in

Review Buku Finding Ikigai in My Journey

Finding Ikigai in My Journey – Sebagai seorang individu yang dilengkapi dengan perasaan, pastinya ada saat-saat ketika kamu merasa malas, tidak bersemangat, dan kurang bergairah. Bahkan ketika sedang menjalankan aktivitas sehari-hari, kamu juga pastinya pernah merasa lelah dan bosan. Perasaan-perasaan tersebut sangat wajar untuk dimiliki.

Meskipun begitu, jika kamu selalu dihinggapi perasaan tersebut terus-menerus, tentunya keseharian yang kamu lakukan akan menjadi sangat terganggu. Lalu, bagaimanakah cara untuk menghilangkan perasaan tersebut dan membuat hidupmu menjadi lebih bermakna?

Salah satu prinsip hidup yang dapat diterapkan sehingga kamu bisa mendapatkan kehidupan yang jauh lebih bermakna adalah prinsip ikigai. Apakah kamu pernah mendengar istilah ikigai? Ikigai merupakan salah satu istilah yang berasal dari negara Jepang.

Secara harfiah, kata ikigai ini dibangun dari kata ‘iki’ yang memiliki arti kehidupan dan kata ‘gai’ yang memiliki arti nilai. Oleh karena itu, dapat diartikan jika ikigai adalah nilai-nilai kehidupan yang dapat membuat hidup menjadi lebih bermakna.

Untuk kamu yang sedang mencari nilai-nilai dalam hidupmu, sehingga dapat menjadi jauh lebih bermakna, buku Finding Ikigai in My Journey karya Vita Wahid ini bisa kamu jadikan sebagai teman baca untuk menemanimu, lho.

 

Sinopsis Buku Finding Ikigai in My Journey

Detail Buku:

Judul buku: Finding Ikigai in My Journey

Penulis: Vita Wahid

Jumlah halaman: 164

Penerbit: Elex Media Komputindo

Tanggal terbit: 4 April 2023

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Berat: 300 gram

ISBN: 9786230047169

Lebar: 13 cm

Panjang: 18 cm

Bahasa: Indonesia

Ikigai adalah sebuah konsep yang telah dilakukan oleh sebagian besar penduduk Jepang. Mereka sangat percaya jika dengan menumbuhkan ikigai di dalam kehidupan, mereka akan dapat menemukan makna dalam hidup, yang mana juga dapat membuat angka harapan hidup melambung tinggi.

Individu yang menerapkan prinsip ikigai ini akan dapat tahu alasan mengapa mereka harus bangun pagi, harus memperjuangkan suatu hal, dan lain sebagainya. Untuk itulah, ketika seorang individu hidup tanpa mengetahui prinsip ikigai, hidup mereka terasa sepi akan makna.

Buku Finding Ikigai in My Journey mengajak kamu untuk mengenal lebih dekat dengan konsep ikigai melalui teori dari tujuh kebutuhan psikologis ikigai yang digagas oleh seorang psikiatris Jepang bernama Mieko Kamiya yang juga akrab dikenal sebagai ‘ibu ikigai’.

Di dalam buku Finding Ikigai in My Journey ini, kamu tidak hanya akan menemukan teori belaka, tetapi kamu juga akan menemukan pemahaman mengenai teori ikigai tersebut yang dituangkan ke dalam sebuah perjalanan yang akan membawa kamu untuk mengunjungi kota-kota besar di Jepang.

Ketujuh konsep ikigai yang akan dijabarkan di dalam buku ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki berbagai hal yang dapat membuat kita merasakan kepuasan di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
  2. Memiliki berbagai kesempatan untuk dapat tumbuh dan berkembang.
  3. Memiliki berbagai koneksi atau relasi yang baik.
  4. Memiliki kebebasan di dalam berkarya dan berekspresi.
  5. Memiliki berbagai kesempatan untuk bisa mengaktualisasi diri.
  6. Memiliki berbagai hal yang dapat membuat optimis.
  7. Bisa menjalani kehidupan sesuai dengan nilai yang dipegang.

Selain itu, buku Finding Ikigai in My Journey ini juga dilengkapi dengan ruang bagi para pembaca, sehingga mereka akan dapat merefleksikan diri. Terdapat juga beberapa contoh cara mengaplikasikan secara nyata prinsip ikigai ke dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

 

Review Buku Finding Ikigai in My Journey

Pros & Cons

Pros
  • Prinsip ikigai mudah diterapkan di Indonesia
  • Ajaran ikigai dijelaskan dengan cara yang seru
Cons
  • Contoh penerapan ajaran ikigai di Indonesia tidak terlalu banyak

 

Buku Finding Ikigai in My Journey karya Vita Wahid ini adalah buku ringan mengenai pengenalan konsep ikigai. Uniknya, buku ini disajikan dengan penjabaran yang menarik yang tidak hanya berkutat pada teori. Untuk itulah, buku ini sangat menarik dibaca oleh kamu yang ingin mengembangkan kehidupan menjadi lebih berarti atau bermakna.

Buku Finding Ikigai in My Journey yang ditulis oleh Vita Wahid ini mendapatkan nilai 3.00 bintang dari pembaca situs Goodreads. Berdasarkan opini pribadi, buku ini memiliki kelebihan dan kekurangannya seperti yang sudah tertera pada tabel di atas.

Dari segi kelebihan, buku ini dapat dengan mudah mengajak para pembaca di dalam menerapkan prinsip ikigai yang telah dijelaskan di Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buku Finding Ikigai in My Journey ini dilengkapi dengan  ruang bagi para pembaca, sehingga mereka akan dapat merefleksikan diri.

Terdapat juga beberapa contoh cara mengaplikasikan secara nyata prinsip ikigai ke dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Untuk itulah, buku ini sangat pas untuk dijadikan sebagai sumber referensi masyarakat Indonesia yang sedang ingin mencari nilai-nilai dalam hidup mereka. Meskipun disediakan berbagai contoh cara mengaplikasikan tujuh ajaran ikigai tersebut, tetapi contoh-contoh yang diberikan di dalam buku ini terlalu sedikit.

Kedua, buku ini dilengkapi dengan cerita perjalanan yang dialami langsung oleh Vita Wahid di berbagai kota besar di Jepang. Perjalanan yang dilakukan Vita Wahid di Jepang tersebut juga menuntun dirinya untuk dapat menemukan tujuh ajaran ikigai yang telah disebutkan sebelumnya. Dari adanya hal tersebut, para pembaca selain diajak untuk memahami tujuh ajaran ikigai, mereka juga diajak untuk berkelana mengelilingi kota Jepang melalui buku ini.

 

Profil Vita Wahid, Penulis Buku Finding Ikigai in My Journey

Semenjak dirinya mengenyam pendidikan di bangku SMA, Vita Wahid memiliki ketertarikan yang kuat terhadap negeri matahari terbit atau Jepang. Ketertarikan yang dimiliki oleh Vita Wahid sendiri timbul karena drama Jepang yang sedang gentarnya ditayangkan di layar televisi pada saat itu. Hal tersebutlah yang kemudian mendorong Vita Wahid untuk mengambil jurusan Sastra Jepang ketika dirinya mengenyam bangku kuliah.

Kecintaannya kepada negeri matahari terbit tersebut juga tidak berhenti sampai di situ saja, karena Vita Wahid bahkan pernah tinggal di Jepang selama beberapa tahun untuk memperdalam kemampuan bahasa Jepangnya, yang mana hal tersebut justru membawa Vita Wahid untuk belajar mengenai konsep dan filosofi hidup Jepang.

Vita Wahid sendiri menggeluti profesi sebagai seorang penerjemah simultan Jepang-Indonesia selama lebih dari 15 tahun. Profesi tersebut dijalaninya, sehingga Vita Wahid dapat menjadi seorang pendengar yang baik dan aktif, serta mendapatkan pemahaman yang tepat akan yang disampaikan oleh para lawan bicaranya.

Profesi ini juga menjadi salah satu pendorong Vita Wahid tertarik untuk mendalami kebudayaan Jepang, salah satunya yang berkaitan dengan pengembangan dan refleksi diri, wellness seperti kintsugi (filosofi hidup mengenai bagaimana dapat bangkit dari keadaan yang tidak menguntungkan di dalam hidup) dan ikigai (filosofi hidup agar dapat menikmati hidup dengan seimbang dan bermakna).

Selain menjalani karir sebagai seorang penerjemah, Vita Wahid juga ternyata seorang pelatih life, ikigai, dan emotional intelligence yang bersertifikat, penulis buku, dan aktivis sosial. Kegiatannya sebagai seorang pekerja sosial tersebut sudah dijalani Vita lebih dari 5 tahun dengan menjadi seorang pengurus di panti jompo, panti asuhan, ataupun berperan sebagai seorang tenaga bimbingan rohani di rumah tahanan Salemba, serta berbagai kegiatan sosial lainnya.

Dari aktivitas tersebutlah, Vita kemudian dapat menyadari bahwasanya setiap orang memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dapat dikembangkan. Setiap individu memiliki keinginan dan potensi yang kuat untuk bisa terus berkembang menjadi versi yang lebih baik lagi, sehingga dapat memiliki kehidupan yang jauh lebih bermakna.

Oleh karena itulah, Vita kemudian mengambil sertifikasi coach di tahun 2020, sehingga dapat membantu orang lain di dalam menggali potensi terbaik yang terpendam di dalam diri mereka.

Kekuatan dari gaya pelatihan Vita Wahid sendiri terletak pada kepribadiannya yang sangat ramah, terbuka, dan peduli. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari pengalaman masa kecil Vita yang penuh keraguan, tidak percaya diri, dan memiliki gangguan kecemasan.

Dari sanalah, Vita lalu meyakini bahwasannya setiap manusia membutuhkan seorang teman yang dapat diajak untuk berjalan bersama di dalam mencapai satu tujuan. Untuk itulah, Vita Wahid dengan senang hati akan menjadi teman perjalanan bagi mereka yang ingin bertransformasi menjadi lebih baik.

Adapun sesi pelatihan yang diadakan oleh Vita Wahid difokuskan pada:

  • Ikigai (pemaknaan nilai hidup, pengembangan diri, dan aktualisasi diri)
  • Wellness (self love, self awareness, keseimbangan hidup, dan penerimaan diri)
  • Career (kontribusi sosial, makna karir, dan memaksimalkan potensi diri)

Kemudian, layanan-layanan yang disediakan Vita Wahid, yaitu sebagai berikut:

  • Coaching (spesialisasi wellness, ikigai, self growth), group coaching, dan 1 on 1 coaching.
  • Seminar dan training ikigai.
  • Ikigai spesial tour organizer.

 

 

Penutup

Nah, itu dia buku Finding Ikigai in My Journey karya Vita Wahid yang sudah dipaparkan di atas. Jika Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku karya Vita Wahid ini, maka Grameds bisa langsung mendapatkannya dengan cara mengunjungi laman gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai macam jenis buku yang diperlukan oleh Grameds, lho.

Dijamin original dan tentunya berkualitas. Jangan lewatkan promo diskon menarik dan Gramedia selama periode berlangsung. Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan! Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Nama penulis: Riva Destira Ramadhani

 

Rekomendasi Buku

  • The Power of Ikigai: Dan Rahasia HIdup Bahagia ala Orang-Orang di Dunia Lainnya 

 

Untuk menikmati hidup, tak melulu soal kekayaan, status sosial, dan puncak karier bergengsi saja. Buku karya Asti Musman ini memberikan arti hidup sesungguhnya dengan cara menikmati waktu santai bersama orang-orang yang dicintai. Atau mungkin duduk di sofa empuk dan nyaman sambil membaca buku favorit dan ditemani secangkir kopi atau teh hangat di kala waktu hujan. Sederhana bukan?

Buku The Power of Ikigai: Dan Rahasia HIdup Bahagia ala Orang-Orang di Dunia Lainnya dikupas secara ringan tetapi tetap mengena hati pembaca. Seolah-olah memberikan pertanyaan secara langsung, ‘apakah kita sudah benar-benar bahagia?’

 

  • The Secret of Ikigai

 

Kebahagiaan menjadi satu hal yang paling dicari oleh banyak orang. Sebab, kebahagiaan mampu mengurangi risiko kematian pada seseorang. Masyarakat Jepang memiliki pandangan atau prinsip mengenai ‘Ikigai’ untuk menemukan tujuan hidup dan kebahagiaan seseorang. Prinsip tersebut memberikan ajaran agar manusia lebih mandiri sekaligus bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

 

  • Ikigai for Jomblo

 

Jangan pernah sekalipun berkata bahwa diri kamu tidak bahagia. Hal ini merupakan titik tolak pikiran bawah sadar kamu. Jauhi membangun pikiran negatif terhadap jalan hidup yang sedang menimpa dirimu.

 

Rujukan:

  • https://visecoach.com/Vitawahid
  • https://www.goodreads.com/book/show/125103409-finding-ikigai-in-my-journey
  • https://www.gramedia.com/products/finding-ikigai-in-my-journey?queryID=f794c3f950cfb57920fa5a37ef984c78

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy