in

Berapa Modal Franchise Indomaret? Ini Penjelasan Lengkapnya

Indomaret.co.id

Modal Franchise Indomaret – Membangun bisnis franchise Indomaret merupakan peluang bisnis yang menggiurkan. Banyak yang sudah mencoba dan berhasil. Apakah kamu tertarik usaha franchise Indomaret Ini? Tepat sekali, Indomaret sudah tidak asing di Indonesia. Kita bahkan banyak menjumpainya dimanapun di seluruh Indonesia.

Apakah kamu pernah bertanya, kira-kira berapa modal franchise Indomaret? pertanyaan itu mungkin muncul pertama kali saat seseorang ingin memulai franchise Indomaret. Lalu bagaimana kamu mengatasinya dan peluang keuntungan apa yang bisa kamu dapatkan saat membangun bisnis ini? Jika kamu penasaran, berikut ini penjelasan tentang franchise Indomaret lengkap beserta tips cara melakukannya:

Mengenal Indomaret

Modal Franchise Indomaret

Siapa yang tidak tahu Indomaret? Outletnya ada di hampir setiap kota. Anda juga perlu sering-sering melihat ke pinggir jalan atau sering mampir untuk membeli sesuatu. Sebagai perusahaan yang menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari kepada masyarakat sekitar termasuk para lansia. Indomaret pertama kali dibuka pada tahun 1988. Perusahaan utilitas dasar ini didukung oleh PT Indomarco Prismatama. Visi perusahaan adalah “menjadi jaringan ritel yang unggul” dengan motto “sederhana dan ekonomis”.

Perusahaan awalnya hanya berfokus pada konsep pengoperasian toko di dekat rumah konsumen. Selanjutnya, mereka menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari masyarakat. Misinya adalah untuk melayani masyarakat yang pluralistik. Pemiliknya mendesain ruang ritel Indomaret hanya sekitar 200 m2.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat, Indomaret terus berkembang. Perusahaan menambah cabang di berbagai lokasi. Pembangunan tidak hanya mempengaruhi kehidupan, tetapi juga perkantoran, bisnis dan apartemen. Indomaret telah menjadi aset nasional dalam perkembangannya. Hal ini terjadi karena sumber daya manusia Indonesialah yang menjalankan usaha ini. Perusahaan ini berbagi kesuksesannya pada masyarakat Indonesia dengan mengajak keikutsertaan masyarakat dalam jaringan waralaba atau franchise perusahaan mereka.

Gerai Indomaret pertama yang dibuka adalah berlokasi di Ancol pada 1988. Gerai minimarket ini dikelola oleh PT Indomarco Prismatama yang mulai mengembangkan bisnis dengan membuka peluang usaha franchisenya pula pada 1997. Jumlah gerai saat itu sudah ada sebanyak 230 di beberapa kota di Indonesia. Menurut Lokadata, Indomaret saat ini memiliki 17.681 minimarket di berbagai daerah. Hingga 60% di antaranya dimiliki oleh perusahaan dan sisanya dimiliki oleh waralaba.

Peluang Usaha Franchise Indomaret

Minimarket seperti Indomaret sangat banyak ditemui di masyarakat dan mudah ditemukan. Saat ini, masyarakat cenderung membeli barang kebutuhan sehari-hari di minimarket terdekat. Oleh karena itu, tidak heran jika minimarket saling berdekatan.

Mencari Indomaret Minimarket di dekat rumah Anda sangatlah mudah. Di sisi lain, orang juga cenderung membeli barang sehari-hari mereka di minimarket tersebut. Jadi tidak heran jika kita sangat mudah menemui minimarket dimanapun kita berada. Inilah yang membuat banyak orang ingin memiliki bisnis waralabanya dengan Indomaret.

Menurut pihak Indomaret, pihak yang melakukan waralaba akan bisa memperoleh 12 persen profit dari usahanya di setiap bulannya. Selain itu risiko gagal menjalankan waralaba Indomaret ini hanya berada di bawah angka 10 persen berdasarkan data mereka. Pihak yang melakukan franchise Indomaret akan memperoleh pengembalian modal dalam jangka waktu yang cukup pesat, yakni sekitar 2445 bulan.

Hal tersebut berdasarkan pengalaman dari para pemilik franchise yang telah menginvestasikan modal franchise Indomaret mereka sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Biaya tersebut terhitung di luar biaya sewa properti. Hal ini merupakan peluang yang bagus untuk kamu jalankan yang ingin memiliki usaha strategis dan mudah.

Apalagi ini merupakan kesempatannya selalu terbuka luas untuk masyarakat Indonesia yang mulai menyukai berbelanja di gerai-gerai yang nyaman dan bersih. Kamu juga tidak perlu repot repot melakukan promosi dan branding yang merupakan strategi sulit dalam usaha ini. Bisnis waralaba Indomaret memiliki banyak keuntungan. Kamu pasti tidak akan menyesal untuk bergabung dengan franchise ini.

  1. Indomaret Memiliki Otoritas Merek yang Jelas
    Label yang kamu miliki, tentu saja, tidak kalengan dan sangat dapat diandalkan. Berkat ini, kamu tidak perlu menghabiskan waktu membangun branding yang cenderung sulit dilakukan, apalagi jika kamu adalah pebisnis pemula yang butuh effort banyak untuk mengurus ini.
  2. Ada Jaringan Promosi yang Besar
    Kedua, promosi Indomaret berada di tingkat nasional. Tentu saja, promosi yang dilakukan Indomaret sering ditampilkan dalam jumlah besar di televisi dan media sosial. Hal ini secara langsung dapat membantu bisnis franchise Indomaret yang akan kamu mulai.
    Jika kamu ingin memulai bisnis waralaba Indomaret, kamu tidak perlu khawatir membangun kepercayaan pelanggan dari awal. Karena mereka sudah terbiasa dan mengetahui kualitas perusahaanmu.
  3. Menjadi Pengusaha Mandiri
    Menjadi pengusaha tentu membutuhkan kapasitas pengetahuan. Indomaret cocok untukmu sebagai pebisnis pemula yang ingin mencoba usaha yang lebih mandiri. Ini berarti kamu bisa mandiri dan menguntungkan.
  4. Perusahaan Waralaba Indomaret Memiliki Sistem Operasi yang Terintegrasi
    Barang-barang yang dibutuhkan atau pasokan yang ditentukan yang diperlukan dilakukan secara terpadu. kamu tidak perlu repot mencari produk dari pemasok lain.
  5. Sebagai Investor
    Dengan waktu luang yang cukup, kamu tidak harus langsung masuk. kamu dapat mempekerjakan karyawan terpercaya yang dipilih langsung oleh perusahaan induk Indomaret.
  6. Risiko Gagal Bayar yang Rendah
    Kemungkinan besar bisnis ini akan berhasil. Indomaret mendukung peluncuran bisnis waralaba ini. Dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir tentang operasi.

Modal Franchise Indomaret

Berapa modal franchise Indomaret yang diperlukan untuk memulai bisnis ini? Jika penasaran dengan hal ini maka perlu memperhatikan pembahasan ini. Pada dasarnya modal adalah hal dasar yang memang wajib harus kamu miliki dalam memulai usaha. Untuk jenis waralaba ini, saat kamu membangun toko Indomaret sebenarnya modalnya itu bervariasi.

Hal ini tergantung dengan jenis waralaba yang akan kamu pilih untuk dijalankan. Kamu akan diberi kesempatan untuk membuka kantor cabang sendiri atau mengambil alih bisnis yang sudah ada. Kedua opsi ini tentu akan menguntungkan kamu. Dibutuhkan investasi modal franchise Indomaret sekitar Rp 300 sampai Rp 400 juta untuk membuka toko baru.

Sedangkan, untuk mengambil alih usaha dari mitra lama membutuhkan modal minimal Rp 150 sampai Rp 200 juta. Semua biaya ini termasuk dalam biaya lisensi yang dibayarkan selama masa kontrak. Biasanya untuk lama kontrak dengan Indomaret adalah lima tahunan. Kamu bisa perpanjang atau sudahi jika telah melewati waktu tersebut.

Syarat dan Ketentuan Untuk Usaha Franchise Indomaret

Jika kamu sudah memutuskan untuk membangun sebuah waralaba Indomaret, maka langkah awal yang harus kamu dipenuhi adalah memenuhi syarat, seperti berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki lokasi toko di area yang komersial dan luas idealnya sekitar 120-299 m2
  • Memiliki kelengkapan dokumen izin usaha minimarket seperti SIUP, TDP, IUTM/IUTS, IMB/IPB Ruko, UUG/HO, STPW, NPWP, PKP, dan lain sebagainya.
  • Memiliki modal franchise Indomaret dengan investasi sekitar Rp394 juta di awal
  • Mempunyai semangat entrepreneur dan mampu fokus pada sistem waralaba Indomaret dengan baik

Perlu kamu ingat bahwa proses dari persiapan tersebut butuh waktu yang lama dan panjang untuk melakukannya. Apalagi jika mengurusnya dari nol, maka perlu kerja keras di awal dan berkomitmen.

Langkah-Langkah Franchise Indomaret

Jika kamu tertarik membeli hak waralaba Indomaret, ada sejumlah tahapan yang harus diikuti, seperti berikut ini:

1. Siapkan Dokumen

Kamu harus membuktikan diri sebagai warga negara Indonesia (WNI) dengan cara menyiapkan sejumlah dokumen, yakni KTP dan KK. Jika diperlukan, kamu juga harus menyiapkan fotokopi dari dokumen dokumen tersebut.

2. Lokasi Strategis

Lokasi Convenience store perlu disiapkan. Kamu bisa mempertimbangkan akses mudah ke minimarket komunitas. Misalnya di dekat tempat keramaian atau tempat umum. Hal ini sangat penting mengingat lokasi berperan dalam keberhasilan bisnismu. kamu perlu menyiapkan lahan di area komersial ideal seluas 120.200 meter persegi.

3. Dokumen Usaha

Cabang Indomaret memiliki sejumlah dokumen yang menunjukkan kapasitas legalnya, yakni IMB/IPB, SIUP, NPWP, Site Planning, TDP, IUTM/IUTS, STPW, PKP, UUG/Diperlukan. HO

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Modal Investasi

Modal merupakan hal dasar yang perlu kamu persiapkan untuk menjalankan bisnis ini. Oleh karena itu, siapkan modal franchise Indomaret untuk berinvestasi. Dalam hal ini, sumber modal dialokasikan kepada Indomaret sebagai pemilik hak waralaba. Pengalihan akan dilakukan setelah permohonan kerjasama disetujui.

Menurut situs resmi Indomaret, dana investasi untuk modal franchise Indomaret diperkirakan mencapai Rp 394 juta. Namun, jika kamu hanya ingin mengambil alih dari kemitraan lama, kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp 150 juta. Harga ini termasuk biaya lisensi atau hak waralaba yang dibayarkan selama masa kontrak lima tahun.

5. Registrasi

Kamu dapat melakukan registrasi dari Call Center Indomaret setelah memenuhi berbagai persyaratan. Pilihan lainnya adalah mengunduh formulir pendaftaran dari situs resmi Indomaret. Indomaret akan mengirimkan tim peneliti untuk menyelidiki lokasi yang diusulkan.

6. Presentasi

Ada dua tahapan presentasi di Indomaret. Kamu akan diminta untuk mengirim file yang diperlukan. Presentasi pertama akan mencakup rincian kerjasama, keuntungan bulanan, jumlah investasi dan sistem operasi. Presentasi berikut menggambarkan hasil survei yang dilakukan, yakni rencana Anggaran Belanja (RAB) yang merepresentasikan besarnya investasi.

7. Pembukaan Toko

Setelah segala syarat dipenuhi dan pengajuan kerjasama telah disetujui, maka toko sudah siap dibuka. Toko Indomaret ini akan menerima program promosi yang sudah menjadi ketentuan Indomaret. Segera setelah gerai dibuka, Kamu akan menandatangani kontrak Perjanjian Waralaba dengan Indomaret untuk lima tahun.

Kamu akan memperoleh bentuk nota kesepahaman atau biasanya disebut MoU antara pewaralaba dan terwaralaba. MoU ini berisikan pengaturan pengurusan izin, renovasi toko, pembukaan toko, pemilihan karyawan, pelatihan karyawan, peralatan toko, dan termin.

BACA JUGA:

  1. Pendiri Indomaret, Pelopor Bisnis Waralaba di Indonesia 
  2. Pendiri Alfamart dan Kisah Perjalanan Karirnya 
  3. Pengertian Franchise: Sejarah, Keuntungan, Karakteristik, Jenis, dan Tips 
  4. Pengertian Bisnis Retail: Jenis, Tujuan, dan Cara Kerjanya 
  5. Rekomendasi Buku-Buku Tentang Bisnis Terbaik 

Tips Menjalankan Usaha Franchise Indomaret

Bagi kamu yang telah bergabung dengan bisnis ini dan sudah menjalankan bisnis ini, berikut ini adalah beberapa tips bermanfaat saat menjalankan franchise Indomaret:

1. Pelaksanaan SOP yang Benar

Jika kamu dapat mengikuti SOP yang sesuai dengan standar Indomaret, kamu dapat meminimalkan risiko kesalahan. Sebagai waralaba besar, kamu dapat melihat bahwa Indomaret telah menetapkan standar kualitas dan layanan yang telah terbukti.

Oleh karena itu, dapat diterapkan dengan disiplin. Jika memungkinkan, tingkatkan kinerja operasional. Ingatlah untuk selalu mengevaluasi secara teratur. Jika cacat diidentifikasi, tugas kamu sebagai manajer untuk menutupinya dengan sukses.

2. Pemilihan Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi yang strategis sangat penting. Bertujuan untuk membuat bisnis yang kamu buka mudah diakses oleh calon pelanggan. Kamu bisa pertimbangkan untuk membangun usaha franchise Indomaret di lokasi lingkungan perkampusan atau wilayah yang padat industri.

3. Meningkatkan Pemasaran Toko

Setelah membangunnya, kamu harus melakukan pemasaran toko yang lebih masif. Meskipun label Indomaret sudah terkenal, tetapi kamu harus tetap berusaha meningkatkan minat pelanggan untuk datang ke toko yang kamu dirikan.

Kamu bisa gunakan promosi promosi yang menarik pelanggan berdasarkan karakteristik mereka. Kamu juga bisa menggunakan pemasaran secara digital, misalnya menggunakan media sosial. Hal ini tentu karena zaman telah menuntut segala aktivitas yang berbasis online.

4. Meningkatkan Pelayanan Bagi Konsumen

Hal utama dalam bisnis ini adalah tentang bagaimana pelayanannya. Senyum, Sapa, dan memberikan kemudahan kepada pelanggan jadi hal penting dan mutlak yang harus kamu dan karyawan perhatikan dan lakukan. Jadi, meningkatkan pelayanan tokomu adalah hal yang perlu diperhatikan serius. Pelayanan yang maksimal tentu meninggalkan kesan yang baik bagi pelanggan. Menanggapi keluhan dan saran pelanggan.

5. Membuat Rencana Bisnis

Bahkan pemegang waralaba dapat menambahkan sentuhan pribadi pada bisnis mereka. Rahasianya adalah menetapkan tujuan bisnis. Kamu dapat menjalankan tes dengan sedikit perubahan. Tambahkan hal yang menarik dan kurangi apa yang dirasa menjadi masalah. Jika perubahan yang kamu lakukan cukup besar, maka sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan pewaralaba.

Nah, itulah penjelasan tentang modal franchise Indomaret dan tips bagaimana melakukannya. Apakah kamu sudah yakin untuk mulai berbisnis dengan franchise Indomaret? Tepat sekali, untuk melakukan bisnis kamu tentu perlu banyak mempelajari strategi-strateginya agar bisa mendatangkan keuntungan. Kamu bisa belajar dari referensi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, seperti rekomendasi buku berikut ini tentang bisnis Franchise: Selamat Belajar: #SahabatTanpaBatas

Review Rekomendasi Buku Bisnis Franchise Terbaik

Modal Franchise Indomaret

Bagi kamu yang ingin mencoba bisnis Franchise maka bisa coba baca buku ini. Bahasa yang mudah dipahami membuat buku ini cocok dibaca bagi kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis. Kita semua tahu bahwa dunia bisnis adalah wilayah yang menantang dan sangat luas, sehingga kita butuh pemahaman yang dalam. Jadi buku ini akan sangat membantu kamu untuk mengenali dunia bisnis Franchise.

Modal Franchise Indomaret

Dalam buku ini kamu bisa memahami prospek bisnis Waralaba, yakni bagaiman pelaku waralaba (franchisor dan franchisee), bentuk perjanjian dan prospectus sampai penyelesaian sengketa bisnis waralaba dengan baik. Buku ini juga menunjukan bagaimana kaitan ekonomi kreatif, bisnis daring, MLM, HAKI, UU yang anti monopoli. Bahkan buku ini juga dilengkapi dengan daftar konsultan waralaba, waralaba lokal dan asing.

Modal Franchise Indomaret

Sebagai pribadi dinamis yang menolak perubahan zaman, tentunya ia harus selalu siap menghadapi segala hal dalam hidupnya. Baik primer maupun sekunder, seperti kebutuhan hidup. Ketika semua kebutuhan perlu direncanakan dengan tepat dan tepat.

Sekalipun saat ini kamu memiliki banyak penghasilan, ada baiknya untuk segera mendistribusikan kembali sebagian penghasilan kamu untuk sesuatu yang produktif. Buku ini mengulas tentang Serial Rahasia Sukses Investasi dengan praktis dan mudah dipahami dan diaplikasikan. Buku ini akan membahas tentang Investasi Franchise yang menjanjikan untukmu.

Modal Franchise Indomaret

Pada tahun 1991, asosiasi tersebut resmi didirikan dengan nama Asosiasi Waralaba Indonesia. Ini disingkat sebagai AFI. Anang Sukandar telah menjadi presiden AFI. Saat AFI didirikan, industri waralaba Indonesia masih didominasi oleh perusahaan waralaba asing. Saat itu, seluruh waralaba luar negeri mencakup sekitar 30 perusahaan.

AFI didirikan dengan misi mendorong industri waralaba menjadi lebih maju, sehat dan berkualitas. AFI berkomitmen untuk memastikan bahwa industri waralaba berkembang secara sehat dan berkualitas tinggi serta mematuhi etika bisnis. Buku ini akan memberi banyak pengetahuan tentang sejarah franchise di Indonesia, sehingga kamu bisa mempelajari strategi-strategi bisnis berdasarkan historisnya.

Rekomendasi Buku & Artikel

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda