in

Rekomendasi Buku-buku Tentang Bisnis Terbaik

pixabay

Buku tentang bisnis – Dalam mengembangkan suatu bisnis, tentu saja pelaku bisnis tidak cukup menerapkan satu strategi saja setelah mendapatkan beberapa keuntungan. Agar bisnis tersebut sukses, para pemilik perlu sadar, bahwa ia perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Agar bisnis yang dikembangkan pun ikut besar dan semakin relevan dengan target market.

Semakin relevan serta dekat dengan target market, produk atau jasa yang dipasarkan pun akan semakin laku. Oleh karena itu, para pelaku bisnis perlu selalu belajar, salah satunya adalah dengan banyak membaca buku rekomendasi best seller terkait bisnis di artikel ini. Simak hingga akhir artikel ya, untuk mengetahui rekomendasi buku bisnis yang cocok untuk Grameds!

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis Paling Laris

1. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan

beli sekarang

Rekomendasi buku bisnis best seller pertama ditulis oleh Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA., Ph.D., dan Dr. Yohan Wismantoro, SE., MM. Di era digital, kini tentu saja marketing bisnis pun turut berkembang. Seperti marketing digital yang kini marak diterapkan oleh para pelaku bisnis.

Kedua penulis, melalui buku ini akan menjelaskan mengenai mengapa marketing digital menjadi salah satu alat pengontrol kapasitas saluran marketing yang konvensional. Penulis menjelaskan, bahwa dengan marketing digital, para pelaku bisnis dapat mengiklankan produk atau jasa yang ia jual dengan target audiens yang lebih luas serta lebih efisien.

Selain itu, penulis juga memaparkan kentungan-keuntungan yang dapat diperoleh oleh para pelaku bisnis apabila menerapkan marketing digital dalam pemasaran bisnisnya.

Selain membahas mengenai keuntungan menerapkan marketing digital, penulis pun menjelaskan mengenai peta e-commerce, serta aspek keamanan dan hukum di internet yang dapat diterapkan oleh para pelaku bisnis.

Dibanderol dengan harga Rp75.000 saja, Grameds sudah dapat memiliki buku ini. Sayangnya buku ini belum tersedia versi eBooknya.

2. Ilmu Bisnis Tionghoa

beli sekarang

Di Indonesia, Grameds tentu tak jarang menemui masyarakat etnis Tionghoa yang terjun ke dunia bisnis dan telah menunjukan keberhasilannya. Bahkan tak sedikit pula yang berhasil membuat bisnisnya besar dan terkenal, serta meraup keuntungan yang besar.

Lantas, bagaimana sih cara para masyarakat etnis Tionghoa berhasil membesarkan bisnis dan akhirnya berhasil meraup keuntungan yang besar?

Melalui buku ini, penulis yaitu Thomas Liem Tjoe menjelaskan bagaimana strategi ilmu bisnis Tionghoa. Penulis pun menjelaskan, bahwa tentu tidak seluruh etnis Tionghoa yang melakukan bisnis berhasil akan tetapi secara umum, dapat dilihat bahwa kebanyakan menunjukan kemajuan yang signifikan.

Dengan menggunakan analogi berperang dalam berbisnis, penulis menyajikan falsafah perang Sun Tzu, yaitu salah satu panglima perang China yang menjadi legenda dan telah menjadi inspirasi banyak orang. Dari sosok tersebut, penulis menyajikan penafsiran serta taktik dan strategi perang Sun Tzu yang dapat ditiru oleh pelaku bisnis demi mencapai kemenangan dalam persaingan bisnis.

banner-promo-gramedia

Sayangnya sekali, buku ini hanya tersedia dalam format eBook di Gramedia Digital  dengan harga yang sangat murah Rp 9.000 saja dan telah disajikan dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh pembacanya.

3. Sukses Bisnis Jasa Membuat Website dengan Modal Rp300 Ribu

beli sekarang

Penulis buku ini adalah Su Rahman yaitu seorang pebisnis dalam pembuatan layanan jasa web design sejak tahun 2007. Melalui pengalamannya dalam berbisnis tersebut, Su Rahman menuliskan beberapa strategi sukses untuk dapat sukses menjalani bisnis jasa membuat website.

Penulis menjelaskan, bahwa untuk melakukan bisnis web, tidak memerlukan modal yang besar, bahkan ada pula yang membangun bisnis web dengan modal dengkul. Sehingga, modal Rp300.000 pun dinilai cukup untuk mulai membangun bisnis web, sesuai dengan pengalaman dari penulis.

Buku ini akan menyajikan beberapa tips serta trik untuk mulai membangun bisnis web dengan modal yang sedikit. Tak hanya itu, penulis pun menyajikan perencanaan bahkan hingga pemeliharaan bisnis web. Sehingga, pembaca dapat segera menerapkan metode dan tips-tips yang disajikan oleh penulis.

Menurut review dari para pembaca, buku ini merupakan buku praktis yang dapat langsung diaplikasikan oleh pembaca dengan gaya bahasa yang lugas serta mudah dimengerti. Bagi para pemula, buku ini akan sangat cocok, terutama yang ingin memulai bisnis di bidang jasa membuat web. Sayangnya, buku ini terbit di tahun 2015 dan belum ada versi terbarunya. Sehingga, mungkin akan kurang relevan dengan perubahan yang hadir saat ini. Namun, tentu isi buku ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam berbisnis web.

4. Sukses Bisnis Online

beli sekarang

Seperti halnya dengan digital marketing, bisnis online mulai menjadi tren ketika media sosial mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan menggunakan media sosial saja, pelaku bisnis sudah bisa mencapai target market tanpa memerlukan banyak biaya, karena media sosial dapat digunakan secara gratis.

Selain itu, di masa kini banyak fasilitas-fasilitas baru di internet yang membuat pelaku bisnis semakin mudah memasarkan barang atau jasa ia tawarkan. Karena hal tersebutlah, penulis buku ini merasa bahwa bisnis online merupakan tempat serta cara yang cocok untuk pelaku bisnis pemula atau bagi siapapun yang ingin mulai membangun bisnis.

Melalui buku yang ia tulis, penulis yaitu Anton Ramdan memaparkan ilmu serta pengalamannya ketika membangun sekaligus mengelola bisnis online. Dilengkapi dengan dua bonus, yaitu konsultasi bisnis online dan cara membuat toko online, buku ini dapat dimiliki dengan harga Rp29.000 saja.

Sayangnya, buku ini hanya tersedia dalam format EBook. Buku ini pun telah terbit sejak tahun 2014 dan belum ada versi terbaru, sehingga mungkin kurang relevan untuk bisnis online saat ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya Grameds menjadikan informasi dalam buku ini untuk memulai karena penulis buku pun seorang praktisi bisnis online dengan omzet yang tidak sedikit!

5. Testing Business Ideas

beli sekarang

Meraih rating 4.33 di Good Read, buku ini berisi mengenai panduan untuk menghindari kegagalan dari ekspektasi ketika memunculkan suatu ide bisnis. Sebagai seorang pelaku bisnis, atau entrepreneur, maka tugas masing-masing adalah untuk melakukan tes atau uji coba terhadap ide bisnis yang telah dicetuskan.

Terkadang, seseorang tidak bisa menimbang atau menilai apakah ide bisnis tersebut cukup bagus untuk diluncurkan? Apakah dengan metode tersebut, ide bisnis dapat membuat bisnis menjadi sukses?

Demi mencegah terjadi skenario buruk terjadi pada suatu perusahaan, maka buku ini hadir untuk memberikan sebuah pedoman praktis yang berisi referensi- referensi serta teknik yang baik ketika menguji ide bisnis dengan cepat serta langsung. Buku ini ditulis oleh Alexander Osertwalder.

Buku ini cocok untuk Grameds yang sedang berbisnis atau memiliki pekerjaan untuk melakukan tes pada suatu ide bisnis. Sayangnya, beberapa pembaca menilai, bahwa informasi yang disampaiakan tidak begitu mendalam. Akan tetapi intro awal buku ini dinilai cukup bagus serta informatif terutama bagi para pelaku bisnis yang baru saja terjun sebagai seorang bussines man.

6. Franchise Top Secret, Ramuan Sukses Bisnis Waralaba Sepanjang Masa

banner-promo-gramedia

beli sekarang

Bisnis franchise atau waralaba kini tengah diminati oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia. Hal ini dikarenakan kemudahan untuk menjalankan bisnis waralaba terutama apabila bisnis waralaba tersebut sudah dikenal oleh banyak orang. Selain itu, ketika melaksanakan bisnis waralaba pun pelaku bisnis telah disediakan bahan serta resep dan kebutuhan untuk menunjang produksi barang dari bisnis waralaba.

Melalui buku ini, dijelaskan bagaimana konsep serta prospek dari bisnis waralaba. Tak hanya itu, buku ini pun menyajikan informasi mengenai perjanjian serta prospectus hingga penyelesaian apabila terjadi sengketa pada bisnis waralaba. Mulai dari ekonomi, hukum, UU anti monopoli hingga bisnis daring waralaba semua informasinya disajikan lengkap dalam buku ini.

Sayangnya, buku ini hanya tersedia dalam format EBook saja. Akan tetapi, Grameds tetap dapat menyerap informasi buku ini dengan membelinya di Gramedia.com ya.

7. Property Top Secret, Buku Pintar Bisnis dan Investasi Proper

beli sekarang

Seperti halnya rahasia pada bisnis waralaba, buku bisnis mengenai properti satu ini pun akan mengupas tuntas rahasia-rahasia bisnis properti yang dapat dijadikan sebagai acuan para pelaku bisnis properti. Tak hanya mengenai bisnis properti, buku ini pun akan membahas mengenai investasi properti yang menjadi salah satu ladang potensial untuk meraup keuntungan.

Seperti halnya bisnis serta investasi lain, bisnis properti pun juga mengandung untung rugi yang perlu diperhatikan. Tak hanya mengiming-iming soal keuntungan besar saja, buku ini pun turut menyajikan kerugian serta kelebihan melakukan investasi dan bisnis properti di Indonesia. Penulis mengajak para pembaca, untuk berhati-hati sebelum memutuskan untuk terjun ke sebuah bidang bisnis serta investasi tertentu.

Oleh karena itu, melalui buku ini, penulis menyajikan informasi terbaru mengenai regulasi, implementasi mengenai investasi serta bisnis properti yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk para pelaku bisnis serta investor di bidang properti.

Buku ini terbit di tahun 2021, sehingga informasi di dalamnya pun masih relevan dengan keadaan saat ini. Buku ini sangat cocok bagi Grameds yang akan menjadi seorang investor atau tengah berkecimpung di bisnis bidang properti. Sayangnya, buku ini hanya tersedia dalam format buku soft cover saja.

8. Bisnis Advertising, Desain Grafis dan Digital Printing

beli sekarang

Dalam menjalankan bisnis, agar sukses dan menarik banyak pembeli tentu saja pelaku bisnis harus melakukan advertising atau mengiklankan produk maupun jasa yang ditawarkan. Tujuannya, tentu saja agar target market dari bisnis tersebut dapat melihat dan mengenal mengenai brand yang diusung oleh para pelaku bisnis.

Oleh karena itu, memulai bisnis di bidang advertising merupakan salah satu bidang bisnis yang akan cukup menghasilkan dan bukanlah iming-iming belaka saja. Melalui latar belakang kebutuhan para pelaku bisnis, bidang advertising pun menjadi bidang bisnis yang dapat membuat Grameds meraup keuntungan yang menjanjikan apabila mampu mengelolanya dengan benar.

banner-promo-gramedia

Buku ini akan menyajikan panduan-panduan untuk seseorang yang tertarik memulai bisnis di bidang advertising, desain grafis, serta digital printing. Selain itu, panduan melakukan bisnis di bidang-bidang tersebut pun telah disusun secara sistematis serta mendetail yang mencakup beberapa hal sebagai berikut. Target pasar, modal kemampuan, infrastruktur pendukung, modal finansial, lokasi usaha, cara pengurusan legal formal, izin usaha, perencanaan dan ragam produk, proses mendesain, penentuan harga, promosi, analisis keuntungan, kunci sukses, pelayanan dan kualitas, membuat proposal penawaran dan portofolio serta pengembangan usaha.

Dengan materi serta informasi lengkap yang disediakan, Grameds dapat memiliki dan membaca buku ini hanya dengan harga Rp15.000 untuk versi EBooknya. Sayangnya, buku ini tidak tersedia dalam versi soft cover untuk saat ini.

9. Ekspor Impor: Teori dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor Untuk Praktisi Logistik dan Bisnis

beli sekarang

Rekomendasi buku satu ini cocok untuk mahasiswa ekonomi yang tengah mendalami materi mengenai ekspor dan impor. Ditulis oleh Edi Supardi, Dip. CILT., SE., MM., AAAIK., CISCP. Buku ini menyajikan materi mengenai ekspor dan impor. Selain sebagai bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai acuan mahasiswa di bidang ekonomi khususnya logistik bisnis, buku ini pun ditulis oleh berdasarkan pengalaman dari penulis sendiri.

Melalui buku ini, penulis berusaha menyajikan bahan ajar mengenai ekspor dan impor di tengah keterbatasan mengenai buku tentang materi tersebut. Secara berurutan, buku ini akan menyajikan perdagangan ekspor impor, masalah dalam kegiatan ekspor impor, pihak-pihak yang terlibat, metode pembayaran dalam perdagangan internasional, incoterms, korespondensi dan sales contract, letter of credit, mekanisme serta prosedur ekspor impor, dokumen terkait ekspor impor, dokumen kepabeanan, penyelesaian pembayaran, hingga penanganan risiko untuk ekspor impor.

Sayangnya, buku ini hanya berisi mengenai pemahaman teoritis saja karena belum ada bahan ajar mengenai bisnis ekspor impor yang mengikuti perubahan perundangan. Akan tetapi, buku ini pun menjadi satu-satunya bahan ajar untuk materi ekspor impor.

10. Business Gesture: Memenangkan Negosiasi Bisnis

beli sekarang

Bahasa tubuh merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk menyampaikan pesan. Begitu pula dengan bisnis, melalui bahasa tubuh, pelaku bisnis dapat mengetahui keinginan dari partner bisnis ketika hendak memutuskan untuk bekerja sama atau memutuskan suatu hal yang besar demi kemajuan bisnis.

Melalui buku ini, penulis yaitu Henry Hartley menjelaskan bahwa dengan memahami makna dari bahasa tubuh seseorang, maka dapat mengetahui apakah seseorang tersebut dapat dipercaya atau tidak? Terutama ketika akan memutuskan untuk melakukan kerja sama bisnis.

Secara rinci, buku ini akan menyajikan informasi terkait kepribadian seseorang melalui bahasa tubuhnya, termasuk raut wajah, gaya duduk, cara berbicara, hingga makna dari gerakan-gerakan tubuh lainnya.

Melalui gerakan, sikap hingga gaya tubuh maka seseorang dapat mengetahui apa sebenarnya tujuan dan apa yang akan terjadi dari percakapan atau interaksi dengan orang lain.

Tidak hanya berusaha mengerti mengenai makna dari bahasa tubuh partner bisnis, buku ini pun akan menjelaskan bagaimana seharusnya para pelaku bisnis bersikap serta berhadapan dengan para investor atau partner bisnis.

Buku ini cocok untuk Grameds yang ingin mulai memperbesar jaringan bisnis dengan bekerja sama, sehingga akan lebih berhati-hati ketika memutuskan kerja sama dengan orang lain. Sayangnya buku ini merupakan buku terjemahan yang bahasa nya sedikit sulit dimengerti.

Itulah beberapa rekomendasi buku bisnis untuk Grameds. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan seluruh rekomendasi buku-buku bisnis tersebut. Apabila Grameds ingin membeli buku bisnis di atas, Grameds dapat langsung check out di Gramedia.com tanpa perlu datang ke gerai langsung. Baca dan beli bukunya sekarang juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq