in

Review Novel Atharrazka Karya Erlis Kurniyanti

Atharrazka adalah sebuah novel adaptasi dari cerita di platform menulis online populer, Wattpad, dan telah menjadi salah satu novel bestseller. Awalnya, novel ini berjudul “A dan Z” dalam versi Wattpad. Terdapat beberapa perbedaan antara versi cetak dan versi Wattpad dalam novel ini.

Dalam versi Wattpad, cerita yang disajikan tidak melibatkan karakter Abyan dan Zara, orang tua Arshaka. Fokus cerita lebih ditujukan pada tokoh utama, Arshaka, dan hubungannya dengan Zanara. Namun, dalam versi cetaknya, Erlis Kurniyanti, sang penulis, memberikan sedikit gambaran tentang latar belakang Arshaka dan keluarganya. Hal ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang karakter-karakter dalam cerita.

Selain itu, novel ini juga melibatkan seluruh keluarga Atharrazka sebagai bagian dari cerita. Tidak hanya fokus pada Arshaka dan Zanara, tetapi juga menggambarkan hubungan keluarga yang saling menyayangi. Hal tersebut menambah narasi dalam novel menjadi lebih kaya dengan berbagai karakter yang ditampilkan.

Perbedaan lainnya terletak pada konflik yang hadir dalam versi cetak dan versi Wattpad. Versi cetak memiliki konflik tambahan atau pendalaman konflik yang lebih dalam, sementara versi Wattpad mengikuti alur cerita yang lebih ringkas dan fokus pada hubungan antara Arshaka dan Zanara.

“Atharrazka” adalah sebuah novel dengan genre romance Islami yang memberikan cerita yang menarik. Untuk lebih penasaran lagi, yuk, simak review dan sinopsis singkat berikut ini tentang novel Atharrazka!

Review Novel Atharrazka Karya Erlis Kurniyanti

“Atharrazka” adalah sebuah novel karya Erlis Kurniyanti yang menceritakan perjalanan hidup Arshaka Nizama Atharrazka, seorang pemuda yang menjadi anak sulung keluarga Abyan. Saat ini usianya menginjak 23 tahun, Arshaka tengah menempuh pendidikan S2 dalam bidang Psikologi, dan saat ini ia berada di semester 3. Arshaka memiliki paras yang tampan dengan sikap yang dingin, tegas, to the point, jarang tersenyum, namun juga memiliki kehangatan di dalam dirinya.

Peran penting jatuh kepada Arshaka sebagai pemimpin pesantren yang dimiliki oleh keluarga Abyan. Keluarga ini dipimpin oleh Abyan Khayri Atharrazka, seorang ayah yang bijaksana, dan memiliki seorang istri cantik bernama Zara Nindiatama.

Selain Arshaka, mereka juga memiliki anak-anak lain yang luar biasa, seperti Aryan, Zyana, Abyzar, dan Alarik. Keluarga Abyan menjadi teladan keluarga idaman bagi banyak orang, keluarga mereka adalah keluarga impian semua orang dengan keutuhan dan harmoni yang mereka jaga.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Keluarga Atharrazka terkenal karena hubungan yang erat, penuh cinta, saling melindungi, dan saling peduli satu sama lain. Mereka menjunjung tinggi nilai-nilai keluarga dan selalu memberikan dukungan serta kebersamaan. Kehadiran seorang gadis berantakan membuat keluarga Atharrazka semakin saling menghargai kebersamaan.

Namun, siapa sangka kehadiran seorang santriwati baru yang selalu memberontak dan membantah aturan pesantren justru membuat Arshaka jatuh hati, sang penerus utama keluarga Atharrazka.

Perempuan itu bernama Zanara Anindya, seorang gadis cantik yang berusia 19 tahun. Ia tinggal bersama neneknya yang dengan tegas memasukkan Zanara ke pesantren Darussalam. Kehadiran Zanara di pesantren ini bukanlah suatu pilihan yang ia pilih sendiri, namun lebih merupakan hasil dari paksaan dan tuntutan dari sang nenek.

Dalam lingkungan yang asing baginya, Zanara sering kali tidak menaati aturan dan tindakan disiplin di pesantren. Ia sering kali terkena hukuman dan berurusan dengan pengasuh pesantren karena sifatnya yang memberontak. Namun, dibalik sifat keras kepala dan penentangan Zanara, terdapat daya tarik yang tidak bisa diabaikan oleh Arshaka, sang pemimpin pesantren. Arshaka menemukan sosok keibuan dalam diri Zanara.

Zanara, dengan latar belakang kehidupan yang penuh problematika, berasal dari keluarga yang berantakan. Pengkhianatan yang dilakukan oleh kedua orang tuanya telah membuat Zanara merasa tidak percaya pada pernikahan. Ia membawa luka dan trauma yang dalam terhadap hubungan keluarga dan percintaan. Zanara memiliki hati yang rapuh dan kerinduan yang tak terungkapkan akan kasih sayang dari keluarga.

Arshaka yang jatuh hati pada Zanara merasa terpanggil untuk terus meluluhkan hati Zanara. Ia memahami bahwa di balik sikap keras Zanara terdapat kerinduan dan ketakutan yang dalam. Arshaka dengan sabar dan tekad yang kuat berusaha memenangkan hati Zanara dengan berbagai cara.

Namun, Arshaka tidak hanya menginginkan cinta Zanara, tetapi juga ingin membantu Zanara menemukan kebahagiaan dan mengatasi trauma yang dialaminya. Akhirnya, Arshaka memberikan suatu tantangan kepada Zanara.

Tantangan itu adalah merubah adik Arshaka yang nakal menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam tantangan ini, jika Zanara tidak berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, Zanara harus bersedia untuk menikah dengan Arshaka.

Hanya Zanara seorang yang tidak ingin menikah dengan Arshaka, padahal bagi santriwati yang lain, Arshaka adalah laki-laki sempurna. Lalu, apakah tantangan itu berhasil diselesaikan dengan baik?

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel Atharrazka

Kelebihan Novel Atharrazka

Pros & Cons

Pros
  • Novel ini memiliki tema romance islami yang menggabungkan unsur romance dengan nilai-nilai islam.
  • Memiliki plot cerita yang menarik antara Arshaka dan Zanara.
Cons
  • Dengan ketebalan 280 halaman, novel ini memiliki kekurangan pada sisi pengembangan karakter.

 

Atharrazka adalah sebuah novel romance islami yang merupakan spin off dari novel sebelumnya yang berjudul “A dan Z” di aplikasi menulis online, Wattpad. Novel yang menjadi best seller ini menceritakan tentang kisah cinta antara anak pemilik pesantren dan santriwati pemberontak bernama Zanara.

Tema novel romance islam menjadi nilai lebih, novel ini menggabungkan unsur romance dengan nilai-nilai islam sehingga memberikan pesan tentang cinta dan kehidupan berdasarkan prinsip agama. Hal ini dapat memberikan inspirasi pembaca untuk memperkaya pemahaman mengenai islam.

Novel ini juga memiliki plot cerita yang menarik. Arshaka yang jatuh hati pada Zanara, sementara Zanara yang tidak percaya pada pernikah. Plot cerita tersebut akan membuat pembaca semakin penasaran dan bertanya-tanya bagaimana kisah kelanjutan hubungan asmara kedua tokoh utama ini.

Kekurangan Novel Atharrazka

Selain kelebihan, novel ini juga memiliki kekurangan. Dengan ketebalan 280 halaman, novel ini memiliki pada pengembangan karakter. Ada penambahan beberapa karakter yang diperkenalkan dari versi wattpad dan versi cetak novel ini sehingga menjadikan novel ini kekurangan pemahaman yang mendalam karakter-karakter tersebut.

Penutup

Sebagai kesimpulan, novel “Atharrazka” ini cocok dijadikan bacaan santai untuk menemani hari-harimu. Novel ini bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang sedang mencari bacaan dengan konflik ringan, novel ini juga menggunakan penulisan yang akan membuat pembaca memahami dengan mudah alur yang disajikan oleh penulis.

Tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan novelnya dan jadilah bagian dari kisah perjalanan cinta Arshaka dan Zanara dalam novel “Atharrazka”. Novel ini bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat dan di online store Gramedia.com. Selamat membaca!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

Rekomendasi Novel Terkait

Jodoh dari Allah Karya Raysa Nazwaa

 

Jodoh dari Allah adalah sebuah novel yang menceritakan tentang Genna Hisana Maulida, seorang mahasiswi cantik dengan penampilan syar’i, Genna dikenal sangat menyukai makanan manis dan yang menjadi favoritnya adalah donat.

Genna ternyata diam-diam memiliki perasaan untuk dosennya dan berharap mendapat balasan perasaan juga. Laki-laki tersebut bernama Gevanno Fahreza Amir. Sejak pertemuan yang tidak disengaja kala itu, Genna memutuskan untuk menjadi secret admirer Gevan, karena Genna tidak bisa terang-terangan menunjukkan rasa sukanya.

Saat Genna tahu dirinya akan dijodohkan, ia hanya bisa pasrah dan harapannya telah pupus untuk Geva. Namun, takdir berkata lain, Genna terkejut sekaligus bahagia ketika tahu bahwa orang yang dijodohkannya adalah orang yang selama ini ia idam-idamkan.

Namun, takdir berkata lain, Genna terkejut dan bahagia saat tahu bahwa orang yang ingin di jodohkan dengannya adalah orang yang selama ini ia idamkan. Bagaimana ke depannya? Apa akan berjalan lancar?

Sabiya Karya Mellyana Dhian

 

Sabiya adalah novel yang menceritakan tentang kehidupan pernikahan Sabiya. Hidup Sabiya mulanya kesulitan hingga hidupnya berubah ketika ia dinikahi oleh anak majikan ibunya, Abizard. Dua tahun pernikahan berjalan semuanya baik-baik saja, Abizard menjadi sosok suami yang romantis, selayaknya seorang suami yang penuh dengan iman.

Bahkan saat keguguran, Abizard menguatkan Sabiya dan tidak pernah meninggalkannya sendirian. Sabiya kira memiliki suami yang paham tentang agama akan menghindarkan rumah tangganya dari orang ketiga, tapi dia salah. Menjelang tahun ketiga pernikahan, Abizard berubah sikapnya, ia sering pulang malam dan melarang Sabiya memegang ponselnya.

Puncaknya adalah Sabiya melihat Abizard menjaga seorang wanita bernama Naila di rumah sakit. Sabiya sakit hati dan meminta cerai, namun jelas Abizard melarangnya. Abizard berujar bahwa Sabiya adalah rumah, dan Naila hanya rumah singgah.

Setelah perceraian dengan Sabiya, Abizard tidak menemukan kebahagian. Sementara Sabiya mengalami hal yang sebaliknya, usaha Sabiya semakin berkembang. Hidup Abizard semakin hancur, dia juga menyadari bahwa cintanya kepada Sabiya belum pudar. Namun sebagai wanita yang baik, Sabiya memaafkannya, tetapi tidak bisa untuk melupakan akan luka yang ditinggalkan mantan suami.

Dear Allah Karya Diana Febi

 

Dear Allah menceritakan tentang kehidupan Naira yang diam-diam menyimpan perasaan kepada Wildan selama bertahun-tahun. Cinta diam-diamnya begitu berat ketika Naira harus mendengar Wilda terus membicarakan perempuan lain di hadapan Naira.

Naira percaya bahwa cinta yang selalu melibatkan Allah tidak akan pernah membuatnya merasa kecewa, hanya doa dan keyakinan yang selalu Naira panjatkan untuk menguatkan hatinya ketika Naira merasa raput karena cinta sepihaknya hingga pada akhirnya takdir mempersatukan Wildan dan Naira dalam satu ikatan pernikahan yang tidak terduga.

Takdir tersebut adalah buah dari kesabaran Naira yang percaya bahwa kesabaran, keikhlasan, dan ketulusan cinta suci akan berakhir pada suatu kebahagiaan yang telah direncanakan oleh Allah. Sebab, Naira percaya bahwa jodoh adalah salah satu perkara mudah bagi Allah untuk menjodohkan hamba-Nya.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy