in

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham – Investasi saham telah lama digandrungi oleh masyarakat karena memberikan keuntungan yang tidak main-main. Namun, tidak semua investasi saham tersebut menghasilkan pundi-pundi rupiah, beberapa di antaranya ternyata menjadi investasi bodong sehingga membuat investornya mengalami kerugian.

Perlu Grameds ketahui, investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk saham. Secara umum, saham dapat berarti tanda penyertaan modal dari seseorang yang meliputi badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Saham ini dapat berupa property, real estate, atau finance (keuangan).

Terlepas dari adanya keuntungan dan kerugian tersebut, investasi saham ini seolah menjadi gaya hidup masyarakat, terutama di perkotaan. Masyarakat saat ini telah menyadari bahwa mereka harus tetap mempersiapkan tabungan jangka panjang demi masa depan.

Ketika menjadi investor, kita harus menyadari adanya risiko ketika hendak melakukan investasi, baik itu saham atau emas.

Lalu, apa saja ya keuntungan dan kerugian dari investasi saham ini? Apakah terdapat langkah-langkah untuk memulai investasi saham bagi pemula?

Supaya Grameds memahami mengenai keuntungan dan kerugian dari investasi saham tersebut, yuk simak ulasan berikut supaya tidak terperosok pada investasi bodong!

Kelebihan Investasi Saham

  1. Tidak memerlukan perawatan
  2. Tidak membutuhkan rekruitmen karyawan baru
  3. Terdapat Bursa Efek Indonesia yang merupakan tempat memperjualbelikan saham dan mempertemukan pihak penjual serta pembeli saham (Likuid)
  4. Nilai saham mudah dipantau, baik di media cetak maupun media elektronik.
  5. Tidak perlu membayar pajak selama memilikinya.
  6. Memberikan potensi return yang tinggi dan berkesinambungan.
  7. Capital Gain: Investor dapat menjual sahamnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.
  8. Dividen: Pembagian keuntungan berasal dari keuntungan perusahaan.
  9. Fleksibel: Investasi dapat dilakukan kapan dan dimana saja melalui aplikasi.

tombol beli buku

Kekurangan Investasi Saham

  1. Karena tidak adanya pegawai maka kamu sendiri harus memantau investasi saham tersebut.
  2. Akibat harga saham yang mudah dipantau, dapat mempengaruhi psikologis investornya.
  3. Karena likuid, terkadang menjadikannya terlalu fluktuatif (naik-turun, tidak tetap).
  4. Posisi return yang tinggi terkadang juga berpotensi rugi karena salah memilih saham.
  5. Capital Loss: investor menjual saham lebih rendah dari harga beli.
  6. Risiko Likuidasi: apabila perusahaan atau perseroan terbatas yang menjadi tempat kita menanam investasi saham tersebut bangkrut, maka investasi saham kita turut merugi.
  7. Delisting dari Bursa: adanya peluang penghapusan pencatatan saham dari bursa oleh BEI.

tombol beli buku

Langkah Memulai Investasi Bagi Pemula

1. Mulai menghemat dan menyisihkan uang penghasilan

Ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai investasi saham bagi pemula. Dengan menyisihkan dan mengalokasikan dana khusus untuk keperluan investasi, maka dana tersebut akan terkumpul dan dapat diinvestasikan.

Semakin besar jumlah investasi maka akan semakin besar pula kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang tidak main-main.

2. Melakukan Riset

Langkah kedua adalah melakukan riset terkait produk dan jasa keuangan yang hendak digunakan dalam investasi saham ini. Produk dan jasa keuangan tersebut harus cocok dengan karakter serta tujuan dari investasimu.

3. Carilah Penyedia Solusi Keuangan yang Tepat

Penyedia solusi keuangan ini telah banyak berkembang di Indonesia. Nah, kamu sebagai pemula harus memilih penyedia solusi keuangan yang bereputasi baik supaya dapat memberikan manfaat yang maksimal. Sehingga penyedia solusi keuangan tersebut juga dapat berperan sebagai pembimbing, tidak hanya sekadar perantara dalam transaksi investasi.

4. Tentukan Cara dalam Berinvestasi

Dalam menentukan cara berinvestasi adalah dengan memperhatikan jangka waktu investasi yang akan diambil. Perkirakan juga risiko yang akan didapatkan.

5. Rutin Mengecek Portofolio Investasi

Setelah resmi menginvestasikan dana, kamu arus terus memantau aset dan portofolio investasi tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya kamu dapat mengetahui sejauh mana keuntungan investasi milikmu.

tombol beli buku

Nah, itulah kekurangan dan kelebihan dari investasi saham. Apabila Grameds hendak memulai investasi saham, selaku pemula dapat mengikuti tips yang telah diulas tersebut…

BACA JUGA:

 

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Sumber:

Sandri, Siti Hanifa, dkk. (2019). Investasi Saham Bagi Pemula. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, Vol 3(1). 

sahamkita.com

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum