in

Review Buku Merakit Kapal Karya Shion Miura

Merakit Kapal –  Membaca novel merupakan kegiatan yang sangat menghibur sekaligus menambahkan wawasan para pembaca. Bayangkan kamu membaca sebuah cerita fantasi namun juga dapat menambahkan beberapa wawasan di dalam novel tersebut, menarik bukan?

Novel fantasi merupakan sebuah cerita yang didalamnya memiliki hal-hal yang tidak nyata, mulai dari tokoh, tempat, alur cerita, dan semua yang ada di dalamnya tidak nyata. Novel dengan genre fantasi ini justru memiliki banyak peminatnya karena cerita di dalamnya dapat membuat para pembaca menggambarkan imajinasinya sendiri dan sebebas mungkin.

Novel fantasi sendiri memiliki banyak macam jenis cerita di dalamnya, untuk artikel ini kita akan membahas novel fantasi drama. Novel fantasi drama ini biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seseorang, namun hal fiksi nya adalah nama atau tempat yang digunakan itu tidak nyata adanya atau hanya karangan dari penulis saja.

Novel fantasi drama ini akan membawa tema yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang dapat membuat para pembaca merasakan hal yang sama. Tahukah kamu, jika kamu menyusun sebuah kamus kamu akan mendapati dan mempelajari kata kata baru yang sebelumnya kamu tidak pernah tahu?

Yap betul, novel Merakit Kapal karya Shion Miura ini menceritakan tentang bagaimana proses membuat sebuah kamus. Menceritakan tentang seorang direkrut Kepala Redaksi Kamus Penerbit Genbu bernama Mitsuya Majime dalam menyusun kamus tebal yang berjudul Dait?kai.

Novel ini mengajak pembaca untuk tenggelam dalam cerita dan memahami bahwa membuat sebuah kamus itu melalui proses yang begitu panjang namun proses itu terbayar dengan sempurna karena kamus akan sangat berguna untuk pengetahuan.

Novel Merakit Kapal ini dapat menjadi sebuah bacaan yang menghibur dan menyenangkan sekaligus membuat para pembaca menambah wawasan terkait beberapa kata-kata yang akan muncul di dalam sebuah kamus.

Lantas, apa ya yang dilakukan oleh Majime dalam menyusun kamus tebal itu? Apakah terdapat cerita cinta yang diselipkan dalam novel ini? Dan bagaimanakah cara Majime untuk menyelesaikan kamus tebal itu?

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Jika Grameds penasaran akan kelanjutan ceritanya, Grameds bisa membaca buku berjudul Merakit Kapal Karya Shion Miura ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang Merakit Kapal Karya Shion Miura ini.

Sinopsis Buku Merakit Kapal Karya Shion Miura

 

Mitsuya Majime direkrut Kepala Redaksi Kamus Penerbit Genbu untuk membantu penyusunan dan penerbitan kamus tebal berjudul Dait?kai, yang berarti menyeberangi lautan. Kepribadian Majime sesuai dengan namanya: bersungguh-sungguh dan serius. Namun, Majime orang yang eksentrik serta canggung dalam bersosialisasi.

Meski peka terhadap kata-kata, dia tak mampu menemukan kata-kata yang tepat untuk mengutarakan isi hatinya. Kepala Redaksi Araki berkeyakinan bahwa kamus merupakan kapal yang digunakan manusia untuk mengarungi lautan kata demi menyampaikan pemikiran mereka dengan kata-kata paling sesuai.

Dan selama merakit kapal tersebut bersama para staf Redaksi Kamus, perlahan kata-kata pun mulai terkumpul dalam perahu Majime sendiri, memungkinkan pria kikuk itu berlayar untuk mengekspresikan dirinya, baik dalam pertemanan maupun cinta.

Review Buku Merakit Kapal

Pros & Cons

Pros
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
  • Novel fantasi yang unik dengan membawa tema kepenulisan dalam ceritanya
  • Alur ceritanya sangat menarik
  • Sangat inspiratif dan motivatif
Cons

     

    Merakit Kapal menceritakan tentang seorang direktur Kepala Redaksi bernama Mitsuya Majime yang harus menyusun kamus tebal bersama timnya yang berjudul Dait?kai. Cerita utama dalam novel ini tentang pembuatan kamus ada tiga cerita berbeda tentang orang-orang di departemen kamus.

    Yang pertama, tentang pria yang belajar untuk berhubungan dengan orang lain, yang satu tentang wanita yang belajar untuk tidak menghakimi orang lain, dan yang lainnya tentang pria yang belajar bahwa tidak apa-apa untuk menunjukkan bahwa kita peduli pada berbagai hal.

    Novel karya dari Shion Miura ini menceritakan tentang bagaimana progres dalam pembentukan dan penyusunan kamus tebal Dait?kai yang berarti menyebrangi lautan. Dalam tim pembuatan kamus ini, terdapat direkrut bernama Mitsuya Majime yang merupakan seorang dengan kepribadian yang bersungguh-sungguh dan serius.

    Namun, Majime juga merupakan sosok yang eksentrik dan canggung dalam bersosialisasi. Majime tidak mampu menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan isi hatinya. Kepala Redaksi Araki berkeyakinan bahwa kamus merupakan kapal yang digunakan manusia untuk mengarungi lautan kata demi menyampaikan pemikiran mereka dengan kata-kata paling sesuai.

    Novel ini memiliki kisah yang menarik dan menghibur tentang sekelompok kecil orang yang berdedikasi yang bekerja selama 15 tahun untuk menghasilkan kamus bahasa Jepang yang baru. Kerumitan dalam memproduksi kamus bahasa Jepang termasuk lima bukti, jenis kertas, pengeditan agar sesuai dengan definisi pada halaman, memilih kata mana yang akan dimasukkan atau tidak, mempertahankan mata uang kata-kata semuanya membuat buku ini menjadi bacaan yang menarik.

    Bacaan yang tenang, tetapi menarik karena mengintip ke dalam sepotong budaya Jepang yang menjadi daya tarik dalam kesukaan pada kamus. Novel Merakit kapal ini menelusuri pekerjaan dan kehidupan karyawan Departemen Editorial Kamus Gembu fiksi.

    Novel ini tentang hasrat untuk kata-kata, bahasa, dan kerajinan. Novel ini dapat dikatakan sebagai novel harta karun karena novel ini dapat memperkaya kosakata para pembaca melalui cerita yang disajikan di dalam novelnya.

    Lantas, bagaimanakah kelanjutan cerita pembuatan dan penyusunan kamus super tebal itu? Apakah ketiga orang tersebut dapat belajar untuk kehidupannya masing-masing? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca Merakit Kapal ini dan dapatkan cerita seru dan menyenangkannya saat membuat dan menyusun sebuah kamus jepang dari karya Shion Miura di Gramedia.com.

     

    Novel ini memiliki alur ceritanya yang sederhana namun menarik. Selain itu, novel ini juga  diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan membuat pembaca merasa nyaman dan paham tentang cerita di dalam novel ini.

    Konflik di dalam novel ini juga dikemas secara apik dan sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, terlebih jika para pembaca novel ini memiliki profesi di dunia penerbitan mungkin akan merasakan hal yang sama saat membaca novel ini.  Terdapat banyak juga pelajaran-pelajaran yang dapat diambil dari novel ini.

    Merakit Kapal ini memiliki dua tema utama dalam ceritanya yaitu kompleksitas bahasa dan semangat untuk sebuah proyek. Bahasa adalah tentang mencoba menyampaikan pikiran dan perasaan seseorang seakurat mungkin. Untuk melakukannya, kita harus menggunakan sarana kata-kata yang tidak sempurna.

    Kata-kata memiliki nuansa halus, perbedaan konotasi dan denotasi, yang membuat menemukan kata yang tepat menjadi tantangan. Tema kedua yang dieksplorasi Miura adalah bagaimana rasanya benar-benar bersemangat tentang sesuatu. Dalam cerita ini, semua anggota tim mengabdikan diri untuk melihat pembuatan kamus mereka hingga akhir. Dan antusiasme semacam itu bisa menular jika dibagikan dengan benar.

    Novel Merakit Kapal dari Shion Miura ini merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan fantasi drama yang didalamnya terdapat cerita-cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Jika Grameds belum membaca karya dari Shion Miura, Merakit Kapal ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya Shion Miura.

    Profil Shion Miura

    Shion Miura lahir pada tanggal 23 September 1976 di Tokyo, Jepang. Miura merupakan seorang penulis asal Jepang. Namanya berhasil melambung tinggi berkat karya-karyanya yang spektakuler hingga telah memenangkan Penghargaan Naoki, Penghargaan Oda Sakunosuke, dan Penghargaan Penjual Buku Jepang.

    Bahkan, karya-karyanya telah diadaptasi menjadi sebuah film dan telah diterjemahkan ke berbagai macam bahasa seperti Indonesia, Cina. Korea, Vietnam, Inggris, Italia, dan Jerman. Setahun setelah lulus dari Universitas Waseda, Miura menerbitkan novel pertamanya yang berjudul Kakuto suru mono ni maru (A Passing Grade for They Who Fight).

    Miura berhasil memenangkan Penghargaan Naoki ke-135 pada tahun 2006 untuk bukunya Mahoro ekimae Tada benriken. Novel dan sekuelnya telah diadaptasi menjadi serial film oleh Tatsushi ?mori, acara televisi TV Tokyo, dan serial manga.

    Pada tahun 2011, Miura menerbitkan novelnya dengan judul Fune wo amu (Compiling the Boat), sekitar 15 tahun upaya untuk membuat kamus baru yang disebut The Great Passage. Pada tahun 2012 Fune wo amu memenangkan Penghargaan Penjual Buku Jepang.

    Sebuah film adaptasi tahun 2013 dari Fune wo amu, disutradarai oleh Yuya Ishii, memenangkan beberapa Penghargaan Akademi Jepang, termasuk Film Terbaik. Fune wo amu telah berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Juliet Winters Carpenter dan diterbitkan pada tahun 2017 dengan judul The Great Passage.

    Kris Kosaka dari The Japan Times mendeskripsikan The Great Passage sebagai “gaya yang mahir, dengan pergeseran narasi yang terhubung dengan lancar saat cerita karakter tumpang tindih melalui ruang dan waktu.”

    Penutup

    Novel Merakit Kapal ini merupakan salah satu novel ringan untuk dibaca, novel ini dapat membuat para pembacanya menghabiskan waktunya hanya dengan membaca novel ini saja. Alurnya yang menarik membuat para pembaca seakan paham dan masuk ke dalam dunia di dalam novelnya. Selain itu, novel ini juga cukup memberikan pelajaran hidup kepada pembacanya yang diselipkan di tengah-tengah alur cerita.

    Bahasa Jepang adalah bahasa yang bernuansa, dengan banyak permainan kata. Penerjemah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menjelaskan arti dari berbagai hal tanpa mengganggu alur naratif. Novel ini sangat direkomendasikan kepada siapa pun yang tertarik dengan komunikasi, baik itu tertulis atau lisan.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Merakit Kapal Karya Shion Miura. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre fiksi fantasi. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

    Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

    Sumber Artikel: 

    • https://www.goodreads.com/book/show/57427660-merakit-kapal?ac=1&from_search=true&qid=OAMT0Cf6vA&rank=1
    • https://en.wikipedia.org/wiki/Shion_Miura
    • https://hibooklover.wordpress.com/2021/05/27/review-buku-merakit-kapal-karya-shion-miura/

     

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy