in

Arti dan 10 Cara Menjadi Orang Sukses

Arti Sukses dan 10 Cara Menjadi Orang Sukses – Bagaimana cara kamu mendefinisikan orang yang sukses? Mungkin mereka adalah seseorang yang ambisius dan kompeten? Atau mungkin seseorang yang selalu memikirkan bisnis dan apatis? Mungkin sifat-sifat tadi tampak berperan dalam kesuksesan seseorang.

Lebih dari itu, ada karakter yang menjadi pertimbangan dan dorongan kuat dibalik kesuksesan seseorang. Lalu bagaimana cara kita mendefinisikan kesuksesan diri kita sendiri? Apakah dengan gaji yang besar, tinggal di rumah mewah, atau mengendarai mobil keluaran terbaru? Itu bukanlah ukuran kesuksesan.

Konsep kesuksesan setiap orang tentu berbeda-beda. Kesuksesan adalah sesuatu hal yang ingin dicapai oleh seseorang. Bisa jadi sukses adalah hal yang sangat membanggakan sekaligus menggembirakan. Bertumbuh sambil mendengarkan cerita dari orang-orang yang sukses membuat kita bermimpi untuk menjadi seperti mereka suatu hari nanti. Sadarkah kamu bahwa mimpi itu mulai memudar ketika kita dihadapkan dengan kenyataan hidup yang keras.

Intinya, tidak ada jalan yang mudah untuk meraih kesuksesan. Kualitas orang-orang yang sukses tampaknya memiliki beberapa ciri khas yang sama, seperti bekerja keras, kompeten, fokus, memiliki tekad dan usaha untuk mencapai tujuan yang ditargetkan. Meskipun tidak ada aturan yang ditetapkan atau pola perilaku yang pasti untuk mencapai kesuksesan, ada beberapa praktik sederhana yang dapat membantu kamu melangkah lebih jauh dalam hidup.

Sebelum mendefinisikan kesuksesan untuk diri kamu sendiri, buatlah list kesuksesan yang kamu dambakan selama ini. Kemudian buatlah langkah-langkah untuk mencapainya.

Misalnya, jika kamu menginginkan kesuksesan dengan karier bergaji tinggi, maka langkah yang tepat untukmu adalah melanjutkan pendidikan atau pelatihan profesional.

Jika kamu menginginkan kesuksesan melalui bakat yang tidak terpenuhi seperti menulis, langkah potensial yang tepat adalah menargetkan tujuan menulis harian atau mingguan untuk mewujudkannya.

Kesuksesan tentu datang beriringan dengan kerja keras. Untuk menjadi orang yang sukses, kamu harus memiliki keinginan dan tekad yang kuat. Tidak semua orang akan sukses dalam hidup, tetapi jangan lupa kalau kesuksesan itu bisa diraih dengan usaha. Artikel ini akan membantu kamu memahami arti menjadi sukses dan membahas kiat-kiat yang dapat mengantarkan kamu menuju pintu kesuksesan.

tombol beli buku

Arti Sukses

Kata sukses pasti terdengar menyenangkan bagi orang-orang karena itu merupakan tujuan mayoritas orang di dunia. Makna sukses tidak hanya berarti orang dengan banyak uang, pekerjaan mumpuni, dan strata sosial yang tinggi. Secara harfiah, kata sukses memiliki arti berhasil dalam berbagai aspek. Bisa dibilang, sukses adalah sebuah keberhasilan, terlepas apa pun keberhasilan itu.

Sukses kerap dikaitkan dengan kehidupan ekonomi dan sosial seorang individu. Definisi sukses secara ekonomi adalah peningkatan strata sosial yang dapat memenuhi kepuasan pribadi seseorang. Tak ada salahnya jika Grameds ingin mengejar kesuksesan secara ekonomi karena hal itu akan membawa pertolongan dalam kehidupan kamu dan orang lain. Berikut ini pengertian sukses dari kacamata tokoh dunia.

1. Deepak Chopra

Deepak Chopra sebagai seorang guru spiritual ternama mengatakan sukses adalah ekspansi berkelanjutan akan kebahagiaan dan realisasi yang progresif dari tujuan berharga. Definisi sukses tersebut tertuang dalam bukunya yang berjudul “The Seven Spiritual Laws of Success”.

banner-promo-gramedia

2. Thomas Alfa Edison

Penemu sekaligus pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting ini mendefinisikan kesuksesan sama halnya dengan ambisius. Baginya sukses berarti 1% inspirasi dan 99% keringat.

3. Arianna Huffington

Pemimpin Huffing Post ini mendefinisikan sukses menjadi empat metrik, yakni kebijaksanaan, kesejahteraan, mimpi, dan berderma. Keempat metrik tersebut membantu menjaga psikologi kehidupan dan meraih kesuksesan yang sebenarnya.

4. Maya Angelou

Penulis yang satu ini mengatakan bahwa definisi sukses adalah ketika seseorang menyukai dirinya, menyukai apa yang dia lakukan, dan menyukai pekerjaannya.

5. Tony Hsieh

Tokoh ternama ini merupakan CEO Zappos yang mendefinisikan sukses sebagai hidup yang berjalan sesuai dengan nilai-nilai yang diyakini. Baginya, nilai dasar personal berarti siapa individu tersebut dan nilai dasar perusahaan berarti menentukan karakter beserta merek produk.

6. Elon Musk

Sebagai miliarder tersohor dunia sekaligus CEO Tesla, Elon Musk menuturkan bahwa sukses adalah selama kamu dapat melakukan berbagai hal menyenangkan dalam hidup.

7. Warren Buffet

Seorang investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat ini mengatakan bahwa sukses adalah ketika orang terdekatmu bahagia dan mencintaimu.

tombol beli buku

10 Cara Menjadi Orang Sukses

Berikut ini adalah 10 cara yang dapat membantumu menjadi orang sukses.

1. Berkomitmen

Melalui komitmen, kamu bisa mendapatkan motivasi untuk mengejar kesuksesan. Ketika seseorang memiliki komitmen, biasanya dia akan berusaha dan disiplin untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Buatlah daftar tujuan yang ingin kamu capai, lalu tingkatkan komitmen terhadap tujuan tersebut. Grameds juga perlu meningkatkan fokus pada perencanaan atau tujuan yang telah dibuat. Dalam berkomitmen, penting untuk memastikan bahwa tujuan yang ingin kamu capai memiliki harapan yang realistis untuk melihat hasilnya.

Jika komitmen yang kamu buat tidak membuahkan hasil dalam jangka waktu yang lama, tentu kamu harus menyesuaikan dan merevisi langkah-langkah yang memang diperlukan.

Meminta dukungan teman atau keluarga terkadang menjadi hal yang berguna untuk membantumu berkomitmen. Memiliki seseorang yang dapat membuat kamu bertanggung jawab atas komitmen yang dibuat benar-benar membantu untuk menjemput kesuksesan.

2. Belajar dari pengalaman

Kata orang, pengalaman adalah guru terbaik. Apakah harus gagal dulu untuk mencapai kesuksesan? Di dunia ini tidak ada orang yang ingin gagal, secara naluriah semua orang menginginkan usaha yang dilakukan menuai keberhasilan.

Tetapi dalam meraih kesuksesan tidak selamanya bisa sesuai dengan kenyataan. Selain pengalaman yang kamu alami, pengalaman orang lain juga mengandung manfaat yang tak bisa kita sepelekan begitu saja. Dengan belajar dari pengalaman orang lain kamu bisa meminimalkan kegagalan.

Saat kamu belajar dari pengalaman orang lain, kamu jadi tahu langkah apa saja yang harus dilakukan.

Singkatnya, bisa dibilang Grameds belajar langsung dari ahlinya. Kemudian hal terpenting yang bisa kamu ambil dari belajar melalui pengalaman orang lain adalah kamu tidak harus mengalami kegagalan yang sudah dialami orang tersebut.

Grameds tidak harus melewati kegagalan itu sendiri kan? Itulah yang menjadikan pengalaman orang lain amat sangat berharga. Entah kenapa pengalaman orang lain lebih mudah untuk diambil hikmahnya.

Mungkin karena kita tidak benar-benar merasakan pahitnya secara langsung? Jadi, melalui pengalaman orang lain kamu juga bisa mengetahui tips menggapai kesuksesan di bidang yang kamu inginkan.

Lalu pengalaman orang lain juga dapat membantumu membaca peluang, melihat kesempatan yang ada, dan menghindari kegagalan-kegagalan yang mungkin akan menghampiri.

3. Menikmati Proses Menuju Sukses

Petuah ‘nikmati saja prosesnya’ mungkin tak sekali dua kali kamu dengar saat menyusuri jalan kesuksesan.

Petuah ini terkadang terdengar masuk akal dan menggugah semangat kamu. Namun, ada kalanya petuah tersebut terdengar begitu mustahil dan abstrak. Ibaratkan kesuksesan yang ingin kamu capai sebagai lomba marathon.

Kamu perlu energi yang cukup untuk mencapai finish, bukan? Jika matamu tertuju pada garis finish, kamu akan cenderung ceroboh melakukan segala upaya untuk bisa tiba di sana secepat mungkin.

Hasilnya, kamu tidak bisa benar-benar menikmati setiap proses yang ada. Ada baiknya jika kamu fokus dengan apa yang ada dihadapanmu dan lewati setiap tahap menuju kesuksesan sebaik mungkin.

Berpikirlah bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti yang kamu miliki saat ini. Teruslah bersyukur atas segala kesempatan yang kamu miliki, terutama jika kamu telah bekerja keras untuk meraihnya.

Segeralah beristirahat dan kumpulkan energi positif jika sekiranya kamu merasa lelah dan mulai stres. Karena memaksakan diri hanya akan membuatmu tersendat. Jadi, manfaatkan waktu yang kamu miliki dengan istirahat dan mengisi energi.

Selain itu, Grameds perlu menghindari pola pikir untuk bersenang-senang setelah kamu berhasil mencapai kesuksesan. Bersenang-senang boleh saja, asal itu tidak membuatmu lalai.

4. Berpikir Positif

Mengembangkan pola pikir positif adalah tentang memercayai diri sendiri dan kemampuan kamu untuk sukses. Penting untuk mengganti pikiran negatif apa pun dengan yang positif untuk memotivasi diri kamu.



Grameds bisa terus mencoba apa pun tantangan yang menghadang di depan mata. Dalam perjalanan menuju kesuksesan, kamu perlu mempelajari hal-hal baru dan berpikir secara berbeda dari sebelumnya. Grameds membutuhkan sedikit latihan dan disiplin untuk mencapai kesuksesan. Jadi sangat penting untuk memikirkan prosesnya secara positif.

5. Ubah Perspektif Kamu

Terkadang dalam perjalanan menuju kesuksesan, Grameds perlu mengubah perspektif di situasi yang genting menjadi situasi yang lebih baik. Ketika kamu mengalami hari atau minggu yang buruk, bayangkan bahwa itu adalah hari atau minggu terbaik dalam hidupmu. Beri kesempatan dan waktu pada dirimu untuk memikirkan situasi dengan menggunakan cara yang lebih positif. Setelah itu lihat seberapa banyak hari atau minggu kamu berubah menjadi lebih baik.

6. Jujur Pada Diri Sendiri

Menjadi sukses dan bahagia adalah dambaan setiap orang. Semua orang memiliki visi untuk mencapai kesuksesan dan hidup bahagia. Ada begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meraih definisi sukses yang ingin dicapai.

Sekeras apa pun kamu berusaha, jika tidak memiliki kejujuran pada diri sendiri akan sia-sia. Jika Grameds terhenti dalam suatu tujuan, kamu mungkin perlu jujur pada diri sendiri tentang alasannya. Setelah itu, cobalah cari solusi untuk mendorong diri kamu menuju pintu kesuksesan. Tantang diri kamu untuk keluar dari zona nyaman.

7. Disiplin dan Tanggung Jawab

Disiplin dan tanggung jawab bisa menjadi salah satu cara untuk mengantarkan kamu menuju pintu kesuksesan. Grameds perlu belajar disiplin mengenai hal-hal yang sekiranya ingin dicapai.

Mulailah terbiasa untuk mengerjakan segala sesuatu lebih terorganisir lagi, seperti datang kerja tepat waktu dan jangan lupa bertanggung jawab dengan itu semua. Selain itu, Grameds bisa menyelesaikan semua pekerjaan sesuai deadline untuk melatih disiplin dan tanggung jawab.

8. Mencari Relasi

Mencari relasi juga bisa menjadi cara untuk kamu menjemput kesuksesan. Maksud dari mencari relasi adalah Grameds bisa memperluas pertemanan dan pergulan. Dengan begitu, Grameds bisa memperluas lingkup pertemanan dan mendapatkan ilmu baru dari sana.

Lingkup pertemanan juga bisa membuatmu belajar hal baru yang nantinya akan memengaruhi langkah menuju kesuksesan. Jadi, Grameds tak perlu ragu untuk mencari relasi demi memperluas jaringan pertemanan.

9. Mengevaluasi Diri

Evaluasi diri menjadi salah satu cara yang sangat dibutuhkan untuk melihat kemampuan dan kelemahan yang kamu miliki saat ini. Tidak pernah lupa untuk selalu mengevaluasi diri bisa menjadi rahasia pencapaian karier yang sukses.

Evaluasi diri bisa dipraktikkan ketika kamu berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan. Grameds harus sering mengevaluasi diri di bidang yang sedang kamu tekuni saat ini. Mengevaluasi diri bisa menjadi bahan pembelajaran terbaik untuk mencapai kesuksesan.

Sekalipun sudah menjadi orang yang sukses, kamu juga harus terus melakukan evaluasi diri. Grameds mungkin memang bukan orang yang sempurna, tetapi kamu bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik jika mau terus belajar dari kesalahan yang terjadi.

tombol beli buku

10. Menyingkirkan gangguan

Take away distractions! Grameds perlu membuat daftar hal-hal dalam hidup kamu yang sekiranya menyita waktu atau mengalihkan perhatian. Gangguan yang perlu disingkirkan, seperti telepon, acara televisi atau bahkan orang yang menyebabkan kamu menjadi stres.

Matikan telepon dan televisi yang sekiranya mengganggu. Tetaplah berhubungan dengan orang-orang yang memberikan dampak positif dalam hidup kamu. Sekarang adalah waktu terbaik untuk kamu mengubah kebiasaan dan fokus meraih kesuksesan tanpa gangguan.

Baca juga artikel “Arti dan Cara Menjadi Orang Sukses” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila