu atau mendorong kamu. Meskipun dia tidak ada maksud seperti itu. Namun, kamu bisa saja mengalaminya.

Bukan hanya dengan kata-kata kasar dan jahat yang akan menyakiti diri kamu, tetapi bisa dengan ayunan tangan yang membuat kamu akan tersakiti secara fisik. Mungkin setelah emosinya mereda, dia akan menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada kamu atas apa yang pernah dia lakukan.

Namun, percayalah kalau hal tersebut bisa terulang seperti siklus yang tak ada habisnya. Tak ada jalan keluar lain untuk menyelamatkan dirimu sendiri. Pergi dan tinggalkan saja dia.

Jadi, jika cowok kamu sudah memiliki tanda-tanda seperti itu, pikirkanlah dengan matang dan segera tinggalkan dirinya.

3. Pemalas

Salah satu tipe cowok yang patut kamu hindari adalah orang yang sangat malas. Dia yang suka menunda-nunda pekerjaan hingga menumpuk. Hindarilah orang tersebut. 

Dengan kebiasaan tidak terstruktur atau terorganisir dan menunda pekerjaan menandakan bahwa orang tersebut adalah orang yang tidak bertanggung jawab. 

Jika rasa malas nya sudah membuat dia malas untuk keluar rumah dan membersihkan dirinya, maka hal ini adalah hal yang sangat gawat. Membersihkan dirinya saja sulit, apalagi dengan membereskan hubungan kalian?

Akan dibawa kemana hubungan yang kalian jalani? Sikap tidak bertanggung jawabnya itulah yang menjadi alasan supaya kamu harus menghindari cowok seperti itu. Jadi, perhatikanlah sikapnya juga ya!

4. Manipulatif

Salah satu tindakan yang paling tidak disukai oleh sebagian besar orang. Manipulatif adalah tindakan yang paling tidak adil. Membuat kambing hitam dari masalah yang ditimbulkan oleh pasangan kamu.

Cowok yang manipulatif akan bersikap bahwa dirinya adalah pusat kebenaran. Semua orang selain dirinya melakukan tindakan yang salah. Sangat keji bukan? Mendengarnya saja sudah membuat merinding, apalagi jika harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa cowok seperti itu yang menjadi pasangan kita.

Saat menghadapi sebuah masalah dalam satu hubungan, kedua pasangan harus sama-sama memiliki sikap yang mau berdiskusi satu sama lain, mau mendengarkan, dan mau mencari jalan keluar dari masalah yang sedang terjadi.

Bagaimana jika pasangan kamu adalah orang yang manipulatif. Ketika hubungan kamu harus dihadapkan dengan masalah dan dia bersikap manipulatif. Bukan menyelesaikan masalah dengan berdiskusi dan saling mendengarkan, cowok kamu akan langsung menetapkan bahwa masalah yang terjadi adalah salahnya kamu.

Padahal hal tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Bisa jadi cowok kamu juga salah. Namun dia tidak mau mengakuinya. Bagaimana? Apakah kamu sudah terbayang situasinya?

Dengan perasaan selalu dituduh seperti itu, lama kelamaan kamu juga akan menjadi lelah dan sakit secara mental. Jadi, sebelum kamu mengalami hal tersebut segera jauhi cowok itu.

Bagaimana jika kamu sudah ada di dalam sebuah komitmen pacaran? Lebih baik kamu segera memutuskan hubungan tersebut dan berbicara yang jujur, bahwa kamu sudah tidak sanggup dengan sikapnya yang selalu saja begitu. Saat dia mulai memanipulasi lagi, tinggalkan dia.

5. Pembohong

Siapa yang mau dibohongi? Pasti tidak ada yang mau, bukan? Bohong adalah tindakan yang sangat dilarang dalam sebuah hubungan. Menurut DeVito dalam bukunya yang membahas tentang hubungan, dia mengatakan bahwa komunikasi adalah salah satu hal yang paling penting dalam berjalannya sebuah hubungan. 

DeVito menyebutkan bahwa untuk mempertahankan dan menbangun sebuah hubungan komunikasi yang terbuka dan jujur adalah salah satu yang paling penting. Dengan berkata jujur dan sikap saling terbuka, membuat pasangan akan merasa nyaman. 

Rasa nyaman yang dirasakan oleh kedua pasangan akan menimbulkan sikap saling percaya, sehingga hubungan yang dialami dapat berjalan dengan efektif. 

Biasanya cowok yang memiliki kebiasaan untuk berbohong adalah seseorang yang bermulut manis dan bermulut kejam ketika ketahuan. Kedua sisi yang sangat bertolak belakang ini wajib kamu sadari ya. 

Ketika seseorang berbohong, ia akan berbohong untuk menutupi kebohongan lainnya. Jadi, jika cowok kamu sekali berbohong, patut diwaspadai bahwa ia bisa saja menutupi sesuatu dengan kebohongan yang lainnya.

Tentunya kamu tidak mau hidup dengan terus dibohongi, bukan? Jadi, waspadalah tentang hal ini.

6. Selingkuh

Hal yang sangat mengecewakan adalah perselingkuhan. Banyak yang berpendapat bahwa selingkuh adalah sebuah penyakit. Walaupun awalnya pelaku selingkuh akan menyesali apa yang dilakukan, tetapi pada akhirnya pelaku tersebut akan terus melakukan perselingkuhan.

Seperti seseorang yang kecanduan dengan rokok. Perselingkungan kerap kali terjadi walaupun cowok kamu sudah berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. 

Sebelum kamu memutuskan untuk berkomitmen dengan seseorang, kamu wajib tahu latar belakang percintaan mereka. Itulah pentingnya PDKT, agar kalian lebih mengenal satu sama lain dan mengetahui sisi buruk dan sisi baik dari calon pasangan kamu.

Namun, jika saat ini kamu sudah dalam sebuah hubungan berpacaran, alangkah lebih baiknya jika kamu segera meninggalkannya. Selingkuh juga merupakan tanda bahwa mereka mengingkari komitmen yang telah kamu dan cowok kamu ucapkan. 

Dengan berselingkuh, cowok kamu sudah merusak harga diri dan kepercayaan yang telah kamu buat terhadap dirinya. Maka dari itu, jangan mau direndahkan dengan sikapnya yang seperti itu, dan segera tinggalkan dirinya.

7. Anak Mami

Bukan dalam hal darah. Anak mami di sini dimaksudkan karena sikap manja dan selalu mengadu. Jika cowok kamu adalah orang yang selalu mengadukan segala sesuatu ke orang tuanya, ini bisa menjadi hal yang gawat.

Mengadu di sini adalah ketika cowok kamu secara sengaja ingin mendapatkan pembelaan dari keluarganya. 

Cowok kamu menghampiri keluarganya bukan untuk menceritakan dan meminta saran untuk solusi atas masalah yang terjadi, melainkan mendapatkan pembelaan. Hingga pada akhirnya kamu lah yang akan disalahkan dalam masalah tersebut oleh keluarganya.

Bagus jika kalian masih dalam tahap berpacaran, jika kalian sudah menikah, ini adalah salah satu yang berbahaya untuk hubungan pernikahan kalian. Hal ini karena orang tua dari pihaknya akan selalu ikut campur dalam hubungan rumah tangga kalian.

Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa membayangkannya betapa mengerikan hal tersebut? Jadi, jika pasangan kamu sudah memiliki tanda-tanda seperti ini, segera tinggalkan dia.

8. Tebar Pesona ke semua orang

Jika saat PDKT saja dia masih bisa tebar pesona ke cewek lain, kamu patut membertimbangkan hal tersebut. Jika saat PDKT saja cowok kamu sudah berani melakukan hal tersebut, bagaimana jika dia sudah menjadi pasangan kamu. 

Dengan dia melakukan tebar pesona ke semua cewek, dia tidak akan ada perhatian khusus ke kamu loh. Dia akan berpendapat bahwa kamu dan orang lain itu sama saja.

Apakah kamu mau membagi perhatian si doi ke cewek lain? Pastinya tidak ya. Jadi, jangan sampai deh kamu harus mengalami hal ini ya.

9. Posesif

Salah satu kata yang paling menyeramkan. Posesif adalah tindakan mengekang yang dilakukan pasangan terhadap diri kita. Mungkin, pasangan merasa cemburu dengan kita, hingga memunculkan rasa ingin memiliki sepenuhnya.

Namun, tahukah kamu, kalau rasa ingin memiliki sepenuhnya yang dimiliki oleh cowok kamu terlalu berlebihan, itu namanya posesif. Kamu akan sangat dirugikan jika memiliki pasangan seperti ini. Semua tindakan kamu jadi terbatas, karena cowok kamu akan marah atau ngambek.

Tipe cowok yang posesif ini akan mencemburui semua orang yang berjenis kelamin laki-laki yang dekat sama kamu. Bahkan, bisa jadi orang-orang yang memang sebelumnya sudah dekat dengan kamu dari sebelum kamu kenal sama si cowok ini.

Tak hanya itu, sikap posesif juga bisa terjadi pada teman-teman cewek kamu loh. Ini jika keposesifan cowok kamu sudah pada tingkatan yang paling parah ya. Kamu akan dilarang untuk bertemu dengan teman-teman kamu, karena kamu hanya boleh menemui si cowok ini.

Selalu dicurigai dengan hal yang sebenarnya tidak pernah kita lakukan. Selalu dituduh dan harus menenangkan si cowok kalau emosinya sudah meledak-ledak. Kira-kira apakah kamu mau menjalin hubungan yang seperti ini? Terlalu banyak larangan yang membuat diri kamu justru sulit untuk berkembang.

Bukan karena kamu tidak bisa. Namun, karena larangan dari si cowok ini. Semoga kamu tidak dihadapkan dengan situasi tersebut ya.

10. Tidak membanding bandingkan dan menghargai

Salah satu hal yang penting dalam sebuah hubungan, yaitu saling menghargai satu sama lain. Dalam sebuah hubungan, mendengarkan keluh kesah dan kekhawatiran menjadi hal yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan perasaan dicintai oleh orang lain.

Namun, bagaimana jika kamu selalu dibandingkan dengan cewek lain? Padahal saat itu kamu membutuhkan dorongan dari pasangan kamu. Yap! Hindarilah cowok yang bertingkah dengan selalu membandingkan kamu dengan cewek manapun, baik itu mantannya, temannya, idolanya, dan yang lain. 

Jangan mau dengan cowok seperti itu, hal ini karena dia tidak akan pernah puas dengan apa yang ada pada dirimu. Dia tidak menghargaimu sebagaimana kamu apa adanya. Cowok itu hanya akan mengkritik kamu dan membuat kamu semakin tidak percaya diri dengan pendapat dan penampilan kamu.

Cowok seperti itu akan perlahan mengubah kamu menjadi orang lain yang dirinya sukai. Jika dari awal cowok ini sudah menyatakan cintanya dan ingin serius kepada kamu. Maka, harusnya dia bisa menerima kamu apa adanya. Baik dari penampilan dan opini kamu tentang sesuatu.

Mungkin memang maksudnya baik untuk membuat kamu lebih baik. Namun, jika kamu sudah merasa hal tersebut membuat kamu berubah dan membuat kamu merasa tidak nyaman, maka tinggalkan lah dia. 

Jika terus menerus mengikuti keinginan dan pendapatnya untuk dibandingkan, maka ketika menikah, seumur hidup kamu, kamu akan selalu dibanding-bandingkan dengan orang-orang terdekat dari si cowok dan membuat kamu semakin tidak percaya diri.

Jadi, apakah kamu mau tidak percaya diri hanya karena kamu dibandingkan dengan orang lain?

Topik pembahasan di atas adalah tentang tipe cowok yang harus dihindari sebelum kamu mengikat janji suci perkawinan. Dalam membangun sebuah hubungan tentu diperlukan rasa percaya dan kenyamanan satu sama lain. Namun, jika seorang alpha dalam sebuah hubungan, maka hubungan tersebut bisa membahayakan dirimu.

Pilihlah cowok yang terbaik yang bisa kamu dapatkan dan hindari cowok-cowok yang memiliki sikap yang dibahas pada artikel di atas. Jangan sampai diri kamu yang berharga hanya dimanfaatkan oleh cowok-cowok yang tidak bertanggung jawab.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih dan menentukan pilihan cowok yang tepat untuk kamu. Selamat membaca!

Jika ada informasi dan buku yang ingin kamu baca untuk menemani kamu di waktu santai, kamu bisa mendapatkan banyak sekali buku dari penulis terkenal di www.gramedia.com.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.