in

Review Novel Catur Karya Blueantlawarm

Catur – Para pecinta novel remaja mari merapat! Sebagai pecinta novel remaja kamu pasti sudah tidak asing dengan kisah cowok badboy yang bertemu dengan seorang cewek yang bisa meluluhkan hatinya. Apalagi jika cerita-cerita tersebut dipublikasi di aplikasi menulis online populer, wattpad. Wah, pasti sudah tidak asing lagi, dong.

Salah satu novel adaptasi wattpad adalah novel “Catur” karya Blueantlawarm yang sudah dibaca enam juta kali di wattpad sendiri. Novel ini juga menggabungkan unsur fan-fiction dengan cerita Alternative Universe atau AU, yakni sebuah cerita plot di universe atau dunia yang berbeda dari dunia nyata yang tokoh-tokohnya ada di dalam kehidupan nyata, tetapi dengan latar dan alur cerita yang berbeda.

Novel ini memiliki sekuel dengan novel berjudul “Evanescent” yang bisa kamu baca di wattpad. Tapi kamu jangan bosan, ya, kalau harus bertemu dengan para cowok-cowok dingin lagi. Nah, biar semakin penasaran, yuk, dibaca terlebih dahulu sinopsis dan review singkat novel ini terlebih dahulu.

Sinopsis dan Review Novel Catur Karya Blueantlawarm

 

Novel Catur karya Blueantlawarm adalah sebuah novel fiksi remaja dengan genre romance. Novel ini menceritakan tentang Catur Ksatria Hamizan, seorang lelaki dengan sifat dingin yang ditandai dengan tatapan tajam yang misterius, selalu tampil dengan jaket atau hoodie yang menjadi ciri khasnya.

Di SMA Selviatra, Catur menjadi laki-laki dengan daya tarik yang mempesona para siswi karena pesona dan aura misterius yang melekat padanya. Namun, kehidupannya mengalami perubahan tak terduga ketika dia dipercaya untuk menjaga seorang gadis yang tak lain adalah adik dari ketua pertama The Tigris, sebuah kelompok yang memiliki reputasi kuat di sekolah.

Gadis itu bernama Alicia Laurinda Reviera, seorang gadis yang memiliki daya tarik dan pesona yang tak kalah dari Catur. Seperti kakaknya, Alicia juga memiliki karisma yang menarik perhatian semua orang di sekitarnya. Ketika takdir mempertemukan Catur dan Alicia, kehidupan mereka pun berubah secara dramatis.

Awalnya, Catur merasa terbebani oleh tanggung jawab untuk menjaga Alicia. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka mulai mengenal satu sama lain dan membangun hubungan asmara. Catur mulai memahami kelembutan dan kerentanan yang tersembunyi di balik dinding dingin Alicia. Sementara itu, Alicia juga menemukan dukungan dan perlindungan yang sebelumnya tak pernah dia rasakan sebelumnya dari Catur.

Lalu, apakah Catur dan Alicia akan bersatu dan bisa menjalin kisah cinta?

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel Catur

Pros & Cons

Pros
  • Novel Catur disajikan dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana sehingga siapa saja dapat memahami alur cerita dengan mudah.
  • Novel ini adalah novel remaja yang cocok dibaca untuk kamu yang sedang mencari bacaan-bacaan dengan konflik yang ringan dan menghibur.
Cons
  • Alur cerita terkesan klise, banyak cerita-cerita yang bisa pembaca dapatkan tentang anak SMA bad boy yang bertemu dengan cewek yang mengubah kehidupannya.

 

Kelebihan Novel Catur

Novel Catur disajikan dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana sehingga bisa dimengerti dengan mudah oleh berbagai kalangan pembaca. Alur cerita yang dihadirkan dalam novel ini dikemas dengan menarik untuk menarik perhatian pembaca remaja.

Novel ini memiliki konflik yang ringan dan menghibur. Dengan gaya bahasa yang sederhana, novel ini mempermudah pembaca untuk ikut merasakan cerita dan terhubung dengan karakter-karakternya. Setiap adegan dan dialog dikemas secara jelas dan padat, sehingga tidak ada kebingungan atau kehilangan pemahaman dalam mengikuti alur cerita.

Novel ini adalah pilihan yang tepat untuk pembaca yang sedang mencari hiburan dengan konflik yang ringan namun tetap menghibur. Meskipun menghadirkan cerita dengan tingkat konflik yang lebih rendah, bukan berarti novel ini kehilangan daya tariknya. Sebaliknya, kesederhanaan konflik dan gaya bahasa yang mudah dipahami menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak terlalu terbebani dengan permasalahan yang kompleks.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Kekurangan Novel Catur

Selain kelebihan, novel ini juga memiliki kekurangan. Novel genre remaja terkadang cenderung mengikuti pola-pola yang sudah umum dan terlalu klise, seperti kisah cinta segitiga, “perubahan hidup di sekolah baru,” atau protagonis yang merupakan anak biasa yang tiba-tiba menemukan kekuatan luar biasa ketika bertemu dengan perempuan satu sekolahnya. Ini bisa membuat pembaca merasa bahwa jalan cerita mudah diprediksi dan tidak memberikan kejutan yang baru.

Penutup

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Novel dengan genre remaja seperti ini masih banyak diminati oleh pembaca sebagai media hiburan karena telah menjalani hari yang lelah dan penat. Novel remaja dengan genre romance selalu menempati posisi tertinggi bagi para pembaca di luar sana.

Novel “Catur” ini merupakan pilihan yang tepat bagi pembaca dari berbagai kalangan usia yang mencari bacaan yang menyenangkan dan menghibur, tanpa harus terlalu terbebani oleh konflik yang kompleks. Gaya bahasa yang sederhana dan alur cerita yang menarik menjadikan novel ini sebagai teman yang menyenangkan.

Yuk, tunggu apalagi, segera dapatkan novel menarik ini di gramedia.com, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

 

Rekomendasi Novel

Scelus Karya Cantikazhr

 

Novel ini diadaptasi dari aplikasi menulis online, Wattpad. Cantikazhr merupakan salah satu penulis produktif yang kemudian kisah Scelus ini diterbitkan menjadi buku oleh Rainbook. Scelus sendiri memiliki arti “kejahatan, musibah, doa, perbuatan jahat”. Novel ini bercerita tentang Dewa yang harus kehilangan ingatan. Karena ada yang aneh pada keadaan Dewa setelah ia bangun dari koma.

Namun ingatannya kembali setelah ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Starla. Sedikit demi sedikit ingatan Dewa kembali pulih, ingatan itu terus terpancing keluar ketika Dewa bertemu dengan gadis yang dikenal bar-bar bernama Starla hingga suatu fakta mengejutkan bahwa Starla adalah kekasih Arjuna, sahabat Dewa yang terkenal dingin pada wanita.

Apa sebenarnya hubungan Dewa dan Starla sehingga gadis itu mampu membuat Dewa mengingat ingatannya yang hilang?

Raiden Karya Auraagsnndaaa

 

Novel ini menceritakan tentang Raiden Geordino, laki-laki yang dingin pada wanita di sekolahnya. Raiden Geordino dikenal sebagai berandal sekolah dengan sejuta pesona. Ia memiliki postur tubuh yang tegap dan tinggi serta tatapan mata yang tajam. Raiden ternyata memiliki hubungan dekat dengan seorang perempuan yang bernama Alena Diandra.

Alena adalah perempuan yang menggemaskan dengan rambut coklatnya sepinggang, memiliki kulit yang putih, wajah yang bulat, dan bibir yang mungil. Gadis mungil ini rupanya memiliki masa lalu yang membuat hidupnya selalu berada di dalam tekanan. Ia dituduh sebagai penyebab kepergian ibunya sendiri.

Bagaimana rasanya menjadi Alena yang menjadi satu-satunya perempuan bisa dekat dengan Raiden si berandal sekolah?

Arga Bad Senior Karya Cintaprita

 

Arga adalah seorang ketua geng yang menyeramkan. Ketua geng Scorpions yang terkenal dengan reputasi jeleknya. Harfika Kira, atau biasa disapa Kira menolong laki-laki yang hampir sekarat di tengah jalan yang membuatnya harus berurusan dengan Arga. Cowok itu tiba-tiba mengklaim bahwa Fika adalah miliknya.

Arga sering membuat guru BK kelimpungan dengan segala tingkah lakunya, dami mulai sering berkelahi hingga melanggar berbagai aturan sekolah. Meskipun terkenal dengan bad boy, Arga sangat menyayangi ibunya dan memiliki sifat yang sangat tertutup dan sulit ditebak.

Novel ini adalah novel adaptasi wattpad yang telah dibaca oleh ratusan ribu orang. Membaca novel ini akan membawa kita untuk kembali mengingat masa-masa SMA yang penuh dengan gairah cinta. Cintaprita menyajikan kisah anak SMA dengan konflik yang menarik.

Jika Anda menyukai novel berlatar belakang putih abu-abu, mungkin novel Arga Bad Senior ini cocok untuk Anda baca di akhir pekan. Ada unsur nostalgia yang muncul saat Anda membacanya. Rasanya kembali menggairahkan petualangan cinta masa-masa SMA yang diliputi adrenalin. Cintaprita menyajikan cerita dengan baik, konflik yang dibangun terasa pas, dan Anda akan dibuat tidak berhenti membacanya dari halaman ke halaman hingga akhir cerita.

Lu-Gu Karya Mufi Kholiqok

 

Novel ini bercerita tentang Alexandria Eva YR, seorang gadis lugu yang memiliki sifat ceroboh. Bahkan saking cerobohnya, di hari pertama sebagai murid baru di SMA Tunas Bangsa, Eva harus berurusan dengan Alex, sang bad boy terkenal di sekolah tersebut.

Pertemuannya dengan Eva justru membuat hidup Alex kembali penuh warna yang sempat hilang. Hati Alex terkunci dan tidak ada satu orang pun yang bisa mengubahnya. Namun, semakin dekat Alex dengan Eva, malah mengantarkannya pada potongan puzzle yang rumit –yang semakin ditelusuri ada beberapa orang-orang terdekat Alex.

Bagaimana kelanjutan tentang Alex dan Eva? Novel Lu-Gu bukanlah tentang lugu, tidak sesimpel kelihatannya, karena Evan harus menghabiskan waktu hidupnya untuk bisa beradaptasi dengan seorang Alex.

Fosfor Karya Ummi Yahya Azizah

 

Novel Fosfor menceritakan tentang dua orang remaja yang memiliki sifat bertolak belakang. Yaitu Arkie Septagina dan Fiona Zia Fahreen. Arkie memiliki kehidupan yang tertata rapi hingga ia bertemu dengan Fiona yang membuat pertahanannya untuk membatasi diri dengan orang lain perlahan-lahan runtuh.

Arkie adalah cowok yang memiliki pandangan mematikan dengan mulut pedas dan sikapnya yang cuek overdosis, sedangkan Fiona adalah gadis gila yang suka berteriak menyebut nama kepada Arkie. Seorang gadis yang meskipun juga pernah disakiti berkali-kali tapi keesokan harinya kembali dengan wajah yang cerita seolah tidak terjadi apa-apa. Ternyata gadis itu mampu memporak-porandakan seorang Arkie.

Akankah Arkie jatuh hati pada Fiona si gadis gila yang selalu mengganggunya tersebut?

Penulis membuat kisah dua remaja itu menjadi sangat menarik dengan berbagai konflik yang dihadirkan pada kedua tokoh. Cerita yang cukup ringan dengan karakter yang unik membuat buku ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi bahan bacaan. Novel ini dapat dibaca oleh semua kalangan, khususnya bagi remaja yang gemar membaca kisah cinta remaja.

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy